Pesan selamat datang

"Selamat Datang di Lonely Hero Boy's Blogspot, silakan nikmati konten yang ada di Blog ini. Penulis tidak selau aktif, dan kemungkinan hanya akan aktif bila untuk meng-update The Walking Dead saja, sementara Link yang sudah tidak aktif, saya tidak bisa menjamin untuk meng-upload ulang lagi."

Monday, October 1, 2012

About Resident Evil Outbreak Series

1. PERKENALAN

Resident Evil Outbreak yang dikenal sebagai Biohazard Outbreak dalam versi Jepang adalah seri game Resident evil yang dapat dimainkan secara online di console PS2. Game ini dirilis pada tahun 2003, dibuat oleh CAPCOM. Resident evil Outbreak adalah seri resident evil sekaligus game survival horror pertama yang memiliki sistem cooperative gameplay dan dukungan bermain secara multiplayer online, meskipun dukungan online tidak tersedia dalam versi PAL dari game. Outbreak diproduksi oleh Tsuyoshi Tanaka dan menggambarkan serangkaian alur cerita berepisode di lokasi fiksional, Raccoon City, ditetapkan selama periode waktu umum yang sama dengan Resident Evil 2 dan Resident Evil 3 Nemesis. Seri ini juga berlanjut ke seri Resident Evil yang berjudul Resident Evil Outbreak File #2 yang dirilis pada tahun 2005. Game ini berhasil terjual hingga 1,45 juta copy. Resident Evil Outbreak File #2 merupakan lanjutan cerita dari Resident Evil Outbreak dengan nuansa horror yang lebih baik lagi. Game tersebut dirilis pada tahun 2005.


2. KONTROL DASAR


- Analog Kiri : Bergerak
- Analog Kanan : Memberikan perintah (Appeal) kepada rekan/partner
- R1 : Posisi membidik (Auto aim)
- R2 : Membidik dengan posisi menghadap ke depan
- L1 : Reload/Mengubah target
- L2 : Modify call/memanggil karakter lain
- Segitiga : Menampilkan peta
Catatan : Fungsi berubah dalam Resident Evil Outbreak File #2 menjadi berbicara dengan pembicaraan secara acak
- O : Lari
- X : Action
- R1+X : Menembak, memukulkan senjata melee, mencharge bahu untuk menubruk musuh
Catatan : R1+O untuk versi BIOHAZARD OUTBREAK
- R1+O : melakukan special action
Catatan : R1+X untuk versi BIOHAZARD OUTBREAK- L2+Analog Kanan : Memanggil nama karakter pendukung untuk ke arahmu
Note :
a. L2+Atas untuk memanggil nama partner 1
b. L2+kiri untuk memanggil nama partner 2
c. L2+kanan untuk memanggil nama partner 3 [khusus ONLINE mode]
- L2+Analog Kiri : Berbicara perintah khusus
Note :
a. L2+Atas untuk membuat perintah "Go!" membuat partner yang berada di dekatmu pergi menjauh, melindunginya agar tidak terserang oleh monster ataupun zombie
b. L2+Kanan untuk mengucapkan "Thanks" kepada partner yang kamu sebut namanya atau partner terdekat yang akan direspon dengan kata "Yes"
c. L2+Bawah untuk memanggil partner terdekat ataupun partner yang kamu sebut namanya agar mendekat ke arahmu dan partnermu akan mengikutimu kemanapun kamu akan pergi
Kotak : Berbicara dengan pembicaraan secara acak
Catatan : Fungsi berubah dalam Resident Evil Outbreak File #2 menjadi untuk menampilkan peta
Select : Pause
Start : Menu Inventory
Catatan : Guankan tombol R1 pada saat membuka menu inventory untuk pindah ke menu FILE dan SPECIAL ITEMS.


3. KONDISI KARAKTER



Terdapat beberapa jenis kondisi karakter
[FINE] - ditandai dengan warna hijau, status karaktermu aman-aman saja dan kondisimu masih sehat.
[CAUTIONS] #1 - ditandai dengan warna kuning, status karaktermu telah terkena serangan yang cukup, dengan sebuah Green Herbs kamu dapat mengembalikannya ke status FINE.
[CAUTIONS] #2 - ditandai dengan warna oranye, status karaketrmu mulai berbahaya, jadi segera gunaakn Green Herb Mix (2x) ataupun Mixed Herb atau First Aid Spray karena karaktermu sudah kehilangan 50% stamina/ vitality.
[DANGER] - ditandai dengan warna merah, status karaktermu sangat berbahaya, karena dalam kondisi ini karaktermu akan berjalan dengan sangat lambat dan berjalan terpincang-pincang. Status ini harus kamu hindari apabila kamu tidak ingin terjatuh dan berakhir dengan status CRAWLING yang membuatmu tidak berdaya dan virus metermu akan sangat cepat meningkat hingga 100%. Segera gunakan item MIXED HERBS ataupun FIRST AID SPRAY apabila berada dalam kondisi ini.
[BLEEDING] - warna tergantung dengan berada dalam kondisi apa karaktermu saat itu, status ini membuatmu menjadi bergerak lambat (seperti dalam kondisi DANGER) dan darahmu akan terus menetes jika kamu terus bergerak. Semakin kamu bergerak, semakin cepat kondisimu akan berubah menjadi CAUTIONS atau mungkin DANGER, terkadang partnermu akan membantumu berjalan dan jika tidak, cukup gunakan perintah "Help!" agar partnermu menolongmu. Kamu dapat menggunakan pil HEMOSTAT untuk menyembuhkannya.
[POISON] - ditandai dengan warna ungu, status ini membuat karaktermu keracunan dan kondisimu akan terus berkurang, hingga kamu terjatuh dan berakhir dengan status CRAWLING apabila kamu membiarkan karaktermu berada dalam status POISON dalam kondisi DANGER. Giant Spider dan Giant Wasp juga tanaman beracun, Scissortails (Biru) dan Green zombie lah yang dapat memberikanmu status POISON. Gunakan Antidote atau Mixed Herbs untuk menyembuhkannya. Atau kamu juga dapat menggunakan sebuah Blue Herb untuk menyembuhkannya.


4. GAMEPLAY


Pemain memilih skenario, karakter dan tingkat kesulitan yang ingin pemain mainkan. Karakter utama yang tersedia ada delapan (Kevin Ryman, Mark Wilkins, Jim Chapman, George Hamilton, David King, Cindy Lennox, Alyssa Ashcroft dan Yoko Suzuki), dengan keahlian dan kepribadian yang berbeda-beda, jadi pilihlah secara bijak. Setiap karakter juga memiliki special slot yang berbeda-beda, seperti senjata khusus, peralatan khusus atau item yang mempengaruhi tingkat infeksi karakter. Khusus untuk Resident Evil Outbreak File #2, setiap karakter akan dilengkapi dengan item tambahan di inventori utama yang dapat digunakan, ditransfer ke pemain lain atau dibuang dan ditukar dengan item lain. Tingkat kesulitan yang terkait musuh dan item apa yang akan pemain temukan saat mereka melakukan proses dalam menyelesaikan skenario. Dalam Resdient Evil Outbreak File #2 juga kita dapat memilih kedua karakter pendukung atau partner setelah memilih karakter utama. Pilihlah karakter dengan hubungan terbaik dengan karakter yang pemain pilih, karena karena setiap partner memiliki kepribadian yang berbeda dan akan bersikap sesuai dengan perlakuan pemain terhadapnya atau baik/ tidaknya hubungan karakter dengan kedua partner yang dipilih.

Permainan ini memiliki lima skenario, yang masing-masing memiliki scenario events yang terdiri atas tindakan khusus yang pemain harus lakukan untuk mencapai penyelesaian 100%. Setelah menyelesaikan semua skenario berulang kali dengan menggunakan karakter yang berbeda hingga mencapai 100% scenario events pemain akan membuka "Infinity Mode" di mana semua senjata pemain tidak akan pernah kehabisan amunisi. Mode tersebut dapat dibeli di Collection. Apabila pemain berhasil menyelesaikan satu skenario, maka skenario lain akan terbuka untuk dimainkan, begitu dan seterusnya. Berbeda dengan Resident Evil Outbreak Dalam Resident Evil Outbreak File #2, kamu dapat memilih empat skenario yang tersedia dan satu skenario TRAINING GROUND bagi pemula. Skenario terakhir dapat terbuka apabila kamu berhasil menyelesaikan keempat skenario yang tersedia.

Terdapat berbagai macam senjata yang berbeda dalam setiap skenario yang karakter mainkan. Berbeda dengan seri Resident Evil lainnya, dalam Resident Evil Outbreak pemain dapat menggunakan melee weapon seperti pipa besi, sapu, tongkat kayu, dan lain-lain. Special Action juga tersedia dalam permainan untuk menghindari serangan dari musuh ataupun melakukan serangan terhadap musuh tanpa senjata.

Baik dalam Resident Evil Outbreak maupun Resident Evil Outbreak File #2, masing-masing skenario juga memiliki "SP" item. Ini adalah item terlihat tersembunyi di seluruh tingkat, dan secara acak pada dua jalur. Ada item skenario 20 untuk masing-masing skenario, dan dua puluh item spesifik untuk masing-masing karakter tersembunyi di lima skenario. Total ada 260 SP Items yang bisa didapat. Jika diperoleh, barang-barang ini membuka kostum baru dan pilihan untuk mendengarkan ad-libs mereka. Total ada 260 SP Items yang bisa didapat.

Permainan ini berbeda dengan seri Resident Evil lainnya, karena menggunakan sistem real-play game time, dimana, saat pemain membuka inventory, permainan akan tetap berjalan sebagaimana mestinya, sehingga kemungkinan zombie akan menyerangmu semakin besar. Zombie juga dapat terus bergerak dan mendobrak pintu dari satu ruangan ke ruangan lain, dan akan terus memburu karakter. Jumlah zombie yang muncul adalah random, tergantung dengan skenario dan tingkat kesulitan yang pemain pilih. Kemudian dalam permainan ini juga ada sistem pertukaran item dengan para partner, sehingga kamu dapat berbagi item dengan para partnermu. Menu "Request" digunakan untuk meminta item dari partnermu, menu "Present" digunakan untuk memberikan item kepada partnermu. Sebagai tambahan, dalam Resident Evil Outbreak File #2 akan ada menu "Ask To Use" yang digunakan untuk memerintahkan partner untuk menggunakan item yang dipilih pada dirinya. Respon terhadap perintah ini terkadang juga sangat lambat.


Permainan ini juga dilengkapi dengan fitur infection rate, dimana infeksi akan terus bertambah seiring dengan berjalannya permainan. Apabila karakter diserang oleh zombie ataupun monster lain, akan menyebabkan virus meter karakter cepat bertambah. Dan apabila infeksi telah mencapai 100%, maka karakter akan mati dan langsung game over. Rumor yang salah mengatakan bahwa apabila pemain mati, maka pemain akan bergabung menjadi zombie dan menyerang karakter lain.

Pemain dapat terhubung ke server internet menggunakan koneksi broadband dan adapter jaringan. Pendaftaran akun dan login yang diperlukan. Setelah pemain terhubung dan login, mereka kemudian bisa memilih antara Free Mode dan Scenario Mode. Free Mode berlangsung di lobi dan memungkinkan pemain untuk membuat permainan mereka sendiri, skenario, dan tingkat kesulitan. Scenario Mode akan memilih skenario dan pemain secara otomatis. Ketika pemain pertama kali mulai online, mereka akan dimulai pada skenario Outbreak dan melakukan kemajuan dari sana. Jika pemain ingin berhenti bermain, mereka bisa menyimpan data mereka dan memulai dari skenario mereka sampai pada waktu itu. Jika pemain telah menyelesaikan suatu skenario, mereka akan penghargaan berupa bintang atas nama mereka.

Namun sangat disayangkan sekali, Capcom telah menutup server Amerika untuk RE Outbreak pada tanggal 31 Desember 2007, dan server Jepang pada tanggal 30 Juni 2011.




5. PLOT

A. RESIDENT EVIL OUTBREAK


Awal cerita Resident Evil Outbreak terjadi beberapa hari setelah awal pecahnya virus-T di bawah tanah Raccoon City, beberapa saat sebelum krisis meledak ke dalam kekacauan penuh. Permainan diawali dengan delapan karakter di J's Bar, yang tidak menyadari apa yang terjadi sampai seekor zombie masuk perlahan ke dalam bar dan menyerang salah satu karyawan yang bernama Will. Setelah itu karakter harus mencari jalan keluar dari bar melalui rute lainnya. Permainan berakhir di saat-saat akhir dari insiden yang sama, dengan pemain berusaha melarikan diri dari Raccoon City sebelum pemerintah AS meluncurkan serangan rudal untuk menghilangkan ancaman yang ditimbulkan oleh virus-T. Pemain mengontrol salah satu dari delapan karakter, dengan dua partner (AIPC) yang dikontrol oleh CPU.

Ada lima
skenario individu dalam Resident Evil Outbreak, meskipun mereka tidak diatur dalam urutan kronologis. Yang pertama, "Outbreak", ditetapkan pada awal perjangkitan virus terjadi, sementara itu polisi mempersiapkan diri untuk menghancurkan gerombolan zombie melalui bahan peledak. "Bellow Freezing Point" berkaitan dengan peristiwa di laboratorium bawah tanah rahasia Umbrella sebelum peristiwa Resident Evil 2, di mana upaya virologist (ahli virus) jahat untuk mencuri penelitian bio-weapons. "The Hive" melibatkan para pengungsi yang berlindung di Rumah Sakit Umum Kota Raccoon, yang juga ditampilkan dalam Resident Evil 3 : Nemesis, sementara berada di bawah serangan dari rombongan Leech (lintah) yang terinfeksi dan mengendalikan tubuh manusia hingga terus berusaha mengejar para survivor. "Hellfire", terjadi di hari yang sama dengan "Outbreak", melibatkan para survivor yang melarikan diri ke sebuah hotel yang ternyata telah dilahap oleh api dan penuh dengan lickers. Skenario terakhir, "Decisions, Decision", menceritakan pencarian survivor akan obat penawar virus-T, yang membuat mereka dikirim ke Raccoon City University, di mana 8 karakter yang berbeda harus secara bijak memilih keputusan untuk bertahan hidup, memecahkan rahasia yang tersembunyi di dalam universitas, melarikan diri dari kejaran Bio-organic weapon : Thanatos, mereka kemudian juga harus melarikan diri dari kota sebelum kota dihancurkan atau malah tinggal saat kota dihancurkan karena tidak berhasil mendapatkan penawar sebelum waktunya habis hingga mereka menyadari bahwa mereka masih terinfeksi virus. Terdapat tujuh ending dalam scenario events checklist yang bisa pemain dapatkan.


B. RESIDENT EVIL OUTBREAK FILE #2


Sama seperti Resident Evil Outbreak, Resident Evil Outbreak File #2 juga memiliki 5 skenario individu yang dapat dimainkan. Namun bedanya, empat skenario telah tersedia dari awal permainan. Meskipun tidak ada permulaan yang konkret untuk permainan, namun permainan berakhir dengan pelaksanaan Mission Code: XX di mana pemerintah secara efektif menjatuhkan nuklir ke seluruh Raccoon City untuk membasmi ancaman yang ditimbulkan oleh Virus-T. 

Skenario pertama yang tercantum adalah "Wild Things", di mana Cindy Lennox memimpin survivor yang tersisa ke kebun binatang Raccoon City dengan harapan mencapai helikopter penyelamat di sisi lain dari kebun binatang. Sepanjang skenario, pemain dikejar oleh berbagai hewan yang terinfeksi oleh virus, yang paling berbahaya menjadi gajah yang telah bermutasi Oscar, yang mengikuti para pemain dari satu area ke area lain sampai ia terkunci dalam Elephant Stage atau dibunuh oleh para pemain. Apakah pemain mencapai Front Plaza tanpa membunuhnya atau menguncinya dan meninggalkannya, akan sangat berpengaruh pada apakah dia akan muncul sebagai bos terakhir atau tidak, jika tidak, Singalah yang akan menjadi bos terakhirnya, menggantikan Oscar (Titan). Ketika pemain telah mencapai tahap terakhir dan dan menjalankan trem, trem akan berhenti dan helikopter penyelamat terlihat terbakar oleh api dari kejauhan, dengan pilot yang mati karena luka-lukanya di luar helikopter terbakar. 

Skenario kedua, "Underbelly", diawali dengan pelarian para pengungsi dari para zombie hingga menuju ke stasiun kereta bawah tanah kota, di mana mereka harus menemukan dua piringan untuk mengaktifkan kereta bawah tanah dan melarikan diri. Sebelum mereka dapat pergi, kereta lain bergerak dengan kecepatan tinggi menuju tepat ke tumpukan puing-puing dan meledak, membangkitkan "Gigabite" yang pemain nantinya akan hadapi di tahap akhir. Salah satu pemain diculik oleh Gigabite sambil menunggu kereta mereka berangkat. Setelah mengalahkan bos, jika pemain tidak dapat kembali ke dalam kereta tepat pada waktunya, pemain harus menemukan cara alternatif lain, yaitu melalui Substation Tower. 

Dalam skenario ketiga, "Flashback", Alyssa Ashcroft membimbing para survivor menuju ke sebuah pondok di hutan di mana mereka bertemu dengan Albert Lester (yang dikenal sebagai AI), yang berjanji untuk membawa mereka ke kota tetangga. Dia secara misterius menghilang setelah pemain mencapai jembatan yang mengarah ke sebuah rumah sakit ditinggalkan. Ketika pemain masuk ke dalamnya, seorang pria bersenjata kapak bertopeng mengejar mereka sepanjang skenario. Pemain harus membunuh bagian dari tanaman raksasa yang telah mengisi seluruh bangunan rumah sakit dengan menyuntikkan jarum suntik yang berisi cairan khusus. Bos akhir adalah induk dari tanaman raksasa tersebut, yang ternyata mengonsumsi Dorothy yang telah terinfeksi dan membusuk, istri Al, yang menjadi korban eksperimen di dalam rumah sakit. Al ditampilkan di akhir untuk telah memimpin orang ke rumah sakit untuk membunuh mereka dalam rangka untuk memberi makan istrinya yang telah dikonsumsi oleh tanaman raksasa tersebut (yang ia anggap sebagai reinkarnasi istrinya. Jika pemain bermain sebagai Alyssa, mereka akan mengalami kilas balik beberapa di berbagai titik dalam skenario, sebagai Alyssa dan seorang teman yang meninggal di tangan Dorothy zombified pernah diselidiki etika rumah sakit tahun lalu. Terdapat empat ending yang berbeda dalam scenario events checklist tergantung dengan tindakan yang dilakukan pemain selama permainan, apakah pemain mengambil file utama dalam permainan atau tidak dan apakah pemain membunuh Axeman atau tidak akan sangat berpengaruh. Dalam skenario ini, pemain juga dapat mendapatkan alternatif ending, dimana setelah Al membimbing karakter ke jembatan, pemain harus menunggu di area hutan atau di depan pondok untuk lebih amannya lalu setelah ada adegan dimana jembatan runtuh, pemain harus menemukan jalan keluar lainnya. 

"Desperate Times", skenario keempat, menceritakan para survivor di Raccoon City Police Department yang bersiap untuk mempertahankan diri dari zombie yang telah memenuhi area di luar kantor polisi. Dengan menemukan beberapa piringan, pemain akan membuka jalan rahasia untuk salah satu polisi, Rita, untuk menavigasi dan mencari bantuan. Sebelum dia dapat kembali, para zombie menerobos gerbang utama kantor polisi dan pemain harus mengalahkan mereka dalam jumlah tertentu (tergantung pada kesulitan mereka pilih) sebelum menyelesaikan skenario. Pemain dipaksa untuk meninggalkan salah seorang polisi, Marvin atas permintaannya saat mereka pergi, sementara ia mengunci diri di ruang di mana Leon atau Claire nantinya menemukannya di Resident Evil 2. 

Dalam skenario terakhir, "End Of the Road", David King membimbing para survivor menuju ke laboratorium Umbrella, di mana mereka bertemu dengan dua ilmuwan Umbrella, Linda dan Carter, yang kembali ke laboratorium untuk mendapatkan sampel obat penawar. Sebelum mereka dapat meninggalkan tempt tersebut, sebuah alarm berbunyi dan menutup pintu keluar, sementara para ilmuwan tidak mampu untuk membukanya. Laboratorium penuh dengan bio-organic weapons, Hunter, yang disingkirkan oleh Carter dengan membangkitkan Tyrant untuk melindungi mereka. Saat mereka mencapai pintu keluar, namun ternyata Tyrant berubah, membunuh Carter dan menjatuhkan Linda dari tepi. Tyrant kemudian mengikuti pemain dalam sisa skenario. Pemain memasuki selokan di bawah laboratorium, di mana mereka menemukan Linda masih hidup. Tergantung pada pilihan pemain apakah memilih membunuh atau tidak membunuh Tyrant, baik mereka hanyut dalam gorong-gorong dengan Linda atau tinggal untuk mencapai tingkat atas sendirian. Apapun itu, para pemain akan menghadapi Tyrant bermutasi di jalan-jalan kota. Pemain diberi kesempatan untuk menyelamatkan Linda, yang ditembak oleh seorang sniper (yang juga akan menyerang pemain). Mereka dapat memilih untuk melarikan diri dengan truk, tetapi harus melawan Nyx, bos akhir, sebelum melakukannya, atau dengan helikopter, tanpa memerangi bos akhir, namun akan sangat sulit untuk mendapatkannya, karena pemain akan diburu oleh Tyrant-R di sepanjang jalan. 

Juga dalam skenario terakhir ini, ada empat akhiran yang berbeda. Up and Away dengan with Linda diperoleh dengan melarikan diri kota dengan helikopter bersama Linda jika pemain berhasil menuntun Linda masuk ke helikopter tepat pada waktunya sebelum hitungan mundur berakhir, Up and Away diperoleh dengan melarikan diri kota dengan helikopter, namun membiarkan Linda mati di jalan atau tidak menemukannya (saat hitungan mundur berjalan, pemain dapat kembali lagi ke helikopter dan menunggu hitungan mundur berakhir, tanpa harus menemukan Linda). Run like the Linda diperoleh dengan melarikan diri kota dengan truk bersama Linda, dan Run Like the Wind diperoleh dengan melarikan diri kota dengan truk, tetapi membiarkan Linda mati di jalan atau tidak menemukannya. Mendapatkan ending pertama atau ending ketiga membiarkan pemain mendapat Good Ending dan epilog untuk karakter yang dipilih, dan mendapatkan ending kedua atau ending keempat akan memberikan pemain Bad Ending.

Terima kasih sudah membaca :)
Artikel dibuat oleh : Harry Pahlawan

5 comments:

Budayakan mengucap terima kasih sesudah mendownload.
Hargailah sang penulis yang telah meng-upload file dan menulis artikel berjam-jam tanpa imbalan apapun.
Anda bebas berkomentar disini dengan SOPAN, tanpa unsur debat atau menjelek-jelekan karya penulis.
Harap untuk tidak berkomentar dengan huruf BESAR SEMUA.

Followers