Pesan selamat datang

"Welcome to My Blog. Enjoy the content here and don't forget to leave comment or like. Anything will be appreciated."

Thursday, October 18, 2012

Free Download PS2 Emulator and How to Setting It



Halo guys, kawan - kawan pengunjung blog beserta keluarga besar RELC, apa kabar nih ?? Pastinya sehat - sehat aja dong tentunya? Dalam bahasan kali ini saya akan membahas tentang emulator PS2 dan cara menggunakannya. Baca juga artikel sebelumnya yang berjudul Free Download PS1 Emulator. Selamat membaca ^_^



A. Tentang Emulator PS2
Mungkin sebagian di antara kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya emulator. Emulator PS2 digunakan untuk memainkan game PS2 baik dengan menggunakan komputer ataupun laptop melalui file ISO ataupun DVD ROM-nya langsung. Perlu diketahui bahwa spesifikasi komputer atau laptop kamu akan sangat mempengaruhi baik atau tidaknya game itu berjalan.

Spesifikasi Laptop yang saya gunakan (Compaq Presario CQ42:
- Windows 7 OS
- Intel (R) HD Graphics (Pentium) Memory
- 1GB RAM
- 250MB VGA
Emulator PS2 maupun PS1 berjalan dengan lancar di laptop yang saya gunakan, meskipun setelah komputer dimatikan atau di-restart laptop akan kembali melakukan penyesuaian sehingga pada awalnya akan berjalan lambat dan patah - patah.

Spesifikasi minimum :
- Windows XP/Windows Vista atau Linux 32bit/64bit
- CPU yang mendukung SSE2 (Dual Core ke atas, Athlon64 ke atas)
- GPU yang mendukung Pixel Shader 2.0
- 1GB RAM.

Spesifikasi yang direkomendasikan (dapat menghasilkan kira - kira 5-6 fps) :
- Windows XP/Windows 7 atau Linux 32bit/64bit
- CPU: Core 2 Duo 3.2 GHz atau Core-i series
- GPU: GeForce 9600 GT atau yang lebih baik
- 2GB RAM (3GB atau lebih jika menggunakan Windows Vista atau Windows 7)

B. Download Link
Download emulator PS2 (PCSX2 0.9.8) disini (link download via ziddu)
Download BIOS disini (link download via ziddu) apabila tidak tersedia dalam setting.
Download Memory Cards disini (link download via ziddu) apabila tidak tersedia dalam emulator.
Extract BIOS dan Memory cards ke suatu folder.

C. Langkah Meng-install dan Men-setting Emulator
1. Pertama klik dua kali pada pcsx2-0.9.8-r4600-setup.exe yang telah kamu download akan muncul jendela awal peng-installan PCSX2 0.9.8 seperti pada gambar berikut :


2. Selanjutnya kamu akan memilih destination tempat kamu akan menginstall PCSX2 (default-nya yaitu C:/Program Files/PCSX2). Lalu klik INSTALL.

3. Tunggu sampai proses install selesai, lalu pilih close. Setelah itu, kamu akan melihat di desktop-mu sudah ada icon PCSX2.

4. Buka PCSX2 yang telah di-install di desktop. Akan muncul jendela tampilan awal seperti gambar berikut :

 Langsung saja pilih NEXT.

5. Seandainya kamu sudah pernah meng-install PCSX2 sebelumnya baik versi yang lama maupun yang terbaru, maka akan muncul jendela seperti pada gambar berikut :

Pilih OVERWRITE untuk mengganti versi yang sudah ada.


6. Berikutnya akan muncul, jendela setting konfigurasi untuk Plugins yang digunakan. Disini masalah paling banyak timbul karena kemungkinan akan terlihat ketidakcocokan atau tidak terdukungnya Plugins dalam menu ini (setelah di klik NEXT).


Pada menu ini yang terpenting adalah kamu harus mengkonfigurasikan menu plugin PAD untuk mengonfigurasikan kontroler. Tapi hal ini dapat juga dilakukan nanti, jika sudah hampir siap memainkan game. Tapi terserah kamu. Jika kamu ingin mengonfigurasikannya sekarang pilih menu configure yang ada di sebelah kanan PAD. Lalu pilih menu PAD 1 untuk mengatur tombol untuk kontroler 1 dan PAD 2 untuk mengatur tombol untuk kontroler 2. Kontroler yang digunakan bisa menggunakan joystick atau bisa juga menggunakan keyboard. Agar lebih asyik bermain sebaiknya gunakan joystick. Lihat gambar. Tekan satu tombol di sebelah kanan (misal Triangle (segitiga)) lalu tekan tombol di keyboard atau joystick yang akan kamu fungsikan sebagai tombol segitiga. Maka tombol yang kamu tekan itu akan berfungsi sebagai tombol segitiga. Lakukan hal yang sama untuk semua tombol lainnya.

 Setelah selesai klik apply lalu tekan OK.

7. Jendela yang muncul selanjutnya adalah jendela pemilihan BIOS. BIOS yang biasa digunakan kita, orang Indonesia tentunya yang menggunakan bahasa Inggris. Jika yang muncul adalah gambar di bawah, maka itu berarti bios tidak ditemukan berada di dalam folder semestinya (Default berada pada folder C:/Users/(nama pengguna, misal Compaq)/Documents/PCSX2/bios). Jika kamu sudah memiliki bios namun kamu letakkan pada folder lain yang harus kamu lakukan adalah browse file tersebut atau meng-copy file tersebut ke folder semestinya. Untuk menggunakan sistem NTSC-U, gunakan BIOS USA. Tekan Refresh List lalu pilih BIOS.

Setelah selesai, langsung saja klik FINISH.

Ett, jangan senang dulu! Ada kata finish bukan berarti sudah selesai, lho..

8. Akan muncul tampilan jendela awal PCSX2 seperti berikut (maaf karena  gambar program log seharusnya lebih panjang, tapi saya perkecil dan samakan dengan PCSX2-nya agar tidak ribet).


9. Selanjutnya, kita akan mempelajari menu yang terdapat pada PCSX2 0.9.8
I. Menu SYSTEM
- Boot CDVD (Full) : untuk menjalankan PS2 emulator dari tampilan awal SONY PLAYSTATION 2 seperti aslinya hingga masuk ke tampilan awal game.
- Boot CDVD (Fast) : untuk menjalankan PS2 emulator langsung membaca disk yang tersedia baik dalam pilihan DVD ROM (Plugins) ataupun ISO, tanpa tampilan awal SONY PLAYSTATION 2.
- Run ELF : digunakan untuk membuka file ELF.
- Pause / Resume : untuk menghentikan emulator sementara atau menampilkan kembali tampilan terakhir emulator.
-Checklist/ Unchecklist Automatic Gamefixes : untuk mengaktifkan/menonaktifkan mode perbaikan game secara otomatis (bekerja untuk beberapa game, namun beberapa malah membuat game HANG).
- Checklist/ Unchecklist Enable Cheats : untuk memungkinkan bermain secara curang selama permainan.
- Checklist/ Unchecklist Enable Host File System : untuk memungkinkan Host File System bekerja.

II. Menu CDVD
1. Digunakan untuk memilih apa yang kita gunakan untuk memainkan game. Langkah pertama pilih dulu salah satu menu di bagian bawah :
- ISO : untuk menggunakan ISO sebagai perantara untuk menjalankan game.
- Plugin : untuk menggunakan DVD ROM di DVD Drive sebagai perantara untuk menjalankan game.
- No Disc : untuk mengosongkan DVD ROM agar dapat masuk ke sistem dan memory card.

2. Setelah itu jika kamu menggunakan Plugin (DVD ROM), kamu dapat mengatur drive yang kamu gunakan (Drive E: misalnya). Jika kamu menggunakan ISO, pilih ISO selector lalu pilih browse. Carilah folder tempat kamu menyimpan file ISO yang telah kamu download atau kamu burning dari DVD game.

3. Sebenarnya kamu sudah dapat menjalankan game setelah pengaturan CDVD-mu, tapi sebelumnya kamu sudah harus mengonfigurasikan dulu kontroler yang akan gunakan untuk memainkan game, bisa menggunakan joystick ataupun keyboard. Jika belum mengonfigurasikannya sebelumnya, masuk ke menu CONFIG lalu pilih Controller (PAD) lalu pilih menu PAD 1 untuk mengatur fungsi tombol joystick 1 ataupun keyboard atau PAD 2 untuk mengatur fungsi tombol joystick 2.

4. Cobalah untuk menjalankan game melalui Menu SYSTEM lalu pilih Boot CDVD (Fast) untuk mempersingkat waktu. Cobalah untuk memainkan game. Jika berjalannya lambat maka dibutuhkan pengaturan lebih lanjut untuk emulator tersebut.

5. Jika emulator PCSX2 tidak dapat dijalankan berarti kamu harus melakukan update terlebih dahulu, DirectX End User Runtime (offline installer) atau DirectX End-User Runtime Web Installer (online installer) lalu install : Microsoft Visual C++ 2008 Redistributable Package (X86).

III. Menu Config
1. Emulator Settings : digunakan untuk mengatur lebih lanjut emulator. Jika kamu menemukan masalah pada kecepatan, langsung saja masuk ke menu Speedhacks.


Checkist pilihan Enable Speedhacks. Ganti EE Cyclerate dan VU Cycle Stealing menjadi antara 1 sampai 3 (maksimal). Setelah itu, pilih Apply lalu OK. Jika kamu menemukan game-mu masih berjalan dengan lambat, cobalah untuk menchecklist pilihan Enable INTC Spin Detection dan Enable Wait Loop Detection pada Other Hacks, juga pilihan mVU Flag Hack pada microVU Hacks, setelah itu pilih Apply lalu OK.

Jika kamu masih juga menemukan bahwa game-mu masih saja berjalan dengan lambat, maka disarankan untuk memberi checklist pada pilihan Preset yang ada di bawah lalu menjadikannya dari 1 - safest menjadi 4 - aggresive. Tapi jika kamu mengaktifkan Preset maka kamu tidak dapat mengatur konfigurasi lainnya, seperti speedhacks dan menu lainnya yang tersedia pada emulation settings. Perlu diketahui juga bahwa macet - macet yang terjadi atau Lag itu bisa jadi dikarenakan specs komputer atau laptop kamu yang kurang mendukung.

Laptop atau PC dengan spesifikasi tinggi tidak perlu lagi melakukan pengaturan lebih lanjut, karena kemungkin game akan berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

2. Memory Cards : digunakan untuk memilih memory card yang dapat digunakan. Jika kamu tidak menemukan memory card-mu kamu dapat memilih browse lalu temukan folder tempat kamu menyimpan memory card yang telah kamu download atau dengan cara men-copy Memory cards yang telah kamu download ke folder default untuk PCSX2 (C:/Users/(nama pengguna, misal Compaq)/Documents/PCSX2/memcards).

Perlu diketahui bahwa kedua memory cards harus diformat terlebih dahulu agar dapat digunakan. Caranya pilih "No Disc" pada menu CDVD lalu pilih menu Boot CDVD (Full) atau Boot CDVD (Fast) pada menu SYSTEM. Sampai muncul pilihan BROWSER dan SYSTEM CONFIGURATION. Pilih browser lalu akan muncul gambar berikut (sama seperti tampilan SONY PLAYSTATION 2) :


- Pilih Memory Card 1 lalu akan muncul perintah untuk mem-format memory card, tekan saja OK. Lakukan hal yang sama pada Memory Card 2 agar kedua memory card dapat digunakan. Jika sudah ada data di dalam memory card (setelah menge-save game), gunakan menu copy untuk meng-copy data dari memory card satu ke memory card yang lainnya, dan gunakan menu delete untuk menghapus data.

Kamu juga dapat menge-save game melalui save state dengan menekan tombol F1 untuk Save game dan tombol F3 untuk Load game.

3. Plugins / BIOS Selector : digunakan untuk mengatur kembali Plugins atau BIOS yang ingin digunakan. Plugins terkadang memerlukan pengaturan lebih lanjut agar kualitas PS2 emulator sama dengan yang aslinya (setidaknya mendekati lah :P), namun pengaturan default dari plugins sudah cukup bagus dari awal.

4. Video (GS) : untuk mengatur pengaturan dari plugins video yang digunakan.

5. Audio (SPU2) : untuk mengatur pengaturan dari plugins suara (sounds) yang digunakan.

6. Controller PAD : Bagian penting dari plugins yang harus kamu lakukan agar bisa memainkan game. Kamu dapat mengonfigurasikan kontroler yang kamu gunakan disini, baik dengan menggunakan fungsi joystick ataupun dengan menggunakan keyboard.

7. Clear all settings : untuk mengosongkan semua pengaturan yang telah diset.

Gimana gan?? Udah bisa kan?? Insya Allah gak akan ngelag deh, tergantung mendukung atau tidaknya spesifikasi laptop atau komputer kamu :)

Untuk cara membuat file ISO, klik disini.
Untuk cara menggunakan cheat, klik disini.



Kata - kata penutup
Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua baik software maupun ilmu yang saya ajarkan (walah?). Apabila mengalami kesulitan, silakan tinggalkan komentar. Tips atau saran akan saya terima dengan tangan terbolak, eh salah tangan terbuka. Sampai jumpa di artikel lainnya sobat :D
Nantikan juga artikel mendatang : Cara Membuat File ISO dan Cara Memakai Cheat pada Emulator PS2.
Sayonara semuanya ^_^

Written & Directed By : Harry Pahlawan

_H.P.101194_
Comments
17 Comments

17 comments:

  1. bro harry thnx ane ikutin caranya...hehehe

    ReplyDelete
  2. nice info gan...

    by FIKRI FIRDAUS

    ReplyDelete
  3. kalo radeon 2gb bisa ga?? n saya make win 7...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan klow vga anda ati radeon 2gb lebih dari cukup buat main nich emu apa lagi dengan processor intel i7 bisa sempurna itu gan!

      Delete
  4. punya ane kok gak bisa gan??begitu ane klik file yg .exe gak bisa tuh..knapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan error pada saat mendownload, silakan download ulang ..

      Delete
  5. gan punya ane file not found isofilesistem itu napa ya plizz pencerahan ny T+T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan File iso tersebut Rusak ?

      Delete
    2. Atau mungkin ada error di dalam file tersebut sehingga ada bagian dari file ISO sistem yang hilang, download ulang saja dari tempat yang berbeda..

      Delete
  6. wes...sukses ae gan...ngga usah gagas cocote wong iri....lam kenl ae gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks gan, salam kenal juga ^^
      Abise ane emosi gan, punya bacot kaga dijaga, maen asal jiplak aja ..

      Delete
  7. gan,sy sudah download-install,setelah sy instal-close,ket no4:Buka PCSX2 yang telah di-install di desktop. Akan muncul jendela tampilan awal , sy buka pd desktop kok meng-instal lagi,gan gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang seperti itu gan..
      Itu tinggal settingannya aja bukan install lagi dari awal,
      Ikutin aja langkah2nya di atas gan, sudah ada gambar juga kan di atas utnuk mempermudah agan..

      Delete
  8. kalo amd dual-core processor + ram 2gb win7 lancar gak bro

    ReplyDelete

Budayakan mengucap terima kasih sesudah mendownload.
Hargailah sang penulis yang telah meng-upload file dan menulis artikel berjam-jam tanpa imbalan apapun.
Anda bebas berkoentar disini dengan SOPAN.
Catatan : Jika Anda memiliki pertanyaan silakan chat penulis via facebook : http://www.facebook.com/harrypahlawan11/
Atau lebih cepatnya via Whatsapp +6285718529060 (Whatsapp only). OPEN DONATION.

Followers

Labels

Resident Evil Outbreak (14) Movie (13) Horror (10) Anime (8) Zombies (8) Other (7) Tutorial (7) Info (6) Romantic (6) Biografi (5) Emulator (4) Final Fantasy (4) Guide (4) cheat (4) Software (3) Story (3) iso (3) Resident Evil (2) Burning (1) Puisi (1) Vampire (1)