Pesan selamat datang

"Selamat Datang di Lonely Hero Boy's Blogspot, silakan nikmati konten yang ada di Blog ini. Penulis tidak selau aktif, dan kemungkinan hanya akan aktif bila untuk meng-update The Walking Dead saja, sementara Link yang sudah tidak aktif, saya tidak bisa menjamin untuk meng-upload ulang lagi."

Sunday, June 30, 2013

Resident Evil 2 Walkthrough Bahasa Indonesia


---------------------------------------
RESIDENT EVIL 2 WALKTHROUGH
By : Harry Pahlawan
---------------------------------------------------
Kata Pembuka dari Penulis :
Well, ketemu lagi dalam walkthrough lainnya masih dalam game dengan genre Survival Horror yang sama, Resident Evil. Penulis membuat walkthrough ini hanya sebagai hobi atau iseng saja. Jadi harap dimakhlumi apabila masih ada kesalahan atau walkthrough ini kurang membantu. Ini adalah walkthrough kedua yang saya buat (walkthrough pertama yang saya buat adalah Resident Evil 3 Nemesis). Saya juga berniat membuat walkthrough untuk game Resident Evil series lainnya, terutama yang sesulit Resident Evil Director’s Cut, Resident Evil Outbreak series dan Resident Evil Dead Aim. Waktu pembuatan walkthrough ini memakan waktu satu minggu untuk menyelesaikannya. Saya harap walkthrough ini dapat berguna untuk kalian yang membutuhkannya. Akhir kata, terima kasih.
Please, jangan menyebarluaskan walkthrough ini tanpa seizin penulis (apalagi sampai me-rename nama penulis) di walkthrough yang dibuat se-simple mungkin ini. Walkthrough ini asli tulisan karya saya, Harry Pahlawan.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
A.      KARAKTER
1.      Leon Scott Kennedy
Seorang calon anggota polisi yang akan ditugaskan di Raccoon City Police Department (RPD). Namun, saat hari pertamanya bekerja, yang dia temui adalah mimpi buruk, dimana penduduk berusaha memakannya dan mayat yang dia temukan tercabik-cabik kembali hidup dan juga berusaha memakannya, hingga dia bertemu dengan Claire, seorang warga sipil yang terjebak di mimpi buruk yang sama. Leon selalu disukai oleh orang-orang di sekelilingnya, karena selera humornya yang tinggi. Dia juga cukup populer di kalangan wanita. Dan beruntungnya dia, dia selalu ditemani oleh wanita cantik sebagai partnernya. Leon akan bertemu dengan Ada dalam jalan ceritanya dan terlibat hubungan asmara, namun dia harus merelakan Ada pergi. Leon juga akan mendapatkan senjata-senjata berat seperti Magnum dan Shotgun dalam game.

2.      Ada Wong
Seorang wanita cantik berdarah China-Amerika. Ada adalah seorang mata-mata yang dikirim ke kota Raccoon untuk mencuri sampel G-virus. Ada sangat professional dalam pekerjaannya dan sangat terlatih dengan kejeniusan yang tinggi. Ada tak banyak bicara tentang dirinya, itulah yang membuatnya terlihat misterius. Dia datang ke kota Raccoon juga untuk mencari kekasihnya, John, seorang peneliti yang dia manfaatkan untuk mencari informasi tentang Umbrella, namun akhirnya dia tahu bahwa John sudah mati dan menjadi korban dari T-virus. Namun, di tengah cerita, dia akhirnya jatuh cinta pada Leon, seorang calon polisi, dan itu adalah hal yang sangat tidak mungkin bagi seorang mata-mata. Ada adalah karakter sampingan untuk skenario Leon. Gerakannya paling cepat jika dibandingkan dengan Leon ataupun Claire, bahkan cara dia menggunakan senjatanya juga lebih cepat daripada mereka berdua. Ada Wong adalah karakter yang paling saya favoritkan daripada karakter lainnya dalam Resident Evil Series. Pada akhirnya, dia dikira sudah mati oleh Leon, tergantung skenario mana yang dimainkan terlebih dahulu. Namun, sebenarnya dia selamat dari mimpi buruk yang terjadi di kota Raccoon dan terus bertahan sampai detik-detik terakhir di kota Raccoon (Resident Evil Umbrella Chronicles).

3.      Claire Redfield
Claire adalah seorang wanita yang berpenampilan tomboy dan selalu optimis dalam segala hal. Selalu tampil percaya diri, itulah Claire. Dia sangat menyukai anak-anak, dan bisa sangat dekat dengan mereka meskipun baru pertama bertemu. Claire datang ke kota Raccoon untuk mencari kakaknya, Chris Redfield (Resident Evil Director’s Cut) yang menghilang tanpa memberinya kabar apapun. Namun, saat dia berhenti di sebuah bar, dia malah menyaksikan sebuah horror dimana seorang pria sedang memakan manusia lainnya, lalu mengejarnya dan penduduk di luar penuh dengan darah juga berusaha memecahkan kaca bar. Beruntung, Leon muncul di saat yang tepat dan menyelamatkannya. Dia bersama dengan Leon akan menuju ke Raccoon City Police Department (RPD) untuk mencari tempat perlindungan. Dia juga akan bertemu dengan Sherry, putra William Birkin nantinya, dan kepala polisi, Chief Brian Irons. Sayangnya, Claire hanya akan diberikan senjata-senjata yang ringan dalam game seperti Bow Gun.

4.      Sherry Birkin
Sherry adalah putri dari pasangan peneliti Annette dan William Birkin. Usianya baru 12 tahun dan dia mewarisi kecerdasan kedua orang tuanya. Dia sangat pemalu dan penakut, selalu bicara dengan nada rendah dan tidak percaya diri. Sherry muncul di Raccoon City Police Department karena diminta oleh Annette untuk bersembunyi disana. Sherry adalah karakter sampingan untuk skenario Claire. Dan dia tidak bisa menggunakan senjata apapun, dia hanya bisa lari dari kejaran zombie-zombie. Dan Claire harus melindunginya setiap saat dan tidak bisa berlari jauh meninggalkannya. Sherry terinfeksi dengan G-virus dan Claire yang akan membuatkan vaksin penawar untuknya.

5.      William Birkin
William adalah pencipta G-virus dan merupakan seorang peneliti yang bekerja untuk Umbrella. William adalah Ayah dari Sherry Birkin dan suami dari Annette Birkin. Dia ditembak oleh pasukan khusus Umbrella karena menolak memberikan sampel G-virus. Namun, sebelum dia kehilangan nyawanya, dia menginjeksikan dirinya dengan G-virus dan berubah menjadi seekor monster yang membunuh semua anggota USS yang tersisa. Selain itu, dia juga secara tidak langsung mengejar Sherry.

6.      Annette Birkin
Annette adalah istri dari William Birkin dan Ibu dari Sherry. Annette bukanlah seorang Ibu yang baik di mata seorang anak, karena seharian dia bekerja di pabrik kimia tanpa sempat mengurusi buah hatinya. Namun, dalam keadaan krisis seperti sekarang, sifat keibuannya mulai tumbuh dan dia akan yang terbaik agar dapat menyelamatkan Sherry. Annette tahu bahwa Ada adalah seorang mata-mata yang dikirim untuk mencuri sampel G-virus dari tangan William, karena itu dia menyerangnya. Annette akan mati pada akhirnya, entah karena dibunuh oleh William atau karena pillar yang jatuh menimpanya, tergantung skenario mana yang kamu ambil lebih dulu.

7.      Robert  Kendo
Pemilik dari Kendo Gun Shop di kota Raccoon. Kamu akan bertemu dengannya sebagai Claire ataupun Leon di skenario A. Dia tidak memiliki banyak peran dalam permainan, dia hanya muncul di toko senjatanya, lalu mati dua menit kemudian dimakan oleh para zombie. Sebelumnya dia memberikan seluruh senjata yang ada di tokonya kepada penduduk di kota untuk melindungi diri, namun tetap berakhir mati pada akhirnya. Kendo juga adalah orang yang telah mendesain senjata khusus milik STARS, M92F Handgun (Samurai Edge).

8.      Marvin Brannagh
Marvin terluka sangat parah dalam mempertahankan bangunan RPD dari serangan zombie (setelah even di Resident Evil Outbreak File #2 skenario Desperate Times). Dia mengatakan bahwa dia telah menunggu kedatangan Leon (jika kamu berada di skenario A) jadi mereka dapat memberikan pesta sambutan untuknya, namun dibatalkan karena kekacauan yang terjadi di kota. Dia akan memberimu sebuah informasi lalu memberikan sebuah Key Card penting. Hingga kemudian, ajal menjemputnya dan dia terinfeksi sepenuhnya oleh T-virus dan berubah menjadi zombie.

9.      Ben Bertoloucci
Ben adalah seorang reporter terkenal di kota Raccoon. Dia juga menginvestigasi keterlibatan ketua polisi Brian Irons dengan Umbrella atas apa yang menimpa kota Raccoon. Leon dan Ada bertemu dengannya di dalam penjara, dia sengaja mengunci dirinya untuk menyembunyikan diri dari seekor monster raksasa mengerikan yang jauh lebih buruk daripada zombie di luar sana. Dia juga membantu Leon dan Ada dalam menemukan jalan keluar untuk melarikan diri, namun pada akhirnya dia terbunuh oleh monster yang telah dia hindari.

10.   Chief Brian Irons
Brian Irons adalah seorang ketua polisi dari seluruh pasukan RPD. Dia bekerja dengan Umbrella dan William Birkin sebelum krisis yang terjadi di kota. Sekarang, dia marah pada Umbrella dan menyalahkan Umbrella sebagai penyebab semua kekacauan yang terjadi di kotanya. Pak walikota memintanya untuk mencari putrinya yang hilang, namun dia malah membunuhnya. Dia juga membunuh beberapa anak buahnya sendiri, untuk memastikan tiada yang akan keluar dari kota dengan selamat. Namun pada akhirnya, Chief Irons mati di tangan monster William Birkin.

11.   Hunk
Karakter ini tidak muncul dalam permainan, namun dia adalah orang yang telah menembak William di dalam laboratoriumnya. Dia juga berhasil selamat dari serangan monster William Birkin dan keluar dari kota dengan membawa sampel virus-G (Resident Evil Umbrella Chronicles). Mereka menyebutnya sebagai “God Of the Death” karena dia selalu berhasil selamat dari kematian dalam setiap misinya. Karakter Hunk hanya dapat dimainkan dengan menggunkan cheat Gameshark 4th Survivor Mode.

B.      SENJATA
1.      Combat Knife
Pisau serbaguna yang digunakan untuk pertarungan. Namun, saya sangat tidak menyarankan untuk membawanya di sepanjang permainan, karena sangat tidak efektif untuk melawan musuh apapun di dalam permainan. Jangan pernah gunakan senjata ini, kecuali jika kamu nekat.

2.      H & K VP70 Handgun
Handgun standar dengan daya serangan yang lemah. Menggunakan peluru 9x19 parabellum.

3.      Remington M1100-P
Versi yang lebih kecil daripada Remington M1100, lebih ringan dan lebih pendek. Menggunakan peluru 12 Gauge.

4.      H & K VP70 Burst Costum Handgun
Merupakan versi beruntun dari Handgun, menembakkan secara otomatis 3 peluru sekaligus saat pelatuk ditekan. Dapat dibuat dengan mengkombinasikan Handgun dengan Handgun Parts.

5.      Remington M-1100 Costum Shotgun
Merupakan ukuran penuh dari M1100, senjata semi-automatic, dengan barrel yang lebih panjang, menghasilkan ledakan yang lebih besar dan daya serang yang lebih besar juga, namun kecepatan menembak tentunya menjadi lebih lambat daripada sebelumnya. Dapat dibuat dengan mengkombinasikan Shotgun dengan Shotgun Parts.

6.      Dessert Eagle 50 A.E. High Caliber Magnum
Senjata yang sangat efektif melawan musuh jenis apapun dengan kaliber tinggi. Menggunakan peluru DOT50A.E. Senjata ini merupakan buatan IMI, Israel. Namun kecepatan menembaknya lebih cepat daripada Shotgun.

7.      Dessert Eagle 50 A.E. 10 Inch Costum Magnum
Senjata Magnum yang dilengkapi dengan barrel 10 inchi, sehingga daya serang yang dihasilkan dari peluru DOT50A.E. lebih kuat daripada sebelumnya namun juga lebih lambat. Dapat dibuat dengan mengkombinasikan Magnum dengan Magnum Parts.

8.      Browning HP Handgun
Handgun standar dengan daya serangan yang lemah. Merupakan buatan FN, Belgium. Menggunakan peluru 9mm parabellum.

9.      Colt S.A.A. Quick Draw Handgun
Senjata tua yang biasa digunakan para cowboy pada zaman Barat dulu. Senjata ini memiliki ability “quick draw” dengan kecepatan tembak yang lebih baik daripada Handgun biasa. Senjata ini dapat diperoleh oleh Claire di dalam loker di Dark Room dengan cara membuka loker dengan menggunakan Special Key.
.
10.  Bow Gun
Senjata yang cukup ringan, yang mengeluarkan panah secara beruntun. Namun daya serang yang dihasilkan oleh panah yang dikeluarkan tidak begitu tinggi, tapi cukup lumayan dan lebih baik tentunya daripada Handgun. Biasa digunakan dalam permainan perburuan besar.

11.  M79 Grenade Launcher
Senjata yang cukup kuat, efektif untuk melawan semua musuh, termasuk untuk melawan Tyrant. Dapat diisi dengan berbagai macam peluru granat mulai dari Grenade Rounds, Acid Rounds hingga ke Flame Rounds. Senjata yang cukup kuat untuk digunakan oleh Claire. Merupakan senjata buatan USA.

12.   MAC11 Sub-Machine Gun
Senapan mesin yang yang mengeluarkan peluru secara beruntun. Efektif untuk segala jenis musuh. Jika kamu memainkan Arrange Rookie Mode, maka kamu akan dimulai dengan senjata ini dengan amunisi yang tak terbatas juga. Dimanufakturkan oleh Military Armament CORP, menggunakan peluru DOT380. Senjata ini dapat diperoleh dengan amunisi tak terbatas dengan cara menyelesaikan Leon skenario A dan Claire skenario B juga Claire skenario A dan Leon skenario B bersamaan dengan Gatling Gun.

13.   Flamethrower
Senjata yang mengeluarkan api, sangat efektif untuk melawan musuh berjenis tanaman, tidak efektif untuk melawan musuh lainnya.

14.   Spark Shot
Senjata yang mengeluarkan sengatan listrik bertegangan tinggi yang biasa digunakan untuk melawan binatang percobaan. Senjata ini menggunakan peluru Spark Shot dan memiliki jangkauan tembak sepuluh kaki.

15.   Rocket Launcher
Senjata yang paling kuat dalam game. Kamu akan memperolehnya dari Ada, saat pertarungan akhir melawan Mutated Tyrant. Senjata ini juga dapat diperoleh dengan amunisi tak terbatas dengan cara menamatkan game dari skenario Leon dan Claire dalam batas waktu 2,5 jam.

16.   Gatling Gun
Senapan mesin yang kuat, namun juga berat. Senjata ini sama saja seperti Sub-Machine Gun hanya saja lebih kuat. Senjata ini dapat diperoleh dengan amunisi tak terbatas dengan cara menyelesaikan Leon skenario A dan Claire skenario B juga Claire skenario A dan Leon skenario B bersamaan dengan Sub-Machine Gun.

C.      HEALING ITEMS
Selalu sediakan First Aid Spray dan stok Green Herb atau kombinasinya dalam inventorimu, karena kamu tidak akan tahu kapan kondisimu akan berubah.
- Green Herb = untuk mengobati sedikit lukamu, dapat langsung digunakan tanpa dikombinasikan dengan Herbs lain
- Red Herb = untuk meningkatkan potensi Green herb jika dikombinasikan, tidak dapat digunakan sendiri tanpa dikombinasikan dengan Green Herb
- Blue Herb = untuk menyembuhkan poison (racun) yang ada di tubuhmu, dapat langsung digunakan tanpa dikombinasikan dengan Herbs lain
- Green Herb + Green Herb = untuk mengobati lukamu lebih dalam
- Green Herb + Green Herb + Green Herb = untuk mengobati lukamu yang sangat parah dan mengembalikannya ke kondisi stabil
- Green Herb + Green Herb + Blue Herb = untuk mengobati lukamu lebih dalam dan menyembuhkan poison (racun) yang ada di tubuhmu
- Green Herb + Red Herb = untuk mengobati lukamu yang sangat parah dan mengembalikannya ke kondisi stabil
- Green Herb + Red Herb + Blue Herb = untuk menetralisirkan poison (racun) di tubuhmu, mengobati lukamu yang parah dan mengembalikan lukamu ke kondisi stabil
- First Aid Spray = untuk mengobati lukamu yang parah dan mengembalikannya ke kondisi stabil

D.     CONDITION
Perhatikan selalu mesin ECG yang ada di layar inventorimu selalu. Kondisimu dapat berubah ketika kamu diserang oleh musuh baik secara langsung maupun tidak langsung.
-          Fine (hijau) = Kondisimu masih normal dan baik-baik saja.
-          Caution (kuning) = Kondisimu sudah mulai terluka dan gerakanmu menjadi sedikit lambat, kondisi ini juga ditandai dengan karaktermu yang memegangi perutnya. Kondisi ini dapat dipulihkan hanya dengan menggunakan satu Green Herb.
-          Caution (merah) = Kondisimu sudah mulai terluka parah dan mendekat ke dalam kondisi Danger. Kondisi ini dapat dipulihkan dengan menggunakan gabungan dua Green Herbs.
-          Danger (merah) = Kondisimu sudah terluka sangat parah dan kematian sudah sangat dekat denganmu. Kondisi ini dapat dipulihkan dengan menggunakan campuran Green Herb + Red Herb atau Green Herb + Red Herb + Blue Herb atau dengan menggunakan satu First Aid Spray.
-          Poison (ungu) = Kondisimu sudah terkena racun dari monster yang kamu hadapi. Untuk menetralisir racun, kamu dapat menggunakan satu Blue Herb atau campuran Blue Herb + Green Herb atau lebih bagusnya lagi untuk sekalian memulihkan kondisi, gunakan campuran Green Herb + Blue Herb + Red Herb. Jika kamu membiarkan karaktermu terus berada dalam kondisi ini, maka perlahan kondisi karaktermu akan semakin berkurang dan bisa menyebabkan kematian.

E.      WALKTHROUGH (ORIGINAL MODE)
Note : Arah ke kiri dan ke kanan adalah arah dilihat dari posisi Leon.

‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡
LEON SCENARIO A
‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡

Setelah menyaksikan Opening FMV, kamu akan berada di jalanan. Teruskan jalan, berusahalah sebisa mungkin dalam menghindari para zombie disini. Mustahil bagimu untuk menghabisi mereka semua dengan kondisi sekarang. Hindari mereka dengan cara berjalan zig-zag. Teruskan jalan lalu belok kiri, jalan terus lalu masuki pintu di sebelah kanan menuju ke Gun Shop Kendo.

Cut-scene antara Robert Kendo dan Leon. Setelah cut-scene, ambil Handgun Bullets yang ada di lemari sebelah kanan dan Handgun Bullets lainnya di mesin kasir. Tak lama kemudian, para zombie akan menerobos masuk melalui jendela kaca toko dan membunuh Robert. Bunuh para zombie yang ada di ruangan dari jarak yang cukup jauh, lalu ambil Shotgun dari tubuh Robert. Keluar dari ruangan melalui pintu belakang. Lanjutkan jalanmu, lalu ke kanan. Akan ada zombie yang berusaha membuka pagar di lapangan basket. Larilah ke ujung, ambil Handgun Bullets di mobil, maka zombie-zombie akan berhasil menerobos pagar. Bunuh mereka lalu masuki lapangan basket masuki pintu pagar menuju ke area selanjutnya. Ke kiri terus naiki tangga, lurus lalu belok kanan, jalan terus lalu turuni tangga di kanan. Tembaki zombie di seberangmu, lalu naik ke atas penghalang lalu turun ke bawah, jalan ke kiri. Hindari saja zombie yang masih hidup, masuki pintu pagar di ujung.

Disini, ada zombie-zombie yang sibuk makan, jadi berlarilah terus menghindari mereka menuju ke ujung lalu masuki pintu bus di sebelah kiri. Di dalam bus, ambil Handgun Bullets, lalu tembak zombie disini, hati-hati dengan satu zombie wanita yang merangkak. Jalan terus, keluar melalui pintu lainnya di sebelah kanan. Berlarilah disini, hindari para zombie yang ada disini, mereka terlalu banyak untuk kamu hadapi, lari ke ujung, lalu masuki pintu pagar masuk menuju ke halaman RPD di sebelah kiri.

Tak usah membuang waktumu untuk menembaki zombie di area sebelumnya melalui pintu pagar, karena mereka tidak akan bisa mati. Jalan ke kanan, menuju ke area terbuka, hindari dua zombie disini. Jalan sampai ke ujung, ada Green Herb tersembunyi di balik pot tanaman disini. Kembali, lalu masuki pintu masuk bangunan RPD.

===========================================================================
-------------------------------------------------[POLICE STATION]--------------------------------------------------
===========================================================================

Cut-scene. Welcome to the Raccoon City Police Department Main Hall. Turuni tangga, ke kiri lalu ke kanan, buka satu-satunya pintu yang bisa kamu masuki di sebelah kiri. Cut-scene dengan Marvin Brannagh, yang terluka parah karena gigitan zombie. Dia akan menceritakan kepadamu tentang insiden yang terjadi di mansion yang dialami oleh Chris dan anggota STARS lainnya dan memberitahukan bahwa Umbrella ada di balik semua ini. Dia akan menyuruhmu menyelamatkan para survivor yang ada di bangunan ini dan memberikanmu Blue Card Key selesai percakapan. Setelah keluar dari ruangan, Marvin akan mengunci pintu, mencegahmu agar masuk kembali ke ruangan.

Gunakan Blue Card Key pada komputer yang ada di tengah meja resepsionis di ruangan ini. Ambil Handgun Bullets di meja dan Ink Ribbons di mesin tik. Kamu bisa save gamemu disini. Masuki pintu ganda di sebelah kanan, dekat dengan pintu tempat Marvin berada menuju ke Reception Room. Kamu bisa menyimpan barang-barang yang tidak kamu perlukan disini, dan saya sarankan simpan Combat Knife karena tidak akan terlalu efektif melawan musuh, meskipun memiliki penggunaan yang tak terbatas. Ambil file Police Memorandum di kursi Lalu jalan ke belakang deretan meja. Meja di sebelah kananmu terkunci dan membutuhkan Small Key untuk membukanya, namun di dalamnya hanya akan ada First Aid Spray saja. Ke kiri, kamu akan melihat Licker untuk pertama kalinya di balik jendela, meskipun Leon tidak melihatnya karena gelap. Masuki pintu di kananmu.

Jalan terus lalu ke kanan, kamu akan menemukan mayat tanpa kepala disini. Periksa mayatnya untuk mendapatkan Handgun Bullets. Jalan menuju ke tetesan darah... FMV, oh no..... Licker...... Gunakan Shotgun untuk melawannya, dua atau tiga kali tembakan yang tepat dapat melumpuhkannya. Abaikan saja dulu pintu abu-abu di dekat mayat tanpa kepala, karena kamu membutuhkan Spade Key untuk membukanya. Ambil Green Herb di ujung sebelah kanan, lalu lanjutkan menuju ke pintu di ujung lorong. Jalan terus, lalu ke kanan, masuki pintu ganda di sebelah kanan menuju ke Meeting Room. Ambil file Operation Report di meja sebelah kirimu, ingat nomor kode yang ada di akhir file. Lanjut ke gudang di belakang lalu ke pojok sebelah kanan untuk mengambil Handgun Bullets. Pergi ke perapian, lalu gunakan Lighter untuk membakar kayu, ambil Red Jewel (namanya akan berubah menjadi Virgin Heart jika kamu melakukan check). Keluar dari ruangan ini melalui pintu ganda sebelumnya. Ambil jalan ke kanan, lalu ke kanan, lalu kiri masuki pintu berikutnya.

Bunuh empat zombie di lorong ini. Pintu abu-abu di ujung sebelah kirimu terkunci dan membutuhkan Diamond Key untuk membukanya. Jadi ke kiri lalu ke bawah tangga, ambil dua Green Herb disini. Masuk ke pintu di sebelah kanan menuju ke Dark Room. Save gamemu disini jika perlu. Kamu bisa menyimpan item yang tidak kamu perlukan di dalam Item Box, saya sarankan simpan Virgin Heart dulu, karena kamu belum akan memakainya sekarang. Ambil file Operation Reports 2 di belakang mesin tik dan Ink Ribbons di mesin tik juga Handgun Bullets di lemari di belakang meja dengan mesin tik. Di bagian belakang Dark Room, kamu bisa mencuci Film yang kamu dapatkan di ruangan itu untuk mendapatkan file. Kelua dari ruangan, ke kiri, lalu naiki tangga ke lantai dua. Ke kanan, naiki tangga lainnya. Lurus lalu ke kanan, jalan terus sampai ke patung. Ada Handgun Bullets tersembunyi di belakang patung. Ada puzzle yang harus kamu selesaikan disini.

Kamu harus mendorong patung ke posisi yang benar. Cukup dorong patung merah di sebelah kiri menuju ke tempatnya di pojok sebelah kanan, lalu dorong patung biru di sebelah kanan menuju ke tempatnya di pojok sebelah kiri. Jika benar, maka Virgin Heart akan terjatuh dari genggaman patung. Ambil Virgin Heart lalu masuki pintu di ujung sebelah kanan.

Jalan ke kiri. Bunuh tiga zombie disini, lalu masuki pintu menuju ke STARS Room di sebelah kiri. Ke sebelah kanan, periksa lemari besi untuk mendapatkan Shotgun lainnya, jika kamu menginginkannya. Ambil juga First Aid Spray di kotak P3K di dekat meja Rebbecca yang ada di sebelah kanan ruangan. Kamu juga bisa melihat foto anggota STARS di pojok sebelah kiri ruangan. Ambil Chris’s Diary di meja Chris lalu ambil Unicorn Medal yang ada di bawahnya. Cut-scene dengan Claire, Leon akan memberitahukan Claire bahwa dia tidak akan menemukan kakaknya di kota ini lagi, karena Chris pergi menuju ke HQ Umbrella di Eropa dan memberikan Claire Chris’s Diary serta radio untuk kontak mereka. Setelah selesai keluar dari ruangan.

Jika kamu menelusuri lorong ke sebelah kiri, lalu kiri lagi, maka akan ada pintu terkunci lainnya yang membutuhkan Spade Key untuk membukanya. Jadi, ke kanan, lalu keluar melalui pintu sebelumnya. Teruskan jalan lalu turuni tangga. Ke kiri lalu masuki pintu pertama di kanan kembali ke lorong Meeting Room. Teruskan ikuti jalan sampai ke ujung, hati-hati akan ada tangan-tangan zombie yang berusaha menerobos barikade disini, teruskan menuju ke pintu sebelumnya ke ruangan dimana kamu menghadapi Licker sebelumnya. Lurus terus lalu belok kiri, jalan terus sampai ke pintu di ujung. Kembali ke Reception Room, masuki pintu ganda di sisi lainnya untuk kembali ke Main Hall.

Gunakan Unicorn Medal pada patung dewi yang ada di tengah area ini. FMV, dapatkan Precint Key (Namanya akan berubah menjadi Spade Key jika kamu melakukan check). Kembali ke pintu ganda sebelumnya menuju ke Reception Room. Lanjutkan ke pintu di sisi lain ruangan. Jalan lurus terus lalu ke kanan, buka pintu abu-abu yang terkunci dengan menggunakan Spade Key. Masuki pintu, jalan terus di rak di depanmu kamu akan menemukan file Patrol Report, lalu ke kiri, periksa lemari untuk mendapatkan Ink Ribbons. Temukan tangga di ruangan ini lalu dorong ke depan hingga ke lemari. Naiki tangga lalu ambil Crank dari atas lemari. Turun tangga. Keluar dari ruangan ini melalui pintu sebelumnya. Ke  kanan lalu masuki pintu di ujung lorong. Lurus terus lalu ke kanan, lurus terus ke kanan lagi, lalu ke kiri dan masuki pintu. Jalan ke kiri, lalu naiki tangga. Naiki tangga lainnya, lalu ke kanan, lurus sampai ke ujung masuki pintu di sebelah kiri. Ke kiri, lurus terus, lalu belok kiri sampai ke ujung, gunakan Spade Key pada pintu di ujung lorong lalu buang kunci.

Bunuh empat zombie yang sedang sibuk makan disini. Lurus terus lalu periksa lemari di kiri untuk mendapatkan Handgun Bullets. Kembali lagi ke jalan sebelumnya, lalu ke kiri untuk menemukan pintu lainnya di ujung sebelah kiri. Di seberang pintu, ada meja lainnya yang terkunci dan membutuhkan Small Key untuk membukanya (di dalamnya berisi Handgun Parts). Lanjutkan masuk ke pintu menuju ke Library. Ke kiri, naiki tangga, lalu jalan ke kiri lagi, abaikan saja pintu di kananmu, lalu jalan terus ke kiri lagi, maka kamu akan terjatuh ke bawah. Periksa lukisan, ingat ingat posisinya berada, melalui warna lampunya. Tekan tombol disini yang akan membuka jalan keluarmu. Susun puzzle lemari buku disini. Geser saja lemari buku yang paling kiri ke kanan (Right), lalu lemari buku yang sebelahnya ke kanan (Right) juga maka lukisan yang tadi akan terbuka, ambil Bishop Plug dari lukisan yang terbuka.

Ambil Red Herb meja sebelah kanan pintu ganda yang ada di ruangan ini. Lalu masuki pintu ganda untuk menuju ke Main Hall 2F. Ada empat zombie yang sudah menunggumu disini. Dua di dekatmu, dua lainnya ada di sisi lain. Ke kiri, lalu ke kanan. Di tengah, tekan tombol pada emergency ladder untuk membuka jalan pintas menuju ke Main Hall 1F. Jangan turun ke bawah, teruskan jalanmu, lalu ke kanan, hingga ke ujung, masuki pintu di sebelah kiri menuju ke Waiting Room. Ambil Ink Ribbons di mesin tik dan Secretary’s Diary di sebelahnya. Kamu bisa save gamemu disini. Ambil juga Small Key di kursi, kamu bisa gunakan untuk membuka salah satu meja yang terkunci (gunakan saja pada meja yang berada di sebelah kanan pintu menuju ke Library sebelumnya untuk memperoleh Handgun Parts). Jika kamu mendapatkan Handgun Parts, maka kamu bisa mengkombinasikannya dengan Handgun milikmu agar menjadi Costum Handgun, peluru yang keluar sekali tembak menjadi tiga peluru sekaligus. Simpan juga Crank di Item Box karena kamu belum akan menggunakannya.

Lanjut ke pintu berikutnya. Ada dua zombie disini. Jika kamu ke kiri, maka kamu akan menemukan bagian depan helikopter yang terbakar disini. Jadi, jalan ke kanan, lalu masuki pintu di sebelah kiri. Kamu berada di lorong yang gelap sekarang. Lurus, buka kunci di pintu abu-abu di depanmu, tapi jangan masuk, jalan ke kiri, periksa mayat untuk mendapatkan Handgun Bullets, lalu tembak burung gagak disini. Hati-hati karena tiba-tiba empat burung gagak lainnya akan menerobos jendela dan menyerangmu juga. Lanjutkan jalan, menuju ke pintu di ujung lorong. Kamu ada di atap sekarang. Ke kanan, lalu terus ke kanan lagi, lalu turuni  tangga di kanan. Tembak empat zombie disini lalu  ke kanan dan belok kiri,lurus terus masuki pintu di ujung menuju ke Cabin.

 Lanjutkan jalan ke depan, lalu ke mesin tik di sebelah kanan untuk mendapatkan Ink Ribbons dan Handgun Bullets di sebelahnya. Yang terpenting ambil Valve Handle di lantai. Peringatan, jangan buka pintu di dekat mesin tik, karena dua zombie akan muncul dan menyerangmu. Lagipula, kamu tidak perlu kesana karena itulah jalur yang dilalui Claire sebelumnya. Jadi, keluar melalui pintu sebelumnya. Jalan lurus terus lalu ke kiri, naiki tangga lagi di sebelah kiri. Lurus, ke kiri, lalu lurus terus, masuki lorong kecil di balik pagar. Gunakan Valve Handle pada slot di ujung kanan. Maka air akan mengalir dan memadamkan api pada helikopter. Keluar dari sini, lalu kembali masuk ke bangunan RPD melalui pintu sebelumnya. Lurus terus lalu ke kanan, ke kanan lagi lalu masuki pintu di ujung lorong kembali ke lorong dengan bagian helikopter di dalamnya. Menuju ke tempat dimana bagian helikopter berada lalu masuki pintu di ujung sebelah kanan. Pastikan dulu  kamu membawa dua Virgin Hearts, jika tidak kembali ke Waiting Room dan ambil Virgin Heart dari Item Box. Sekalian, kamu dapat menyimpan Valve Handle di dalam Item Box sekarang.

Masuki pintu yang ada di ujung sebelah kanan dimana bagian helikopter berada. Lurus terus, periksa guci di depan untuk mendapatkan Ink Ribbons. Periksa juga lemari di sebelah kiri untuk mendapatkan Shotgun Shells. Gunakan dua Virgin Hearts pada kedua patung di sebelah kiri dan kanan. FMV, dada patung akan terbuka dan mengeluarkan King Plug. Ambil juga Precint Key (Namanya akan berubah menjadi Diamond Key jika kamu melakukan check) di atas boks sebelah kiri patung. Keluar dari ruangan, lurus lalu ke kiri, masuki pintu di sebelah kanan kembali ke Waiting Room. Simpan dulu King Plug dan Bishop Plug di dalam Item Box.

Teruskan ke pintu berikutnya menuju ke Main Hall 2F. Jalan terus, ke kiri, lurus lalu ke kiri lagi, masuki pintu ganda menuju ke Library. Masuki pintu lainnya di sisi kiri ruangan. Jalan terus lalu ke kiri, masuki pintu berikutnya. Kamu ada di lorong STARS Room lagi sekarang. Terus jalan, ke kanan, lalu masuki pintu di ujung. Jalan terus lagi sampai bertemu tangga, turuni tangga. Belok ke kiri, buka pintu abu-abu di ujung dengan menggunakan Diamond Key.

Di Evidence Room, bunuh zombie-zombie yang ada disini, hati-hati dengan dua zombie yang ada di sebelah kanan. Kamu dapat menemukan Shotgun Shells di loker depan dan sebuah Film di loker di bagian belakang (kamu dapat mencuci Film di Dark Room, ruangan yang ada di bawah tangga untuk mendapatkan file Photo A). Lanjutkan menuju ke pintu berikutnya di sebelah kiri. Kamu akan kembali ke West Office, tempat dimana kamu menemukan Marvin sebelumnya. Masuki ruangan pribadi Marvin untuk melihat cut-scene Marvin berubah menjadi zombie (perlu dicatat bahwa zombie Marvin sedikit lebih kuat daripada zombie biasanya). Bunuh dia dengan menggunakan Costum Handgun (jika kamu ingin menghemat amunisi) atau gunakan saja Shotgun, tepat ketika dia bangkit. Ambil Precint Key (Namanya akan berubah menjadi Heart Key jika kamu melakukan check) di meja di sebelah Marvin, keluar dari ruang pribadi, ambil file Memo To Leon di meja di depan pintu menuju ke Main Hall dan Handgun Bullets yang ada di loker sebelah kanan pintu menuju ke Main Hall, lalu buka pintu dan kembali ke Main Hall melalui pintu itu.

Di Main Hall, masukilah satu-satunya pintu yang belum kamu masuki di sebelah kiri pintu masuk bangunan RPD. Jalan ke kiri, bunuh zombie-zombie yang ada di Lobby ini. Abaikan saja pintu ganda biru di kananmu, jalan terus lalu belok kanan, masuki pintu di ujung Lobby. Lurus, bunuh zombie di depanmu, Jalan terus lalu belok kiri, bunuh zombie-zombie yang berani menghalangi jalanmu. Lurus masuki pintu pertama yang kamu temui disini dengan menggunakan Diamond Key, lalu buang kuncinya. Ambil Cord dan First Aid Spray di meja dan Rook Plug di lemari, maka seekor Licker akan memecahkan kaca dan menyerangmu. Keluar dari ruangan ini melalui pintu sebelumnya. Ke kanan, ada Red Herb disini, masuki pintu abu-abu di sebelah kanan menuju ke Interview Room. Ada Small Key disini (kamu dapat menggunakannya untuk membuka meja di Reception Room untuk mendapatkan First Aid Spray). Keluar dari ruangan ini, pintu hijau di ujung sebelah kiri terkunci dan membutuhkan Club Key untuk membukanya, jadi kembali ke kiri, ke kanan, lalu ke kanan lagi, kembali melalui pintu di ujung lorong. Jalan terus, lalu ke kiri, masuki pintu ganda biru di sebelah kiri untuk menuju ke East Office.

Bunuh semua zombie yang ada disini, hati-hati juga kepada zombie yang berpura-pura mati di lantai. Masuki ruang pribadi di sebelah kiri, bunuh zombie disini. Periksa berangkas lalu masukkan kode yang terdapat pada file Operation Report yang kamu temukan di Reception Office sebelumnya (2236), ambil Shotgun Shells dan  Police Station Map di dalamnya. Ambil juga Green Herb tersembunyi di balik ruangan. Keluar, lalu ke kiri menuju ke pintu yang terbuka.

Di sebelah kanan kamu akan menemukan mayat seorang polisi, periksa untuk mendapatkan Handgun Bullets dan pintu yang ada di dekatnya menuju ke tangga darurat, dimana ada dua Green Herb di dekatnya, dan satu Green Herb di atas tangga, pintu di atas akan membawamu kembali ke lorong gelap yang pernah kamu lewati sebelumnya (terkunci dari dalam jika sebelumnya kamu tidak membuka kuncinya), jadi kamu tidak perlu kesana sekarang. Kembali ke pintu sebelumnya, ke kanan, lalu buku pintu lainnya di ujung dengan menggunakan Heart Key, lalu buang kuncinya. Ada dua Green Herb di depanmu. Ambil jika diperlukan. Jalan terus lalu belok kiri, lurus terus sampai bertemu panel, gunakan Cord pada panel dengan lampu hijau untuk menutup kaca jendela yang pecah. Hal ini untuk mencegah zombie menerobos kaca yang pecah untuk beberapa waktu lamanya. Ke kiri, ambil jalan kiri, lalu ke kanan menuju ke lemari dan ambil Shotgun Shells dari lemari, kembali lalu turuni tangga (pintu di sebelah kiri terkunci dan membutuhkan Club Key untuk membukanya).

Jalan terus lalu ke kiri, ada tiga anjing yang siap menyerangmu di lorong ini. Bunuh mereka. Lalu belok kanan, jalan terus, masuki pintu di kiri menuju ke Sub-station Room. Jalan terus melalui jalan kanan, lalu ke kiri, ambil Police Station B1F Map di rak. Jalan ke kiri, periksa alat kontrol, ada power supply puzzle yang harus diselesaikan disini.
Berikut ini solusinya yang mungkin dapat digunakan :
Up, Up, Down, Up, Down

Setelah menyelesaikan puzzle , maka listrik akan mengalir pada Weapon Storage Room. Kembali, ambil Green Herb yang ada di ruangan ini jika diperlukan. Keluar dari ruangan, ke kanan, jalan terus, lalu belok kiri, jalan terus sampai ujung, masuki pintu di kanan. Lurus terus sampai ada cut-scene dengan Ada Wong (Damn, she’s hot, don’t you think?), dia akan memberitahumu bahwa dia mencari Ben yang berada di dalam sel, namun dia tidak menemukan jalan lain masuk ke dalam sana, selain melalui pintu yang terhalangi oleh mobil van.

Selesai cut-scene, kamu dapat mengambil Green Herb yang ada di kanan ruangan. Dorong mobil van bersama dengan Ada untuk membuka jalan. Masuki pintu, Ada akan berlari meninggalkan Leon. Jalan terus lalu belok kanan, lalu ke kiri. Lurus terus, ambil Handgun Bullets di meja lalu masuki pintu menuju ke Holding Cells di sebelah kiri.

Kamu dapat mengambil dua Green Herb dari sel tahanan pertama di sebelah kiri. Lanjut ke sel di ujung untuk cut-scene dengan Ben, Ada akan masuk dan bertanya tentang keberadaan kekasihnya, John yang bekerja di kantor cabang Umbrella namun menghilang enam bulan yang lalu. Leon akan mengatakan bahwa hanya dialah satu-satunya polisi yang tersisa di bangunan ini dan mengajak Ben untuk keluar dari kota bersamanya. Ben kemudian akan memberitahukan rute jalan keluar melalui saluran air bawah tanah. Ada lagi-lagi akan meninggalkan Leon. Ambil Manhole Opener di rak yang ada di dekat sel Ben, lalu keluar dari Holding Cell. Ke kanan, jalan terus lalu masuki pintu di kiri menuju ke Kennel. Lurus, lalu ke kanan, ada Red Herb di sebelah kanan, ambil jika kamu menginginkannya. Abaikan saja anjing-anjing disini atau jika kamu tidak ingin mereka menimbulkan masalah nantinya, tembaklah mereka sebelum mereka berhasil merobohkan pintu kandang. Buka penutup dengan menggunakan Manhole Opener lalu turun ke bawah tangga.

Jalan lurus lalu ke kiri, berhati-hatilah dengan Giant Spiders (laba-laba raksasa) disini. Jalan terus, lalu ke kanan, bunuh laba-laba raksasa lainnya disini. Berhati-hatilah, karena cairan yang mereka keluarkan dapat membuatmu terkena status Poison. Lanjutkan jalan, lalu naiki tangga di kiri. Masuki Storage Room di kiri. Jika kamu terkena status Poison, kamu dapat menetralisirkan racunnya disini, karena ada Blue Herb di ruangan ini. Ambil Ink Ribbons di mesin tik. Save gamemu bila perlu. Bawa juga King Plug, Rook Plug dan Bishop Plug yang telah kamu dapatkan dari dalam Item Box. Keluar dari ruangan, lalu jalan ke kiri. Masuki pintu di depanmu. Ke kanan, lalu ke kiri seberangi jembatan lalu ke kiri, gunakan King Plug, Rook Plug dan Bishop Plug pada panel di samping pintu. Masih ada satu Plug lagi yang harus kamu cari. Keluar dari tempat ini. Cut-scene dengan Ada, Leon akan memperkenalkan namanya kepada Ada, lalu dia akan membantu Ada untuk memanjat ke atas lubang ventilasi.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kamu mengendalikan Ada sekarang untuk sementara. Jalan terus lalu masuki pintu di depanmu. Ke kiri, jalan terus lalu ke kanan, jalan terus lalu ke kanan lagi, masuki ruangan di kiri lalu jalan terus dan turun dengan menggunakan lift. Ambil Shotgun Shells disini, lalu kembali naik ke atas dengan menggunakan lift. Jalan terus lalu ke kanan, terus jalan dan masuki pintu di ujung.

Ambil Sewage Disposal Map di dinding. Jalan terus lalu turun melalui jalan di sebelah kiri (agak tersembunyi), turun lagi dan turun lagi. Ada puzzle disini, kamu harus mendorong kotak menuju ke ujung dinding agar Ada bisa menyeberang saat air diisi nanti. Pertama panjat dulu kotak yang ada di sebelah kiri, lalu turun melalui sisi lainnya. Dorong kotak sedikit ke kanan agar kotak di sisi kiri dapat didorong maju ke depan. Dorong kotak paling kiri maju ke depan sampai menyentuh dinding, lalu dempetkan kotak di sebelahnya agar merapat, jika belum rapat. Dorong kotak yang paling kanan ke depan, lalu kembali naik ke atas. Operasikan alat kontrol untuk mengisi air. Sekarang kamu dapat menyeberang melalui kotak yang telah kamu susun tadi. Ambil Precint Key terakhir yang ada di lemari ujung (Namanya akan berubah menjadi Club Key jika kamu melakukan check), lalu kembali dan keluar dari ruangan ini. Jalan terus lalu belok kanan, jalan terus lalu belok kiri, masuki pintu di kanan. Cut-scene, Ada akan melemparkan Club Key dan Shotgun Shells kepada Leon lalu kembali meninggalkannya. Kamu akan mengontrol Leon lagi sekarang.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ambil Club Key dan Shotgun Shells yang dilemparkan Ada. Lalu kembali ke kiri, jalan terus dan turuni tangga. Ke kanan, jalan terus, lalu ke kiri. Jalan terus, lalu naiki tangga di sebelah kiri. Jalan terus lalu ke kiri, keluar dari Kennel.

Jalan terus, lalu belok kiri, masuki pintu di ujung. Jalan lurus terus, masuki pintu lainnya, kembali ke lorong utama B1F. Ke kiri, jalan terus, akan ada beberapa Lickers disini yang akan menyerangmu, gunakan Shotgun untuk membunuh mereka. Jalan ke kanan jalan terus, lalu gunakan Club Key pada pintu Autopsy Room, masuki ruangan. Lurus terus lewati ranjang periksa lemari di sebelah kiri untuk mendapatkan Red Card Key, lalu para zombie akan bangkit disini. Bunuh mereka, lalu keluar dari ruangan. Ke kiri, lurus terus sampai ujung, gunakan Red Card Key pada Weapon Storage Room. Masuk ke dalam, ambil Handgun Bullets di rak sebelah kanan. Periksa lemari. Kamu harus memilih antara Side Pack dan Sub-Machine Gun. Kamu bisa mengambil keduanya, namun Claire tidak akan kebagian apa-apa nantinya, jadi sebagai orang yang bijak, pilih salah satu. Saya menyarankan Sub-Machine Gun, tapi kamu boleh memilih Side-Pack atau mengambil keduanya. Up to your choice ^_^

Keluar dari ruangan, ke kiri, jalan terus, lalu belok ke kiri, jalan terus lalu ke kanan, naiki tangga. Menuju ke ruangan di balik tangga, gunakan Club Key untuk membukanya. Ambil Ink Ribbons di meja. Lurus terus lalu ke kanan menuju ke ranjang, ambil Magnum di meja (Woww...) dan Watchman Diary di ranjang. Keluar dari ruangan, ke kanan, lalu ke kanan lagi, jalan terus lalu ke kanan lagi. Masuki pintu di kiri. Jalan terus lalu masuki pintu yang terbuka di kanan. Keluar dari East Office melalui pintu ganda biru.

Ke kanan, jalan terus lalu ke kanan lagi sampai di ujung lorong, masuki pintu di kiri. Lurus terus lalu ke kiri, jalan terus lalu ke kiri lagi sampai ke ujung. Buka pintu hijau di ujung lorong dengan menggunakan Club Key lalu buang kuncinya. Lurus terus, ambil Film di meja (kamu dapat mencucinya di Dark Room menjadi file Photo B), lalu menuju ke ujung. Nyalakan api pada tungku di sebelah kiri dengan menggunakan Lighter. Ada puzzle lainnya disini.
Berikut adalah solusinya : 12, 13, 11
Jika benar, maka Cogwheel Gear akan lepas dari lukisan. Ambil Cogwheel Gear lalu keluar dari ruangan.

Ke kanan, lalu jalan terus lalu ke kanan lagi, jalan terus lalu ke kanan lagi, masuki pintu di ujung lorong. Ke kanan, lurus terus lalu belok kiri, jalan terus ke ujung, masuki pintu kembali ke Main Hall 1F. Jalan terus, turuni tangga di kanan. Jika ingin mencuci film, lewati pintu di sebelah kiri menuju ke West Office, tempat dimana kamu bertemu dengan Marvin sebelumnya, masuki pintu menuju ke Evidence Room, lalu terus ke pintu berikutnya, masuki ruangan di bawah tangga ke Dark Room.  Lanjut ke perjalanan utama, kembali ke Main Hall. Naik ke atas dengan menggunakan emergency ladder. Berhati-hatilah dengan Licker disini.

Kamu harus membawa Crank disini. Ke kanan, jalan terus, lalu ke kanan, jalan terus lalu masuki pintu di kiri menuju ke Waiting Room. Ambil Crank dari dalam Item Box. Keluar dari ruangan, kembali ke Main Hall 2F, ke kiri, jalan terus sampai ujung, lalu ke kiri lagi, jalan terus, masuki pintu di kanan menuju ke Library. Akan ada cut-scene dimana zombie menerobos masuk jendela yang pecah.

Di Library, naiki tangga, jalan ke kiri, lalu masuki pintu di kanan. Kamu berada di Main Hall 3F sekarang. Ke kanan, jalan terus ke ujung, lalu masuki pintu di sebelah kanan. Di dalam Gear Room, ke sisi kanan ruangan. Gunakan Crank pada lubang untuk menurunkan tangga. Naiki tangga ke atas. Ke kanan, jalan terus lalu ke kanan lagi, jalan sampai ke ujung. Gunakan Cogwheel Gear pada mesin, maka lubang rahasia akan terbuka. Ambil Knight Plug di dalamnya (akhirnya........). Turuni lubang, maka kamu akan otomatis berada di B1F.

Cut-scene dimana Ben diserang oleh monster raksasa William Birkin. Ke kiri, jalan terus lalu ke kanan, belok kiri lagi sampai ke ujung, masuki Holding Cells. Cut-scene dengan Ben, seekor monster akan memaksa keluar dari tubuh Ben dan Ben akhirnya mati. Ada akan masuk ke dalam ruangan, baca Mail To Chief (yang menunjukkan keterlibatan Chief Irons dengan Umbrella dan William Birkin). Ada akan meninggalkanmu lagi. Keluar dari Holding Cells. Ke kanan, lalu jalan terus, masuki pintu di kiri menuju ke Kennel. Lurus terus lalu belok kanan, turun ke bawah tangga menuju ke Sewer. Jalan terus, ke kanan, jalan lagi, ke kanan lagi, lalu naiki tangga di sebelah kiri. Lurus terus, siapkan dirimu untuk menghadapi boss monster, masuk ke Storage Room bila ingin mengambil persediaan. Bila sudah siap masuki pintu di depanmu.

Jalan terus lalu hadapi G-Imago yang terbentuk dari potongan tubuh monster William. Gunakan senjata terkuatmu untuk mengalahkannya (Magnum atau Shotgun, lebih bagusnya lagi Sub-Machine Gun jika kamu memilikinya), berhati-hatilah juga dengan G-Embryo yang keluar dari tubuh monster itu. Setelah mengalahkannya, gunakan Knight Plug pada panel di sebelah pintu yang terkunci, maka pintu sekarang sudah dapat terbuka. Jalan terus, cut-scene, Leon akan bergabung kembali bersama Ada (bagaimana mungkin dia bisa jatuh setinggi itu tanpa bersuara).

===========================================================================
---------------------------------------------------[SEWER]------------------------------------------------------------
===========================================================================

Turun ke air. Lalu masuki pintu besar di sebelah kiri. Jalan terus sampai bertemu jalan di sebelah kiri, naik ke atas. Ada dua Blue Herbs disini. Kamu dapat mengambilnya bila perlu. Masuk ke pintu di sebelah kanan. Kamu berada di Control Room sekarang. Ambil Ink Ribbons di mesin tik, save gamemu bila perlu. Ambil file Sewer Manager Fax di meja dan Handgun Bullets di rak kecil berwana merah. Ingatlah untuk membawa Valve Handle dari Item Box bersamamu, karena kamu akan menggunakannya kembali sekarang. Kamu bisa mendorong lemari di yang ada ruangan ini untuk membuka pintu yang berisi tangga turun ke dalam Warehouse. Turuni tangga. Ke kanan, lalu nyalakan lampu dengan menggunakan Lighter. Ambil Magnum Bullets di rak. Jalan terus lalu ke kanan. Cari lampu lainnya disini, gunakan Lighter untuk menyalakannya. Ambil Shotgun Shells lalu kembali naik ke atas.

Gunakan lift di sudut ruangan untuk turun ke bawah. Cut-scene, Leon akan tertembak oleh Annette yang sebenarnya hendak menembak Ada. Kamu akan mengontrol Ada lagi sekarang. Jalan ke lorong di kiri, lalu jalan terus ambil Sewer Map di sebelah kiri, masuki pintu di ujung. Ikuti kemana perginya Annette. Turun ke bawah air. Jalan ke kiri, lalu naiki tangga di sebelah kanan menuju ke ventilasi. Berusahalah untuk terus berjalan sampai ke ujung untuk menghindari para kecoak yang akan menyerangmu (aku benci kecoak -_-). Turuni tangga, jalan ke kanan, lalu ke kiri.

Cut-scene, Annette akan muncul dan menceritakan semuanya, tentang suaminya, William yang menginjeksikan virus ke tubuhnya sendiri, tentang dia yang mengetahui bahwa Ada adalah seorang mata-mata yang dikirimkan oleh Umbrella, tentang Ada yang memanfaatkan John untuk memberikannya informasi, juga tentang John yang ternyata sudah berubah menjadi zombie dan mati. Di tengah pembicaraan akan ada FMV dari William. Ada akan membela diri dan akhirnya tanpa sengaja membuat Annette terjatuh ke bawah. Selesai cut-scene, lanjutkan jalan, seberangi jembatan di sebelah kiri, jalan terus lalu ke kanan, turuni tangga. Ada sesuatu yang tidak beres di air, Ada akan menjerit dan membangunkan Leon dari pingsannya. Kamu akan mengendalikan Leon lagi.

Jalan, masuki lorong di kiri, lurus terus, masuki pintu di ujung. Turun ke air, jalan ke kiri. Kamu tidak akan dapat menggunakan tangga yang dilalui Ada sebelumnya karena kipas berputar terlalu cepat. Jalan terus sampai ke ujung, lalu naiki jalan di kiri. Ambil Wolf Medal dan Shotgun Shells dari dua mayat USS disini. Turun lagi ke air, jalan ke kanan, lurus terus. Hindari atau bunuh laba-laba raksasa disini, lewat jalan kiri. Masuki pintu pagar di ujung. Lurus terus, bunuh atau hindari saja laba-laba disini. Gunakan Wolf Medal pada panel di dinding sebelah kanan dimana ada jalan yang terhalangi oleh air terjun.

Naik ke jalan di kiri, masuki pintu ganda di depanmu. Jika kamu terkena status Poison karena racun dari laba-laba raksasa, kamu dapat menetralisirkan racunnya dengan menggunakan Blue Herb di sebelah kanan. Jalan ke kiri, lalu ke kanan. Gunakan Valve Handle pada slot dengan lampu yang menyala untuk menuruni jembatan. Seberangi jembatan, gunakan kembali Valve Handle pada slot lainnya untuk menaikkan kembali jembatan ke atas. Ada dua Green Herb disini, ambil jika perlu. Ambil Shotgun Shells di samping mesin tik dan Ink Ribbons di mesin tik yang ada di sisi kiri. Sangat direkomendasikan untuk save gamemu disini. Masuki pintu lainnya disini. Jalan terus, lalu ke kiri, terus jalan lalu ke kiri lagi, lanjut jalan terus lagi sampai di ujung.

Cut-scene, Giant Alligator akan berusaha menyerangmu. Larilah kembali ke jalan sebelumnya, temukan sebuah lampu berwarna hijau yang menyala lalu periksa untuk menjatuhkan tabung gas. Berlarilah ke ujung dalam jangkauan sasaran tembak yang tepat. Biarkan alligator raksasa itu memakan tabung gas, dan ketika dia muncul, segera tembak dia untuk menghabisi nyawanya. Perlu dicatat disini bahwa tanpa tabung gas, kamu tidak akan bisa mengalahkannya, bahkan jika kamu memiliki Rocket Launcher sekalipun. Kembali ke jalan sebelumnya menuju ke ujung lorong. Tekan saklar untuk membuka pintu, lalu masuki pintu besar di kirimu. Jalan terus lalu naik ke atas.

Cut-scene, Ada akan membalut luka Leon dengan perban dan memberitahukan Leon bahwa John sudah mati. Selesai cut-scene kamu berada di atas. Masuki jalan di sebelah kiri, seberangi jembatan lalu ke kiri dan ke kiri lagi, ambil Eagle Medal dari tubuh mayat dan Sewer Manager Diary di atas alat kontrol. Kembali menuju ke jalan sebelumnya, ke kanan lalu lurus terus sampai ujung, belok kanan, lurus terus gunakan Valve Handle pada slot yang tersedia lalu naiki tangga ke ventilasi. Jalan terus ke ujung, namun kali ini tidak akan ada kecoak yang menyerangmu, lalu turuni tangga. Jalan ke kiri, lurus terus, zombie-zombie akan bangkit disini, di percabangan ambil kiri, masuki pintu pagar ke area berikutnya. Jalan lurus terus sampai ke panel, gunakan Eagle Medal pada panel dan air terjun akan berhenti mengalir. Naik ke atas, masuk ke pintu.

 Lurus terus lalu ke kanan, jalan terus, masuki pintu berikutnya. Lurus terus, lalu ke kanan. Ambil jalan platform kanan, operasikan mesin kontrol untuk menyalakan kereta listrik. Masuk ke dalam kereta melalui platform kiri. Ada akan mengoperasikan kereta listrik. Tangan monster akan muncul tiba-tiba dan berusaha menyerangmu. Kamu dapat mengetahui posisi dimana tangan monster itu akan muncul melalui reruntuhan kecil yang jatuh. Jika kamu ingin menghemat amunisi, cukup berlari menghindari tangan monster dan biarkan Ada yang menyerangnya. Setelah memberinya cukup serangan, Ada akan menembakinya dan membuat monster itu kabur. Setelah kereta listrik tiba di stasiun, keluar dari kereta.

===========================================================================
-------------------------------------------------[FACTORY AREA]---------------------------------------------------
===========================================================================

Jalan ke kiri, lalu gunakan Lighter pada Flare Gun untuk menemukan Weapon Box Key di sebelah kanan. Ke kanan, lalu jalan terus, masuki pintu. Jalan lurus terus, bunuh zombie di dekatmu, di percabangan ambil jalan kiri, jalan lurus terus, bunuh zombie-zombie lainnya disini. Periksa mayat di ujung untuk mendapatkan Shotgun Parts (Wow... Cool...) lalu kombinasikan dengan Shotgun agar menjadi Costum Shotgun dengan kekuatan yang lebih besar daripada Shotgun sebelumnya. Kembali lalu jalan ke kiri, lurus terus sampai ujung, lalu belok kiri, jalan terus masuki pintu di ujung. Jalan terus lalu belok kiri. Jalan terus, bunuh zombie-zombie yang menghalangi jalanmu. Ambil jalan ke kanan, lurus terus lalu ke kiri untuk mengambil dua Green Herbs disini. Kembali lalu lurus terus sampai ujung lalu belok kanan, jalan terus lalu naiki tangga di ujung. Ambil First Aid Spray di lemari dan Ink Ribbons di mesin tik disini. Ambil juga Magnum Bullets dan Shotgun Shells disini. Siapkan senjata terkuatmu disini, karena kamu akan menghadapi Boss nanti (Magnum dan Costum Shotgun yang terbaik, tapi fokuskan dulu pada Magnum karena Magnum memiliki daya serang yang lebih tinggi dan kecepatan menembak yang lebih baik). Siapkan juga Healing Items yang cukup.

Keluar dari ruangan ini melalui pintu. Kamu akan berada di Turntable Area sekarang. Jalan ke kiri, periksa tong sampah yang tergeletak untuk mendapatkan Handgun Bullets. Jalan ke kanan, kamu akan melihat kereta lokomotif disini. Ambil Factory Map di dinding sebelah kanan, lalu jalan terus, ambil jalan platform sebelah kiri terus sampai ujung, ke sebelah kanan, naik ke atas kereta lokomotif, lalu masuki pintu di kanan Lurus terus dan kamu akan menemukan Magnum Bullets di sisi kiri ruangan. Ambil Control Panel Key dari gantungan kunci di dinding, lalu keluar dari kereta lokomotif. Turun ke bawah lalu gunakan Control Panel Key pada panel di samping kereta. Tekan tombol maka kereta siap berangkat, kamu akan otomatis masuk ke dalam kereta lokomotif, namun beberapa saat kemudian tangan monster akan menyerang Ada hingga tidak sadarkan diri. Keluar dari kereta lokomotif, turun ke bawah, lalu jalan ke kiri, kamu akan menghadapi Mutated William secara langsung untuk pertama kalinya.

Gunakan Magnum untuk menghabisinya. Selalu perhatikan Status screenmu, dan jangan tunggu sampai kondisimu berubah menjadi DANGER, segera obati bila berubah menjadi CAUTION, karena William akan mencakarmu setiap saat. Perhatikan juga jumlah amunisi yang kamu miliki, jangan biarkan Leon me-reloadnya sendiri, lakukan itu di status screen agar lebih aman. Setelah menerima cukup serangan, Mutated William akan kabur atau pingsan. Kembali ke dalam kereta lokomotif.

===========================================================================
----------------------------------------------[LABORATORY AREA]------------------------------------------------
===========================================================================

Cut-scene, Leon akan membawa Ada ke Security Room yang ada di fasilitas penelitian rahasia milik Umbrella.  Ada akan mengatakan kepada Leon bahwa dia hanya akan memperlambat perjalanan Leon, namun Leon mengatakan bahwa sudah menjadi tugasnya untuk melindungi Ada, Leon kemudian akan menyuruh Ada beristirahat. Persiapkan dirimu di dalam Security Room ini. Ambil Green Herb di atas lemari, Shotgun Shells di dalam loker, Magnum Bullets di meja dan Ink Ribbons di mesin tik. Save gamemu disini bila perlu. Gunakan kembali senjatamu, karena Leon tidak memakai senjatanya saat ini. Oh iya pastikan juga kamu membawa Weapon Box Key, karena kamu akan menggunakannya nanti. Keluar dari ruangan. Jalan ke kanan, lurus terus, masuki pintu di ujung (lift di sebelah kanan tak bisa kamu masuki karena Claire mengecek bagian sana).

Kamu berada di Main Shaft sekarang. Tempatmu berada memiliki lampu berwarna putih, jalan terus ke depan untuk berada di tengah ruangan. Perhatikan sebuah alat pembangkit di tengah ruangan, alat ini membutuhkan Main Fuse untuk membangkitkan energi kembali. Terdapat dua jalan lainnya disini. Jalan dengan lampu biru membawamu ke East Area dan jalan dengan lampu merah menuju ke West Area.

Pertama, tujulah East Area dulu dengan melewati jalan dengan lampu biru dulu. Masuki pintu di ujung. Jalan terus, ambil jalan kiri, lurus terus masuki pintu beku di sebelah kiri menuju ke Fusing Room. Disini, ambil First Aid Spray di atas drum dan Fuse Case di rak. Gunakan Fuse Case pada alat kontrol di sebelah kanan untuk menjadikannya Main Fuse. Keluar dari ruangan. Ke kanan, jalan terus lalu ke kanan lagi, kembali ke Main Shaft melalui pintu. Jalan terus sampai ke tengah ruangan, gunakan Main Fuse pada alat pembangkit disini untuk menyalakan kembali tenaga listrik di seluruh area laboratorium.

Sekarang pergilah ke West Area melalui jalan dengan lampu merah. Masuki pintu di ujung. Jalan terus lalu belok kanan. Masuki pintu paling ujung menuju ke Researcher’s Room. Ambil file Laboratory Security Manual di komputer lalu file User Registeration di kursi. Periksa loker untuk mendapatkan Flamethrower. Sekarang periksa komputer untuk menyalakan B.O.W.s Sprinkler. Gunakan Flamethrower milikmu untuk memusnahkan tanaman yang ada di sebelah kiri ruangan (arahkan ke atas). Setelah itu, gunakan Shotgunmu, lalu lewati lubang menuju ke ruangan sebelah. Bunuh dua Envolved Lickers yang ada disini. Periksa loker untuk mendapatkan dua kotak Shotgun Shells. Keluar dari ruangan melalui pintu di sebelah kanan. Ke kanan, jalan terus menuju ke shutter, tekan tombol untuk membukanya, basmi dua monster Plant 42 dengan menggunakan Flamethrower dalam jarak dekat. Masuki keluar melalui pintu di ujung. Gunakan Flamethrower lagi untuk membasmi monster Plant 42 lagi disini. Turuni tangga, lalu masuki pintu.

Gunakan kembali Shotgunmu disini. Jalan ke kiri, lalu ke kiri lagi, akan ada Envolved Licker yang turun dari atas, dua lagi ada di depan. Tembak mereka dengan menggunakan Shotgun. Jalan terus sampai ujung, ambil dua Green Herb disini. Ke kiri, jalan terus menuju ke lorong di sebelah kiri, masuki pintu di ujung. Jalan terus sampai ke monitor yang menyala, periksa untuk mendapatkan Laboratory Map. Jalan terus, save gamemu bila perlu, lalu masuki pintu berlabel B di atasnya. Lurus terus, lalu ke sebelah kiri, lalu masuki pintu di sebelah kiri menuju ke P4 Laboratory (William Birkin’s Lab). Gunakan Weapon Box Key pada loker dengan lampu biru yang menyala dan dapatkan Magnum Parts (Wowww...... super cool !!!). Gabungkan dengan Magnum untuk menjadikannya Costum Magnum. Masuki pintu, bunuh dua zombie disini, jalan terus lalu masuki pintu lainnya di kiri. Bunuh zombie-zombie disini, targetmu adalah Lab Card Key di meja. Setelah mendapatkannya, keluar dari William Birkin’s Lab. Sekarang ke kanan, lurus terus menuju ke lorong dengan sarang telur, hindari Baby Moth yang jatuh dari langit-langit, gunakan Lab Card Key pada pintu di ujung. Lanjut masuk ke dalam Computer Room. Computer Room ternyata telah menjadi sarang monster. Gunakan Shotgunmu untuk membunuh Giant Moth disini. Tembak Baby Moth di komputer agar kamu bisa mengoperasikan komputer. Masukkan GUEST sebagai Username (file User Registeration). Keluar dari ruangan ini, jalan terus melewati lorong, hindari Baby Moth, lalu belok kiri menuju ke lorong lainnya, masuki pintu menuju ke Monitor Room di ujung. Jalan terus sampai ke ujung, masuki pintu berlabel C di atasnya, kembali ke lorong Lickers. Jalan terus, pelan-pelan saja, karena jika kamu berlari, Envolved Licker akan muncul dari atas dan menyerangmu.

Lurus terus masuki lorong di kanan, telusuri lorong lalu masuki pintu di kanan. Kembali naik ke atas tangga, masuki pintu kembali ke West Area. Lurus terus lalu belok kanan, masuki pintu kembali ke Main Shaft. Jalan terus sampai ke tengah ruangan, lewati lorong biru menuju ke East Area. Jalan terus, tekan tombol untuk membuka shutter di kanan. Jalan terus, periksa alat sensor sidik jari di sebelah kiri, registerasikan sidik jari Leon.

Note : Kamu tidak bisa masuk ke dalam sekarang, karena pintu membutuhkan dua sidik jari yang berbeda. Saat di skenario B, registerasikan juga sidik jari Claire, dan biarkan Claire yang masuk ke dalam Culture Room. Di dalam hanya akan ada Machine Gun Bullets.Tidak untuk disebutkan, di dalam ada tiga Envolved Lickers. Tapi kamu akan tahu, di dalam sana adalah tempat untuk melakukan eksperimen dan tempat dimana Lickers diciptakan.

Kembali ke ruangan di tengah area ini. Gunakan Lab Card Key untuk membukanya, lalu buang kartunya. Ambil First Aid Spray dan Magnum Bullets di meja operasi. Jalan terus menuju ke tombol berwarna merah, nyalakan lampu. Zombie-zombie akan terlihat, bunuh mereka. Ke tempat operasi di sebelah kanan, ambil MO Disk disini. Keluar dari ruangan ini.

Cut-scene dengan Annette, dia akan memberitahukan kepada Leon kenyataan sebenarnya tentang Ada, bahwa Ada adalah seorang mata-mata yang dikirim oleh Umbrella dan dia menjadi pacar John untuk memperoleh informasi tentang Umbrella, meskipun Leon tidak mempercayai hal itu. Namun, naasnya, terjadi gempa dan pipa terjatuh dari langit-langit dan menimpa Annette. Leon akan mengambil G-Virus dari tangan Annette.

Bersiaplah untuk menghadapi boss terakhir. Keluar dari area ini dan kembali ke Main Shaft. Lewati jalan dengan lampu merah. Cut-scene dengan Ada, Ada akan mengancam Leon untuk menyerahkan G-virus dan mengarahkan pistolnya ke arah Leon. The Best Cut-scene ever in Resident Evil Series. Ada kemudian menurunkan senjatanya lalu malah tertembak oleh Annette.Dia terjatuh ke samping platform, namun Leon berusaha mengangkatnya kembali. Ada mengatakan kepada Leon bahwa dia ingin sekali lari bersama Leon, lari dari segalanya, namun akhirnya Ada terjatuh ke bawah. Leon kemudian akan membuang G-virus. Disinilah dimana kita mengira bahwa Ada sudah pasti mati karena jatuh setinggi itu. Namun, kenyataannya........

Lanjut, jika kamu memeriksa pistol di lantai, kamu akan tahu bahwa pistol Ada tak memiliki peluru di dalamnya. Masuki pintu di ujung menuju ke East Area. Tujuanmu sekarang adalah menuju kembali ke lorong Lickers. Jalan terus, lalu belok kiri, masuki pintu di ujung. Turuni tangga, masuki pintu lainnya. Ke kiri, jalan terus, bunuh dua zombie tak berkulit di depanmu, lalu ke kiri. Lanjutkan jalan terus, bunuh zombie-zombie lainnya disini. Gunakan MO Disk pada panel di samping sebuah shutter. Bersiaplah untuk menghadapi boss terakhir.

Masuki area yang terbuka, lalu masuki pintu di ujung. Aktifkan lift di ujung. Mutated Birkin akan kembali menyerangmu. Tiga kali tembakan Costum Magnum akan cukup untuk membuatnya bermutasi lagi. Kali ini, dia akan menjadi lebih gesit gerakannya. Tembak dia sebisa mungkin tepat sasaran. Sekitar enam atau tujuh kali tembakan Magnum yang tepat, dia akan kalah.

Setelah mengalahkannya, keluar melalui lift yang sudah terbuka. Jalan ke kiri, lalu ke kanan, lurus terus. FMV, saksikan ending Leon Scenario A. ^_^
“Good Bye, Ada.......”

---------------------------------------AKHIR DARI LEON SCENARIO A-------------------------------------------

Save gamemu, Reset, ganti disk menjadi disk Claire, Load game, lanjut ke Claire Scenario B J

‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡
CLAIRE SCENARIO B
‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡‡

Setelah menyaksikan Opening FMV, kamu akan berada di jalanan, jalan saja terus, hindari para zombie disini sebisa mungkin, karena kamu tidak akan bisa mengalahkan mereka semua sekarang. Lari zig-zag sebisa mungkin sampai ke ujung, masuki pintu pagar di kanan. Kamu ada di Police Station Courtyard. Hindari zombie-zombie disini, ke kanan, masuk ke dalam ruang penjaga, ambil Cabin Key lalu keluar, lurus terus buka pintu di ujung dengan menggunakan Cabin Key. Di dalam Cabin, ambil Ink Ribbons di mesin tik dan Handgun Bullets di sebelahnya. Kamu bisa save gamemu disini. Jalan terus, jangan pernah buka pintu yang sebelumnya kamu lewati atau para zombie akan masuk dan menyerangmu. Keluar melalui pintu lainnya di ujung. Teruskan jalan, hindari zombie-zombie yang menghalangi jalanmu, lalu belok kanan (kamu dapat menghindari mereka dengan mudah disini, percayalah). Naiki tangga menuju ke Police Station Rooftop.

===========================================================================
---------------------------------------------[POLICE STATION]------------------------------------------------------
===========================================================================

FMV, kamu akan melihat helikopter yang hendak menyelamatkan salah seorang petugas kepolisian, namun akhirnya petugas kepolisian itu diserang zombie dan senapan mesinnya menjadi tak terkendali hingga menembak pilot helikopter. Itulah mengapa helikopter dapat menabrak bagian dari bangunan RPD. Setelah FMV, lanjutkan jalan terus, ke kiri, lalu masuki pintu ke bangunan RPD di sebelah kiri. Ambil Green Herb di depanmu. Jalan ke kanan, terus lalu ke kanan lagi, lalu ke kiri. Kamu akan menemukan sekumpulan burung gagak disini, tembaki mereka atau hindari saja. Periksa mayat dua kali untuk mendapatkan Handgun Bullets. Jalan terus, buka kunci pada pintu abu-abu di kirimu, tapi jangan masuk dulu. Tujulah Main Hall terlebih dahulu.

Jalan ke kanan, lalu masuki pintu coklat di ujung lorong. Ke kanan, hati-hati terhadap dua Licker di lorong ini, segera masuki pintu di sebelah kiri menuju ke Waiting Room. Ambil Ink Ribbons di mesin tik dan Secretary’s Diary A di sebelahnya lalu ambil Handgun Bullets di kursi. Simpan barang-barang yang tidak kamu perlukan di dalam Item Box. Saya sarankan simpan Combat Knife di dalam Item Box karena senjata ini tidak begitu berguna melawan para musuh yang kamu hadapi. Masuki pintu berikutnya menuju ke Main Hall 2F. Ke kanan, jalan terus, lalu belok kiri, di tengah tekan tombol pada Emergency Ladder untuk membuka jalan turun ke Main Hall 1F. Jangan turun dulu ke kiri, lalu ke kiri lagi. Bunuh zombie-zombie yang ada disini. Ambil Unicorn Medal di ujung lorong, lalu turun ke Main Hall 1F melalui emergency ladder.

Menuju ke meja resepsionis, ambil Grenade Launcher disini dan Ink Ribbons di mesin tik. Menuju ke patung dewi di bawah, gunakan Unicorn Medal di lubang depan patung. FMV, dapatkan Precint Key yang dijatuhkan patung (Namanya akan berubah menjadi Spade Key jika kamu melakukan check pada kunci), lalu naik kembali ke Main Hall 2F. Ke kanan, lalu ke kanan lagi, jalan terus masuki pintu di ujung sebelah kiri kembali ke Waiting Room. Sangat direkomendasikan untuk save gamemu disini. Masuki pintu selanjutnya. Hindari dua Lickers disini masuki pintu di sebelah kiri kembali ke lorong gelap. Jalan terus, masuki pintu abu-abu di depanmu. Ambil Green Herb, lalu turuni tangga. Ambil dua Green Herbs lainnya di dekat pintu lalu masuki pintu menuju ke West Office. Periksa mayat untuk mendapatkan Handgun Bullets. Ke kanan lalu masuki pintu yang terbuka di sebelah kiri. Lurus terus, bunuh zombie-zombie yang ada di ruangan ini. Berhati-hatilah dengan zombie yang berpura-pura mati di kiri. Ambil Ink Ribbons di meja dan Valve Handle di lemari yang ada di sudut kanan atas ruangan. Masuk ke dalam ruang pribadi. Ambil Handgun Bullets di meja kerja dan dua Green Herbs tersembunyi di belakang meja kerja. Periksa berangkas lalu masukkan 2236 sebagai kodenya (Masih ingat kan darimana dapatnya? Sama seperti Leon, dari file Police Memorandum di Reception Room yang nantinya akan kamu ambil, masih menggunakan kode yang sama) lalu dapatkan Acid Rounds dan Police Station Map di dalamnya. Keluar dari ruang pribadi lalu kembali ke pintu tempat kamu datang sebelumnya. Naik ke atas tangga. Masuki pintu menuju kembali ke lorong gelap. Ke kanan, jalan terus lalu ke kanan lagi, jalan terus lalu ke kiri, masuki pintu menuju ke Rooftop. Masuki ruangan kecil di sebelah kirimu. Gunakan Valve Handle pada slot yang tersedia untuk memadamkan api. Periksa helikopter untuk mendapatkan Acid Rounds, lalu cobalah untuk kembali masuk ke dalam bangunan RPD. FMV, kamu akan melihat sebuah helikopter menjatuhkan sebuah kapsul berisi Tyrant T-103 di dalamnya. Tyrant jatuh tepat di dalam bangunan RPD. Masuk ke dalam bangunan RPD, cut-scene, kamu tidak akan bisa kembali ke Rooftop karena reruntuhan menghalangi pintu.

Siapkan Grenade Launcher. Inilah mengapa, saya menyuruh kamu ke Main Hall 1F terlebih dahulu, untuk mengambil Grenade Launcher karena kamu akan membutuhkannya untuk melawan Boss. Jalan terus lalu ke kanan, bersiaplah untuk menghadapi Boss pertamamu, Tyrant T-103 (Mr. X). Segera tembak dengan Grenade Launcher ketika dia muncul. Lima tembakan tepat Grenade Launcher Acid Rounds akan berhasil melumpuhkannya. Setelah berhasil mengalahkannya periksa tubuhnya untuk mendapatkan amunisi darinya (amunisi yang didapatkan adalah random, biasanya sih Handgun Bullets, kadang juga amunisi lainnya). Perlu diingat juga bahwa setiap kali kamu mengalahkan Tyrant, selalu periksa tubuhnya untuk mendapatkan amunisi darinya.

Jalan ke kiri, lalu ke kiri lagi, jalan terus lalu ke kanan, masuki pintu di ujung ujung. Kamu akan melihat Tyrant kembali bangkit. Ke kanan, jalan terus lalu ke kanan menuju ke tempat dimana ada bagian helikopter yang terbakar sebelumnya. Saat mendekati helikopter, kamu akan mendengar jeritan dari seorang wanita. Masuki pintu di ujung sebelah kanan. Lurus terus, periksa guci untuk mendapatkan Ink Ribbons. Maju terus menuju ke patung. Ambil Blue Card Key di box yang ada di sebelah kiri patung. Jalanlah keluar dari ruangan ini. Seekor Licker akan menyerangmu. Satu tembakan Grenade Launcher Acid Rounds dapat langsung membunuhnya. Keluar dari ruangan. Ke kiri, jalan terus lalu ke kiri lagi, masuki pintu di sebelah kanan menuju ke Waiting Room. Save gamemu bila perlu dan simpan barang-barang yang tak kamu perlukan seperti Valve Handle dan Ink Ribbons di dalam Item Box. Keluar melalui pintu berikutnya menuju ke Main Hall 2F. Ke kanan, jalan terus, lalu ke kiri. Turuni tangga ke Main Hall 1F.

Menuju ke meja resepsionis, periksa komputer untuk menggunakan Blue Card Key untuk membuka semua pintu yang terkunci secara elektronik di Main Hall. Masuki pintu ganda yang ada di sebelah kiri Main Hall menuju ke Reception Room. Bunuh tiga zombie yang ada di ruangan ini. Ambil file Police Memorandum di kursi. Periksa laci meja, lalu gunakan Lockpick untuk membukanya. Ada First Aid Spray di dalamnya. Ke kiri, lalu masuki pintu di sebelah kanan. Lurus terus lalu belok kanan. Periksa mayat tanpa kepala dua kali untuk mendapatkan Handgun Bullets darinya. Buka pintu di sebelah kanan dengan menggunakan Spade Key lalu buang kuncinya. Lurus, periksa rak di depanmu untuk mendapatkan file Patrol Report. Periksa lemari di kiri untuk mendapatkan  Ink Ribbons. Ke sisi lain ruangan, dorong tangga mendekat ke lemari lalu naik ke atas tangga dan ambil Lighter dari atas lemari. Keluar dari ruangan ini.

Jalan ke kanan, ada Green Herb disini. Masuki pintu di ujung menuju ke lorong Meeting Room. Lurus terus lalu ke kanan, jalan terus, akan ada dua zombie yang menerobos barikade di jendela. Bunuh mereka, lalu masuk ke dalam Meeting Room. Lurus terus, ambil file Operation Report 1 di meja, masuk ke gudang di belakang, ambil Handgun Bullets di pojok kanan ruangan. Gunakan Lighter pada perapian untuk mendapatkan Red Jewel (Namanya akan berubah menjadi Virgin Heart, jika kamu melakukan check). Keluar dari ruangan. Ke kanan, jalan terus, ke kanan lagi lalu ke kiri, masuki pintu di ujung. Ke kiri, lalu belok ke kanan, di bawah tangga ambil dua Green Herbs disini. Masuki pintu di kanan menuju ke Dark Room. Ambil Ink Ribbons di mesin tik dan file Operation Report 2 di belakang mesin tik, lalu ambil Handgun Bullets di lemari yang ada di belakang mesin tik. Di bagian belakang Dark Room, kamu bisa mencuci Film yang kamu dapatkan di ruangan itu untuk mendapatkan file. Keluar dari ruangan. Ke kiri, lalu naiki tangga. Naiki tangga lainnya. Lurus lalu belok kanan, jalan terus sampai ke patung. Ada Handgun Bullets tersembunyi di belakang patung. Ada puzzle yang harus kamu selesaikan disini.

Kamu harus mendorong patung ke posisi yang benar. Cukup dorong patung merah di sebelah kiri menuju ke tempatnya di pojok sebelah kanan, lalu dorong patung biru di sebelah kanan menuju ke tempatnya di pojok sebelah kiri. Jika benar, maka Virgin Heart akan terjatuh dari genggaman patung. Ambil Virgin Heart lalu masuki pintu di ujung sebelah kanan.

Ke kiri, jalan terus lalu masuk ke dalam STARS Room. Cut-scene dengan Leon, Leon akan memberitahukan Claire bahwa dia tidak akan menemukan kakaknya di kota ini lagi, karena Chris pergi menuju ke HQ Umbrella di Eropa dan memberikan Claire file Chris’s Diary serta radio untuk kontak mereka. Ambil Precint Key di meja Chris (Namanya akan berubah menjadi Diamond Key jika kamu melakukan check pada kunci). Periksa lemari besi yang ada di ruangan ini untuk mendapatkan Bow Gun. Setelah selesai cobalah keluar dari ruangan, sebuah fax akan muncul. Ambil file Mail To Chris, lalu keluar dari ruangan.

Cut-scene, kamu akan melihat Sherry untuk pertama kalinya disini dan dia akan melarikan diri. Bunuh zombie, lalu ke kiri, belok kiri lagi, masuki pintu di ujung lorong. Bunuh zombie-zombie yang sedang sibuk makan disini. Lalu menuju ke jalan kanan, buka laci meja dengan menggunakan Lockpick lalu ambil Handgun Bullets di dalamnya. Masuki pintu di sebelah kiri menuju ke Library.

Jalan terus, kamu akan melihat cut-scene dimana para zombie berhasil menerobos shutter jendela yang rusak. Naik ke atas tangga, jalan ke kiri, abaikan pintu di kanan, lalu ke kiri, jalan terus maka kamu akan terjatuh ke bawah. Periksa lukisan, ingat ingat posisinya berada, melalui warna lampunya. Tekan tombol disini yang akan membuka jalan keluarmu. Susun puzzle lemari buku disini. Geser saja lemari buku yang paling kiri ke kanan (Right), lalu lemari buku yang sebelahnya ke kanan (Right) juga maka lukisan yang tadi akan terbuka, ambil Serpent Stone dari lukisan yang terbuka.

Ambil Red Herb meja sebelah kanan pintu ganda yang ada di ruangan ini. Lalu masuki pintu ganda untuk menuju ke Main Hall 2F. Ke kanan, jalan terus, lalu belok kanan, jalan terus, ke kanan lagi, jalan terus sampai ujung, masuki pintu di sebelah kiri menuju ke Waiting Room. Kamu bisa save gamemu disini. Simpan dulu Lighter dan Serpent Stone di dalam Item Box. Jalan menuju ke pintu berikutnya, jalan ke kiri sampai ujung lalu ke kanan, masuki pintu di ujung sebelah kanan.

Jalan terus ke ujung. Gunakan dua Virgin Hearts pada kedua patung di sebelah kiri dan kanan. FMV, dada patung akan terbuka dan mengeluarkan Blue Stone. Keluar dari ruangan, lurus lalu ke kiri, masuki pintu di sebelah kanan kembali ke Waiting Room. Keluar melalui pintu berikutnya menuju ke Main Hall 2F. Sekarang kembalilah ke Library, melalui pintu ganda di sisi lain Main Hall 2F. Masuki pintu lainnya di sebelah kiri. Ke kanan, jalan terus lalu ke kiri, masuki pintu di kanan menuju kembali ke lorong STARS Room. Jalan terus lalu ke kanan, jalan terus lagi masuki pintu di ujung sebelah kanan.

Jalan terus sampai ke ujung lalu turuni tangga di sebelah kiri, turuni tangga lainnya di kiri. Ke kiri, jalan terus sampai ke ujung, buka pintu abu-abu di ujung sebelah kanan dengan menggunakan Diamond Key menuju ke Evidence Room. Periksa loker di bagian belakang untuk mendapatkan Film (kamu dapat mencuci Film di Dark Room untuk mendapatkan file Photo B). Periksa loker bagian depan untuk mendapatkan Bow Gun Bolts. Buka juga loker yang rusak dengan menggunakan Lockpick untuk mendapatkan Plastic Bomb. Buka kunci pada pintu di kiri menuju ke West Office. Bunuh zombie-zombie yang ada disini. Ambil Green Herb di depan pintu lalu masuk ke ruang pribadi, bunuh zombie disini lalu ambil Detonator. Kombinasikan dengan Plastic Bomb untuk menjadikannya Bomb & Detonator. Ambil file Memo To Leon di meja yang ada di depan pintu menuju kembali ke Main Hall. Periksa juga loker di samping pintu untuk mendapatkan Handgun Bullets. Buka kunci pada pintu, kembali ke Main Hall 1F. Naiki tangga menuju ke Main Hall 2F, jalan ke kanan, lalu ke kanan, terus sampai ujung, masuki pintu ujung sebelah kiri menuju ke Waiting Room. Save gamemu bila perlu, masuki pintu berikutnya. Ke kiri, lalu ke kanan gunakan Bomb & Detonator pada pintu yang rusak di sebelah kiri untuk meledakkan pintu. Masuk ke lorong yang baru terbuka di sebelah kiri, jalan terus sampai ujung lalu masuki pintu di sebelah kiri. Jalan terus lalu periksa meja dengan seorang wanita di atasnya untuk cut-scene dengan Chief Brian Irons. Selesai cut-scene, masuki pintu lainnya di tempat ini. Ke kanan, jalan terus lalu belok kiri, terus jalan sampai ujung lalu masuki pintu di sebelah kiri.

Kamu akan mendengar seseorang berlari di ruangan ini. Ke kiri, lalu ke kanan, jalan terus lalu masuki ruangan dengan tirai merah di sebelah kiri. Tekan tombol untuk menyalakan lampu. Cut-scene dengan Sherry. Sherry akan memperkenalkan dirinya, begitu juga dengan Claire, dia akan menceritakan kepada Claire bahwa ada seekor monster yang lebih buruk daripada zombie dan monster itu mengejarnya. Sherry akan meninggalkanmu karena mendengar suara monster itu. Selesai cut-scene, ambil Secretary’s Diary B di meja sebelah kiri dan Handgun Bullets di dalam kotak. Keluarlah dari ruangan ini. Ke kanan, jalan terus lalu ke kanan, masuki pintu di kiri kembali ke Chief Iron’s Room.

Chief akan menghilang dan meninggalkan Precint Key di mejanya (Namanya akan berubah menjadi Heart Key jika kamu melakukan check pada kunci). Ambil kunci, lalu periksa bagian belakang ruangan dimana Chief Irons duduk sebelumnya.Periksa lukisan untuk membuka tiga kotak kosong yang harus kamu isi dengan Stones yang kamu temukan. Ambil Chief’s Diary di kursi tempatnya duduk lalu keluar dari ruangan ini. Ke kanan, jalan terus keluar dari lorong ini, ke kiri, jalan terus sampai ujung lalu masuki pintu di kiri menuju ke lorong gelap. Lurus terus, lalu masuki pintu abu-abu di depanmu. Turuni tangga, lalu masuki pintu menuju ke East Office. Bunuh zombie di depanmu, jalan terus ke ujung buka pintu di ujung dengan menggunakan Heart Key, lalu buang kuncinya, tapi jangan masuki pintu itu dulu dulu, masuki pintu ke dalam ruangan yang terbuka, bunuh zombie-zombie yang ada di ruangan ini, lalu masuki pintu ganda biru di ujung.

Ada banyak zombie di Lobby ini. Bunuh mereka semua sebisamu, lalu ke kanan ambil Green Herb di dekat kursi, ke kanan lagi, jalan terus masuki pintu sebelah kiri di ujung lorong. Jalan terus lalu belok kiri, buka pintu pertama di depanmu dengan menggunakan Diamond Key, lalu buang kuncinya. Ambil Eagle Stone di lemari, tapi jangan ambil First Aid Spray atau seekor Licker akan muncul dari kaca dan menyerangmu. Keluar dari ruangan menuju ke ruangan sebelah, Interview Room, jika kamu menginginkannya, karena di dalam hanya ada Handgun Bullets dan seekor Licker akan muncul dan menyerangmu. Keluar, ambil Red Herb di depanmu. Pintu di ujung sebelah kiri terkunci dan membutuhkan Club Key untuk membukanya.

Kembali ke jalan sebelumnya, ke kanan, jalan terus lalu ke kanan lagi. Terus jalan sampai ujung, masuki pintu di ujung kembali ke Lobby. Lurus terus lalu belok kiri. Masuki pintu ganda biru lagi. Terus jalan, keluar melalui pintu yang terbuka, lalu ke kiri, masuki pintu yang telah kamu buka dengan Heart Key.

Bunuh setiap zombie yang menghalangi jalanmu. Ke kanan, jalan terus lalu ke kiri, jalan terus lalu belok kiri, jalan terus lalu ambil Acid Rounds di rak sebelah kanan, lalu turuni tangga ke bawah (Pintu di sebelah kiri terkunci dan membutuhkan Club Key untuk membukanya). Jalan terus, belok kiri, jalan terus sampai di lorong utama B1F. Bunuh zombie-zombie yang ada di area ini.

Jalan ke kiri, lalu jalan terus sampai ujung, masuki pintu ganda di sebelah kiri. Jalan terus, ambil Red Herb di depanmu, jalan terus lalu belok kiri, lurus terus dan hindari anjing-anjing yang akan melompat dan menyerangmu, langsung turuni tangga ke bawah. Jalan terus lalu masuki pintu di kiri menuju ke Storage Room. Ambil Ink Ribbons di mesin tik, kamu bisa save gamemu disini. Keluar, cut-scene dengan Sherry. Sherry mendengar Ayahnya memanggil namanya dan mengkhawatirkannya, lalu dia akan melompat ke sebuah ventilasi. Kamu akan mengendalikan Sherry sekarang.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Perlu diperhatikan disini bahwa Sherry tidak memiliki senjata pertahanan apapun. Jadi kamu hanya bisa berlarian dan menghindari musuh. Jalan ke kanan, lalu naik ke atas dengan menggunakan lift. Jalan lurus terus, lalu belok kanan, hindari para zombie disini, mereka tidak akan menggigitmu, hanya akan menyerangmu dengan semacam cairan beracun dari tubuh mereka. Kita menuju ke tempat dimana Ada memulai perjalanannya dulu. Belok kiri, lurus terus, ke kiri lalu masuki pintu di kananmu. Ambil Grenade Rounds disini, lalu kembali ke pintu sebelumnya. Ke kiri, jalan terus lalu belok kanan, jalan terus lalu belok kiri, masuki pintu di ujung.

Ambil Sewage Disposal Map di dinding. Jalan terus lalu turun melalui jalan di sebelah kiri (agak tersembunyi), turun lagi dan turun lagi (Perhatikan cara Sherry turun, benar-benar lucu! -_-). Ada puzzle disini, kamu harus mendorong kotak menuju ke ujung dinding agar Sherry bisa menyeberang saat air diisi nanti. Pertama panjat dulu kotak yang ada di sebelah kiri (cara dia memanjat lebih lucu lagi! -,-), lalu turun melalui sisi lainnya. Dorong kotak sedikit ke kanan agar kotak di sisi kiri dapat didorong maju ke depan. Dorong kotak paling kiri maju ke depan sampai menyentuh dinding, lalu dempetkan kotak di sebelahnya agar merapat, jika belum rapat. Dorong kotak yang paling kanan ke depan, lalu kembali naik ke atas. Operasikan alat kontrol untuk mengisi air. Sekarang kamu dapat menyeberang melalui kotak yang telah kamu susun tadi.

Ambil Precint Key terakhir yang ada di lemari ujung (Namanya akan berubah menjadi Club Key jika kamu melakukan check), lalu kembali dan keluar dari ruangan ini. Jalan terus lalu belok kiri, turun dengan menggunakan lift. Cut-scene, Sherry akan melemparkan Club Key dan Grenade Rounds yang ditemukannya kepada Claire, karena tidak bisa meraih kembali lubang ventilasi lalu kembali meninggalkannya. Kamu akan mengontrol Claire lagi sekarang.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ambil Club Key dan Grenade Rounds yang dilemparkan Sherry. Keluar dari tempat ini melalui tangga. Bunuh anjing zombie di depanmu, jalan terus lalu ke kanan, bunuh anjing lainnya disini. Jalan terus lalu masuki pintu kembali ke lorong B1F. Jalan terus lalu ke kanan. Bunuh zombie di area ini, lalu buka pintu ganda pertama yang kamu temui dengan menggunakan Club Key menuju ke Autopsy Room. Akan ada dua Lickers di dalam. Ambil Red Card Key dari lemari di ujung sebelah kiri lalu keluar dari ruangan ini. Ke kiri, jalan terus sampai bertemu pintu ganda lainnya di sebelah kananmu menuju ke Sub-station Room. Jalan terus melalui jalan kanan, lalu ke kiri, ambil Police Station B1F Map di rak. Jalan ke kiri, periksa alat kontrol, ada power supply puzzle yang harus diselesaikan disini.
Berikut ini solusinya yang mungkin dapat digunakan :
Up, Up, Down, Up, Down

Setelah menyelesaikan puzzle , maka listrik akan mengalir pada Weapon Storage Room. Kembali, ambil Green Herb yang ada di ruangan ini jika diperlukan. Keluar dari ruangan ini, ke kanan sampai bertemu pintu lainnya di sebelah kanan, gunakan Red Card Key pada pembaca kartu di sebelah pintu menuju ke Weapon Storage Room. Ambil dua Handgun Bullets dan Acid Rounds yang ada di lemari sebelah kiri dan kanan. Jika kamu telah mengambil kedua barang baik Side-Pack maupun Sub-Machine Gun di loker, maka tidak akan tersisa apapun untuk Claire disini. Namun jika kamu meninggalkan Side-Pack untuk Claire, segera pakai, atau jika kamu meninggalkan Sub-Machine Gun untuk Claire ambil saja sekarang. Jika inventorymu tidak cukup untuk membawanya, simpan dulu item kamu di Storage Room lalu kembali kesini dan ambil Sub-Machine Gunnya. Keluar dari Weapon Storage Room.

Ambil jalan ke kiri, lalu masuki pintu di kanan menuju ke Underground Parking Garage. Lurus terus, tembak anjing-anjing zombie yang menghalangi jalanmu. Ke kanan, lalu ambil Green Herb. Masuki pintu dengan lampu merah di atasnya. Ada dua anjing yang sedang asyik memakan kepala zombie. Bunuh dua anjing zombie disini. Jalan terus lalu ke kanan, lalu ke kiri. Jalan terus sampai ujung, ambil Film di meja, lalu masuk ke Holding Cells. Ke sel di sebelah kanan, ada Green Herb dan Blue Herb disini. Keluar sel, lalu menuju ke lemari di ujung. Ada mayat Ben disini. Ambil Bow Gun Bolts di lemari. Keluar dari Holding Cells.

Ke kanan, jalan terus, masuki pintu di kirimu menuju ke Kennel. Lurus terus, lalu belok kanan, dapatkan Crank disini. Kamu bisa mengambil Blue Herb di dalam kandang anjing pertama. Keluar dari Kennel, lurus terus lalu belok kiri, jalan terus masuki pintu di ujung kembali ke Underground Parking Garage. Jalan lurus terus menuju ke pintu berikutnya untuk kembali ke lorong utama B1F. Ke kiri, ke kanan, jalan terus, lalu masuki lorong di sebelah kiri, lurus terus, belok kanan, naiki tangga di depan. Zombie-zombie akan muncul lagi di lorong ini. Buka pintu di belakang tangga dengan menggunakan Club Key menuju ke Locker Room. Ambil Ink Ribbons di meja. Jalan lurus terus lalu ke kanan menuju ke ranjang. Ambil Watchman Diary di ranjang sebelah kiri dan Acid Rounds di atas laci. Setelah itu, keluar dari ruangan.

Jalan ke kanan, di depan belok kanan lagi, lurus terus lalu belok kanan, masuki pintu di sebelah kiri menuju ke East Office. Lurus lalu masuki pintu yang terbuka di sebelah kanan, jalan terus, keluar melalui pintu ganda biru di ujung ruangan menuju ke Lobby. Pasti inventorymu sudah terlalu penuh sekarang, jadi ke kiri dulu, lalu masuki pintu di sebelah kanan menuju ke Main Hall 1F. Jalan terus, turuni tangga di kanan. Masuki pintu ganda di sebelah kiri menuju ke Reception Room. Simpan item yang tidak kamu perlukan di dalam Item Box, namun persiapkan dirimu melawan Boss nanti.

Oh iya, bawa juga Lighter dan Crank bersamamu, karena kamu akan memerlukannya sekarang. Setelah selesai, keluar dari ruangan, kembali ke Lobby melalui pintu di sebelah kiri pintu masuk bangunan RPD. Ke kiri, jalan terus lalu ke kanan, jalan terus sampai ujung lorong, masuki pintu di sebelah kiri. Lurus terus, lalu belok kiri. Jalan terus lalu belok kiri lagi. Jalan terus menuju ke pintu hijau di ujung sebelah kiri. Gunakan Club Key untuk membukanya lalu buang kuncinya. Masuk ke dalam.

Menuju ke kiri ruangan. Nyalakan api pada tungku di sebelah kiri dengan menggunakan Lighter. Ada puzzle lainnya yang harus kamu selesaikan disini.
Berikut adalah solusinya : 12, 13, 11
Jika benar, maka Cogwheel Gear akan lepas dari lukisan. Mr. X akan menerobos dinding dan menyerangmu. Gunakan Grenade Launcher Acid Rounds untuk melumpuhkannya. Lima kali tembakan Grenade Launcher Acid Rounds akan dapat melumpuhkannya. Periksa tubuhnya untuk mendapatkan amunisi darinya. Ambil Cogwheel Gear yang terjatuh dari lukisan lalu keluar dari ruangan.

Ke kanan jalan terus lalu ke kanan lagi, dan ke kanan lagi, Mr. X akan bangkit lagi dan menerobos dinding. Kalahkan dia lagi dengan menggunakan Grenade Launcher Acid Rounds. Lima tembakan tepat akan dapat melumpuhkannya lagi. Periksa tubuhnya untuk mendapatkan amunisi lagi. Tentu saja kamu bisa kabur tanpa melawannya. Jalan terus, masuki pintu di ujung untuk kembali ke Lobby. Ke kanan, jalan terus, lalu ke kiri. Jalan terus sampai ujung masuki pintu di sebelah kanan untuk kembali ke Main Hall 1F. Jalan terus lalu turuni tangga di kanan. Jika kamu ingin mencuci Film, lewati pintu di sebelah kiri menuju ke West Office, masuki pintu menuju ke Evidence Room, lalu terus ke pintu berikutnya, masuki ruangan di bawah tangga ke Dark Room. Masuk ke ruangan belakang lalu cuci Film untuk mendapatkan file Photo C. Pastikan kamu juga membawa Crank dan Cogwheel Gear bersamamu dan kamu bisa menyimpan Lighter kembali ke dalam Item Box sekarang.

Kembali ke Main Hall, naik ke lantai dua dengan menggunakan emergency ladder. Bunuh Licker di depanmu. Ke kiri, lalu ke kiri lagi, jalan terus lalu masuki pintu ganda di kanan untuk menuju ke Library. 

Di Library, naiki tangga, jalan ke kiri, lalu masuki pintu di kanan. Kamu berada di Main Hall 3F sekarang. Ke kanan, jalan terus ke ujung, lalu masuki pintu di sebelah kanan. Di dalam Gear Room, ke sisi kanan ruangan. Gunakan Crank pada lubang untuk menurunkan tangga. Naiki tangga ke atas. Ke kanan, jalan terus lalu ke kanan lagi, jalan sampai ke ujung. Gunakan Cogwheel Gear pada mesin, maka lubang rahasia akan terbuka. Ambil bagian lain dari Blue Stone di dalamnya (akhirnya........).

Turuni tangga, keluar dari Gear Room. Ke kiri, jalan terus, kamu akan disambut kembali oleh Mr. X. Gunakan Grenade Launcher Acid Roundsmu untuk mengalahkannya lagi atau jika ingin menghemat amunisi, kabur saja melewatinya lalu masuki pintu. Jika kamu berhasil mengalahkannya, periksa tubuhnya untuk mendapatkan amunisi. Masuki pintu, ke kiri, turuni tangga di kanan, kembali ke Main Hall 2F dengan menggunakan pintu ganda di belakang. Ke kiri, lalu ke kanan, jalan terus, lalu ke kanan lagi, jalan terus, masuki pintu di ujung sebelah kiri menuju ke Waiting Room. Ambil semua Stones yang telah kamu kumpulkan dari Item Box. Gabungkan kedua Blue Stone menjadi Jaguar Stone. Kamu harusnya sudah memiliki Jaguar Stone, Eagle Stone dan Serpent Stone sekarang.

Masuki pintu berikutnya, ke kiri lalu ke kanan. Masuki lorong menuju ke Chief Iron’s Room lalu masuki pintu ke ruangannya di sebelah kiri. Cut-scene dengan Sherry. Gunakan Eagle Stone, Jaguar Stone dan Serpent Stone pada lubang di dinding, maka jalan rahasia akan terbuka. Masuki jalan rahasia, lalu ambil file Mail To Chief di lantai, ke kanan menuju ke lift.

Catatan : Jika kamu menggunakan Gameshark, biasanya terjadi error disini dimana terdapat suara Sherry namun dia tidak muncul di layar, lalu setelah kamu menghadapi William Birkin di bawah tanah, saat kamu naik ke tempat ini, game akan Hang, dimana Claire tetap bernafas, namun kamu tidak dapat bergerak dan tidak terjadi apapun disini, bahkan jika kamu memainkan game tanpa gameshark, game akan tetap hang disana. Jadi, gunakan cheat Infinite Health dan Infinite Ammo saja yang aman saat memainkan disk Claire dan jangan gunakan kode gameshark lainnya agar tidak menyebabkan Hang disini.

Lanjut ke lift, turun ke bawah, ka kanan, lalu ke kanan lagi, ke kiri, lalu masuki pintu dengan obor di ujung kiri. Cut-scene dengan Chief Irons yang menginginkan semua orang termasuk Claire mati dan tidak boleh ada seorangpun yang boleh keluar dari kota dengan selamat. Namun, pada akhirnya monster William akan menarik Irons ke dalam sebuah lubang. Periksa lubang, monster William akan melemparkan setengah badan Irons ke atas. Sebelum turun,  ambil dulu Acid Rounds di ruangan ini, bersiaplah untuk menghadapi boss monster William Birkin lalu turun ke bawah. Jalan ke depan. Cut-scene, monster William akan bermutasi dan mengambil pipa untuk digunakan sebagai senjatanya. Gunakan Grenade Launcher Acid Rounds untuk menyerangnya. Segera tembak ketika kamu mulai mengambil kendali. Lima kali tembakan Grenade Launcher Acid Rounds dapat melumpuhkannya, segera mundur ketika musik berhenti, karena William akan menyerangmu dengan pipa besinya lalu terjun ke bawah. Kembali naik ke atas, keluar dari ruangan, ke kanan, ke kanan, lalu ke kiri, jalan terus, naiki lift ke atas.
Catatan : Disinilah dimana hang terjadi, jika kamu menggunakan cheat gameshark yang berlebihan.

===========================================================================
-------------------------------------------------------[SEWER]--------------------------------------------------------
===========================================================================

Cut-scene,  Sherry akan memeluk Claire dan Claire berjanji akan membawa Sherry keluar dari tempat ini dengan selamat. Ke kanan, jalan terus lalu ke kanan, ke kiri, lalu masuki pintu dengan obor di kiri lagi. Turuni tangga di dalam ruangan ini. Jalan terus lalu ke kiri, tekan tombol untuk menurunkan tangga. Naik ke atas tangga. Ke kanan, jalan terus. Cut-scene, Sherry akan turun ke air, disusul oleh Claire. Mr. X kembali muncul dan membuat Sherry ketakutan. Claire dan Sherry berlari menuju ke area selanjutnya. Namun tiba-tiba saluran air terbuka dan membuat Sherry terhanyut ke dalamnya.

Jalan lurus terus, lalu naiki jalan di sebelah kanan. Ada dua Blue Herbs disini, ambil bila diperlukan. Masuki pintu menuju ke Control Room. Kamu bisa save gamemu disini. Ambil First Aid Spray di loker paling kanan, file Sewer Manager Fax di meja dan Handgun Bullets di dalam tas. Gunakan Lockpick pada pintu Warehouse lalu turuni tangga ke bawah. Ambil Bow Gun Bolts di rak yang ada di depanmu. Bunuh satu zombie yang ada disini. Dapatkan Grenade Rounds dari rak yang ada di ujung sebelah kiri ruangan. Ada pintu disini yang mengarah ke jalan buntu, jadi kamu tak perlu masuk kesana. Kembalilah naik ke atas. Jangan lupa untuk membawa Valve Handle bersamamu. Turun melalui lift yang ada di ruangan ini. Cut-scene, Claire akan bertanya kepada Leon atas apa yang terjadi. Selesai cut-scene cobalah untuk naik ke lift di seberang menuju ke Control Room lainnya (bagian Leon). Perlu dicatat bahwa hanya karakter di skenario B saja yang bisa pergi ke Control Room yang satunya. Ada tiga Green Herbs di ruangan ini. Kamu bisa mengambilnya. Ambil Lighter dari dalam Item Box. Dorong lemari untuk membuka pintu Warehouse, turun ke bawah tangga.

Ke kanan dan nyalakan lampu dengan menggunakan Lighter, ambil Grenade Rounds di atas drum. Jalan ke kiri jalan terus lalu ke kanan, cari lampu lainnya disini, nyalakan dengan menggunakan Lighter. Ambil Flame Rounds di lemari lalu kembalilah naik ke atas. Tetap bawa Lighter bersamamu karena kamu akan memerlukannya nanti. Turun dengan lift kembali ke tempat Leon lalu belok kanan.

Ambil Sewer Map di dinding. Lanjut ke pintu di ujung. Turun ke bawah air, ke kiri, jalan terus sampai ujung lalu panjat jalan ke atas, ambil Wolf Medal dan Flame Rounds dari kedua mayat disini. Turun lagi ke air, jalan ka kanan terus sampai percabangan, hindari Giant Spiders disini, ambil jalan kiri lalu masuki pagar menuju ke area selanjutnya. Jalan terus sampai ke jalan yang terhalangi air terjun. Gunakan Wolf Medal pada panel di sebelah kanan, lalu ke kiri dan naik ke atas. Masuki pintu di depanmu. Cut-scene, Claire akan bertemu dengan Annette untuk pertama kalinya, namun kondisi Annette lemah dan akhirnya pingsan. Claire bertanya-tanya apakah Sherry memiliki G-sample bersamanya ketika Annette bilang bahwa baik Sherry maupun G-sample berada dalam bahaya.

Selesai cut-scene, anyway, kamu dapat menetralkan racun dari laba-laba dengan menggunakan Blue Herb disini. Jalan terus ke kanan, gunakan Valve Handle pada slot yang tersedia untuk menurunkan jembatan. Seberangi jembatan, lalu gunakan kembali Valve Handle pada slot lainnya untuk menaikkan kembali jembatan ke atas. Ada dua Green Herbs disini, Flame Rounds di kiri dan Ink Ribbons pada mesin tik. Kamu bisa save gamemu disini, tapi jangan khawatir, tidak akan ada Giant Alligator di skenario B. Masuk ke pintu selanjutnya. Jalan terus lalu belok kiri, terus ke ujung lalu ke kiri lagi, jalan terus sampai ke pintu. Masuki pintu di kiri menuju ke Dumping Area. Jalan terus lalu naik ke atas dan naiki tangga di sebelah kiri.

Jalan terus lalu ke kiri. Seberangi jembatan, ambil jalan kiri, lalu ke kiri lagi. Ambil  Sewer Manager Diary di atas alat kontrol dan Eagle Medal di tubuh mayat. Kembali ke jalan sebelumnya, ke kanan, lalu terus hingga ujung, ke kanan lagi. Gunakan Valve Handle pada slot yang tersedia, lalu naik ke atas tangga ke ventilasi. Pasukan kecoak akan menyerangmu (aku benci kecoak -_-).

Jalan terus sampai ke ujung, lalu turuni tangga. Jalan ke kiri terus sampai ke percabangan, zombie-zombie akan bangkit, hindari saja, lalu ambil jalan kiri masuki pintu pagar ke area selanjutnya. Jalan terus menuju ke jalan yang terhalangi air mancur, gunakan Eagle Medal pada panel di sebelah kanan dan air mancur akan berhenti mengalir. Naik ke atas lalu masuki pintu di depan. Jalan terus lalu ke kanan, jalan terus lagi, masuki pintu di ujung. Ke kanan, operasikan alat kontrol di sebelah kanan untuk memanggil kembali kereta listrik. Cut-scene, Sherry akan bergabung kembali dengan Claire disini dan dia akan menanyakan tentang G-virus yang ternyata tidak pernah didengar oleh Sherry sebelumnya. Masuk ke dalam kereta listrik melalui platform sebelah kiri.

===========================================================================
---------------------------------------------[FACTORY AREA]-------------------------------------------------------
===========================================================================

Ke kiri, lalu gunakan Lighter untuk menyalakan Flare Gun dan ambil Weapon Box Key di sebelah kanan. Jalan ke kanan, terus lalu masuki pintu di ujung sebelah kanan. Jalan terus, bunuh zombie disini, lalu ke kiri jalan terus bunuh dua zombie lainnya lalu periksa mayat untuk mendapatkan Spark Shot (Cool, senjata ini akan menembakkan sengatan listrik kepada musuh, senjata ini dapat membunuh zombie dengan dua kali tembak). Kembali ke jalan sebelumnya, ke kiri lalu lurus terus hingga ke ujung lalu masuki pintu di ujung.

Jalan terus lalu bunuh zombie-zombie di depanmu. Ke kanan, lalu ke kiri untuk mengambil Green Herb dan Blue Herb, kembali ke jalan sebelumnya lalu ke kanan, lurus terus sampai ujung lalu ke kanan lagi, naiki tangga di ujung. Kamu ada di Control Panel Room, ambil Acid Rounds dan Flame Rounds disini. Ambil juga First Aid Spray di lemari dan Ink Ribbons di mesin tik. Save gamemu disini. Persiapkan dirimu untuk menghadapi Boss (Mr. X again, off course -_-).

Keluar, ke kiri, ambil Handgun Bullets dari tong sampah yang tergeletak, jalan ke kanan, ambil Factory Map di dinding lalu kamu akan melihat tidak ada Turntable disini. Turuni lift di sebelah kanan. Jalan terus ke kiri, masuki pintu di sebelah kanan. Jalan terus lalu ke kanan, ke kiri dan ke kiri lagi. Ambil Control Panel Key di atas alat kontrol, lalu nyalakan monitor, kamu akan melihat Mr. X datang ke arahmu lalu menghancurkan kamera. Tunggu dia datang ke arahmu. Tembak dengan Grenade Launcher Flame Rounds atau Acid Rounds, seperti biasa lima kali tembakan dapat melumpuhkannya. Periksa tubuhnya untuk mendapatkan amunisi. Keluar dari tempat ini melalui pintu sebelumnya.

Jalan ke kiri, lalu naik ke atas dengan lift. Jalan terus sampai ke pintu, masuki pintu di kiri kembali ke Control Panel Room. Gunakan Control Panel Key pada alat kontrol untuk menaikkan kembali Turntable bersama dengan kereta lokomotif di atasnya. Persiapkan kembali dirimu, karena ada Boss lainnya yang akan kamu hadapi. Keluar, lalu ke kanan. Ambil jalan platform kiri, lalu operasikan alat kontrol untuk menjalankan Turntable. Turntable akan turun ke bawah.

Cut-scene, kamu akan mendengar suara. Ambil Flame Rounds di sudut kiri, lalu keluar dari kereta lokomotif dan turun ke bawah. Telusuri turntable sampai kamu bertemu dengan boss yang akan kamu lawan, Mutated Birkin. Senjata terbaik untuk melawannya adalah Grenade Launcher Flame Rounds, sekitar sembilan tembakan tepat akan berhasil membuatnya kabur.  Selalu periksa statusmu di layar inventory dan selalu gunakan Healing Items bila kondisimu berubah, karena cakar monster ini sangat cepat merubah kondisimu. Setelah mengalahkannya, kembali masuk ke dalam kereta lokomotif.

Cut-scene, kereta lokomotif akan terhenti karena mengalami system overheating. Claire akan memberikan jaketnya kepada Sherry. Keluar dari kereta lokomotif dan turun ke bawah. Jalan ke kiri lalu ke kiri lagi sampai bertemu dengan jalan dengan tulisan PL-600 di atasnya, masuki ventilasi, kamu akan melihat FMV turntable yang kembali bergerak.

===========================================================================
----------------------------------------------[LABORATORY AREA]------------------------------------------------
===========================================================================

Ke kanan, lalu jalan terus, masuki pintu besar di depanmu menuju ke Pump Room (lift di sisi lain tidak dapat dioperasikan karena tidak ada power). Kamu akan mendapatkan sedikit puzzle disini. Di bagian belakang tempat ini ada Green Herb dan Item Box. Dorong kotak yang kamu lihat disini maju ke depan sampai kamu bisa mendorongnya ke kanan, lalu dorong ke kanan sejajar dengan lift. Dorong kotak masuk ke dalam lift, lalu operasikan lift turun ke bawah. Dorong kotak dari belakang maju ke depan lalu dorong dari bawah menuju ke atas terus sampai ujung. Kembali ke jalan sebelumnya, jalan ke bawah terus lalu ke kiri. Ambil file P-Epsilon Report dari mayat peneliti.

Jalan terus ke depan, ambil Ink Ribbons dari mesin tik dan Flame Rounds dari kotak di lantai. Kembali ke jalan sebelumnya lalu ke kanan dan ke kanan lagi. Turuni lift bertuliskan DANGER di atasnya. Jalan lurus lalu ke kiri, akan ada dua Envolved Lickers disini. Bunuh mereka dengan Grenade Launcher Flame Rounds atau Acid Rounds milikmu. Dua tembakan yang tepat dapat membunuh mereka. Jalan terus lalu ke kanan. Nyalakan breaker di ujung untuk menghidupkan kembali lift. Kembali ke tempat lift dan  naik ke atas. Jalan terus, lalu naiki lift ke atas, keluar dari Pump Room.

Lurus terus, lalu belok kiri, masuki lift di depanmu. Tekan tombol di samping lift untuk turun ke bawah. Tembak zombie-zombie tak berkulit disini. Lurus lalu belok kiri terlebih dahulu dan masuki Security Room. Ambil Ink Ribbons di mesin tik, Flame Rounds di meja, Handgun Bullets di dalam loker dan Green Herb di atas lemari. Simpan item yang tidak kamu perlukan di dalam Item Box. Save gamemu bila perlu. Keluar dari ruangan. Lurus terus, masuk ke dalam kereta lokomotif untuk cut-scene. Sherry akan menghilang lagi. Keluar dari kereta lokomotif lalu turun, ke kanan jalan terus sampai ke pintu Security Room lalu ke kiri, masuki pintu di ujung menuju ke Main Shaft.

Lurus terus sampai ke tengah ruangan. Kamu datang dari jalan dengan lampu putih. Jalan dengan lampu biru membawamu menuju ke East Area dan jalan dengan lampu merah membawamu ke West Area jadi ingat itu. Pertama, sama seperti Leon, kita harus ke East Area dulu untuk membuat Main Fuse dan membangkitkan kembali tenaga listrik di fasilitas ini. Lewati jalan dengan lampu biru, masuki pintu menuju ke East Area.

Lurus terus lalu belok kiri. Jalan terus, masuki pintu beku di kiri menuju ke Fusing Room. Jalan terus, ambil jalan kiri, lurus terus masuki pintu beku di sebelah kiri menuju ke Fusing Room. Disini, ambil First Aid Spray di atas drum dan Fuse Case di rak. Gunakan Fuse Case pada alat kontrol di sebelah kanan untuk menjadikannya Main Fuse. Keluar dari ruangan. Ke kanan, jalan terus lalu ke kanan lagi, kembali ke Main Shaft melalui pintu. Jalan terus sampai ke tengah ruangan, gunakan Main Fuse pada alat pembangkit disini untuk menyalakan kembali tenaga listrik di seluruh area laboratorium.

Sekarang menuju ke West Area melalui jalan dengan lampu merah. Lurus terus lalu belok kanan, masuki pintu di ujung menuju ke Researcher’s Room. Bunuh zombie-zombie tak berkulit disini. Ambil Lab Card Key di dekat mayat peneliti, file User Registeration di kursi, Bow Gun Bolts di lemari dan Laboratory Security Manual di komputer. Jika kamu ingin, kamu dapat pergi ke ruangan sebelah melalui ventilasi, tapi kamu akan menghadapi dua Envolved Lickers disini. Kamu bisa mendapatkan dua Grenade Rounds dari dalam lemari di ujung ruangan. Kamu juga bisa mendapatkan Ink Ribbons di kursi yang ada di sebelah kiri pintu. Buka kunci pada pintu lalu keluar. Ke kanan, jalan terus lalu buka shutter di kiri, bunuh dua monster Plant 42 disini dengan menggunakan Grenade Launcher Flame Rounds. Masuki area yang terbuka, lalu masuki pintu di ujung. Bunuh Plant 42 lainnya disini, lalu ambil dua Green Herb yang ada disini dan turuni tangga. Masuki pintu, jalan ke kiri, akan ada Envolved Lickers yang menyerangmu, bunuh mereka terus jalan ambil Green Herb di depan lalu ke kiri lagi, bunuh Envolved Licker lainnya disini. Lurus terus, masuki lorong di sebelah kiri, lurus terus masuki pintu menuju ke Monitor Room.

Jalan terus sampai ke monitor, periksa komputer yang menyala untuk mendapatkan Laboratory Map. Ke kiri, kamu dapat save gamemu disini dan menyimpan item yang tidak kamu perlukan di dalam Item Box. Pastikan kamu membawa Weapon Box Key. Masuki pintu di kanan dengan label B di atasnya. Lurus terus, lalu ke kanan, masuki lorong sarang telur, gunakan Lab Card Key untuk membuka pintu menuju ke Computer Room. Berhati-hatilah dengan Baby Moth yang jatuh dari langit-langit. Bunuh Giant Moth yang ada di ruangan ini, lalu bunuh Baby Moth di komputer agar kamu dapat mengoperasikan komputer. Masukkan GUEST sebagai Username (Masih ingat kan tahu darimana? Cek lagi file User Registeration). Keluar dari ruangan ini. Lurus terus sampai ke ujung, ambil Red Herb bila diperlukan lalu masuki pintu menuju ke P-4 Laboratory (William Birkin’s Lab) di sebelah kiri. Gunakan Weapon Box Key pada loker dengan lampu menyala di atasnya, dapatkan Grenade Rounds di dalamnya. Ambil First Aid Spray di meja.

Masuki pintu di kiri. Jalan terus lalu masuki pintu di kiri. Bunuh zombie-zombie tak berkulit di depanmu. Ambil Pump Room Key di meja lalu keluar dari laboratorium ini. Ke kanan, lalu ke kanan lagi menuju ke lorong lalu masuki pintu di ujung menuju ke Monitor Room. Cut-scene, Annette akan menanyakan keberadaan Sherry kepada Claire, akhirnya Annette memberitahukan Claire bahwa G-sample ada di dalam kalung Sherry. Jalan ke kiri terus lalu masuki pintu di sebelah kiri dengan label C di atasnya. Lurus terus, akan ada Envolved Licker yang turun dan menyerangmu, bunuh dia. Jalan terus lalu masuki lorong di sebelah kanan, lurus terus lalu belok kanan, masuki pintu di kanan. Naiki tangga. Masuki pintu kembali ke West Area. Jalan terus lalu ke kanan, masuki pintu kembali ke Main Shaft.

Lurus terus, masuki lorong dengan lampu biru, lalu masuki pintu di ujung. Lurus lalu tekan tombol untuk membuka shutter. Masuki area yang terbuka, periksa alat sensor sidik jari di sebelah kiri registerasikan sidik jarimu, kamu dapat masuk ke dalam Culture Room sekarang jika sebelumnya kamu sudah meregisterasikan sidik jari Leon. Masuk ke dalam Culture Room, ada tiga Envolved Lickers di dalam. Kamu akan memperoleh Machine Gun Bullets dari mayat di ujung ruangan ini. Selain itu, tidak ada apa-apa lagi. Kamu juga akan tahu bahwa ruangan ini adalah tempat penelitian untuk menciptakan Lickers (terlihat dari beberapa tabung yang berisi sisa-sisa dari eksperimen yang gagal). Keluar dari ruangan ini. Jalan terus lalu gunakan Lab Card Key untuk membuka pintu di sebelah kananmu menuju ke Operating Room, lalu buang kartunya. Hanya ada Grenade Rounds di dalam bersama dengan dua monster Plant 42, Setelah mendapatkannya, segera keluar dari ruangan. Lurus terus, masuki pintu kembali ke Main Shaft.

Lewati lorong dengan lampu putih untuk kembali ke Turntable Area. Jalan terus lalu ke kiri, masuk ke dalam lift. Tekan tombol di samping pintu untuk naik ke atas. Lurus terus lalu ke kanan, masuki pintu besar menuju ke Pump Room. Turuni lift lalu ambil jalan ke kiri, ke tempat dimana kotak yang kamu dorong berada. Panjat kotak, lalu panjat lagi kotak lainnya, lalu panjat platform. Buka pintu besar yang ada di ujung dengan menggunakan Pump Room Key. Jalan terus ke kanan lalu ke kanan lagi. Cut-scene, Tyrant (Mr. X) akan mengejar Sherry. Claire akan memberitahu Sherry bahwa monster itu mengincar kalung Sherry. Sherry akan melemparkan kalungnya kepada Claire, lalu Claire akan membuang kalung itu hingga membuat Tyrant terjatuh ke dalam api. Sistem Self-Destruction diaktifkan karena mendeteksi adanya kerusakan. Keluar dari ruangan. Cut-scene, Tyrant ternyata telah bermutasi dan lagi-lagi Sherry menghilang. Tinggalkan tempat ini, turun ke bawah, naik ke lift, keluar dari Pump Room.

Jalan terus lalu ke kiri, masuk ke dalam lift. Tekan tombol di samping lift untuk turun ke bawah. Jalan terus lalu ke kanan, masuki pintu menuju ke Main Shaft. Lurus terus sampai ke tengah area. Cut-scene, Annette akan menghembuskan nafas terakhirnya dan menyuruh Sherry segera melarikan diri dari sini. Ambil Master Key dari genggaman Annette. Kembali ke Turntable Area melalui jalan dengan lampu putih. Masuki pintu di ujung. Jalan terus lalu ke kiri masuk ke dalam lift. Gunakan Master Key pada panel yang ada di belakang lift untuk membuat jalur emergency escape. Kamu akan otomatis masuk ke dalam kereta.

Ke kanan, lalu masuk ke gerbong belakang kereta. Jalan terus sampai ke ujung, ambil Platform Key di dekat Item Box. Siapkan dirimu untuk melawan Boss. Ambil Ink Ribbons di mesin tik. Sangat direkomendasikan untuk save gamemu disini karena Boss yang akan kamu hadapi nanti cukup kuat dan tidak akan bisa kamu kalahkan. Kembali ke gerbong sebelumnya. Keluar dari kereta api. Ke kiri, buka pagar dengan menggunakan Platform Key lalu buang kuncinya. Hitungan mundur lima menit akan dimulai. Naiki tangga, ke kiri lalu naiki tangga lainnya seberangi Platform, turuni tangga, ke kiri lalu turuni tangga lagi. Lurus, lalu operasikan alat kontrol untuk membuka segel. Ambil Joint S Plug dan Joint N Plug. Kembali lalu masuki pintu di belakang tangga. Lurus terus lalu gunakan Joint S Plug dan Joint N Plug pada alat kontrol. Mutated Tyrant akan muncul.

Kamu tidak akan bisa mengalahkannya dengan senjata apapun milikmu. Jadi kamu hanya perlu berlari-larian menghindari serangannya, sekali-kali tembak dia sampai Ada memberikanmu Rocket Launcher untuk mengalahkannya. Gerakan Tyrant sangat cepat sekali, dan bisa dengan cepat melukaimu. Setelah Ada melemparkanmu Rocket Launcher, ambil Rocket Launcher itu dan gunakan untuk membunuh Mutated Tyrant. Cut-scene akan muncul dimana Claire menembakinya dengan Rocket Launcher hingga hancur berkeping-keping.

 Keluar dari area ini melalui pintu sebelumnya. Jalan terus lalu naiki tangga, ke kanan lalu naiki tangga lagi, seberangi Platform. Ke kanan lalu turuni tangga, masuki pagar di depan. Jalan terus ke depan, bunuh zombie-zombie tak berkulit di depanmu, operasikan alat kontrol untuk membuka gerbang. Masuk ke dalam kereta api. Ke kiri, lalu masuki ruang kontrol untuk menjalankan kereta api. Saksikan FMV.

Setelah cut-scene. Tujulah gerbong belakang kereta api untuk cut-scene, kereta api akan meledak dalam waktu dua menit dan pintu terkunci. Gunakan kembali senjatamu, karena Claire tidak memakai senjatanya. Masuki pintu menuju ke gerbong belakang. Jalan terus sampai ada cut-scene. Mutasi William ternyata bermutasi lebih jauh dari yang kita bayangkan. Cukup tembaki saja dia dengan senjata terkuat atau tercepat milikmu. Sepuluh-dua belas tembakan Grenade Launcher Flame Rounds dapat membunuhnya. Kembali ke gerbong sebelumnya. FMV lagi, ternyata William masih berusaha keras untuk bertahan. Saksikan ending ^_^

“Chris, I have to find you....”

----------------------------------------AKHIR DARI CLAIRE SCENARIO B----------------------------------------

Save gamemu, lalu save juga data Ex-Battle di savean yang berbeda. Kamu akan mendapatkan EX-BATTLE MODE yang bisa kamu mainkan dengan cara menge-load data Ex-Battle di Arrange Mode. Tugasmu adalah kembali ke Police Station dan mencari atau mengumpulkan empat bom yang tertanam di dalam Police Station. Lokasi bom ditentukan game secara acak dan selalu berubah setiap kali kamu memainkannya kembali. Musuh yang akan kamu hadapi disini beragam, mulai dari zombie biasa (sebaiknya lawan mereka agar tidak menghalangi jalanmu, karena mereka main keroyokan), burung gagak (ini musuh yang paling menyebalkan karena jumlahnya banyak, sulit dibidik dan selalu memperlambat gerakanmu), Giant Spider, Licker, anjing Cerberus bahkan sampai ke Tyrant T-103. Sebaiknya untuk lebih cepatnya, hindari musuh sebisa mungkin terutama musuh seperti Giant Spider, anjing Cerberus, Licker dan Tyrant T-103, yang lebih mudah untuk dihindari dengan terus berlari tanpa mempedulikan mereka sama sekali.

Berikut adalah data item yang dimiliki masing-masing karakter :
1.  Leon Scott Kennedy
Senjata yang dimilikinya adalah Remington M1100-P Shotgun, Dessert Eagle 50 A.E. Magnum dan H&K VP70 Handgun, disertai dengan Ink Ribbons, First Aid Spray dan Blue Herb.
            2.  Claire Redfield
Senjata yang dimilikinya hanya M79 Grenade Launcher dilengkapi dengan Grenade Acid Rounds, Grenade Flame Rounds sebagai amunisi cadangan, disertai dengan Ink Ribbons, First Aid Spray dan Blue Herb.
            3.  Ada Wong
Karakter ini dapat dibuka dengan cara menyelesaikan level sebagai Leon. Senjata yang dimilikinya adalah Colt S.A.A., MAC11 Sub-Machine Gun dan Bowgun, disertai dengan Inks Ribbons dan Mixed Herbs.
            4. Chris Redfield
Karakter ini dapat dibuka dengan cara menyelesaikan level sebagai Claire. Senjata yang dimilikinya adalah Berretta M92FS Handgun, Remington M1100 dan Rocket Launcher disertai dengan Ink Ribbons dan First Aid Spray.
Setelah menemukan keempat bom di lokasi yang berbeda-beda, kamu akan menuju ke kereta di Platform Umbrella Laboratory dan menanamkan bom di dalam kereta lalu melarikan diri keluar dari terowongan. Perlu dicatat, bahwa tidak ada apapun yang kamu dapatkan dengan menamatkan mini game ini.

Mini game lainnya, yang bisa kamu dapatkan adalah The 4th Survivor. Kamu bisa membuka game ini dengan cara menamatkan kedua skenario kurang dari waktu 3 jam. Save mini game ini di slot yang berbeda lagi (kali ini, akan ditempatkan di Original Mode). Untuk memainkan game, cukup Load data kamu di Original Mode, lalu pilih skenario Hunk.
Tidak ada storyline disini. Hunk yang berhasil selamat dari serangan William dan berhasil mengamankan sampel G-virus, menghubungi kembali HQ, lalu kalian ditugaskan untuk menuju ke Extract Point di Helipad yang terdapat dalam bangunan RPD yaitu di Rooftop, tempat bangkai helikopter yang menabrak bagian dari bangunan RPD.
Kamu bebas memilih jalan mana yang kamu sukai, namun hati-hati karena beberapa pintu terkunci, contohnya pintu menuju ke Emergency Stairwell. Musuh yang akan kamu hadapi disini, sama seperti yang terdapat dalam Extreme Battle. Hindari musuh sebisa mungkin, bunuh zombie-zombie yang kamu temui (karena jumlah mereka banyak dan pasti mengganggu jalanmu), hindari musuh seperti Tyrant T-103, Licker, anjing Cerberus dan Giant Spider agar tidak membuang-buang waktumu. Percobaan pertama saya, saya menyelesaikan mini game ini dalam waktu 7 menit 39 detik dengan ranking E.
Sekali lagi, tidak ada yang akan kamu dapatkan dengan menyelesaikan mini game ini.

Selain itu kamu juga akan mendapatkan pengumuman bahwa zombie Brad berkeliaran di suatu tempat di sekitar bangunan RPD dan dia memiliki Special Key di tubuhnya (atau Locker Key jika kamu melakukan check, kunci ini digunakan untuk membuka loker yang terkunci di Dark Room, pastinya..). Jika kamu ingin menemukannya, kamu tidak boleh mengambil item apapun di sepanjang perjalananmu menuju ke RPD, termasuk Bow Gun atau Shotgun milik Kendo dan Handgun Bullets juga Green Herbs yang kamu temui di perjalanan. Kamu hanya boleh menggunakan apa yang ada dalam inventorymu. Kamu dapat menemukannya di lorong bawah yang ada di sekitar pintu masuk bangunan RPD. Zombie Brad cukup sulit untuk dikalahkan apalagi jika kamu kehabisan peluru Handgun, karena dia lebih kuat daripada zombie-zombie lainnya. Jadi saya sarankan untuk berlari-larian tanpa melawan zombie-zombie yang menghadang jalanmu dan hindari terus mereka agar peluru pada Handgunmu tetap utuh. Saya mengalahkannya dengan 13-17 butir peluru Handgun, namun jika kamu kehabisan peluru Handgun, kamu dapat menggunakan Combat Knife (tentunya akan memerlukan waktu yang terlalu lama dan bahkan mustahil untukmu membunuhnya dengan pisau, percayalah saya telah mencobanya dan menghitung hingga 80 sabetan dan dia masih tetap berdiri, thanks to Gameshark cheat : Infinite Health) atau masuk ke Police Station ambil Handgun Bullets lalu bunuh dia lagi disini. Setelah mengalahkannya, ambil Special Key darinya. Di dalam loker Dark Room ada dua kostum yang super cool yang bisa Leon dan Claire gunakan, juga senjata cowboy, Colt S.A.A.. Awalnya saya pikir tidak ada rahasia semacam ini dalam game RE 2, terima kasih kepada kawan-kawan di Resident Evil Lover’s Community yang telah memberitahu saya rahasia dari zombie Brad ini (setelah event yang terjadi di Resident Evil 3 Nemesis).

Kamu juga akan mendapatkan Infinite Rocket Launcher jika berhasil menamatkan game dengan waktu yang telah ditentukan oleh game kurang dari 2,5 jam masing-masing skenario Leon A dan skenario Claire B (atau Claire A dan Leon B). Cek di Item Boxmu.

Jika kamu telah menamatkan game, baik Leon A dan Claire B maupun Claire A dan Leon B  (jika kamu menamatkan Leon A dan Claire B terlebih dahulu), maka kamu akan mendapatkan Infinite Sub-Machine Gun dan Infinite Gatling Gun di dalam Item Boxmu.

Game ini emang termasuk jadul, tapi masih tetap seru buat dimainkan bahkan sampai sekarang. Apabila ada kesalahan dalam walkthrough ini, mohon beritahu saya agar dapat saya perbaiki, baik itu kesalahan jalan cerita, kesalahan arah kiri, kanan, atas ataupun bawah. Saya akan dengan tangan terbuka menerima kritik dan saran dari Anda semua :)

Terima kasih telah membaca dan menggunakan walkthrough ini. Apabila ada pertanyaan silakan hubungi saya lewat email : Harry.pahlawan11@yahoo.co.id atau Harrypahlawan11@gmail.com. Add juga facebook saya jika ingin tahu lebih jauh tentang saya www.facebook.com/harrypahlawan11 dan follow twitter : @lonely_heroboy.

Dan jangan lupa juga kunjungi blog saya di http://harrypahlawan11.blogspot.com dengan informasi-informasi menarik seputar Resident Evil Outbreak di dalamnya, juga link download untuk anime, film, emulator dan game favorit saya. Atau hubungi saya via Whatsapp : 085718529060 (tolong sertakan nama Anda dan alasannya, tidak melayani SMS) untuk pertanyaan seputar emulator dan Resident Evil Outbreak atau Resident Evil Series lainnya, sebisa mungkin akan saya jawab, jika saya pernah memainkannya, dan tolong tanya dengan sopan santun dan detail yang cukup, saya paling tidak suka ada orang yang seperti tidak tahu sopan santun dan tidak mengucapkan terima kasih setelah dibantu. Hubungi saya di luar jam sibuk :)

Sampai jumpa dalam walkthrough lainnya ^_^

8 comments:

  1. Waow panjang amat gan ga abis baca nie, hehe ok di tunggu kunjungan blknya ya, skalian join this site, thanks

    ReplyDelete
  2. Mantap Gan! Sangat membantu namatin Game Resident Evil :D Monggoh mampir dimari www.reyvaldylfidayanur.blogspot.com ditunggu kunjungan baliknya, Terima Kasih :D

    ReplyDelete
  3. Bro harry saya main skenario claire sudah sampai di lab sewer tpi belum sekalipun bertemu mr.x itu knapa ya ?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada yang minta ente baca walkthrough ane gan.
      Cari aja sendiri walkthrough yang lebih jelas atau tulis sendiri, ribet.

      Delete

Budayakan mengucap terima kasih sesudah mendownload.
Hargailah sang penulis yang telah meng-upload file dan menulis artikel berjam-jam tanpa imbalan apapun.
Anda bebas berkomentar disini dengan SOPAN, tanpa unsur debat atau menjelek-jelekan karya penulis.
Harap untuk tidak berkomentar dengan huruf BESAR SEMUA.

Followers