Pesan selamat datang

"Selamat Datang di Lonely Hero Boy's Blogspot, silakan nikmati konten yang ada di Blog ini. Penulis tidak selau aktif, dan kemungkinan hanya akan aktif bila untuk meng-update The Walking Dead saja, sementara Link yang sudah tidak aktif, saya tidak bisa menjamin untuk meng-upload ulang lagi."

Saturday, October 20, 2012

Cara Menggunakan Cheat Pada Emulator PS1


Hello sobat Lonely, apa kabarnya nih hari ini?? Mudah-mudahan sehat-sehat saja yah sampai hari ini. Kalau kemarin saya sudah membahas tentang Cara Membuat File ISO maka sesuai judul, kali ini saya akan membahas tentang cara menggunakan cheat pada emulator PS1. Langsung aja gan, ini dia ....... ^_^



Cheat Untuk Emulator PS1
1. PSXFIN
Menggunakan cheat di PSXFIN sangatlah mudah, hanya dengan menggunakan file ISO dari CODE BREAKER atau GAMESHARK. Dapat juga memakai CEP khusus untuk FSXFIN namun harus menggunakan CD game.

Codebreaker download disini. (download via ziddu)
Gameshark 5 download disini. (download via ziddu)
CEP download disini. (download via ziddu)

A. CODEBREAKER
1. Pertama extract file codebreaker yang telah kamu download ke dalam sub folder cdimages yang ada di folder PSXFIN-mu dengan cara klik kanan pada folder winrar yang telah kamu download lalu pilih extract file... atau buka folder winrar lalu klik kanan pada salah satu file dan pilih Extract to specified folder.

2. Lalu buka PSXFIN dan pilih FILE lalu pilih sub menu INSERT CD IMAGE.

3. Lakukan browse ke tempat dimana kamu menyimpan file ISO dari Codebreaker yang telah kamu extract.

Pilih Open.

4. Setelah itu tunggulah sampai muncul jendela berikut :

Tekan kotak untuk menjadikan memory card slot 1 sebagai tempat menyimpan data codebreaker atau (O) untuk menjadikan memory card slot 2 sebagai tempat untuk menyimpan data codebreaker (membutuhkan 12 blok penuh dari memory card, dan jika memory card-mu terisi, maka SEMUA DATAMU AKAN TERHAPUS dan terisi oleh data Codebreaker, berhati-hatilah!) atau tekan (X) untuk memproses tanpa memory card (data game baru yang kita buat tidak akan bisa tersimpan dan akan hilang saat code breaker dibuka kembali).

5. Setelah itu, kamu akan masuk ke menu utama Codebreaker, akan ada beberapa pilihan menu disini, pilih select cheats terlebih dahulu.


6. Selanjutnya, akan terbuka jendela judul game cheat list. Akan ada banyak pilihan cheat disini. Disini kamu bisa memilih game yang ingin kamu berikan cheat. Disini, fitur tombol R1 dapat mempercepat kecepatan turun pencarian judul game cheat list, sementara tombol L1 dapat mempercepat kecepatan naik pencarian judul game cheat list.


7. Jika kamu sudah menemukan judul game yang ingin kamu berikan cheat, tekan tombol "kanan" pada kontroler untuk memunculkan cheat yang tersedia. Tekan (X) pada cheat yang ingin kamu gunakan. Namun jika kamu ingin menggunakan semua cheat yang tersedia cukup tekan (X) pada judul game yang kamu pilih. Perlu diketahui bahwa cheat sangat mempengaruhi jalannya permainan dan terkadang malah membuat HANG atau game error jadi saran saya, pilih cheat secara manual saja, tetapi tidak semua cheat membuat game HANG atau error.


8. Setelah itu, tekan START untuk kembali ke menu utama Codebreaker. Pilih START GAME, maka akan muncul perintah untuk memasukkan kaset game seperti pada gambar.


9. Buka menu FILE lalu pilih INSERT CD DRIVE jika kamu ingin bermain dengan menggunakan CD Game atau pilih INSERT CD IMAGE jika kamu menggunakan CD Image atau file ISO, lalu browse game yang sesuai dengan game yang kamu ingin berikan cheat. Pilih Open lalu tekan (X) untuk melanjutkan.


10. Tunggulah beberapa saat dan saat kamu memulainya, kamu dapat menjalankan game seperti biasa dan cheat yang kamu gunakan akan berfungsi, tergantung efeknya. Perlu diketahui, bahwa tidak semua cheat dapat bekerja dengan baik.

11. Bagaimana bila judul game yang kita inginkan atau cheat yang kita inginkan ternyata tidak tersedia dalam cheat game list?? Mudah saja masuk ke menu utama code breaker lalu Pilih select cheat. Lalu di menu judul game cheat list, kamu akan melihat kata "New  Game" yang berada di paling atas. Tekan kotak untuk membuat judul cheat baru.

Ketikan judul, misal seperti pada gambar "FF VII" (judul bebas sesukamu, yang penting kamu sendiri dapat memahaminya).

Fungsi tombol R1 untuk memberi spasi ke kanan (atau pilih menu forward), tombol L1 untuk kembali ke kiri (atau pilih menu backspace), delete untuk menghapus karakter yang tersorot. Tekan R2 atau L2 untuk melihat karakter khusus seperti gambar di bawah. Jika sudah selesai tekan START


12. Ketikkan deskripsi cheat yang ingin kamu pakai (bebas, yang penting kamu mengerti fungsi dari kode tersebut). Misal, Max Stamina Chocobo yang tidak terdapat pada List. Jika sudah selesai tekan START.


13. Terakhir yang kamu butuhkan adalah mencari kode dari cheat yang kamu inginkan. Kode bisa dicari disini atau jika kamu mau kamu bisa browsing melalui google, lalu ketikan keyword pencarian "Cheat gameshark (Judul game yang kamu inginkan). Kode berupa perpaduan huruf dan angka yang sangat mempengaruhi efek cheat. Jika sudah ketikan kode lalu tekan START jika sudah selesai.

 

14. Tekan tombol (X) pada judul game baru yang tadi kamu ketikkan untuk membuat semua cheat yang kamu buat tersorot.

Jika sudah, tekan START.

15. Perlu diketahui bahwa game dengan judul yang sama yang sudah ada di judul game cheat list, bisa kamu gunakan juga bersamaan dengan cheat yang kamu buat.

16. Jika kamu menggunakan salah satu memory card-mu untuk menyimpan data maka akan muncul jendela scanning for memory cards. Jika tidak maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah.

 Tekan saja (X) atau (O) jika muncul jendela tersebut.

17. Berikutnya kembali ke menu utama Codebreaker lalu pilih START game, maka akan muncul perintah untuk memasukkan kaset game. Terakhir, buka menu FILE lalu pilih sub menu INSERT CD DRIVE jika kamu menggunakan CD game atau INSERT CD IMAGE jika kamu menggunakan CD Image atau file ISO, lalu browse file CD Image atau file ISO dari game yang telah kamu miliki. Lalu klik open setelah itu tekan tombol (X) atau (O) untuk memulai game. Tunggu sebentar maka saat kamu memainkan game, cheat akan berfungsi.


B. GAMESHARK V.5
Jika kamu memilih menggunakan gameshark daripada codebreaker, baiklah caranya tidak jauh berbeda dengan menggunakan codebreaker.
 
1. Pertama extract file Gameshark V.5 yang telah kamu download ke dalam sub folder cdimages yang ada di folder PSXFIN-mu dengan cara klik kanan pada folder winrar yang telah kamu download lalu pilih extract file... atau buka folder winrar lalu klik kanan pada salah satu file dan pilih Extract to specified folder.

2. Lalu buka PSXFIN dan pilih menu FILE lalu pilih sub menu INSERT CD IMAGE.

3. Lakukan browse ke tempat dimana kamu menyimpan file ISO dari Gameshark V.5 yang telah kamu extract.

Pilih Open.

4. Tunggu sampai muncul jendela berikut :

Disini kamu diminta memasukkan memory card dengan 1 blok yang kosong agar Gameshark dapat menyimpan datanya ke memory card, jika kamu berniat membuat data baru tekan tombol (X), jika tidak dan ingin melanjutkan tanpa menge-save data tekan saja tombol (O) untuk cancel.

5. Setelah itu kamu akan masuk ke menu utama Gameshark, ada beberapa menu pilihan disini. Pilih Select Cheats terlebih dahulu.


6. Selanjutnya, akan terbuka jendela judul game cheat list. Akan ada banyak pilihan cheat disini. Disini kamu bisa memilih game yang ingin kamu berikan cheat. Disini, terdapat fitur yang sama seperti codebreaker, menekan tombol R1 dapat mempercepat kecepatan turun pencarian judul game cheat list, sementara menekan tombol L1 dapat mempercepat kecepatan naik pencarian judul game cheat list.


7. Jika kamu sudah menemukan judul game yang ingin kamu berikan cheat, tekan tombol "kanan" pada kontroler untuk memunculkan cheat yang tersedia. Tekan (X) pada cheat yang ingin kamu gunakan. Namun jika kamu ingin menggunakan semua cheat yang tersedia cukup tekan (X) pada judul game yang kamu pilih. Perlu diketahui bahwa cheat sangat mempengaruhi jalannya permainan dan terkadang malah membuat HANG atau game error jadi saran saya, pilih cheat secara manual saja, tapi tidak semua cheat membuat game HANG atau error.

 Jika sudah selesai memilih cheat, tekan START.

8. Jika kamu sudah menge-save datamu sebelumnya, akan muncul sebuah jendela scanning for memory card, jika tidak maka akan muncul jendela seperti pada gambar, tekan saja (O) untuk mengabaikan dan jika kamu sebelumnya memiliki data save gameshark di memory card, kamu dapat menge-load data disini.


9. Kamu akan kembali ke menu utama Gameshark. Pilih START GAME. Maka akan muncul menu lainnya seperti pada gambar.

Tentunya jika kita ingin bermain dengan menggunakan cheat kita harus memilih "WITH CHEATS" karena jika kamu memilih "NO CHEATS" itu sama saja menjalankan game secara biasa tapi tanpa cheat. Pilih "GO BACK" jika ingin kembali ke menu utama.

 10. Setelah kamu memilih WITH CHEATS, akan muncul jendela yang memintamu memasukkan CD game.


11. Buka menu FILE lalu pilih INSERT CD DRIVE jika kamu ingin memainkan game dengan menggunakan CD game atau pilih INSERT CD IMAGE jika kamu menggunakan CD image atau file ISO, lalu browse game yang sesuai dengan game yang kamu ingin berikan cheat. Pilih Open lalu tekan (X) untuk melanjutkan.

12. Tunggulah beberapa saat dan saat kamu memulainya, kamu dapat menjalankan game seperti biasa dan cheat yang kamu gunakan akan berfungsi, tergantung efeknya. Perlu diketahui, bahwa tidak semua cheat dapat bekerja dengan benar dan terkadang malah membuat game HANG atau error.

13. Jika game yang ingin kamu berikan cheat tidak tersedia dalam cheat list, kamu dapat menambahkannya sendiri dengan cara mencari kode gameshark yang tepat untuk cheat yang kamu inginkan. Kamu bisa mendapatkan kode untuk cheat yang kamu inginkan dengan cara browsing di Google.

14. Masuk ke menu utama Gameshark. Kamu akan melihat tulisan "Add new game" pada daftar paling atas cheat list. Tekan kotak untuk membuat judul game baru. Akan muncul sebuah jendela tempat kamu mengetikkan judul game yang kamu inginkan. Ketikkan judul game yang ingin kamu buat cheat-nya (judul dapat kamu namai bebas asalkan kamu mengerti). Disini, tombol R1 digunakan untuk kembali ke jarak sebelumnya lalu tombol segitiga digunakan untuk menghapus karakter. Lalu tombol SELECT untuk mengubah huruf dan angka yang tersedia menjadi huruf kecil dengan karakter khusus atau kembali ke huruf besar dengan angka.

Setelah selesai tekan START.

15. Setelah itu tekan kanan pada judul game yang telah kamu buat dan akan muncul pilihan Add new cheat. Tekan kotak untuk menambahkan judul cheat baru yang kamu inginkan (bebas, asalkan kamu mengerti fungsinya). Jika sudah selesai tekan tombol START lagi.


16.  Tekan tombol kanan lagi pada pilihan nama cheat yang tadi kamu buat, maka akan muncul pilihan baru "Add new code". Disini kamu harus memasukkan kode yang sesuai dengan cheat yang kamu inginkan. Kode tersebut dapat dicari di Google dengan kata kunci pencarian "Cheat Gameshark (judul game yang kamu ingin mainkan)"

Tekan START jika sudah selesai.

 17. Cheat sudah siap sekarang tinggal tekan (X) untuk mengaktifkan cheat, lalu jika sudah selesai, tekan START untuk kembali ke menu utama.


18. Pilih START game, lalu WITH CHEATS maka akan muncul perintah untuk memasukkan kaset game. Terakhir, buka menu FILE lalu pilih sub menu INSERT CD DRIVE jika kamu menggunakan CD game atau INSERT CD IMAGE jika kamu menggunakan CD Image atau file ISO, lalu browse file CD Image atau file ISO dari game yang telah kamu miliki. Lalu klik open setelah itu tekan tombol (X) atau (O) untuk memulai game. Tunggu sebentar maka saat kamu memainkan game, cheat akan berfungsi.


2. EPSXE
Dalam EPSXE jika ingin menggunakan cheat, kita hanya bisa menggunakan software PEC. Disitulah alasan mengapa saya kurang menyukai EPSXE, karena cara penggunaannya tidak se-simple menggunakan PSXFIN, meskipun kualitas gambarnya lebih bagus.

PEC download disini (download via ziddu)


Kata - kata penutup penulis :
Terima kasih sudah membaca dan menyimak baik-baik tutorial ini. Mohon maaf karena tutorial belum dapat terselesaikan karena panjangnya tutorial ini. Mohon maaf karena banyaknya kesalahan kata yang saya tulis, harap dapat dimakhlumi. Mohon laporkan apabila ada Link download yang tidak lagi berfungsi. Silakan baca juga artikel lainnya yang berjudul Cara Membuat File ISO, Free Download PS1 Emulator dan Free Download PS2 Emulator. Baca juga tutorial lainnya untuk Cara Menggunakan Cheat pada Emulator PS2.

Semoga tutorial ini dapat memberikan manfaat. Sampai jumpa di artikel dan tutorial selanjutnya ^_^
Apabila ada pertanyaan atau keluhan, silakan tinggalkan komentar :)

Salam,
Written & Directed By : Harry Pahlawan

6 comments:

  1. thanks ya! sangat membantu banget nih....

    ReplyDelete
  2. emang kalo pake ziddu emang lama gini installnya>.??

    ReplyDelete
  3. I would be grateful if you continue with the quality mega888 bonus 100 of what we are doing now with your blog ... I really enjoyed it
    Good writing...keep posting dear friend

    ReplyDelete
  4. I like your post & I will always be online game casino malaysia gw99 coming frequently to read more of your post. Thank you very much for your post once more.

    ReplyDelete

Budayakan mengucap terima kasih sesudah mendownload.
Hargailah sang penulis yang telah meng-upload file dan menulis artikel berjam-jam tanpa imbalan apapun.
Anda bebas berkomentar disini dengan SOPAN, tanpa unsur debat atau menjelek-jelekan karya penulis.
Harap untuk tidak berkomentar dengan huruf BESAR SEMUA.

Followers