Pesan selamat datang

"Selamat Datang di Lonely Hero Boy's Blogspot, silakan nikmati konten yang ada di Blog ini. Penulis tidak selau aktif, dan kemungkinan hanya akan aktif bila untuk meng-update The Walking Dead saja, sementara Link yang sudah tidak aktif, saya tidak bisa menjamin untuk meng-upload ulang lagi."

Saturday, October 20, 2012

Cara Menggunakan Cheat pada Emulator PS2


Hello sobat Blogger dan kawan - kawan RELC, apa kabarnya nih hari ini?? Mudah - mudahan sehat - sehat saja yah sampai hari ini. Kalau sebelumnya saya sudah membahas tentang Cara Membuat Cheat pada Emulator PS1, maka sesuai judul kali ini saya akan membahas tentang cara menggunakan cheat pada emulator PS2. Langsung aja gan, ini dia ....... ^_^







Cheat untuk emulator PS2
PCSX2 0.9.8
Menggunakan cheat di PCSX2 tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan dua cara, dengan cara menggunakan file ber-extention .elf atau menggunakan file ISO biasa. Terserah kamu ingin menggunakan yang mana, karena fungsi dan penggunaannya sama saja.

LINK DOWNLOAD (VIA ZIDDU)
Untuk Action Replay Max EVO 3.32 ISO download disini.
Untuk Codebreaker V10 ISO download disini.
Untuk Codebreaker V9 elf download disini.

Setelah selesai di download, extract file winrar dengan cara meng-klik kanan file winrar lalu pilih extract to... atau buka file winrar, klik kanan pada salah satu file lalu pilih extract file to specified folder. Simpan file di folder default PCSX2, yaitu C:/Users/(nama pengguna)/My documents/PCSX2/ISO atau kamu bisa menyimpannya di folder lain yang kamu sukai agar lebih mudah ditemukan. Kamu dapat menghapus file winrar setelah kamu meng-extract file, kecuali jika kamu ingin melakukan backup file.

A. Codebreaker V.9 (Elf File)
1. Pertama pastikan bahwa menu CDVD kamu menunjuk pada pilihan yang kamu gunakan (entah itu ISO atau plugin (jika kamu ingin bermain dengan menggunakan DVD game).

2. Buka PCSX2, pilih menu SYSTEM lalu pilih menu RUN ELF.

3. Lakukan browse file ke tempat dimana kamu menyimpan file elf yang tadi telah kamu extract.

Pilih OPEN.

3. Setelah itu, tunggu sampai muncul jendela berikut :


Tekan (X) untuk membuat save data dari Codebreaker atau tekan segitiga jika kamu tidak menginginkannya. Save data codebreaker digunakan untuk menyimpan data game atau cheat baru yang kamu buat dan agar saat kamu membuka kembali Codebreaker, cheat yang kamu pilih sebelumnya akan tetap aktif.

4. Selanjutnya, kamu akan masuk ke menu utama Codebreaker (berbeda dengan versi PS1, versi PS2 ini menunya menyamping). Disini, kamu tidak akan bisa menggunakan analog, jadi gunakanlah D-Pad atau tombol arah. Pilih Select Cheats untuk memilih cheat terlebih dahulu.



5. Kamu akan masuk ke menu judul game cheat list. Disini ada banyak pilihan dari judul game PS2 yang tersedia. Jika game yang kamu cari tidak tersedia, tekan tombol (O) untuk membuat judul game baru beserta cheat dan kodenya. Cheat Codebreaker dapat dicari dengan cara browsing melalui Google dengan kunci pemcarian : "Cheat Codebreaker (judul game yang kamu ingin mainkan)". Fungsi tombol segitiga dapat digunakan untuk menghapus game beserta cheat di dalamnya dan tombol kotak untuk meng-edit judul game. Semua fitur akan sia-sia setelah kamu keluar dari Codebreaker apabila kamu tidak menyimpan data save Codebreaker.

Sama seperti codebreaker di PS1, dalam codebreaker PS2 juga memiliki fungsi tombol R1 untuk mempercepat kecepatan naik pencarian judul game cheat list dan tombol L1 untuk mempercepat kecepatan naik pencarian judul game cheat list.

6. Jika kamu sudah menemukan judul game yang ingin kamu berikan cheat, tekan kanan untuk menampilkan daftar cheat yang tersedia untuk game tersebut. Namun apabila game yang kamu cari tidak ada, kamu bisa membuat judul cheat yang baru dan memasukkan kode codebreaker yang sesuai dengan cheat yang kamu inginkan (Contoh cara membuat cheat baru lihat gambar di bawah). Cheat Codebreaker dapat diperoleh dengan cara browsing melalui Google dengan kata kunci pencarian "Cheat Codebreaker (judul game)". Jika tidak ingin membuat cheat baru, silakan langsung menuju ke langkah nomor 7.

Ketikkan judul cheat yang ingin kamu gunakan (judul bebas asalkan kamu mengerti fungsinya). Jika sudah selesai tekan START untuk kembali ke daftar cheat.

 Kamu akan melihat judul cheat telah berada di urutan paling bawah.

 
 Setelah itu, tekan tombol "kanan" untuk melihat bahwa belum terdapat kode untuk cheat yang kamu inginkan. Tekan (O) untuk membuat kode baru.

 
Ketikkan kode yang ingin kamu buat. Kode terdiri dari 16 digit kombinasi angka dan huruf dan tidak boleh asal atau sembarangan, karena akan sangat memperngaruhi atau malah tidak berpengaruh sama sekali, hanya kode yang benar saja yang dapat berfungsi. Kode dapat dicari dengan cara yang sama, yaitu browsing melalui Google. Tekan tombol (O) jika ingin kembali. Tekan START jika sudah selesai.

 Kamu akan melihat kode yang tadi kamu ketikan sudah muncul. Tekan "kiri" untuk kembali.

7. Sudah mendapatkan cheat yang kamu inginkan?? Oke, kita lanjut! Selanjutnya, tekan (X) untuk mengaktifkan cheat yang kamu inginkan (berhati-hatilah dalam memilih cheat, terkadang cheat malah membuat permainan menjadi terlalu mudah, atau malah membuat game HANG atau error). Jika sudah memilih cheat yang ingin kamu gunakan, tekan START untuk kembali ke menu utama Codebreaker. Sebelumnya akan muncul jendela Saving to memory card atau system data not found, jika kamu tidak menge-save data codebreaker di memory card-mu. Pilih Continue saja jika memang begitu.


8. Pilih START GAME lalu akan muncul perintah untuk memasukkan game, seperti jendela di bawah.


10. Tekan (X) untuk melanjutkan lalu biarkan game berjalan. Maka saat kamu mulai memainkan game, cheat yang kamu gunakan akan berfungsi.

B. Codebreaker V.10 (ISO File)
1. Cara yang digunakan sama seperti codebreaker (elf file) hanya perbedaannya, yaitu setelah memilih cheat yang akan kita gunakan, tekan START untuk kembali ke menu judul game cheat list, lalu tekan START lagi untuk kembali ke menu.

2. Disini, CLOSE Codebreaker, lalu masuk ke menu CDVD, ISO Selector lalu lakukan Browse game yang kamu pilih dan ingin mainkan dan berikan cheat dari Codebreaker. Setelah itu pilih menu SYSTEM dan kemudian pilih sub menu RESUME untuk menampilkan kembali Codebreaker

3. Pilih START GAME lalu tekan (X) untuk melanjutkan.

4. Secara otomatis game akan berjalan dan saat kamu memainkan game, cheat akan berfungsi.

C. Action Replay Max EVO 3.32 ISO



Kata - kata penutup penulis :
Terima kasih sudah membaca dan menyimak baik-baik tutorial ini. Mohon maaf karena tutorial belum dapat terselesaikan karena panjangnya tutorial ini. Mohon maaf karena banyaknya kesalahan kata yang saya tulis, harap dapat dimakhlumi. Mohon laporkan apabila ada Link download yang tidak lagi berfungsi. Silakan baca juga artikel lainnya yang berjudul Cara Membuat File ISO, Free Download PS1 Emulator dan Free Download PS2 Emulator, Cara Menggunakan Cheat di Emulator PS1.

Semoga tutorial ini dapat memberikan manfaat. Sampai jumpa di artikel dan tutorial selanjutnya ^_^

Written & Directed By : Harry Pahlawan
Formal Member Of Resident Evil Lover's Community (please join our group too)

24 comments:

  1. Rizk ilman nafianJune 4, 2013 at 7:49 PM

    Gan klo pcsx nya pake plugin gak pake iso gimana tutorialnya

    ReplyDelete
  2. Itu gan pas close Code breakernya abis itu di system-pause kan ?
    Ane kaya gitu, terus ke CDVD pilih game, terus abis itu cancel kan ? (Ga di timpa)
    Nah abis itu ane ke system terus resume, nah pas resume code breakernya ga muncul gan, gelap doangan, pas gelap ane tunjuk X eh error

    Padahal ane milih citnya cuma 3 doangan

    Pencerahannya dimohon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gini gan, pertama ke menu PCSX2nya pilih CDVD -> pilih Plugin atau CDVD -> pilih ISO, kalo pilih ISO pilih ISO Selector terus pilih ISO gamenya..
      Dah gitu baru jalanin Code Breakernya (Run elf) terus pilih codebreaker.elf udah gitu select cheats, pilih cheat, terus tekan start baru deh Start game terus tekan x aja, itu hitam karena mungkin ente gak milih game yang mau dimainin sebelumnya di bagian CDVD

      Delete
  3. Sebelumnya Terimakasih, mohon jawabanya

    ReplyDelete
  4. Gan,cheat untuk gameshark ps2 nya ada gak?? He..he..

    ReplyDelete
  5. kalian bisa lihat tutornya di http://youtu.be/38ip1cde1Io

    ReplyDelete
  6. aku pake codebreaker v.10 file iso,setelah dicoba berjalan sempurna berkat tuntunan agan... he.he trims ya

    ReplyDelete
  7. gan ane sudah download codebreaker v10 truss pas mau extrak kx gk ada (EXTRAK HERE) gmana tu gan...
    tolong pencerahannya dari agan'' sekalian yg sudah berhasil maupun yg mempunyai blog ini.... :)
    udah 2 munggu keliling'' gx dapet'' semoga disini bisa...
    kalau bisa dijawab secepatnya... :) thx..

    BY : DIVA PRATAMA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Extract Here dengan extract without confirmation itu pada dasarnya sama, jadi gunakan extract without confirmation bila tidak ada pilihan extract here

      Delete
  8. Kok nggak bisa gerak ya bro pas mau milih cheat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake tombol D-PAD atau tombol arah biasa gan, jangan pake analog ;)

      Delete
  9. Gan kenapa saya pakek keyboard doang gag bisa yea .. apa memang gag bisa pakek keyboard

    ReplyDelete
  10. Mtursuwun..dah kulo donlod mas...

    ReplyDelete
  11. Cheat kq gk mau aktif ya
    Saya main FF 10

    ReplyDelete
  12. ARSIP SUMUT

    HEADLINE NEWS >> https://www.arsipsumut.com/

    ReplyDelete

Budayakan mengucap terima kasih sesudah mendownload.
Hargailah sang penulis yang telah meng-upload file dan menulis artikel berjam-jam tanpa imbalan apapun.
Anda bebas berkomentar disini dengan SOPAN, tanpa unsur debat atau menjelek-jelekan karya penulis.
Harap untuk tidak berkomentar dengan huruf BESAR SEMUA.

Followers