Pesan selamat datang

"Selamat Datang di Lonely Hero Boy's Blogspot, silakan nikmati konten yang ada di Blog ini. Penulis tidak selau aktif, dan kemungkinan hanya akan aktif bila untuk meng-update The Walking Dead saja, sementara Link yang sudah tidak aktif, saya tidak bisa menjamin untuk meng-upload ulang lagi."

Friday, June 28, 2013

Resident Evil 3 Nemesis Complete Walkthrough Bahasa Indonesia


-----------------------------------
#WALKTHROUGH RESIDENT EVIL 3 : NEMESIS#
By : Harry Pahlawan
-----------------------------------
Kata Pembuka dari Penulis :
Mungkin game klasik ini sudah lama sekali beredar baik di PSX, PC ataupun Gamecube. Namun, penulis membuat walkthrough ini hanya sebagai hobi atau iseng saja. Jadi harap dimakhlumi apabila masih ada kesalahan atau walkthrough ini kurang membantu. Ini adalah walkthrough pertama yang saya buat (karena gameplay yang tidak rumit dan storyline yang singkat). Saya juga berniat membuat walkthrough untuk game Resident Evil series lainnya, terutama yang sesulit Resident Evil Director’s Cut, Resident Evil Outbreak series dan Resident Evil Dead Aim. Waktu pembuatan walkthrough ini memakan waktu tiga hari untuk menyelesaikannya. Saya harap walkthrough ini dapat berguna untuk kalian yang membutuhkannya. Akhir kata, terima kasih.

Please, jangan menyebarluaskan walkthrough ini tanpa seizin penulis (apalagi sampai me-rename nama penulis) di walkthrough yang dibuat se-simple mungkin ini. Walkthrough ini asli tulisan karya saya, Harry Pahlawan.

PERINGATAN : Walkthrough ini mengandung banyak SPOILER jalan cerita dalam permainan ini, jangan membaca/menggunakan walkthrough ini jika kamu tidak suka dengan Spoiler.

A. KONTROL DASAR
Berikut ini adalah kontrol default standar untuk Resident Evil 3: Nemesis. Kamu bisa mengubahnya melalui Menu Option.

X : Tombol eksekusi, membuka pintu, memeriksa sesuatu, menembak jika tombol R1 ditahan.
KOTAK : Berlari jika ditekan bersama tombol arah.
SEGITIGA : Cancel.
BULAT : Membuka Menu Inventori.
R1 : Membidik secara otomatis ke arah musuh terdekat dengan senjata. Terkadang kamu akan menghindari serangan musuh dengan menekan tombol ini.
R2 : Membidik secara manual dengan senjata. Terkadang kamu akan menghindari serangan musuh dengan menekan tombol ini.
L1 : Mengubah target, jika sedang menahan tombol R1.
L2 : Membuka Peta.
START : Pause Game.
SELECT : Membuka Menu Option, SKIP cut-scene.
Tombol D-PAD (Tombol Arah) : Tombol KIRI dan KANAN digunakan untuk membelokkan karakter ke arah kiri atau kanan berdasarkan sudut pandang karakter. Tombol ATAS untuk bergerak maju dan tombol BAWAH untuk bergerak mundur. Digunakan juga untuk menggerakkan kursor dalam Menu Option dan Menu Inventori.
R1+BAWAH : Membidik ke arah bawah.
R1+ATAS : Membidik ke arah atas.
X+ATAS : Memanjat objek.
X+BAWAH : Turun dari objek.
BAWAH+KOTAK : Berputar 180 derajat dengan cepat.

B. KARAKTER
Selama dalam permainan utama, hanya ada dua karakter yang bisa kamu kendalikan berdasarkan jalan cerita, yaitu Jill dan Carlos. Di sepanjang permainan kamu juga akan bertemu dengan beberapa survivor lainnya dan menyaksikan mereka hidup atau mati.

1. Jill Valentine
Anggota wanita S.T.A.R.S. (Special Tactics Advanced Rescue Squads) yang kuat dan telah menghadapi mimpi buruk dalam Spencer’s Mansion di Resident Evil pertama (Resident Evil Director’s Cut, dalam versi PSX). Jill disebut sebagai “Master Of Unlocking”, dengan Lockpick (peniti) miliknya, dia bisa membuka beragam pintu yang terkunci dengan kunci biasa. Jill memiliki stamina yang bagus sehingga dapat berlari dengan cepat di sepanjang permainan. Jill juga memiliki kemampuan menghindari serangan yang cukup baik dan memiliki kekebalan terhadap virus yang baik, sehingga dia bisa bertahan melawan virus lebih lama daripada warga sipil lainnya di Raccoon City. Setelah lolos dari mimpi buruk yang dia hadapi di Raccoon City, dia langsung menuju ke apartemen Chris, hanya untuk mengetahui bahwa Chris sudah lama meninggalkan apartemennya.

2. Carlos Olivera
Seorang Kopral U.B.C.S. (Umbrella Biohazard Countermeasure Service) dengan otot besar dan tenaga yang kuat. Dia berasal dari Amerika Selatan dan memiliki kemauan yang keras serta selalu mengutamakan rekannya daripada dirinya sendiri. Dia memiliki jiwa kesatria sehingga selalu setia melindungi Jill dan selalu datang di saat yang tepat saat Jill sedang berada dalam masalah. Carlos juga adalah seorang yang menyelamatkan nyawa Jill, saat Nemesis menanamkan virus melalui tentakelnya masuk ke dalam tubuh Jill. Carlos pergi ke rumah sakit untuk membuat vaksin antivirus yang masih tersisa di rumah sakit. Sayangnya, Carlos hanya muncul dalam seri Resident Evil yang berhubungan dengan insiden di Raccoon City (Resident Evil 3 Nemesis, Resident Evil Umbrella Chronicles dan Resident Evil Operation Raccoon City) tanpa diketahui lebih lanjut, bagaimana nasibnya selanjutnya atau masih tidaknya dia hidup. Carlos tersedia untuk dimainkan dalam Mercenaries Mode. Sayangnya, sampai game terbaru seri Resident Evil, nasib Carlos setelah lolos dari Raccoon City belum juga diceritakan hingga sekarang. Besar kemungkinan, Carlos tergabung dalam BSAA setelahnya melihat seberapa tangguh kemampuannya dalam bertahan hidup di Raccoon City.

3. Mikhail Viktor
Seorang anggota U.B.C.S. (Umbrella Biohazard Countermeasure Service) yang setia kawan dan tidak akan pernah meninggalkan rekannya dalam masalah. Dia berasal dari Russia dan terluka parah selama pertempuran dengan pasukan zombie, dan hanya bisa terbaring di kursi kereta api setelahnya. Tak banyak yang dilakukan Mikhail, selain dia yang menyelamatkan Jill dan Carlos saat bertarung dengan Nemesis di kereta api. Dia mengorbankan nyawanya dengan meledakkan granat di dalam kereta. Mikhail tersedia dalam Mercenaries Mode untuk dimainkan.

4. Nicholai Ginovaef
Seorang Sersan U.B.C.S. (Umbrella Biohazard Countermeasure Service) yang kejam dan berdarah dingin. Dia juga berasal dari Russia dan telah banyak nyawa yang dia bunuh. Dia adalah seorang anggota Supervisor (dalam versi USA) atau Monitor (dalam versi Japan) dari Umbrella yang ditugaskan untuk membunuh para saksi mata atas insiden yang terjadi di kota Raccoon, meskipun itu adalah rekannya sendiri. Nicholai juga ditugaskan untuk mengambil sampel darah dari Thanatos Tyrant dan dialah orang yang telah membunuh Greg Muller, sang peneliti Daylight, salah satu penawar yang dapat menghentikan penyebaran virus-T (Resident Evil Outbreak, skenario Decision, Decision). Nicholai tersedia dalam Mercenaries Mode untuk dimainkan.

5. Brad Vickers
Brad Vickers adalah pilot helikopter yang melarikan diri saat event di Resident Evil pertama. Dia adalah tipe orang yang penakut dan seringkali bertindak seperti pengecut. Dia selalu merindukan kampung halamannya yang tenang dan damai. Dia muncul di beberapa bagian dalam game dan selalu berlarian kesana-kemari. Brad adalah satu-satunya rekan Jill yang masih berada di Raccoon City, hingga akhirnya Nemesis merengut nyawanya dan menghancurkan wajahnya di gerbang depan Raccoon City Police Department (R.P.D.), tepat di depan mata Jill. Brad juga muncul di Resident Evil 2 sebagai zombie yang lebih kuat daripada zombie biasa di halaman RPD, karena dia terinfeksi langsung dari Nemesis yang akan dibunuh oleh Leon atau Claire. Kemunculan zombie Brad juga memperjelas bahwa Jill tiba di RPD lebih dulu daripada Leon, namun keadaan RPD yang lebih berantakan dengan barikade dimana-mana dalam Resident Evil 3 Nemesis ini membuat saya ragu dengan timeline yang sebenarnya.

6. Dario Rosso
Seorang pria gemuk keras kepala  yang sebelumnya bekerja sebagai seorang salesman. Dia telah menyerah dengan hidupnya dan menolak untuk meninggalkan gudang tempat persembunyiannya. Dia telah kehilangan Ibunya, istrinya dan juga putrinya di luar sana, itulah mengapa dia menolak untuk meninggalkan Raccoon City. Namun naasnya, setelah dia berhasil menuliskan catatan kematiannya, saat dia keluar dari lemari penyimpanan, dia menjadi makanan zombie juga pada akhirnya. Dario hanya muncul sampai di saat Jill mengajaknya keluar dari kota saja dan mayatnya akan ditemukan nantinya jika kamu memutuskan untuk kembali dan mengambil catatan kematiannya (opsional).

7.  Tyrell Patrick
Seorang anggota U.B.C.S. (Umbrella Biohazard Countermeasure Service) yang akhirnya mengetahui bahwa ada pengkhianat dalam kelompok mereka sendiri yang telah menembaknya, yaitu pria berambut abu-abu (Nicholai). Namun, belum sempat bicara banyak, Tyrell telah kehilangan nyawanya lebih dulu, karena ledakan bom dalam lemari penyimpanan atau bunuh diri dengan granat setelah Nicholai menembaknya tergantung lantai mana yang kamu pilih terlebih dahulu di rumah sakit saat mengendalikan Carlos. Sama seperti Nicholai, Tyrell juga merupakan seorang anggota Supervisor di bawah komando Umbrella.

8. Murphy Seeker
Murphy adalah anggota U.B.C.S. (Umbrella Biohazard Countermeasure Service) yang tergigit dalam pertempurannya melawan zombie bersama rekan-rekannya. Wajahnya telah memucat dan meminta Carlos untuk segera mengakhirinya sebelum terlambat. Carlos menembaknya dengan senjata Assault Riflenya dan merasa bersalah. Alternatif cut-scene lainnya, Nicholai akan menembaknya terlebih dahulu untuk mencegahnya berubah.

9. Barry Burton
Barry muncul hanya pada FMV ending game sebagai pilot helikopter yang menyelamatkan Jill dan Carlos. Barry juga adalah anggota S.T.A.R.S. (Special Tactics Advanced Rescue Squads) Alpha Team seperti Jill. Dia menghadapi mimpi buruk yang sama dihadapi oleh Jill dalam Spencer’s Mansion di Resident Evil pertama (Resident Evil Director’s Cut, dalam versi PSX).

C. SENJATA
Bukan game Survival Horror namanya jika tidak memiliki senjata di dalamnya. Senjata yang kamu gunakan akan mempengaruhi kemampuanmu dalam bertahan hidup dan melawan musuh.

1. Knife
Kamu dapat menemukan senjata ini di dalam Item Box pertamamu. Senjata ini adalah senjata yang paling tidak berguna di sepanjang permainan dan sebaiknya kamu hindari pemakaiannya. Karena senjata ini selain lemah, juga sangat lambat dan butuh jarak dekat dan keahlian untuk menggunakannya. Hanya gunakan senjata ini jika kamu tidak memiliki alternatif lain atau kehabisan peluru, namun umumnya senjata ini akan selalu berada di dalam Item Box-mu selamanya.

2. M92F Handgun
Senjata ini dapat ditemukan di dalam Item Box bila kamu berada dalam Mode Easy. Dalam Mode Hard, kamu akan memulai permainan dengan senjata ini. Senjata yang paling praktis untuk dibawa setiap saat, karena peluru 9mm parabellum tersedia dimana-mana sepanjang permainan (dalam Mode Easy terutama). Merupakan modifikasi dari standar handgun, pistol khusus untuk anggota S.T.A.R.S. (Special Tactics Advanced Rescue Squads). Senjata ini diperoleh sejak awal permainan baik dalam mode Easy maupun Hard. Jika kamu telah sering membuat peluru untuk Handgun dengan Reloading Tools (lebih dari 7 kali pembuatan), maka kamu bisa membuat Enhanced Handgun Bullets yang lebih kuat dan memiliki daya serang lebih tinggi daripada Handgun Bullets biasa.

3. SIGPRO SP2009 (Mercenary’s Handgun)
Pistol ringan yang terbuat dari plastik. Tak begitu berbeda dengan Handgun standar dari segi kapasitas, hanya saja sedikit lebih lemah namun lebih akurat. Carlos memulai bagian permainannya dengan senjata ini.

4. STI Eagle 6.0 (Dessert Eagle)
Modifikasi dari Handgun yang dipergunakan dalam pertempuran. Lebih cepat, lebih kuat dan lebih akurat daripada Handgun biasa ataupun M92F Handgun, namun tidak lebih kuat daripada M92F Handgun dengan Enhanced Handgun Bullets.

5. Assault Rifle
Senapan mesin yang dapat disetel dalam mode Auto dan Manual, dimana mode Auto mengeluarkan 3 peluru dalam sekali tekan pelatuk, dan mode Manual mengeluarkan beberapa peluru sekaligus sampai pelatuk berhenti ditekan. Menggunakan 5.56mm peluru NATO. Senjata ini juga digunakan oleh semua anggota U.B.C.S. (Umbrella Biohazard Countermeasure Service) dalam pertempuran. Senjata ini diperoleh sejak awal permainan jika kamu memilih mode Easy. Dalam Mode Hard kamu hanya bisa menggunakannya ketika kamu mengendalikan Carlos. Namun, bila kamu sudah menamatkan permainan, kamu bisa memainkan The Merchaneries Mode dan menukar points-mu dengan Assault Riffle dengan amunisi tak terbatas (seharga $2000 points).

6. Benelli M3S Shotgun
Senjata yang cukup kuat dan mudah digunakan untuk menghadapi musuh dalam jumlah banyak. Pelurunya dapat menembus musuh dengan sangat baik. Dan sekali tembak bisa mengenai beberapa musuh sekaligus. Kamu juga bisa memecahkan kepala zombie dalam sekali tembak jika kamu cukup dengan dengannya dan mengarahkan Shotgun tepat ke arah kepalanya. Menggunakan peluru 12 Gauge. Senjata ini dapat diperoleh di ruang bawah tanah tempat menemukan Lighter Oil, tempat Brad keluar untuk pertama kalinya. Jika kamu telah sering membuat peluru untuk Shotgun (lebih dari 7 kali pembuatan), maka kamu bisa membuat Enhanced Shotgun Shells yang lebih kuat dan memiliki daya serang yang lebih tinggi daripada Shotgun Shells biasa. Enhanced Shotgun Shells akan mengubahnya menjadi mirip seperti Costum Shotgun milik Leon di Resident Evil 2 dimana percikan api yang keluar dari senjata ini lebih besar dan menyebabkan Jill akan terhempas mundur setiap kali menembakkannya, ini juga akan menyebabkan sedikit penundaan untuk melancarkan serangan selanjutnya.

7. M37 Western Costum Shotgun
Senjata yang efektif apabila digunakan dalam pertempuran jarak dekat dengan banyak musuh. Lebih ringan dari shotgun biasa sehingga Jill dapat menembak lebih cepat dibandingkan dengan Shotgun biasa, menggunakan sistem reload special dan disitulah kelebihannya.

8. S & W M629C Magnum
Senjata tipe klasik yang kuat dan sangat efektif untuk melawan semua musuh. Namun, pelurunya sangat terbatas sehingga sangat disarankan untuk menyimpannya untuk menghadapi Nemesis saja atau musuh kuat lainnya. Senjata ini dapat memecahkan kepala zombie dalam sekali tembak. Terbuat dari baja anti karat. Menggunakan .44 Magnum Bullets. Senjata ini dapat diperoleh di ruang S.T.A.R.S. di R.P.D. atau di Substation Room (Random).

9. HK-p Grenade Launcher
Senjata khusus yang digunakan oleh polisi R.P.D. Pelurunya dapat dibuat menjadi beragam jenis. Grenade Rounds biasa dapat diracik menjadi Acid Rounds, Freeze Rounds atau Flame Rounds dengan mengombinasikannya dengan Gun Powder (lihat bagian Reloading Tool*). Senjata ini dapat diperoleh di ruang S.T.A.R.S. di R.P.D. atau di Substation Room (Random). Berbeda dengan seri Resident Evil lainnya, seri ini memiliki jumlah variasi Grenade Rounds terbanyak.

10. Mine Thrower
Senjata prototype yang dibuat oleh Umbrella’s Weapon Division yang cukup kuat, namun terlalu lambat. Senjata ini dilengkapi dengan sensor yang akan mengejar musuh dan mengeluarkan ranjau yang berbentuk panah yang akan meledak apabila ada musuh yang mendekat dalam hitungan beberapa detik.

11. Gattling Gun
Senapan mesin yang cukup kuat, dapat menyebarkan peluru ke segala arah hanya dengan sekali tekan pemicu, namun senjata ini juga memperlambat pergerakan Jill karena berat. Memang dari segi fisik, senjata ini terlihat sangat keren namun tidak direkomendasikan menggunakan senjata ini untuk melawan NEMESIS, karena berbeda dengan musuh lainnya, Nemesis dapat terus berjalan menerobos peluru ketika kamu menembakkan senjata ini. Sama seperti Gattling Gun versi sebelumnya di Resident Evil 2, senjata ini membutuhkan waktu 3 detik untuk menembakkan pelurunya. Senjata ini hanya dapat diperoleh dengan menukar points di Mercenaries Mode (seharga $4000 Points).

12. M66  Rocket Launcher
Wow, senjata yang luar biasa sangat keren yang muncul di semua seri Resident Evil. Senjata ini dapat melumpuhkan Nemesis dalam sekali tembakan roket saja. Tentunya, senjata ini hanya dapat diperoleh di akhir permainan. Jika kamu mengambilnya, ini akan berpengaruh pada ranking yang akan kamu peroleh di akhir permainan. Namun, setelah menamatkan permainan, kamu dapat memainkan Mercenaries Mode dan menukar pointsmu dengan Rocket Launcher (seharga $6000 Points).

D. RELOADING TOOLS
Yang sangat istimewa dari game Resident Evil 3 Nemesis adalah, kita dapat meracik peluru kita sendiri dengan menggunakan alat yang namanya Reloading Tools dengan menggunakan Gun Powders.
Berikut adalah jenis-jenis peluru yang dapat dibuat  dengan mengkombinasikan Gun Powders tipe tertentu dan Reloading Tools :
- Gun Powder A = 15 Handgun Bullets
- Gun Powder B = 7 Shotgun Shells
- Gun Powder A + Gun Powder B = Gun Powder C = 11 Grenade Rounds
- Gun Powder A + Gun Powder B + Gun Powder C = Gun Powder CC = 11 Grenade Freeze Rounds
- Gun Powder A + Gun Powder A = Gun Powder AA = 35 Handgun Bullets
- Gun Powder B + Gun Powder B = Gun Powder BB = 18 Shotgun Shells
- Gun Powder A + Gun Powder C = Gun Powder AC = 11 Grenade Flame Rounds
- Gun Powder B + Gun Powder C = Gun Powder BC = 11 Grenade Acid Rounds
- Gun Powder A + Gun Powder A + Gun Powder A = Gun Powder AAA = 55 Handgun Bullets
- Gun Powder B + Gun Powder B + Gun Powder B = Gun Powder BBB = 30 Shotgun Shells
- Gun Powder A + Gun Powder A + Gun Powder B = Gun Powder AAB = 20 Shotgun Shells
- Gun Powder A + Gun Powder B + Gun Powder A = Gun Powder AC = 11 Grenade Freeze Rounds
- Gun Powder A + Gun Powder B + Gun Powder B = Gun Powder BC = 11 Grenade Acid Rounds
- Gun Powder B + Gun Powder A + Gun Powder B = Gun Powder BC = 11 Grenade Acid Rounds
- Gun Powder C + Gun Powder C = Gun Powder CC = 11 Grenade Freeze Rounds
- Gun Powder C + Gun Powder C + Gun Powder C = Gun Powder CCC = 24 Magnum Bullets

E. HEALING ITEMS
- Green Herb = untuk mengobati sedikit lukamu, dapat langsung digunakan tanpa dikombinasikan dengan Herbs lain
- Red Herb = untuk meningkatkan potensi Green herb jika dikombinasikan, tidak dapat digunakan sendiri tanpa dikombinasikan dengan Green Herb
- Blue Herb = untuk menetralisirkan poison (racun) yang ada di tubuhmu, dapat langsung digunakan tanpa dikombinasikan dengan Herbs lain
- Green Herb + Green Herb = untuk mengobati lukamu lebih dalam
- Green Herb + Green Herb + Green Herb = untuk mengobati lukamu yang sangat parah dan mengembalikannya ke kondisi stabil
- Green Herb + Green Herb + Blue Herb = untuk mengobati lukamu lebih dalam dan menetralisirkan poison (racun) yang ada di tubuhmu
- Green Herb + Red Herb = untuk mengobati lukamu yang sangat parah dan mengembalikannya ke kondisi stabil
- Green Herb + Red Herb + Blue Herb = untuk menetralisirkan poison (racun) di tubuhmu, mengobati lukamu yang parah dan mengembalikan lukamu ke kondisi stabil
- First Aid Spray = untuk mengobati lukamu yang parah dan mengembalikannya ke kondisi stabil
- First Aid Box = kotak istimewa yang hanya tersedia dalam game ini, yang dapat menyimpan 3 First Aid Spray sekaligus. Dalam Mode Hard, kamu hanya dapat memperolehnya dari mayat NEMESIS.

F. CONDITION
Perhatikan mesin ECG yang ada di layar inventorimu selalu. Kondisimu dapat berubah ketika kamu diserang oleh musuh baik secara langsung maupun tidak langsung.
- Fine (hijau) = Kondisimu masih normal dan baik-baik saja.
- Caution (kuning) = Kondisimu sudah mulai terluka dan gerakanmu menjadi sedikit lambat, kondisi ini juga ditandai dengan Jill yang memegang perutnya. Kondisi ini dapat dipulihkan hanya dengan menggunakan satu Green Herb.
- Caution (merah) = Kondisimu sudah mulai terluka parah dan mendekat ke dalam kondisi Danger. Kondisi ini dapat dipulihkan dengan menggunakan gabungan dua Green Herbs.
- Danger (merah) = Kondisimu sudah terluka sangat parah dan kematian sudah sangat dekat denganmu. Kondisi ini dapat dipulihkan dengan menggunakan campuran Green Herb + Red Herb atau Green Herb + Red Herb + Blue Herb atau dengan menggunakan satu First Aid Spray.
- Poison (ungu) = Kondisimu sudah terkena racun dari monster yang kamu hadapi. Untuk menetralisir racun, kamu dapat menggunakan satu Blue Herb atau campuran Blue Herb + Green Herb atau lebih bagusnya lagi untuk sekalian memulihkan kondisi, gunakan campuran Green Herb + Blue Herb + Red Herb. Jika kamu membiarkan Jill terus berada dalam kondisi ini, maka perlahan kondisi Jill akan semakin berkurang dan bisa menyebabkan kematian.

G. CERITA
Tidak ada yang percaya kepada STARS ketika mereka memberitahukan semua orang mengenai kejadian yang mereka alami di mansion milik Spencer. Media hanya membuat lelucon mengenai mereka bahkan ketua mereka sendiri, Brian Irons melarang mereka untuk melakukan tindakan apapun yang berhubungan dengan kasus tersebut. Chris dan Barry melakukan perjalanan ke Eropa untuk mencari informasi mengenai Umbrella Corporation dan mengunjungi markas besar mereka di Eropa.

Jill secara sukarela tetap tinggal di Raccoon City untuk melanjutkan penyelidikannya terhadap fasilitas Umbrella disana, namun tak lama setelahnya, kejadian aneh mulai terjadi dan makhluk yang mirip zombie ditemukan di luar kota, namun tiada yang menganggap serius kejadian tersebut.

Lalu suatu hari, tiba-tiba entah darimana datangnya, sebuah wabah misterius mulai menginfeksi penduduk di seluruh Racoon City dan mengubah mereka menjadi sebuah makhluk tanpa pikiran yang kelaparan dan selalu berburu daging segar manusia, zombie. Jika ada orang di luar sana yang selamat dari wabah, maka zombie-zombie tersebut akan memburu dan memakan mereka.

Di apartemennya, Jill menyaksikan suasana kota telah berubah menjadi sebuah mimpi buruk, namun Jill yang berhasil bertahan dari wabah yang menjangkit kota, akhirnya berpikir bahwa sekarang adalah saat yang tepat untuknya melarikan diri dari kota untuk yang terakhir kalinya. Jill mengisi peluru senjatanya dan menerobos keluar dari bangunan apartemennya dengan sebuah ledakan......

H. WALKTHROUGH
Keterangan :
1. Perlu diingat disini, posisi kiri dan kanan adalah posisi Jill dan dilihat dari sudut pandang Jill bukan sudut pandang kalian. Walkthrough ini merupakan panduan untuk HARD Mode.
2. Untuk Easy Mode, kamu masih dapat mengikuti walkthrough ini namun mungkin item yang kamu temukan akan sedikit berbeda saja.
3. Jangan ragu untuk bolak-balik ke SAVE ROOM untuk SAVE GAME-mu dan gunakan Item Box semaksimal mungkin untuk mengatur inventorimu meskipun dalam Walkthrough tidak diminta untuk kesana karena Walkthrough hanya akan menjelaskan tempat yang perlu kamu kunjungi saja.
4. Jika kamu mengincar file Jill’s Diary lihatlah ke bagian JILL’S DIARY tentang pilihan mana yang harus kamu ambil agar kamu bisa mengambil file secara berurutan untuk mendapatkan file Jill’s Diary sebelum akhir permainan.
5. Jika ingin memperoleh Rank S di akhir permainan untuk mendapatkan semua kostum di Boutique yang dapat kamu akses di, jangan pernah Save permainan dari awal hingga akhir, jangan sering berada dalam kondisi DANGER, jangan pernah gunakan First Aid Spray dan selesaikan game kurang dari 2 jam 30 menit. Perlu dibilang, mendapatkan ranking S sangatlah sulit sekali dalam permainan ini, namun pemain Pro akan dengan mudah mendapatkannya tanpa kendala sedikitpun.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saksikan FMV pembukaan yang terbaik daripada seri Resident Evil di PSX lainnya. Setelah menyaksikan opening FMV, ketika kamu memulai game, akan terjadi ledakan, dan itu terjadi di apartemen Jill. Senjata yang kamu gunakan tergantung pada pilihan mode yang kamu pilih. Jika Easy, maka kamu dapat menggunakan senjata Assault Rifle sebagai senjata pertamamu. Jika Hard, maka kamu akan menggunakan Handgun (M92F S.T.A.R.S. Special atau yang biasa disebut “Samurai Edge”) sebagai senjata awalmu. CHECK juga File Game Manual A dan Game Manual B untuk memudahkanmu memahami sistem permainan, juga cara menggunakan Reloading Tools. Hindari zombie yang ada di sekitarmu, cukup lari ke arah kiri dan bunuh zombie yang menghalangi jalanmu. Naiki penghalang dengan menekan tombol X+ATAS, lalu turun dengan menekan tombol X+BAWAH.

Cut-scene antara Dario Rosso dan Jill. Dario akan menolak ajakan Jill untuk keluar dari warehouse lalu bersembunyi di lemari penyimpanan (dimana nanti kamu akan menemukan catatan kematiannya), jika kamu memeriksa pintu lagi, Dario akan mengusirmu dan mengatakan bahwa dia tidak akan pernah mau pergi dari sana.

Kamu dapat mengambil First Aid Spray di sisi lain ruangan dan Handgun Bullets di dalam lemari dengan lampu hijau di sudut ruangan. Kembali ke jalan sebelumnya, naiki tangga lalu ke sebelah kanan dan naiki tangga lagi, masuki ruangan yang ada disana. Inilah tempat save pertamamu. Kamu bisa SAVE Game-mu disini. Ada juga Gun Powder A di lemari. Ambil juga lnk Ribbon di mesin tik yang diperlukan untuk menyimpan datamu. Dan yang terpenting, ambil Warehouse Key (namanya akan berubah menjadi Backdoor Key jika kamu melakukan CHECK). Simpan Reloading Tools dan item lain yang menurutmu tidak berguna di dalam item box. Di dalam Item Box ada Knife (pisau), namun tidak cukup efektif melawan musuh, gunakan saja jika kamu benar-benar kehabisan peluru (namun, apalah gunanya jika kamu bisa menghindari para zombie dengan mudah). Keluar dan turuni tangga. Pergilah ke sisi kiri dan buka pintu Warehouse dengan Warehouse Key. Buang kunci dan keluar.

†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††
-----------------------------------------[ UPTOWN ]---------------------------------------
†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††

Kini kamu telah meninggalkan tempat aman sementaramu dan bersiaplah menghadapi lebih banyak musuh ke depannya. Turuni tangga, lewati lorong dan teruskan menuju ke pintu berikutnya. Lari ke kanan (atau mungkin kamu lebih suka pintu abu-abu di sebelah kiri? Jalan mana saja yang kamu ambil sama saja kok). Hindari atau bunuh saja zombie yang menghalangi perjalananmu. Teruskan lari sambil menghindari para zombie sampai kamu menemukan pintu di depanmu (pintu di sebelah kananmu terkunci).

Jalan terus sampai kamu bertemu pintu putih di tengah jalan, dimana pintu akan mendadak terbuka, lalu Brad akan lari keluar dari ruangan dengan banyak zombie di dalamnya. Bunuh mereka. Lalu turun. Hati-hati, ada satu zombie yang menunggumu. Bunuh dia, lalu ambil Lighter Oil di meja dan Shotgun di tubuh mayat. Naiki tangga, keluar dari ruangan. Pergilah ke area seberangmu, ke daerah yang ada Green Herbs-nya, kamu bisa mengambil kedua Green Herbs tersebut. Turuni tangga, lalu masuki pintu.

Catatan : Jika kamu masuk melalui pintu putih di sebelah kirimu sebelumnya, lalu keluar melalui jalan pintu lainnya di sisi lainnya, saat kamu kembali ke rute sebelumnya, kamu kemungkinan akan melihat seorang warga sipil wanita yang lari dari kerumunan zombie. Kamu bisa mengejarnya, namun percuma, setelah terdengar jeritannya, dia sudah mati diserang oleh zombie di dekat pintu belakang Warehouse.

Bunuh atau hindari saja zombie di daerah ini. Lewati jalanan, kamu akan tiba di Bar bagian depan. Lewati pintu toko Boutique (ingatlah tempat ini, sebab, di tempat inilah kamu akan menggunakan Boutique Key yang kamu dapatkan dari hasil menamatkan permainan) yang nantinya akan menjadi tempat berganti kostum setelah menamatkan permainan (agar kamu tidak lagi menggila karena mencari-cari tempat menggunakan kunci tersebut!), kamu akan mendengar jeritan dari warga sipil lagi, dan kamu tak akan bisa menyelamatkannya. Teruskan jalan sampai tiba di tangga hijau (hati-hati zombie di sebelah kanan, tembak mereka). Panjat penghalang, ambil Uptown Map, lalu naiki tangga hijau. Ambil Red Herbs.

Turuni tangga lalu kembali teruskan jalan ke kanan, masuki pintu. Tembak atau hindari saja zombie di depanmu lalu turuni tangga. Kamu akan melihat Brad menembaki zombie lalu lari lagi, tanpa sempat melihatmu. Kamu bisa menemukan Ink Ribbons dari tumpukan sampah di dekat tangga tempatmu datang. Tembak atau lewati saja zombie-zombie di depanmu. Naiki tangga lalu masuk ke pintu belakang Bar.

Zombie akan menyerang Brad, kamu bisa membantu dia membunuh zombie itu atau cukup biarkan saja Brad membunuhnya, biar irit peluru coy (:P). Cut-scene antara Jill dan Brad yang merasa putus asa. Ambil Handgun Bullets di mesin kasir dan file Clocktower Postcard di meja bar. Ambil Lighter di meja sebelah pintu masuk depan Bar. Combine Lighter dengan Lighter Oil . Tadaa, sekarang Lighter siap digunakan untuk membakar Bar yang telah kosong (just kidding kok (:P)).

Keluar dari Bar melalui pintu depan (tempat Brad keluar sebelumnya). Naiki tangga lalu belok kiri melewati tangga hijau lalu ke kanan sampai bertemu pintu, masuki pintu. Teruskan jalan, abaikan tangga turun dan belok ke kiri, teruskan melewati lorong sampai bertemu pintu. Akan ada sekumpulan zombie polisi di dalam barikade disini. Gunakan Lighter pada pintu, tak lama kemudian, zombie-zombie itu akan menerobos barikade. Mundurlah terus agak jauh dari drum merah. Saat zombie-zombie berkumpul di dekatnya, tembaklah drum itu. Dhuar! Zombie-zombie akan tewas. Jika masih ada yang merangkak, cukup tembak atau abaikan saja lah. Ambil juga file Photo A yang ada di salah satu mayat polisi di belakang barikade yang roboh tadi. Kamu bisa mengambil juga 2 Red Herbs disini untuk dikombinasikan dengan Green Herbs (ada atau tidaknya Red Herbs disini tergantung sistem).

Terus masuki pintu yang terbuka tadi. Jalan maju ke depan, ada kebakaran disini, ingatlah tempat ini, karena kamu akan kembali kesini nantinya untuk memadamkan api. Beberapa ekor anjing akan menyerangmu disini. Tembak saja mereka atau kaburrrrr...... ke tempat Save di sebelah kiri....

Ambil Gun Powder A dan Gun Powder B untuk membuat amunisi.
Catatan : Kamu bisa mengombinasikan Gun Powder A dan Gun Powder B hingga menjadi Gun Powder C, lalu kombinasikan lagi dengan Gun Powder A hingga menjadi Gun Powder AC. Buka Item Box, simpan Lighter milikmu dan ambil Reloading Tools, gabungkan Gun Powder AC yang telah kamu buat tadi dengan Reloading Tools untuk membuat Flame Rounds (dengan cara ini, kamu pasti akan mendapatkan Grenade Launcher di dalam lemari besi nanti di ruang S.T.A.R.S. kantor polisi, daripada mendapatkan Magnum dengan amunisi yang sangat jarang).

Setelah selesai membuat amunisi, masukkan kembali Reloading Tools dan item lainnya yang tidak kamu perlukan termasuk Lighter ke dalam Item Box (kamu akan membutuhkannya lagi nanti jauh di ujung permainan). Kamu bisa SAVE Game-mu disini. Keluar, dan segera masuki pagar besi di sebelah kiri untuk menghindari anjing-anjing bodoh yang akan menyerangmu.

Jalan ke kiri, lurus terus, dimana ada Hydran yang bocor, belok kiri lalu masuklah melalui pagar ganda menuju ke bangunan R.P.D. Saksikan FMV, dimana Brad akan dibunuh oleh NEMESIS dengan kejam. STARSSSSS......
Disini kamu akan memilih Multiple Choice pertamamu. FIGHT THE MONSTER dan ENTER POLICE STATION (direkomendasikan untuk awal permainan).

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
A. FIGHT THE MONSTER
Kamu memilih untuk bertarung dengan NEMESIS, namun jika kamu tidak memiliki Rocket Launcher saat ini, sangat tidak dianjurkan untuk melawannya sekarang, tapi kalau kamu nekat sih silakan, siap-siap lihat kata “You Died”. Namun jika kamu berhasil mengalahkannya, kamu bisa mendapatkan Eagle Parts A dari mayat NEMESIS (jika kamu melewatkannya disini, nanti akan muncul di mayat Nemesis lainnya).
Catatan : Item yang muncul di tubuh NEMESIS hanya muncul di Mode HARD, dalam Mode EASY, kamu tidak akan mendapatkan APAPUN darinya.

Kalau kamu memilih untuk nekat, pastikan kamu memiliki stok Healing Items yang cukup dan amunisi yang cukup untuk melawannya. Kamu bisa memeriksa tubuh Brad dan mendapatkan Case yang berisi S.T.A.R.S. Card milik Brad jika kamu melakukan check, jadi kamu tidak perlu mengambil S.T.A.R.S. Card milik Jill di Meeting Room lagi. Namun sekali lagi, melakukan ini di awal permainan (tanpa senjata yang ampuh dan persediaan amunisi yang cukup) adalah sia-sia dan membuang-buang waktumu.. Kalau kamu menyerah, kamu selalu bisa berlari (dengan kata lain, KABUR)  masuk ke dalam.

Setelah mendapatkan S.T.A.R.S. Card milik Brad baik dengan membunuh ataupun tidak membuh NEMESIS, masuklah ke dalam bangunan R.P.D. Lewati bagian B, dan lanjut ke POLICE STATION....
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
B. ENTER POLICE STATION
Jill akan masuk ke dalam bangunan R.P.D. Selanjutnya, kamu harus mencari S.T.A.R.S. Card milik Jill yang ada di Meeting Room. Lanjut ke POLICE STATION....
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††
--------------------------------------[ POLICE STATION ]---------------------------------
†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††


Welcome to RPD. Raccoon City Police Department. Oke, jika kamu sudah mempunyai S.T.A.R.S. Card kamu dapat langsung menuju ke komputer di meja resepsionis yang ada di tengah Main Hall dan mendapatkan passcode (passcodenya RANDOM) untuk membuka laci yang terkunci di Evidence Room. Ambil juga Ink Ribbons dan Handgun Bullets di sekitar meja resepsionis dan bila perlu ambil juga Green Herbs yang tersedia di sebelah kiri dari pintu masuk bangunan RPD atau kamu bisa mengambilnya nanti jika inventorimu saat ini penuh. Jangan lupa ambil juga Police Station Map yang ada di dekat komputer.

Jika belum, yukk cari dulu, lanjut ke satu-satunya pintu yang bisa kita buka di sebelah kiri Main Hall (sejajar dengan pintu ganda yang dibarikade). Di dalam Office pasukan zombie polisi siap memakan kalian. Tembaklah mereka, jangan tersisa satupun, karena akan mengganggu jalan kalian nantinya. Hati-hati dengan zombie di lantai yang berpura-pura mati.

Masuk ke ruangan pribadi yang terbuka, disini ada opsir Marvin Brannagh sedang dalam keadaan tak sadarkan diri karena terluka parah akibat gigitan zombie (setelah event di Resident Evil Outbreak File #2, skenario “Desperate Times”). Ambil Marvin’s Report di genggaman tangan Marvin dan Shotgun Shells di meja kerjanya (ada atau tidaknya Shotgun Shells disini tergantung sistem, kamu akan menemukannya di Meeting Room nanti jika kamu tidak menemukannya disini). Pergilah ke pintu berwarna abu-abu di seberang ruang pribadi Marvin menuju ke Evidence Room.

Disini, jika kamu sudah mendapatkan passcode kamu bisa menggunakan passcode itu di sisi lain deretan laci, laci dengan lampu merah, lalu masukkan passcodenya, ambil Emblem Key (namanya akan berubah menjadi S.T.A.R.S. Key jika kamu melakukan CHECK). Laci dengan lampu hijau di sebelah pintu tempat kamu masuk tadi tidak terkunci dan berisi Blue Gem (namanya akan berubah menjadi Sapphire jika kamu melakukan CHECK) yang akan kamu gunakan sebagai kunci nanti. Setelah selesai, masuki pintu lain dengan warna yang sama.

Di lorong ini, bunuh semua zombie yang ada disini, lalu masuki pintu yang ada di bawah tangga menuju ke Dark Room. Di dalam Dark Room, ambil Ink Ribbons dari mesin tik dan kamu bisa SAVE Game-mu disini. Kamu juga bisa mengambil Gun Powder A dari lemari di sudut kiri ruangan. Ambil juga file David’s Memo di belakang mesin tik. Simpan barang-barang yang kamu rasa tidak kamu perlukan di dalam Item Box. Kembali ke lorong, lalu masuk ke pintu yang berwarna coklat sejajar dengan pintu tempat kamu datang tadi (jika kamu belum memiliki S.T.A.R.S. Card, lewati saja paragraf di bawah ini jika sudah mendapatkan S.T.A.R.S. Key dan langsung menuju ke paragraf selanjutnya).

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Di dalam, hati-hati dengan beberapa anjing zombie atau pasukan zombie polisi yang akan menyerangmu tiba-tiba. Teruskan jalan sampai bertemu pintu ganda berwarna coklat. Masuklah ke dalam Meeting Room dan ambil S.T.A.R.S. Card milik Jill. Ambil juga Ink Ribbons di meja sebelah kanan pintu Meeting Room jika kamu tidak menemukannya disana, cobalah periksa gudang disini, kamu dapat menemukannya di pojok ruangan. Kamu juga akan menemukan Shotgun Shells disini jika kamu tidak menemukannya di meja Marvin sebelumnya di Office. Keluar dari ruangan, jika kamu menelusuri lorong ke ujung ada Red Herbs disana (ada atau tidaknya Red Herbs disini tergantung sistem), kamu bisa ambil lalu kembalilah ke jalan sebelumnya, masuki pintu di ujung jalan. Kembali ke kanan masuki pintu abu-abu tadi. Lewati Evidence Room menuju ke ruang Office. Keluar melalui pintu di ujung dan kembali ke Main Hall.

Gunakan S.T.A.R.S. Card pada komputer di tengah ruangan. Ingat passcode yang kamu dapat lalu kembali lagi masuk ke dalam ruangan di sebelah kiri Main Hall. Teruskan ke Evidence Room. Dari Evidence Room, masukkan passcode yang kamu dapat tadi pada laci dengan lampu merah. Ambil Emblem Key (namanya akan berubah menjadi S.T.A.R.S. Key, jika kamu melakukan CHECK pada kunci tersebut). Keluar melalui pintu terdekat.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Catatan : Setelah menggunakan S.T.A.R.S. Card kamu bisa menyimpannya di dalam Item Box karena item ini sudah sama sekali tidak kamu perlukan lagi.
Sebelum menaiki tangga di lorong kamu harus persiapkan dirimu untuk menghadapi NEMESIS nantinya disini jika kamu memiliki cukup nyali untuk menghadapinya. Naiki tangga lainnya di sebelah kanan. Tembak zombie gemuk di dekatmu. Lanjutkan jalan. Tembak lagi zombie lainnya di lorong. Teruskan jalan dan masuki pintu di depanmu. Disini jalan lagi dan buka pintu di sebelah kiri dengan S.T.A.R.S. Key. Buang kunci. Di dalam, kamu bisa mengambil First Aid Spray di dalam kotak P3K di dekat meja Rebbecca (di seberang lemari besi) dan Handgun Bullets di meja Barry (ada atau tidaknya Handgun Bullets disini tergantung sistem). Ambil Lockpick di mejamu. Ambil juga Grenade Launcher atau Magnum di dalam lemari besi, lalu ambil file Fax from Kendo di mesin fax yang ada di sebelah kiri pintu masuk tadi. Kamu juga bisa melihat foto anggota S.T.A.R.S. Alpha Team (dimana ada Brad Vickers, Barry Burton, Kenneth J. Sulvian dan Chris Redfield dan anggota S.T.A.R.S. lainnya di dalamnya). Saat kamu akan meninggalkan ruangan, akan ada transmisi radio dari seseorang yang mengatakan bahwa dia tidak menemukan tanda-tanda orang yang masih hidup dan dia butuh bantuan secepatnya (tentu transmisi ini adalah transmisi dari Carlos Oliveira, partnermu nanti). Setelah itu, keluar dari S.T.A.R.S. Room.

Keluar melalui pintu sebelumnya di sebelah kanan. Teruskan jalan melalui patung, lewati lorong dan turuni tangga. Kamu akan kembali berhadapan dengan kawan baikmu, si NEMESIS disini (dan kali ini, dia akan membawa Rocket Launchernya !!). Saat kamu berjalan sedikit melewati jendela, NEMESIS akan menerobos jendela dan menyerangmu (tentu saja, kamu bisa kabur, tapi jika kamu sudah cukup pede sekarang, kamu boleh lawan dia, tapi saya sarankan kamu untuk kabur saja, karena Rocket Launcher miliknya cukup berbahaya). Jika kamu ingin melawannya, hindari serangan Rocket Launchernya sebisa mungkin, ketika dia mengangkat senjatanya itu.

Jika kamu berhasil mengalahkannya, kamu bisa mendapatkan Eagle Parts A (atau Eagle Parts B, jika kamu sudah memiliki Eagle Parts A sebelumnya) darinya. Jika Eagle Parts A dan Eagle Parts B telah kamu miliki, kamu bisa menggabungkannya menjadi Dessert Eagle yang merupakan improvisasi dari Handgun. Terus ke ujung dan masuki pintu menuju ke Evidence Room. Kamu bisa membuka laci yang terkunci disini dengan Lockpick untuk mendapatkan Gun Powder B. Dari Evidence Room keluar melalui pintu di seberang sebelah kirimu. Teruskan dari Office (jika kamu mengecek ruang pribadi Marvin, kamu akan menyadari bahwa mayatnya sudah tiada, kemungkinan Claire atau Leon adalah orang yang telah memberesinya ketika dia berubah menjadi zombie, seperti di Resident Evil 2). Keluar melalui pintu lainnya di sebelah kiri ujung. Dari Main Hall, menuju ke pintu masuk bangunan R.P.D. dan ucapkan selamat tinggal pada kantor polisi ini! (:’D)

Di depan kamu akan menyadari mayat Brad sudah menghilang (dia akan muncul sebagai zombie di Resident Evil 2). Lanjutkan keluar pagar depan RPD. Ikuti jalan, air mancur dari hydrant yang bocor sudah berhenti. Lalu lurus terus ke pintu besi yang terkunci sebelumnya di sisi kanan bawah layar. Gunakan Lockpick untuk membukanya. Di dalam periksa mayat seorang U.B.C.S. untuk mendapatkan Mercenary’s Diary dan Handgun Bullets. Kamu mungkin melihat seekor Drain Deimos yang memanjat ke atas sebelumnya. Tapi tenang, dia belum akan menyerang sekarang.

Lanjutkan jalan menuju ke pintu berikutnya. Dari  sini, di sebelah kanan ada Fire Hose yang nantinya akan kamu gunakan untuk memadamkan api namun kamu belum bisa mengambilnya sekarang karena membutuhkan Wrench untuk mengambilnya. Ambil Blue Herbs yang mungkin kamu butuhkan untuk dikombinasikan bersama dengan Green Herbs dan Red Herbs atau kamu bisa menyimpannya untuk nanti karena kita akan kembali lagi kesini nantinya. Teruskan menuju pintu pagar. Tembak atau hindari anjing-anjing bodoh disini. Kacau sekali tempat ini, ada kecelakaan bus. Kamu akan mendengar suara tembakan, lalu teriakan. Saat kamu tiba di tempatnya, dia sudah tidak bernyawa karena lehernya tergigit oleh seekor anjing bodoh lainnya. Bunuh anjing-anjing bodoh itu, kamu bisa memeriksa mayat seorang U.B.C.S. itu untuk mendapatkan Gun Powder B.

Masuki pintu menuju ke garasi. Ambil Power Cable di mobil yang akinya bocor. Lalu teruskan ke kiri menuju ke sisi lain garasi. Buka pintu, di dalam adalah tempat SAVE. Kamu bisa menyimpan barang-barang yang tidak kamu perlukan di dalam Item Box terutama Power Cable. Pastikan untuk membawa Lockpick. Persiapkan juga dirimu karena kamu mungkin akan menghadapi NEMESIS lagi nantinya berdasarkan pilihan jalan yang kamu ambil. Ambil Ink Ribbons dari mesin tik, lalu Save Game-mu, jika ingin. Ambil juga Handgun Bullets di meja. Masuki pintu selanjutnya di sebelah kiri. Kamu akan berhadapan dengan anjing-anjing bodoh lagi disini. Hindari saja mereka lalu masuki pintu di ujung sebelah kanan. Ambil Downtown Map di dinding.

Disini, kamu akan berhadapan dengan 2  DRAIN DEIMOS untuk pertama kalinya. Jika kamu telah memainkan Resident Evil 2, maka Licker jenis ini tentunya berbeda dengan yang kamu hadapi sebelumnya, karena Licker jenis ini lebih mirip jangkrik daripada cicak, dan berbeda dengan Envolved Lickers, Licker jenis ini akan menghisap darahmu daripada mencabik-cabikmu. Kamu dapat menembak box di atas dengan Handgun agar mengenainya. Bunuh satu Drain Deimos di depanmu, lalu menuju ke sebelah kanan, akan ada satu lagi Drain Deimos di tangga. Bunuh dia, kamu bisa memeriksa mayat seorang U.B.C.S. untuk Gun Powder A. Kembali lalu lurus saja menuju ke pintu lainnya. Kamu sekarang tiba di Downtown. Kamu memiliki pilihan antara pergi ke Grill 13 Restaurant lebih dahulu atau pergi ke Raccoon Press Newspaper Office terlebih dahulu. Yang manapun jalan yang kamu ambil, sama saja, hanya berbeda lokasi dimana kamu bertemu akan Carlos dan  siapa yang akan muncul di  Workshop dan Sales Office nantinya. Karena yang terdekat adalah restaurant, jadi saya akan mulai dari restaurant terlebih dahulu, jika kamu ingin pergi ke Newspaper Office terlebih dahulu, silakan lewati bagian Restaurant di bawah dan lanjut ke bagian Newspaper Office.
Catatan : Jika kamu ingin menemukan file secara berurutan untuk mendapatkan Jill’s Diary menjelang akhir permainan, sebaiknya pilih Restaurant.

†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††
-------------------------------------[ RESTAURANT ]--------------------------------------
†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††

Jika kamu memilih pergi ke restaurant terlebih dahulu, belok ke kanan, lalu jalan ke kiri, teruskan jalan lalu masuk ke dalam Grill 13 Restaurant. Ambil file City Guide di meja dan Gun Powder A di kasir. Masuk ke dapur, telusuri lorong sampai bertemu pintu, jangan buka pintu, tapi cek lemari di samping pintu dan gunakan Lockpick untuk membukanya. Ambil Fire Hook dari dalam lemari. Gunakan untuk membuka penutup besi di sudut ruangan. Cut-scene, Carlos akan muncul dan memperkenalkan dirinya. Namun, kemudian makhluk apa itu namanya? NEMESIS !!!!! Akan mengganggu pembicaraan kalian. Multiple Choice. RUN INTO BASEMENT dan HIDE IN THE KITCHEN (direkomendasikan).

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
A. RUN INTO BASEMENT
Kamu dan Carlos akan menuruni tangga. Kamu berada di tempat penyimpanan di Basement sekarang yang terendam air. Telusuri lorong sampai ke ujung lalu kembali lagi ke tangga. Jill tidak menemukan jalan keluar dari sini dan akhirnya terpaksa naik lagi dan berhadapan dengan NEMESIS. hadapi NEMESIS dengan Grenade Launcher Flame Rounds atau Shotgun milikmu. Bekerjasamalah dengan Carlos untuk melawannya. Jangan biarkan Carlos mati karena jika Carlos mati maka akan GAME OVER.

Setelah berhasil mengalahkannya, ambil item yang dia jatuhkan (biasanya sih First Aid Box yang cukup berguna buatmu untuk menyimpan 3 First Aid Spray di dalamnya namun jika kamu beruntung kamu mungkin akan mendapatkan Eagle Parts A/B atau M37 Parts A jika kamu sudah mendapatkan melengkapi Eagle Parts menjadi Desert Eagle).

Pilihan yang ini, termasuk membuang-buang waktu, jadi saya sarankan ambil pilihan HIDE IN THE KITCHEN. Keluar melalui pintu belakang di samping kiri lemari tempat mengambil Fire Hook sebelumnya. Cut-scene lagi, kamu akan berada di Shopping Area sekarang. Lewati paragraf bagian B menuju ke paragraf selanjutnya.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
B. HIDE IN THE KITCHEN
Jill akan bersembunyi di balik dapur lalu melemparkan lampu minyak ke arah tangki gas hingga menyebabkan ledakan yang akan menjatuhkan Nemesis. Kamu bisa meninggalkannya atau jika kamu cukup percaya diri, kamu bisa melawannya. Jika kamu memutuskan untuk KABUR, telusuri kembali dapur dan keluarlah melalui pintu belakang di samping kiri lemari tempat kamu mengambil Fire Hook.

Jika kamu memutuskan untuk melawannya, turuni tangga lalu naik kembali ke atas dan hadapi NEMESIS dengan Grenade Launcher Flame Rounds atau Shotgun milikmu. Bekerjasamalah dengan Carlos untuk melawannya. Jangan biarkan Carlos mati karena jika Carlos mati maka akan GAME OVER.

Setelah berhasil mengalahkannya, ambil item yang dia jatuhkan (biasanya sih First Aid Box yang cukup berguna buatmu untuk menyimpan 3 First Aid Spray di dalamnya namun jika kamu beruntung kamu mungkin akan mendapatkan Eagle Parts A/B atau M37 Parts A jika kamu sudah mendapatkan melengkapi Eagle Parts menjadi Desert Eagle). Keluar melalui pintu belakang di samping kiri lemari tempat kamu mengambil Fire Hook sebelumnya. Cut-scene lagi, kamu akan berada di Shopping Area sekarang.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Turuni tangga, lalu belok ke kanan, terus sampai bertemu pintu di sebelah kanan. Masuki pintu itu dan ambil Shotgun Shells di lemari, Rusty Crank di lantai (namanya akan berubah menjadi Rusted Hex Crank jika kamu melakukan CHECK) dan Ink Ribbons di mesin tik. Kamu bisa SAVE Game-mu disini. Bawa juga Power Cable dan Blue Gem. Keluar dari ruangan ke sebelah kanan dan masuki pintu. Kamu bisa mengambil Handgun Bullets dari mayat di sebelah gerbang pintu City Hall yang terkunci. Lanjut ke atas, lurus terus, belok kanan dan masuki Newspaper Office di sebelah kiri. Kamu dapat menemukan Ink Ribbons dan First Aid Spray di tumpukan barang di sudut ruangan ini (ada atau tidaknya Ink Ribbons dan First Aid Spray disini tergantung sistem).

Dorong tangga dari belakang lurus ke depan menuju ke mesin penjual minuman. Ambil Photo B di atasnya, naiki tangga, lalu tekan saklar, lalu turun. Tekan tombol di samping shutter, lalu shutter akan terbuka. Naiki tangga, pintu di ruangan yang terbakar akan meledak, tapi abaikan saja dan terus naiki tangga lagi lalu belok kiri, masuki pintu. Bunuh zombie gemuk di depanmu. Lurus terus masuki ruangan di sebelah kiri. Bunuh dua zombie lainnya di dalam ruangan. Ambil file Photo C di meja, lalu Green Gem di atas buku (namanya akan berubah menjadi Emerald jika kamu melakukan CHECK). dan file Reporter’s Memo di sebuah rak di ujung sebelah kiri ruangan. Ambil juga First Aid Spray dan Gun Powder A jika memungkinkan (ada atau tidaknya First Aid Spray dan Gun Powder A disini tergantung sistem).

Keluar melalui pintu sebelumnya, turuni tangga, keluar dari Newspaper Office, menuju ke gerbang City Hall, gunakan Green Gem dan Blue Gem pada panel jam di sebelah kanan gerbang. Gerbang akan terbuka. Periksa lagi itemmu, pastikan kamu membawa Rusty Crank dan Power Cable lewati bagian Newspaper Office, lanjut ke bagian CITY HALL.

†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††
-------------------------------------[ NEWSPAPER OFFICE ]-----------------------------
†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††

Jika kamu memilih untuk memilih untuk pergi ke Newspaper Office terlebih dahulu, maka kamu harus belok kiri dan masuki pintu menuju ke Shopping Area. Teruskan lalu belok kiri di persimpangan. Lurus terus, sampai bertemu pintu di sebelah kanan. Masuki pintu itu dan ambil Shotgun Shells dan Rusty Crank di lantai dan Ink Ribbons di mesin tik. Kamu bisa SAVE Game-mu disini. Bawa juga Blue Gem. Keluar dari ruangan ke sebelah kanan dan masuki pintu. Kamu bisa mengambil Handgun Bullets dari mayat di sebelah kiri pintu City Hall yang terkunci. Lanjut ke atas, lurus terus, belok kanan dan masuki Newspaper Office di sebelah kiri. Kamu dapat menemukan Ink Ribbons dan First Aid Spray di tumpukan barang di sudut ruangan ini (ada atau tidaknya Ink Ribbons dan First Aid Spray disini tergantung sistem).

Dorong tangga dari belakang lurus ke depan menuju ke mesin penjual minuman. Ambil Photo B di atasnya, naiki tangga, lalu tekan saklar, lalu turun. Tekan tombol di samping penutup, lalu penutup akan terbuka. Naiki tangga, pintu di ruangan yang terbakar akan meledak, tapi abaikan saja dan terus naiki tangga lagi lalu belok kiri, masuki pintu. Naiki tangga lagi lalu belok kiri, masuki pintu. Lurus terus masuki ruangan di sebelah kiri. Ambil file Photo C di meja dan file Reporter’s Memo di sebuah rak di ujung sebelah kiri ruangan.

Di sudut ruangan sebelah kanan kamu akan ada cut-scene bertemu dengan Carlos, yang akan memperkenalkan dirinya kepada Jill. Jika kamu kira kamu aman disini, kamu salah. NEMESIS !!!! Multiple Choice. JUMP OUT THE WINDOW dan HIDE IN THE BACK.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
A. JUMP OUT THE WINDOW
Jika kamu memilih pilihan ini, Jill dan Carlos akan melompat keluar dari jendela menuju ke sebuah lorong. Ambil Red Herbs disini. Teruskan jalan ke depan pintu. Kamu sudah aman sekarang. Kamu dapat kembali masuk ke Newspaper Office jika kamu ingin berhadapan dengan NEMESIS. Hadapi NEMESIS dengan Grenade Launcher Flame Rounds atau Shotgun milikmu.

Setelah berhasil mengalahkannya, ambil item yang dia jatuhkan (biasanya sih First Aid Box yang cukup berguna buatmu untuk menyimpan 3 First Aid Spray di dalamnya namun jika kamu beruntung kamu mungkin akan mendapatkan Eagle Parts A/B atau M37 Parts A jika kamu sudah mendapatkan melengkapi Eagle Parts menjadi Desert Eagle).

Catatan : Jika kamu tidak sempat mengambil Photo C di meja atau Reporter’s Memo di rak sebelah kiri ruangan, karena terlanjur terlibat cut-scene dengan Carlos, mau tidak mau kamu harus kembali masuk ke dalam Newspaper Office dan berhadapan dengan NEMESIS.

Kembalilah ke Shopping Area. Disini pastikan kamu membawa Lockpick, teruskan jalan lalu di percabangan, belok kiri, naiki tangga dan masuk ke dalam Restaurant melalui pintu belakang. Buka lemari di dekat pintu dengan menggunakan Lockpick, lalu ambil Fire Hook. Gunakan untuk membuka penutup besi di sudut ruangan. Turun ke bawah. Periksa mayat di sudut basement untuk mendapatkan Green Gem. Kembali naik ke atas. Periksa sisi lainnya dari Restaurant. Ambil Gun Powder A di kasir dan file City Guide di meja. Lalu keluar melalui pintu belakang tempat kamu masuk tadi. Turuni tangga, lalu belok ke kanan, lurus terus, lalu masuki pintu di ujung. Lanjutkan menuju ke gerbang City Hall, gunakan Green Gem dan Blue Gem pada panel jam di sebelah kanan gerbang. Gerbang akan terbuka. Periksa lagi item-mu, pastikan kamu membawa Power Cable dan Rusty Crank. Lewati bagian B, teruskan ke bagian City Hall.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
B. HIDE IN THE BACK
Sebuah ledakan akan menjatuhkan Nemesis. Hadapi NEMESIS dengan Grenade Launcher Flame Rounds atau Shotgun milikmu. Bekerjasamalah dengan Carlos untuk melawannya. Jangan biarkan Carlos mati karena jika Carlos mati maka akan GAME OVER.

Setelah berhasil mengalahkannya, ambil item yang dia jatuhkan (biasanya sih First Aid Box yang cukup berguna buatmu untuk menyimpan 3 First Aid Spray di dalamnya namun jika kamu beruntung kamu mungkin akan mendapatkan Eagle Parts A/B atau M37 Parts A jika kamu sudah mendapatkan melengkapi Eagle Parts menjadi Desert Eagle).

Kembalilah ke Shopping Area. Disini pastikan kamu membawa Lockpick, teruskan jalan lalu di percabangan, belok kiri, naiki tangga dan masuk ke dalam Restaurant melalui pintu belakang. Buka lemari di dekat pintu dengan menggunakan Lockpick, lalu ambil Fire Hook. Gunakan untuk membuka penutup besi di sudut ruangan. Turun ke bawah. Periksa mayat di sudut basement untuk mendapatkan Green Gem. Kembali naik ke atas. Periksa sisi lainnya dari Restaurant. Ambil Gun Powder A di kasir dan file City Guide di meja. Lalu keluar melalui pintu belakang tempat kamu masuk tadi. Turuni tangga, lalu belok ke kanan, lurus terus, lalu masuki pintu di ujung. Lanjutkan menuju ke gerbang City Hall, gunakan Green Gem dan Blue Gem pada panel jam di sebelah kanan gerbang. Gerbang akan terbuka. Periksa lagi itemmu, pastikan kamu membawa Power Cable dan Rusty Crank.Teruskan ke bagian City Hall.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††
--------------------------------------[ CITY HALL ]----------------------------------------
†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††

Masuk ke gerbang City Hall yang telah terbuka sekarang. Di dalam. Jalan terus, lalu ambil jalan kiri di percabangan dan lurus terus lalu masuki pintu di ujung. Bunuh zombie-zombie yang ada disini. Ikuti jalan, masuki pagar yang ada di ujung. Jalan terus, sampai bertemu Green Herbs, ambil jika memungkinkan. Teruskan, masuki pintu di ujung jalan. Akan ada sekumpulan anjing atau para zombie disini. Tembak drum merah untuk membunuh mereka. Periksa mayat di samping pintu untuk mendapatkan Shotgun Shells. Panjat barikade lalu turuni, lalu kamu akan tiba di stasiun kereta api. Pintu depan terkunci, jadi mau tidak mau, kamu harus masuk melalui pintu belakang. Ambil file Mechanic’s Memo di mesin, lalu gunakan Power Cable disini. Cut-scene, kamu akan bertemu dengan Nicholai untuk pertama kalinya disini. Kemudian bicaralah dengan Mikhail untuk cut-scene lainnya. Mikhail sedang mengigau saat masih berada di medan perang. Kamu bisa bicara dengannya sekali lagi untuk melihatnya mengigau lagi. Biarkan dia beristirahat. Masuki pintu ke gerbong selanjutnya.

Cut-scene lagi, kamu akan bekerja sama dengan Nicholai dan juga Carlos disini untuk keluar dari kota. Nicholai berencana untuk keluar dari kota melalui Clock Tower dengan menggunakan kereta api ini. Selesai pembicaraan, Carlos akan memberimu Side-Pack, yang akan menambah inventorimu dari 8 slots menjadi 10 slots!! Jangan lupa ambil Wrench di kursi.

†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††
-----------------------------------[ TO THE GAS STATION ]------------------------------
†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††

Keluar dari kereta api melalui pintu depan yang dapat kamu buka. Kamu akan diserang oleh beberapa anjing gila. Abaikan saja lalu panjat barikade dan turun ke sisi lain. Lanjutkan jalanmu menuju ke pintu di sebelah mayat. Teruskan jalan lagi sampai ke pagar, masuki pagar. Kemungkinan mobil di dekatmu akan terbuka dan zombie akan menyerangmu, bunuh saja dia. Lalu ambil Grenade Rounds atau Gun Powder B di dalam mobil. Teruskan jalan ke ujung dan masuki pintu. Jalan lurus di percabangan lalu belok kiri (sisi lain percabangan yang belum kamu lewati). Jalan terus, masuki pagar. Kamu tiba di STAGLA GAS STATION sekarang. Teruskan jalan, sampai bertemu pintu yang tertutup oleh shutter.

Gunakan Rusted Crank milikmu dan Rusted Crank akan patah saat digunakan. Untuk itulah kamu memerlukan Wrench, gunakanlah maka Jill akan menggunakannya sebagai alat bantu untuk memutar patahan Crank sehingga shutter akan terbuka. Masuklah ke dalam Workshop. Saat kamu menuju ke dalam, Cut-scene dengan Carlos atau dengan Nicholai akan muncul sesuai dengan jalan yang kamu pilih. Jika kamu menuju ke Restaurant dulu kemudian baru ke Newspaper Office, maka yang muncul disini adalah Carlos.

Saat kamu menuju ke belakang kounter, Carlos akan memanggilmu karena sekumpulan zombie sedang menuju kesini. Dia akan keluar untuk menunjukkan aksi kepahlawanannya. Kamu dapat keluar untuk cut-scene lainnya atau menunggu di dalam sampai kamu menyelesaikan Puzzle disini dan biarkan Carlos menyelesaikan aksi kepahlawanannya (cut-scene akan sedikit berbeda). Setelah cut-scene Carlos akan meninggalkanmu untuk mencari peralatan, masuk kembali ke dalam. Jika kamu menuju ke Newspaper Office dahulu kemudian baru ke Restaurant maka yang akan muncul adalah Nicholai yang akan memeriksa bengkel di sebelah kanan. Kamu juga dapat memeriksa bengkel untuk mengetahui bahwa yang memicu kebakaran nanti adalah oli yang bocor. Bodohnya, si Nicholai tidak menyingkirkan kabel yang bersentuhan dengan oli di lantai.

Menuju ke belakang kounter, ambil First Aid Spray di lemari, kamu juga akan mendapat Cold-Storage Puzzle disini. Tidak ada petunjuk apapun yang dapat saya berikan untuk menyelesaikan puzzle ini. Yang harus kamu lakukan adalah terus menekan tombol A, B, C dan D agar dapat menyala hanya di huruf hijau yang menyala.

Setelah menyelesaikannya, kamu akan mendapatkan Machine Oil disini. Cut-scene dimana bengkel akan terbakar. Keluar dari sini. Jika kamu bersama Nicholai, dia akan berteriak karena ledakan yang terjadi. Keluar dari Workshop, temui Carlos (jika dia ada bersamamu dan kamu belum keluar untuk menemuinya sebelumnya) di depan untuk cut-scene. Sesudah itu, larilah, tinggalkan Gas Station. Gas Station akan  meledak. Kamu akan terbangun bersama Carlos. Carlos akan meninggalkanmu disini (jika kamu menemuinya setelah Workshop terbakar).

Opsional Cut-scene: Dari sini, kamu dapat kembali ke stasiun kereta api untuk melihat cut-scene dengan Mikhail, dimana dia memaksakan diri untuk menghabisi para zombie polisi. Dia tidak ingin berdiam diri saja, sementara rekan-rekannya berjuang keras melawan monster. Jika kamu belum meledakkan drum minyak yang berada di platform kereta api, Mikhail akan memanfaatkannya untuk menghabisi zombie yang ada, jika kamu telah meledakkannya maka Mikhail akan menggunakan granat miliknya. Disitulah perbedaan cut-scene-nya.

Keluar dari tempat itu melalui pintu pagar yang sama sebelumnya. Dari tempatmu berada sekarang, lewati percabangan, kembali menuju ke arah gerbang City Hall. Pintu hijau di sebelah kirimu akan terbuka oleh para zombie. Habisi mereka lalu masuk ke dalam. Periksa patung Mayor lalu tekan saklar untuk mendapatkan Bronze Book. Kembali ke area sebelumnya, masuki gerbang City Hall. Dari gerbang City Hall menyeberang menuju ke Shopping Area. Lurus terus, di percabangan, belok kanan. Lurus terus, masuki pintu di ujung.

Dari sini belok kiri, lurus terus menuju ke tempat air mancur. Letakkan Bronze Book disana, lalu ambil Bronze Compass (jika kamu mengambil Bronze Compass tanpa meletakkan Bronze Book, air mancur akan mengalir dan menyetrummu, sehingga mustahil bagimu untuk lewat, selain itu kamu juga dapat mengambil kembali Bronze Book dan membiarkan air mancur mengalir, namun item tersebut tidak ada gunanya). Kembali ke tempat patung Mayor melalui pintu sebelumnya dengan menuju ke Shopping Area, lurus, di percabangan belok kanan, lalu lurus lagi sampai pintu di ujung, masuki pintu tersebut. Menyeberang ke gerbang City Hall, masuki gerbang. Masuki area yang terbuka di sebelah kananmu tadi. Letakkan Bronze Compass di patung Mayor lalu ambil Battery.

Dari sini, kamu bisa memilih untuk ke SALES OFFICE terlebih dahulu atau ke SUB-STATION ROOM terlebih dahulu. Namun karena lebih dekat SUB-STATION ROOM maka sebaiknya, kita ke SUB-STATION ROOM terlebih dahulu.

†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††
-----------------------------[ TO THE SUB-STATION ROOM ]---------------------------
†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††

Kembali lagi ke gerbang City Hall. Dari sana, menyeberang menuju ke pintu menuju ke Shopping Area. Lurus terus, di percabangan, belok kanan, masuki pintu di ujung. Disini, kamu harus membuat jalanmu kembali ke Drain Deimos’s Room (tempat dimana kamu menghadapi Drain Deimos pertama kali). Kemungkinan dua Drain Deimos atau Brain Suckers akan muncul menggantikan mereka. Habisi mereka. Lalu belok kanan, masuki pintu. Dari sana, hindari monster yang kemungkinan ada disana.menuju ke pintu lainnya di ujung menuju kembali ke Drain Deimos’s Room. Lurus terus, lalu di ujung belok kiri. Naiki tangga, belok kiri. Kamu akan menemukan sebuah elevator (lift). Pasang Battery di panel dekat elevator untuk mengaktifkan kembali elevator.

Kamu tiba di jalanan yang penuh dengan zombie. Periksa mayat pegawai konstruksi di sebelah kiri untuk Handgun Bullets. Habisi zombie disini, dengan menembak bom di dinding lalu masuki pagar di sisi kanan jalan. Ambil Red Herbs disini jika memungkinkan (ada atau tidaknya Red Herbs disini tergantung sistem). Masuk ke pagar lainnya, sekarang kamu berada di Sub-Station Room. Kamu dapat menemukan Gun Powder B di dekat pintu darurat yang terkunci (ada atau tidaknya Gun Powder B disini tergantung sistem). Ubah panel power supply dekat pintu darurat menjadi Manual Mode, lalu tekan tombol di kontrol panel di sebelah kiri ruangan. Kamu harus menyelesaikan puzzle power supply ini untuk membuka High Voltage Room dan Low Voltage Room. High Voltage memiliki senjata di dalamnya dan Low Voltage memiliki Fuse di dalamnya.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ini adalah beberapa solusi puzzle yang mungkin bisa kamu gunakan :
High Voltage Room :
1. Red, Blue, Blue, Blue
2. Blue, Red, Blue, Blue
Low Voltage Room :
1. Red, Red, Red, Blue
2. Blue, Red, Blue, Red
3. Red, Red, Blue, Blue
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Setelah salah satu ruangan terbuka, masuklah ke dalam ruangan lalu ambil apa yang ada di dalamnya. Kemudian, saat kamu keluar, sekumpulan zombie akan berusaha menerobos pagar. Multiple Choice. HEAD TO THE EMERGENCY EXIT dan INCREASE THE ELECTRICAL OUTPUT (direkomendasikan).

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
A. HEAD TO THE EMERGENCY EXIT
Pilihan yang ini, sangat membuang-buang waktumu, dimana Jill akan mendobrak pintu darurat dan keluar menuju kembali ke jalanan. Jika kamu pikir kamu aman, kamu salah. Ada kalanya, disini NEMESIS akan menembakimu dari atas dengan Rocket Launcher miliknya. Karena kamu membutuhkan Fuse untuk meneruskan permainan, kamu harus kembali ke dalam Sub-station Room entah melalui pintu darurat maupun melalui pintu utama yang dipenuhi dengan zombie yang tadi kamu hindari.

NEMESIS akan mengejarmu jika kamu kembali masuk ke pintu darurat. Jika kamu membunuhnya disini, kamu bisa mendapatkan item darinya (First Aid Box?). Jika kamu memilih untuk membunuhnya disini, kamu tidak akan bertemu dengannya nanti sekembalimu dari Sales Office. Selesaikan puzzle dan buka ruangan yang satunya, ambil apa yang ada di dalamnya. Jangan pergi tanpa Fuse dalam genggamanmu. Lewati nomor 2, lanjutkan ke paragraf selanjutnya.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
B. INCREASE THE ELECTRICAL OUTPUT
Inilah jalan yang lebih mudah, dimana Jill akan menaikkan tegangan listrik yang akan membunuh para zombie. Kembali selesaikan puzzle dan buka ruangan yang satunya. Ambil apa yang ada di dalam. Ingat, yang terpenting adalah Fuse, karena kamu tak akan bisa melanjutkan permainan tanpa membawa Fuse.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Senjata yang kamu dapatkan dari High Voltage Room tergantung pada senjata yang kamu dapatkan di S.T.A.R.S. Room. Jika kamu mendapatkan Grenade Launcher sebelumnya, kamu bisa mendapatkan Magnum disini, atau jika kamu mendapatkan Magnum sebelumnya, kamu akan mendapatkan Grenade Launcher disini. Keluar dari Sub-station Room menuju ke jalanan. Di jalanan, kembali ke elevator lalu naik kembali ke atas. Turuni tangga, belok ke kanan, lalu kanan lagi, lalu belok kiri dan terus sampai bertemu dengan pintu. Masuki pintu di depanmu.

†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††
----------------------------------------[ TO THE SALES OFFICE ]-------------------------------------
†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††

Sekarang, kamu harus kembali ke jalanmu sebelumnya, menuju ke tempat dimana Fire Hose berada untuk memadamkan api yang sebelumnya (masih ingat kan?). Iya deh, saya kasih tahu jalannya lagi. Sebelumnya pastikan dulu, kamu masih memiliki Wrench dalam genggamanmu. Belok kiri, lalu belok kanan, lalu masuki pintu ke Parking Lot (tempat parkir).

Kamu bisa SAVE Game-mu dan menyimpan barang-barang yang belum akan kamu gunakan di dalam Item Box. Masuki pintu lainnya menuju ke garasi. Dari garasi, jalan terus menuju ke sisi lain garasi, lalu masuki pintu. Lanjutkan jalan terus sampai ujung, hindari saja burung gagak atau anjing-anjing gila yang menyerangmu, masuki pintu pagar. Selanjutnya lurus, di depan kamu akan menemukan Fire Hose. Gunakan Wrench untuk membuka baut yang menggantungkan Fire Hose. Setelah mendapatkan Fire Hose, masuk ke pintu lainnya di sebelah kirimu. Menuju ke lorong dengan dua Drain Deimos di dalamnya. Bunuh mereka lalu lanjutkan ke sisi lain lorong. Masuki pintu di ujung. Menyeberang menuju ke pagar di sebelah kiri.

Gunakan Fire Hose milikmu di panel hydran dengan lampu merah yang menyala untuk memadamkan api. Lalu masuki area yang telah bebas dari api. Dari sana, lurus terus, abaikan saja zombie yang ada dalam bangunan di sebelah kirimu (entah dimana letak dia berada?). Lurus lagi, masuki pintu lainnya. Akan ada dua Brain Suckers disini, yang merupakan variasi dari Drain Deimos,  hanya saja mereka dapat menyemburkan racun tidak seperti Drain Deimos. Habisi mereka dengan memanfaatkan bom yang menempel di dinding lalu ambil Crank di dekat pintu tempatmu datang kesini. Masuki pintu ganda di ujung sebelah kanan, sekarang kamu tiba di Sales Office.

Cut-scene, kamu akan mendengar letusan pistol Nicholai yang membunuh Murphy sebelum dia berubah menjadi zombie (jika yang berada di Workshop adalah Carlos sebelumnya) atau suara Carlos yang diminta oleh Murphy untuk membunuhnya sebelum dia benar-benar berubah menjadi zombie. Selesai cut-scene, ambil file Manager’s Report di dekat remote control dan Ink Ribbons di meja kerja bagian belakang. Ambil juga file Business Fax di laci dekat Nicholai atau di dekat mayat Murphy dan First Aid Spray tepat di samping file tersebut.

Nyalakan remote control. Akan muncul produk yang ditawarkan oleh Umbrella. Itulah password yang akan kamu gunakan untuk membuka pintu yang terkunci di seberangmu. Periksa komputer yang menyala tak jauh dari remote control berada. Masukkan password (apabila produk yang dikeluarkan memiliki dua kata, gunakan kedua kata tersebut tanpa spasi). Pintu akan terbuka. Masuklah ke dalam. Di dalam ambil Gun Powder A dan Gun Powder B jika kamu memungkinkan (ada atau tidaknya Gun Powder disini tergantung sistem) lalu yang paling penting, ambil Oil Addictive dari rak barang-barang disini. Kombinasikan Oil Addictive dengan Machine Oil hingga menjadi Mixed Oil. Saat kamu hendak berjalan menuju kembali ke Office, akan ada FMV dimana pasukan zombie menerobos masuk Sales Office. Jika Nicholai ada bersamamu disini, maka kamu akan mendengar suara jeritannya.

Untuk zombie yang ada di ruangan ini, tembak saja pipa gas untuk menghabisi mereka jika masih tersisa, pancing mereka ke pipa nitrogen di dekat lemari penyimpanan lalu tembak pipa nitrogen tersebut. Keluar melalui pintu sebelumnya di sebelah kiri. Bunuh semua zombie yang tersisa disini. Keluar melalui pintu sebelumnya. Akan ada zombie wanita yang telah siap menunggu kedatanganmu. Bunuh dia, lalu keluar melalui pintu ganda. Teruskan jalan, keluar melalui pintu lainnya. Jalan terus, lalu masuki pintu di depanmu.

Kembali ke area yang telah bebas dari api. NEMESIS dengan Rocket Launcher telah menunggu kedatanganmu jika kamu tidak membunuh NEMESIS saat di Sub-Station Room sebelumnya. Habisi dia dengan senjata terampuhmu. Ambil apa yang dia jatuhkan (Jika kamu sudah memiliki M37 Parts A dan M37 Parts B sekarang, kamu dapat menggabungkannya menjadi Western Costum Shotgun, selanjutnya Nemesis hanya akan menjatuhkan First Aid Box untukmu jika kamu sudah memiliki baik Costum Western Costum maupun Desert Eagle).

†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††
---------------------------------[ BACK TO WAREHOUSE ]------------------------------
†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††

Dari sini, mungkin kamu ingin mengambil file Dario’s Memo yang lokasinya berada di Warehouse tempatmu bertemu dengan Dario dulu (ini adalah sepenuhnya OPSIONAL jika kamu tidak mengincar Jill’s Diary). Kalau begitu, jalan lurus saja. Kembali ke tempat sebelumnya. Dari tempat dimana barikade rubuh dulu, akan ada beberapa zombie yang menerobos kaca, habisi mereka lalu masuki pintu lainnya di sebelah kanan. Lurus terus, di percabangan, kamu bisa ambil jalan ke kiri dan membuka pintu yang terkunci. Belok ke kiri, lalu di mobil polisi, seekor zombie kemungkinan akan keluar dari mobil. Habisi dia, lalu ambil Gun Powder B dari mobil jika kamu menginginkannya. Belok kanan, lurus terus, lalu kanan , lagi, lurus sampai bertemu pintu di sebelah kiri. Di lorong, jalan lurus saja. Naiki tangga. Akan ada mayat seorang wanita disini bersama seekor zombie, jika kamu tidak melihat wanita itu berlari dari kerumunan sebelumnya.

Teruskan jalan. Lalu masuki pintu di kiri. Belok kiri, lalu turuni tangga di kananmu. Bantai zombie-zombie yang ada disini. Lalu ke kanan, ke lemari tempat Dario bersembunyi sebelumnya. Naik ke atas, ambil Dario’s Memo. Lalu ke kiri, dan naiki tangga kembali ke kiri lagi. Dia atas, ada seekor zombie yang terbaring, abaikan saja. Keluar dari Warehouse, turuni tangga, lalu masuki pintu di depanmu.

Kembali ke Uptown. Dari sini, ambil jalan ke kanan, lalu ke kiri, melewati mobil polisi ke kiri lagi. Lurus, lalu belok kanan. Masuki pintu putih, tempat kamu lewat sebelumnya. Lurus saja, lalu turuni tangga. Kamu akan melihat shutter di depanmu, jika kamu memiliki Crank, kamu bisa gunakan Crank disini untuk mendapatkan beberapa Grenade Rounds. Kembali naik ke tangga lalu belok kanan dan ke kiri, terus jalan dan masuki pintu. Kembali ke tempat barikade yang rubuh, lalu masuki pintu di kanan. Kamu telah kembali ke area yang telah bebas api disini.

Lurus saja, masuki pintu pagar di ujung jalan. Kembali ke jalan sebelumnya melalui pintu di sudut kanan bawah. Di lorong Drain Deimos ini, jalan saja terus sampai bertemu pintu lainnya. Sekarang, ke kiri dan masuki pintu pagar. Teruskan jalan, lalu masuk ke pintu menuju ke garasi. Jalan terus, di tengah jalan akan ada gempa bumi, hingga membuat lubang besar dan mambuat Jill tergelantung.  Sebuah barang berat akan terjatuh ke arah Jill. Multiple Choice. CLIMB UP (direkomendasikan) dan JUMP OFF.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. CLIMB UP
Jill akan langsung memanjat naik. Dan kamu bisa langsung melanjutkan perjalananmu menuju ke tempat SAVE di samping Blue Herbs.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
2. JUMP OFF
Jill akan menjatuhkan dirinya ke dalam lubang. Disini, untungnya disini hanya ada bangkai cacing raksasa (atau yang diberi nama oleh CAPCOM, Gravedigger). Jalan lurus lalu naiki tangga di sebelah kiri. Kamu akan tiba di luar garasi. Masuk kembali ke dalam garasi lalu lanjutkan perjalananmu menuju ke tempat SAVE di samping Blue Herbs. Kamu hanya akan membuang-buang waktu jika mengambil pilihan ini.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pergi ke sisi lain garasi lalu masuki tempat save yang ada di samping Blue Herbs. Disini, kamu dapat save gamemu terlebih dahulu, pastikan kamu membawa Battery dan Mixed Oil baru melanjutkan perjalanan. Lanjutkan ke pintu selanjutnya di sebelah kiri.

†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††
---------------------------------[ TO THE TRAIN STATION ]------------------------------
†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††

Kini kamu harus membuat jalanmu menuju kembali ke stasiun kereta. Pastikan kamu sudah memiliki :
1. Power Cable (jika kamu belum memasangnya di mesin sebelumnya)
2. Mixed Oil
3. Fuse

Teruskan perjalananmu, belok ke kiri lalu masuki pintu menuju ke Shopping Area. Lurus terus, di persimpangan, belok kiri, lalu lurus lagi, jika kamu ingin SAVE Game-mu, save di ruangan sebelah kanan jalan. PASTIKAN untuk membawa Healing Items yang cukup dan senjata terkuatmu karena kamu akan berhadapan dengan Boss lainnya nanti. Lurus terus masuki pintu di ujung. Menyeberang, masuki gerbang menuju ke City Hall. Lurus terus, di persimpangan belok kiri. Lurus terus, masuki pintu di ujung. Teruskan jalan menuju ke pintu pagar. Seekor zombie akan menerobos keluar dari mobil hijau dekat pintu pagar. Bunuh dia, dan ambil Acid Rounds atau Gun Powder B yang ada di dalam mobil.

Masuki pintu pagar. Jalan terus, akan ada gempa bumi. Lanjutkan perjalananmu menuju ke tempat Herbs berada sebelumnya. Gempa bumi kali ini akan membuatmu terjatuh. Cut-scene, Jill akan berhadapan dengan cacing raksasa (atau yang dinamakan oleh CAPCOM, Gravedigger). Tugasmu disini adalah menekan saklar darurat yang berwarna merah di dekat lubang cacing itu. Saklar darurat pertama ada di depanmu, yang satunya ada di sisi lain tempat ini (di seberang tangga darurat, di sebelah kanan). Setelah menekan kedua tombol, kamu dapat menekan tombol di dekat tangga dan menurunkan tangga. Akan sulit menekan tombol terakhir yang satu ini sehingga kamu harus menghabisi GRAVEDIGGER disini dengan senjata terkuatmu.

Kamu berada tepat di area stasiun kereta api. Panjat barikade, lalu turun ke sisi lain. Masuk melalui gerbong belakang lalu gunakan Power Cable (jika kamu belum menggunakannya sebelumnya), Mixed Oil dan juga Fuse pada mesin. Cut-scene, Carlos akan muncul dan Jill akan menjelaskan bahwa Nicholai tak akan bergabung bersama mereka. Maksud Jill disini adalah Jill mengasumsikan bahwa Nicholai sudah mati, saat di Workshop, dimana Gas Station meledak atau saat di Sales Office, dimana pasukan zombie menerobos masuk ke dalam Sales Office (meskipun mayat Nicholai tidak ditemukan dimanapun). Lalu Carlos akan memberikan Flame Rounds untuk Jill.

Lanjut ke gerbong selanjutnya. Carlos akan mengoperasikan kereta api. Namun terjadi guncangan keras setelah kereta berjalan. Lanjut ke gerbong belakang. Cut-scene, Mikhail diserang oleh NEMESIS. Kalahkanlah NEMESIS dengan senjata terkuatmu sampai saatnya dia pingsan, selanjutnya akan ada cut-scene lagi dengan Mikhail, lalu FMV dimana Mikhail akan berjuang menghadapi NEMESIS namun karena dia tidak berdaya, akhirnya Mikhail melepaskan granat bunuh diri di gerbong belakang hingga membuat NEMESIS terlempar keluar kereta. Terjadi masalah pada rem kereta api.

Multiple Choice. USE EMERGENCY BRAKE dan JUMP OUT OF THE WINDOW. Pilihan manapun yang kamu ambil sama saja, hanya berbeda pada cut-scene yang akan kamu dapat saja. Tapi jika kamu mengincar Jill’s Diary, maka kamu sebaiknya mengambil pilihan USE EMERGENCY BRAKE.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. USE EMERGENCY BRAKE
Jill akan menekan rem darurat untuk menghentikan kereta api. Kamu akan tersadar di Clock Tower Courtyard (halaman depan Clock Tower). Ada banyak burung gagak disini. Ambil Green Herbs dan Blue Herbs jika memungkinkan. Masuk ke pintu kecil di sebelah kiri. Kamu berada di ruangan dengan piano sekarang. Jalan ke kiri, masuk ke pintu, kamu berada dalam Chapel sekarang. Kamu bisa SAVE Game-mu disini dan menyimpan item yang tak kamu perlukan di dalam Item Box. Ambil Clock Tower Key di rak buku di ujung sebelah kanan (namanya akan berubah menjadi Winder Key jika kamu melakukan CHECK). Kamu juga bisa menemukan Gun Powder A dan Gun Powder B disini (ada atau tidaknya Gun Powder disini tergantung sistem, tapi jika tidak berada disini kamu akan menemukannya nanti di Living Room).

Setelah selesai, kembalilah ke ruangan sebelumnya. Pasukan zombie akan menerobos masuk melalui kaca di depan piano. Habisi mereka atau kabur saja. Lurus terus menuju ke pintu berikutnya, gunakan Winder Key pada pintu. Kamu berada di Dinning Room sekarang. Cut-scene, Jill akan bertemu kembali dengan Carlos. Jill akan menampar Carlos karena mencoba menduakannya, hahaha.. Ehem, just kidding. Jill akan menampar Carlos karena Carlos menyerah pada situasi saat ini. Selesai cut-scene belok kanan masuki pintu ganda.

Kamu berada di Main Hall dari Clock Tower sekarang. Disini, kamu bisa mengambil senjata Mine Thrower dari mayat U.B.C.S. dan file Operation Instructions. Ambil juga Clock Tower Map yang ada di meja, di dekatnya ada kotak musik yang rusak. Di sebelah kanan tangga, ada kotak musik lainnya, yang lebih halus dan memberikan nada yang benar, kamu harus mengingat nadanya untuk memudahkanmu menyelesaikan puzzle nantinya. Masuk ke pintu di sebelah kanan.

Kamu berada di Library (perpustakaan) sekarang. Bunuh semua zombie yang ada di ruangan ini. Ambil file Art Picture Post Card di meja dan Ink Ribbons di lacinya (ada atau tidaknya Ink Ribbons disini tergantung sistem, jika tidak berada disini kamu akan menemukannya di Living Room nanti). Pintu hijau di dekatmu saat ini terkunci. Lanjutkan ke kiri. Ambil Grenade Rounds di meja. Lurus terus, masuki pintu. Kamu berada di Living Room sekarang. Ambil Ink Ribbons dari mesin tik dan kamu bisa SAVE Game-mu disini (ada atau tidaknya Ink Ribbons disini tergantung sistem, jika tidak ada disini maka kamu seharusnya sudah menemukannya di Library sebelumnya). Kamu juga bisa mengambil Gun Powder A dan Gun Powder B disini (ada atau tidaknya Gun Powder disini tergantung sistem, jika tidak ada disini maka kamu seharusnya sudah menemukannya di Chapel sebelumnya). Simpan item yang tidak kamu perlukan di Item Box.

Teruskan perjalananmu menuju ke pintu selanjutnya. Kamu akan berada di Bedroom sekarang. Periksa lukisan miring di sebelah kirimu, lalu ambil Clock Tower Key (namanya akan berubah menjadi Bezel Key jika kamu melakukan CHECK). Segeralah keluar dari tempat ini melalui pintu sebelumnya, karena para zombie akan muncul dari balik api. Kembali ke pintu berikutnya menuju ke Library. Dari sini, lurus terus, kembali ke Main Hall melalui pintu di kiri. Lewati bagian JUMP OUT OF THE WINDOW lanjut ke bagian EXPLORING THE CLOCK TOWER.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
2. JUMP OUT OF THE WINDOW
Jill akan melompat keluar jendela. Kamu akan berada di Bedroom Clock Tower sekarang. Jalan terus, zombie-zombie akan keluar dari kobaran api. Periksa lukisan yang miring di sebelah kanan, lalu ambil Clock Tower Key (namanya akan berubah menjadi Bezel Key jika kamu melakukan CHECK pada kunci). Masuki pintu ke ruangan selanjutnya menuju ke Living Room. Ambil Ink Ribbons  di mesin tik dan kamu bisa SAVE Game-mu disini (ada atau tidaknya Ink Ribbons disini tergantung sistem, jika kamu tidak menemukannya disini kamu akan menemukannya di Library nantinya). Kamu juga bisa mengambil Gun Powder A dan Gun Powder B disini. Simpan item yang tak kamu perlukan di Item Box. Lanjutkan ke pintu berikutnya menuju ke Library. Cut-scene, kamu akan bertemu dengan Carlos disini. Berbeda dengan cut-scene yang satunya dimana dia akan ditampar oleh Jill, disini dia akan mengajakmu bekerja sama kembali lalu memberikanmu Freeze Rounds. Ambil Grenade Rounds di meja lalu menuju ke pintu hijau yang terkunci. Ambil Art Picture Post Card di meja dan Ink Ribbons di lacinya (ada atau tidaknya Ink Ribbons disini tergantung sistem, jika tidak berada disini maka seharusnya kamu sudah menemukannya di Living Room sebelumnya). Masuki pintu di depanmu menuju ke Main Hall dari Clock Tower. Disini, kamu bisa mengambil senjata Mine Thrower dari mayat UBCS dan file Operation Instructions. Ambil juga Clock Tower Map yang ada di meja, di dekatnya ada kotak musik yang rusak. Di sebelah kanan tangga, ada kotak musik lainnya, yang lebih halus dan memberikan nada yang benar, kamu harus mengingat nadanya untuk memudahkanmu menyelesaikan puzzle nantinya. Masuki pintu ganda di sebelah kiri Main Hall. Kamu akan tiba di Dinning Room. Zombie-zombie akan bergelatakan disini. Tembak mereka semua agar tidak mengganggu jalanmu. Masuki pintu selanjutnya menuju ke ruangan dengan piano. Lurus saja masuki pintu di depanmu menuju ke Chapel. Kamu bisa SAVE Game-mu disini dan menyimpan item yang tak diperlukan di Item Box. Ambil Clock Tower Key di rak buku di ujung sebelah kanan (namanya akan berubah menjadi Winder Key jika kamu melakukan CHECK pada kunci tersebut). Kamu juga bisa menemukan Gun Powder A dan Gun Powder B disini (ada atau tidaknya Gun Powder disini tergantung sistem, jika tidak berada disini maka seharusnya kamu  sudah menemukannya di Living Room sebelumnya).

Setelah itu kembalilah ke ruangan sebelumnya. Pasukan zombie akan menerobos masuk melalui kaca di depan piano. Habisi mereka atau kabur saja. Lurus terus menuju ke pintu berikutnya kembali ke Dinning Room. Dari Dinning Room masuki pintu ganda menuju kembali ke Main Hall.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††
---------------------------------[ EXPLORING THE CLOCK TOWER ]------------------------------
†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††

Naiklah ke atas tangga. Bunuh Giant Spiders (laba-laba raksasa) disini dengan cara menembak bom di dinding, tembak sisanya atau cukup hindari saja mereka. Hindari juga laba-laba kecil yang akan muncul dari perut Giant Spiders setelah dikalahkan, hati-hati dengan racun yang dikeluarkan oleh laba-laba raksasa ini, mereka akan menyebabkan status POISON kepadamu. Masuki pintu di ujung, kamu akan berada di Clock Tower Balcony sekarang. Menuju ke tengah, gunakan Bezel Key pada lubang kunci, lalu buang kuncinya. Naik ke atas tangga yang muncul menuju ke Gear Room. Ambil Ink Ribbons di mesin tik. Kamu bisa save Game-mu disini. Kamu juga bisa menemukan Gun Powder A disini (ada atau tidaknya Gun Powder A disini tergantung sistem) Item Box berada di sudut sebelah kanan. Ambil Silver Gear di rak. Lalu menuju ke pojok sebelah kiri untuk menemukan Music Box Puzzle disini. Ini adalah teka-teki yang cukup mudah dan sangat menarik, apalagi jika kamu sudah benar-benar mengerti nadanya, cukup menyesuaikan dengan nada yang tepat saja.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jika masih kesulitan, berikut beberapa solusi yang mungkin membantu :
1. Up, down, down, down, up, up
2. Down, up, down, up, up, down
3. Down, up, up, down, down, up
4. Down, down, up, down, down, up
5. Up, up, down, down, up, down
6. Up, down, up, down, down, down
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Setelah berhasil menyelesaikan puzzle, piringan musik akan terbuka dan kamu akan mendapatkan Chronos Chain. Gabungkan (Combine) Chronos Chain dengan Winder Key untuk menjadikannya Chronos Key. Hal yang terpenting untuk diperhatikan disini adalah, simpan item yang tidak kamu butuhkan disini. Sisakan tiga slot kosong untuk mengambil item penting nanti. Turun ke bawah, maka kamu akan berhadapan dengan Nemesis lagi. Multiple Choice. USE THE LIGHT (direkomendasikan) dan USE THE CORD.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. USE THE LIGHT
Jill akan menyorotkan lampu sorot ke wajah mengerikan Nemesis lalu mendorongnya jatuh ke bawah. Pilih ini, jika kamu ingin mempersingkat waktu. Lewati nomor 2, lanjut ke paragraf berikutnya.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
2. USE THE CORD
Jill akan memutuskan salah satu kabel dari lampu sorot dan melemparkannya ke lantai basah tempat Nemesis berpijak. Hal ini akan membuat Nemesis pingsan. Jika kamu naik ke tangga kembali ke Gear Room, maka Nemesis akan kembali bangkit saat kamu turun. Bunuh dia jika kamu masih mengincar item yang dijatuhkannya (Eagle Parts? M37 Parts? Atau First Aid Box jika kamu sudah memiliki Desert Eagle dan Western Costum Shotgun?).
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Keluar melalui pintu. Kembali ke lorong, jalan terus lalu turuni tangga kembali ke Main Hall. Masuki pintu di kiri menuju ke Library. Lurus terus, buka pintu hijau yang terkunci dengan menggunakan Chronos Key, lalu buang kuncinya. Hati-hati terhadap Giant Spiders disini. Bunuh mereka atau hindari saja (hati-hati dengan racun yang akan mereka keluarkan). Kamu bisa mengambil Grenade Rounds dari mayat yang ada di sudut ruangan. Menuju ke pintu berikutnya di ujung lorong. Periksa mayat U.B.C.S. yang memeluk seorang gadis. Ambil file Mercenary’s Pocketbook darinya. Tentara U.B.C.S. itu rupanya mati karena melindungi gadis malang tersebut. Lanjutkan menuju ke patung. Ambil Amber Ball, Obsidian Ball dan Crystal Ball dari ketiga patung. Kamu akan menemukan Clock Puzzle disini.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Puzzle ini termasuk Puzzle yang sangat menyebalkan.
Crystal Ball :
- Jika diletakkan pada jam Past maka waktu pada jam Present akan berkurang 1 jam.
- Jika diletakkan pada jam Present maka waktu pada jam Present akan bertambah 1 jam.
- Jika diletakkan pada jam Future, maka waktu pada jam Present akan bertambah 2 jam.
Obsidian Ball :
- Jika diletakkan pada jam Past maka waktu pada jam Present akan berkurang 2 jam.
- Jika diletakkan pada jam Present maka waktu pada jam Present akan bertambah 2 jam.
- Jika diletakkan pada jam Future, maka waktu pada jam Present akan bertambah 4 jam.
Amber Ball :
- Jika diletakkan pada jam Past maka waktu pada jam Present akan berkurang 3 jam.
- Jika diletakkan pada jam Present maka waktu pada jam Present akan bertambah 3 jam.
- Jika diletakkan pada jam Future, maka waktu pada jam Present akan bertambah 6 jam.

Berikut ini adalah solusi yang mungkin dapat kamu gunakan :
1. Jika waktu pada jam Present sebelum kamu memulai Puzzle adalah jam XI maka letakkan Amber Ball di Past Clock, Obsidian Ball di Present Clock dan Crystal Ball di Future Clock.
2. Jika waktu pada jam Present sebelum kamu memulai Puzzle adalah jam X maka letakkan Amber Ball di Past Clock, Crystal Ball di Present Clock dan Obsidian Ball di Future Clock.
3. Jika waktu pada jam Present sebelum kamu memulai Puzzle adalah jam VII maka letakkan Obsidian Ball di Past Clock, Crystal Ball di Present Clock dan Amber Ball di Future Clock.
4. Jika waktu pada jam Present sebelum kamu memulai Puzzle adalah jam IX maka letakkan Obsidian Ball di Past Clock, Amber Ball di Present Clock dan Crystal Ball di Future Clock.
5. Jika waktu pada jam Present sebelum kamu memulai Puzzle adalah jam V maka letakkan Crystal Ball di Past Clock, Obsidian Ball di Present Clock dan Amber Ball di Future Clock.
6. Jika waktu pada jam Present sebelum kamu memulai Puzzle adalah jam VI maka letakkan Crystal Ball di Past Clock, Amber Ball di Present Clock dan Obsidian Ball di Future Clock.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Setelah menyelesaikan puzzle, ambil Gold Gear dari jam yang terbuka, lalu gabungkan (COMBINE) dengan Silver Gear menjadi Chronos Gear. Kamu bisa mengambil Mine Thrower (M.T.) Rounds di meja sebelah kanan ruangan, ada sebuah bel raksasa yang nantinya akan didorong oleh Carlos (mustahil bagi Jill untuk mendorongnya). Lalu kembali ke pintu sebelumnya. Hindari atau bunuh laba-laba raksasa disini. Teruskan ke pintu berikutnya di ujung lorong. Di Library, kembali lagi ke Main Hall melalui pintu di kanan. Naiki tangga, hindari laba-laba raksasa disini, jika kamu belum membunuhnya. Teruskan ke pintu di ujung. Di Balcony, naiki tangga ke atas, menuju ke Gear Room. Gunakan Chronos Gear pada mesin di dekat Item Box di sebelah kanan atas. Siapkan dirimu untuk pertarungan dengan NEMESIS selanjutnya. Save gamemu bila perlu. Lonceng jam akan kembali berbunyi.

Turuni tangga. Lalu masuki pintu keluar dari Balcony. FMV, kamu akan melihat Jill membuka pintu menuju ke halaman depan Clock Tower. Jill melihat helikopter yang mendengar sinyal dari Jill dan akan menjemputnya (disini, sewaktu pertama kali bermain Resident Evil 3 Nemesis pada tahun 2001, saya mengira bahwa inilah ending permainannya, namun ternyata permainan masih terus berlanjut). Namun, naas bagi Jill dan pilot helikopternya. Nemesis meluncurkan Rocket Launchernya dan menghancurkan helikopter berkeping-keping. Yeah, it’s finally over, just like what you said, Jill.

Cut-scene, jika kamu memilih USE EMERGENCY BRAKE sebelumnya, kamu akan langsung berhadapan dengan NEMESIS. NEMESIS akan menanamkan tentakelnya ke dalam tubuh Jill. Jill kini terinfeksi. Namun, pahlawan tidak akan mati begitu saja, kamu harus tetap berhadapan dengan NEMESIS. Kamu tak akan bisa lari kemanapun disini. Kalahkan dia dengan senjata terkuatmu (Grenade Launcher Flame Rounds yang terbaik untuk melawannya).

Setelah melumpuhkannya, NEMESIS akan kabur masuk ke dalam api. Cut-scene lagi. Jill akan pingsan, lalu Carlos akan datang dan menggendong Jill (membawanya masuk ke dalam Clock Tower).

Namun, jika kamu memilih JUMP OUT OF THE WINDOW sebelumnya, Carlos akan menghadapi NEMESIS lebih dahulu, hingga NEMESIS menggunakan Rocket Launchernya untuk melumpuhkannya. Sekarang Jill akan berhadapan dengan NEMESIS, namun NEMESIS tetap akan menanamkan tentakelnya ke dalam tubuh Jill. Kamu tak akan bisa lari kemanapun disini. Kalahkan dia dengan senjata terkuatmu (Grenade Launcher Flame Rounds adalah yang terbaik untuk melawannya). Setelah melumpuhkannya, Nemesis akan kabur masuk ke dalam api. Cut-scene lagi. Jill akan pingsan, saat berusaha menghampiri Carlos. Lalu saat Carlos tersadar, dia memanggil-manggil nama Jill lalu menggendongnya (membawanya masuk ke dalam Clock Tower).
Catatan : Terus terang, status VIRUS ini sama menyebalkannya dengan status POISON, karena kita tidak akan bisa melihat kondisi sebenarnya di layar ECG entah itu FINE, CAUTION atau DANGER. Gunakanlah isyarat Jill memegang perutnya sebagai pertanda.

Cut-scene, selama dua hari Jill tak sadarkan diri, tanggal 1 Oktober 1998, Jill terbangun di sebuah Chapel dan dia tak menyangka bahwa dirinya masih hidup sampai hari itu. Selama dua hari itu, entah apa yang dilakukan oleh Carlos, namun, Leon dan Claire telah berhasil melarikan diri dari Raccoon City lebih dulu saat itu bersama dengan Sherry dengan menggunakan kereta bawah tanah milik Umbrella. Entah dari mana Carlos akhirnya mengetahui bahwa vaksin untuk menyembuhkan Jill disimpan di Raccoon City General Hospital (Rumah Sakit Umum Kota Raccoon) yang berada tak jauh dari sana.

†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††
------------------------------------[ SAVING JILL’S LIVE ]--------------------------------
†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††

Saat kamu mengontrol Carlos, kamu bisa bicara dengan Jill lagi untuk cut-scene lainnya. Dia akan meminta Carlos untuk membunuhnya apabila dia berubah menjadi zombie nantinya. Oh iya, Carlos memiliki amunisi yang terbatas dan healing item yang terbatas juga, jadi selalu irit peluru dan healing itemnya sebisa mungkin, apalagi kamu tidak dapat menggunakan item dan senjata yang dimiliki oleh Jill. Carlos hanya memiliki Knife (pisau) di dalam Item Box. Kamu juga hanya akan mengontrol Carlos kali ini saja. Keluar dari Chapel, hindari zombie yang ada disini, jalan terus sampai ke pintu selanjutnya ke Dinning Room.

Di Dinning Room, hindari sebisa mungkin para zombie yang telah menunggumu. Teruskan ke pintu ganda menuju ke Main Hall. Main Hall berantakan sekarang karena kekacauan yang dibuat oleh NEMESIS sebelumnya. Jalan terus sampai ke pintu di sebelah kanan menuju ke Library. Teruskan jalanmu memasuki pintu hijau disini. Hindari sebisa mungkin laba-laba raksasa disini. Terus jalan sampai ke pintu berikutnya di ujung lorong. Teruskan jalanmu menuju ke bagian belakang tiga patung, ada lonceng besar disini, kamu dapat mendorongnya sebagai Carlos. Masuki pintu keluar dari Clock Tower. Di jalanan, hindari zombie-zombie disini atau pancing mereka ke dekat drum merah, lalu tembak drum merah tersebut. Belok kiri menuju ke rumah sakit.

Di dalam Main Hall dari rumah sakit, teruskan jalanmu, akan ada cut-scene, Hunter Beta akan muncul untuk pertama kalinya di depanmu. Tembak mereka dengan Assault Rifle milikmu. Hati-hati dengan serangan mautnya yang dapat membunuhmu secara instan. Atau langsung kabur saja ke pintu selanjutnya di sebelah kanan.  Kamu berada di tempat save sekarang. Ambil Ink Ribbons di mesin tik agar kamu bisa SAVE Game-mu disini. Ambil juga First Aid Spray di salah satu lemari. Kalau sudah lanjut ke pintu berikutnya menuju ke Doctor’s Room. Ambil Blue Herbs di samping pintu. Ambil Doctor’s Diary dari mayat seorang dokter. Ambil juga Handgun Bullets di lemari di belakang mayat dokter itu. Ambil juga Tape Recorder di meja dan Hospital Map di dinding. Periksa tombol di samping lift lalu masukkan Tape Recorder. Lift akan kembali berfungsi. Masuk ke dalam lift lalu tekan tombol. Kamu dapat pergi ke B3F lebih dulu atau 4F lebih dulu.

Cut-scene yang akan kamu dapat di rumah sakit ini akan berbeda tergantung lantai mana yang kamu pilih lebih dulu. Jika kamu memilih B3F, kamu akan bertemu dengan Tyrell yang tertembak oleh seorang pengkhianat berambut abu-abu (Nicholai), namun jika kamu pergi ke 4F dulu, kamu akan melihat Nicholai sendiri yang akan memperkenalkan diri sebagai salah seorang Supervisor dari Umbrella. Manapun yang kamu pilih, Tyrell akan tetap mati, hanya saja dengan cara yang berbeda entah itu bunuh diri dengan granat (4F) atau terkena ledakan bom waktu (B3F). Jika kamu memilih 4F terlebih dahulu, baca bagian 4F terlebih dahulu, baru kemudian bagian B3F, lalu lanjut ke 1F. Jika kamu memilih B3F terlebih dahulu, cukup ikuti urutan walkthrough di bawah dari B3F, 4F lalu lanjut ke 1F.
Catatan : Jika kamu mengincar Jill’s Diary, sebaiknya kamu memilih untuk ke 4F terlebih dahulu.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. B3F
Tekan tombol di lift, lalupilih B3F. Ada kemungkinan pasukan zombie akan menyerangmu begitu pintu lift terbuka. Keluar dari lift, masuki pintu di ujung lorong. Teruskan jalan ke belakang rak untuk cut-scene dengan Tyrell yang sedang terluka karena tembakan, jika kamu memilih lantai B3F terlebih dahulu. Dia akan menjelaskan bahwa ada pengkhianat dalam organisasi mereka yang telah menembaknya, seseorang yang berkemauan keras dengan rambut abu-abu (Nicholai). Belum sempat bercerita banyak, saat Tyrell membuka sebuah berangkas, ada sebuah bom di dalamnya yang siap meledak hingga menewaskan Tyrell. Di sebelah kanan Tyrell, kamu bisa mengambil Green Herbs disini (ada atau tidaknya Green Herbs disini, tergantung sistem). Teruskan ke pintu di depanmu. Ambil Medium Base dari sebuah lemari dan Medical Instruction Manual di meja. Nyalakan power supply yang ada di sebelah mesin synthesizer. Lalu masukkan Medium Base ke dalam Synthesizer. Ada sebuah puzzle disini. Kamu harus menyeimbangkan meteran agar sejajar.

Berikut satu-satunya solusi untuk Synthesizer Puzzle : tekan I, III dan A.

Ambil Vaccine Medium yang kamu hasilkan dari Synthesizer. Saat kamu akan keluar dari ruangan ini, tabung yang berisi Hunter Gamma akan pecah. Langsung berlari menuju ke pintu keluar dengan menghindari serangan mereka. Masuki pintu selanjutnya, lalu terus jalan dan hindari Hunter Beta menuju kembali lift. Jika kamu memilih lantai ini terlebih dahulu, sekarang yang kamu butuhkan selanjutnya adalah menuju ke 4F untuk mendapatkan Vaccine Base. Tekan tombol menuju ke 4F. Jika kamu sudah memiliki Vaccine Base dari lantai 4F, gabungkan (COMBINE) Vaccine Base dengan Vaccine Medium untuk menjadikannya Vaccine. Jika sudah mendapatkan Vaccine, lanjutkan ke bagian 1F. Jika belum lanjut ke bagian 4F.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
2. 4F
Tekan tombol lift lalu pilih 4F. Ada kemungkinan pasukan zombie akan menyerangmu begitu pintu lift terbuka. Keluar dari lift lurus terus menuju ke pintu di ujung. Di dalam, kamu akan mendengar suara Nicholai yang hendak membunuh Tyrell. Nicholai akan menjelaskan kenyataan yang sebenarnya bahwa dia adalah salah seorang Supervisor dari Umbrella, namun belum sempat menjelaskan banyak, Tyrell menyalakan granat dan membunuh dirinya sendiri. Nicholai akan melompat keluar jendela lalu menghilang. Ambil file Photo D dan Sickroom Key di meja yang ada di bagian belakang ruangan. Tinggalkan ruangan ini menuju ke pintu selanjutnya.

Lurus terus lalu belok kanan, masuki ruangan 402. Kemungkinan ada beberapa zombie atau beberapa cacing besar penghisap darah disini. Periksa mayat dokter untuk mendapatkan sebuah nomor. Ingat-ingatlah nomor itu. Dan kamu perhatikan ada sebuah lemari yang berwarna agak jelas di sudut ruangan (kiri atas atau kiri bawah atau kanan atas atau mungkin kanan bawah). Ingat-ingatlah posisi lemari itu. Keluar dari ruangan.

Buka ruangan sebelah (403) dengan menggunakan Sickroom Key lalu buang kuncinya. Masuk ke dalam ruangan pindahkan posisi lemari ke tempat yang seharusnya yang kamu lihat di ruangan sebelumnya. Tapi, disini bedanya, kamu harus meletakkan posisinya terbalik antara sudut kiri dan kanan. Misal di ruangan sebelumnya lemari ada di sudut kiri atas, maka kamu harus meletakkannya lemari di ruangan ini pada posisi sudut kanan atas. Jika kamu salah, maka akan ada listrik yang menyetrummu. Untuk me-reset puzzle, keluar dari ruangan lalu masuk lagi.

Setelah meletakkan lemari pada posisi yang benar, maka sebuah lukisan akan terjatuh, periksa panel di balik lukisan, lalu masukkan tiga digit nomor yang kamu dapat dari mayat dokter di ruangan sebelah. Kamu akan mendapatkan Vaccine Base. Jika kamu sudah memiliki Vaccine Medium dari lantai B3F, gabungkan (combine) Vaccine Base dengan Vaccine Medium untuk menjadikannya Vaccine. Keluar dari ruangan lalu kembali ke lift. Jika kamu belum memiliki Vaccine Medium, maka kamu harus menuju ke lantai selanjutnya di bagian B3F. Jika sudah mendapatkan Vaccine, lanjut ke bagian 1F.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
3. 1F
Kembali ke lantai 1F, keluar dari lift lalu tinggalkan ruangan melalui pintu di sebelah kiri. Dari tempat save, lanjut ke pintu selanjutnya menuju ke Main Hall. Ternyata Nicholai meninggalkan sesuatu yang istimewa buatmu. Sebuah bom waktu dan kamu hanya punya waktu 20 detik untuk keluar dari rumah sakit. Segera keluar melalui pintu depan (jangan khawatir, waktunya cukup kok...). FMV, Carlos akan lari sekuat tenaga meninggalkan area tersebut hingga Dhuarr! Rumah sakit hancur berkeping-keping. Masuk ke pintu, kembali ke Clock Tower sekali lagi sekarang.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Teruskan jalanmu menuju ke pintu selanjutnya, abaikan saja zombie para wanita cantik yang sedang sibuk memakan rekannya itu. Teruskan jalan, hindari laba-laba raksasa lagi disini. Teruskan ke pintu hijau di ujung lorong. Dari Library, kembali ke Main Hall melalui pintu di kananmu. Di Main Hall, saat berjalan, kamu akan berhadapan dengan NEMESIS yang telah bermutasi kali ini, tanpa Jill. Berlarilah menuju ke pintu ganda ke Dinning Room lalu ke Piano Room. NEMESIS akan menghancurkan pintu dan mengejarmu. Di Piano Room inilah, kamu harus menghadapinya untuk melindungi Jill. Gunakan Assault Rifle (itulah mengapa, saya menyarankan kalian untuk menghemat amunisi dan Healing Item sebisa mungkin). Habiskan saja peluru yang tersisa pada Assault Riflemu (semoga kamu masih memiliki lebih dari 50% peluru yang tersisa). Setelah mengalahkannya, teruskan menuju ke pintu Chapel. Bicara dengan Jill, maka nyawa Jill akan terselamatkan oleh vaksin yang dibuat Carlos.

Cut-scene, Jill akan segera tersadar dan Carlos akan menceritakan bahwa Nicholai masih hidup dan kali ini Nicholai telah menjadi musuh mereka. Carlos lalu akan meninggalkan Jill karena ada sesuatu yang harus dia kerjakan. Kamu akan kembali mengontrol Jill sekarang. Bagaimana rasanya kembali hidup dalam mimpi buruk, Jill? (:D)

Ambil Lockpick di inventorimu. Gunakan kembali senjata terkuatmu untuk menghadapi kembali NEMESIS yang telah menunggumu di luar sana (Grenade Launcher Flame Rounds, sepertinya sangat baik, tapi kalau hanya ada Acid Rounds atau Grenade Rounds gunakan saja seadanya). Save gamemu jika perlu, lalu lanjut ke ruangan dengan piano. Disini kamu akan menghadapi NEMESIS yang telah bermutasi untuk pertama kalinya sebagai Jill. Habisi dia, lalu ambil Assault Rifle atau item lainnya yang dijatuhkannya, dan ada kemungkinan Infinite Ammo akan dijatuhkannya yang bisa kamu kombinasikan dengan senjata manapun agar amunisinya menjadi tak terbatas (hanya untuk satu senjata) dengan catatan kamu belum menukarkan point Merchanaries-mu dengan Infinite Ammo.

Lanjut ke pintu yang telah hancur sekarang ke Dinning Room. Kembali ke Main Hall melalui pintu ganda. Lurus terus ke pintu menuju ke Library. Dari Library, lanjut ke pintu hijau. Teruskan menuju ke ruangan dengan Clock Puzzle. Teruskan menuju ke bagian belakang ruangan, dimana jalan yang terhalang bel raksasa sebelumnya sudah dibuka oleh Carlos. Masuki pintu.

Lurus terus, berlari menjauh dari zombie, tembak drum yang ada disini saat zombie-zombie jelek berada di dekatnya untuk membunuh mereka semua. Buka pintu Security Room yang ada di dekatmu (tepat di seberang tempatmu datang) dengan menggunakan Lockpick. Ruang save. Ambil Ink Ribbons dari mesin tik. Ambil juga Grenade Rounds di lemari, Park Key di dinding, Photo E dan Grenade Rounds lainnya di meja (ada atau tidaknya Grenade Rounds disini tergantung sistem). Keluar dari ruangan. Ke sebelah kiri, naiki tangga. Buka gerbang dengan Park Key (namanya akan berubah menjadi Main Gate Key jika kamu melakukan CHECK pada kunci) lalu buang kunci.

†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††
-------------------------------------[ RACCOON PARK ]----------------------------------
†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††

Kamu ada di Raccoon Park Main Area sekarang.  Bunuh Hunter Beta atau zombie-zombie yang ada di area ini, abaikan saja zombie yang ada di atas atau hindari cacing besar jika mereka yang muncul. Ambil jalan ke kanan, lalu turuni tangga di sebelah kanan. Jalan terus, tembak zombie-zombie yang menghalangi jalanmu. Masuki pagar, lalu lanjut ke area berikutnya. Akan ada Hunter Beta atau anjing-anjing gila disini. Bunuh mereka lalu lanjut. Di persimpangan, periksa mayat untuk mendapatkan Park Key (namanya akan berubah menjadi Graveyard Key jika kamu melakukan CHECK pada kunci) dan file Written Order. Lanjutkan ke ujung, periksa mayat untuk mengambil Magnum Rounds. Gerbang disini terkunci, jadi kembalilah ke jalan sebelumnya, masuki pintu pagar. Seberangi jembatan, naiki tangga. Kembali ke Main Area, lurus terus sampai bertemu pintu pagar dengan gambar air mancur di sampingnya. Masuki pintu pagar. Lurus terus untuk mengambil Green Herbs dan Blue Herbs disini. Ambil juga Park Map di papan lalu ke sebelah kiri untuk menemukan Fountain Puzzle.

Sebenarnya, ini adalah puzzle yang cukup menipu kamu, bisa dibilang. Kamu lihat gambar di samping puzzle kan? Itu hanya untuk menyalakan air mancur. Jika kamu ingin menyalakan semua bagian air mancur, pilih gambar yang paling bawah, namun bukan itu tujuanmu sebenarnya. Turun ke air, jalan terus ke ujung, kamu akan melihat gambar disana (itulah tujuanmu sebenarnya, untuk membuka penutup disana dan menguras air). Kembali naik, lalu selesaikan fountain puzzle, jika masih kebingungan, berikut langkah-langkah menyelesaikan puzzlenya :
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Keterangan :    O = Kosong
                        H = Hitam
                        P = Putih
1. Bentuk asal puzzle :
            O         P          P
                  H         H
2. Langkah berikutnya, geser gear hitam ke atas :
            H         P          P
                  O         H
3. Lalu turunkan gear putih ke bawah :
            H         O         P
                  P         H
4. Naikkan gear hitam ke atas :
            H         H         P
                  P         O
5. Turunkan gear putih ke bawah :
            H         H         O
                  P         P
6. Geser gear hitam ke kanan :
            H         O         H
                  P         P
7. Geser gear hitam satu lagi ke kanan :
            O         H         H
                  P         P
8. Lalu tekan START, maka air akan terkuras dan penutup akan terbuka.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Turun ke bawah, ke ujung lalu turuni tangga yang terbuka. Berhati-hatilah dengan cacing besar yang akan menyerangmu. Kabur saja, karena mereka tidak akan ada habisnya. Jalan terus lalu ke sebelah kanan, naik ke atas, lurus lalu naiki tangga di sebelah kanan.

Sekarang kamu berada di Graveyard (kuburan). Hiii, seremmm......
Jalan terus, maka akan ada zombie yang bangkit dari dalam tanah. Jalan ke kiri lalu belok kiri lagi untuk mengambil Red Herbs disini jika memungkinkan, namun akan membangkitkan dua zombie disini (kamu tidak akan bisa mengambilnya lagi nanti). Kembali ke jalan sebelumnya lalu belok kiri menuju ke pintu kabin. Di dalam kabin, ambil Iron Pipe di lemari alat. Kamu juga bisa mengambil Gun Powder A dan Gun Powder B disini. Ambil juga Grenade Rounds. Lalu masuki pintu di sisi sebalah kanan ruangan ini menuju ke tempat save. Keluarkan Lighter dari Item Box. Ambil Ink Ribbons dari mesin tik. Lalu keluar dari ruangan, menuju ke perapian di kabin. Gunakan Lighter untuk membakar kayu di perapian, buang Lighter lalu gunakan Iron Pipe untuk menghancurkan dinding perapian.

Kamu akan berada di Supervisor’s Room. Ambil file Fax From Headquarters di meja dan file Supervisor’s Report di papan tulis. Ambil juga Park Key (namanya akan berubah menjadi Rear Gate Key jika kamu melakukan CHECK pada kunci) dan Grenade Rounds disini (ada atau tidaknya Grenade Rounds disini tergantung sistem). Kembali ke perapian, namun sebelum itu, kamu akan mendengar suara dari alat transmitter yang menyuruh para Supervisor segera kembali (ke markas mungkin?). Saat kamu kembali melalui perapian, akan ada cut-scene. Nicholai akan berbicara dengan Jill, lalu terjadilah gempa bumi, dan Nicholai akan meninggalkanmu.

Persiapkan healing item dan senjata terkuatmu (Grenade Launcher Flame Rounds, sekali lagi akan berguna). Jika kamu kekurangan dalam amunisi untuk Grenade Launcher, kamu dapat membuatnya dengan Gun Powder yang kamu miliki lalu mengkombinasikannya dengan Grenade Rounds. Gun Powder A, AA atau AAA untuk membuat Flame Rounds, Gun Powder B, BB atau BBB untuk membuat Acid Rounds, Gun Powder C, CC, dan CCC untuk membuat Freeze Rounds jika dikombinasikan dengan langsung Grenade Rounds. Atau buat secara manual dengan menggunakan Reloading Tools (Gun Powder AC untuk membuat Flame Rounds, Gun Powder BC untuk membuat Acid Rounds dan Gun Powder CC untuk membuat Freeze Rounds).

Keluar dari kabin ini, menuju kembali ke kuburan. Di tengah jalanmu kembali, akan ada FMV, dimana Graveyard runtuh dan cacing raksasa (GRAVEDIGGER) lainnya akan muncul. Tembak Gravedigger disini sampai dia masuk ke dalam tanah. Teruslah menghindari serangan Gravedigger dan tunggulah sampai sebuah cut-scene muncul, lalu jalan terus sampai menuju ke tempat dengan genangan air, lalu tembak kedua lampu jalan yang berada disana. Jika kamu ingin menghemat amunisi, kamu dapat memancingnya kesana, namun hati-hati, karena setelah lampu jalan terjatuh, akan ada aliran listrik yang akan menyetrummu juga. Jadi lebih aman, jika kamu melumpuhkannya dengan senjata terkuatmu. Jika berhasil mengalahkannya, sebuah pagar akan terjatuh dan membuka jalan.

Kamu akan berada di bawah tangga (tempat yang sama dengan tempat kamu datang ke kuburan itu). Abaikan saja cacing besar disini. Lurus terus, turun ke air, hindari laba-laba raksasa disini, lalu naiki tangga di ujung sebelah kanan. Kamu akan kembali ke air mancur.  Naik ke atas, lalu tinggalkan tempat ini melalui pintu pagar. Di Main Area, seberangi area menuju ke sebelah kanan (lurus saja), lalu turuni tangga ke area selanjutnya. Di jembatan ini, berhati-hatilah dengan Hunter Gamma yang akan melompat keluar dari air, habisi atau tinggalkan saja mereka menuju ke pintu pagar selanjutnya. Akan ada Hunter Beta lagi disini. Habisi mereka atau pancing saja mereka ke dekat mayat agar kamu bisa meledakkan mereka dengan drum merah disana. Lanjut terus ke ujung, buka pagar yang terkunci dengan menggunakan Park Key (Rear Gate Key). Kamu akan tiba di sebuah jembatan gantung. Akan ada cut-scene, NEMESIS akan menghalangi jalanmu.

Multiple Choice. Pilihanmu disini akan menentukan Ending yang akan kamu dapat nantinya. PUSH HIM OFF dan JUMP OFF. Jika kamu memilih PUSH HIM OFF, lanjutkan walkthrough ke nomor 1 atau jika kamu memilih Jump Off lewati nomor 1 dan lanjut ke bagian nomor 2 JUMP OFF.
Catatan : Jika kamu mengincar Jill’s Diary, maka kamu sebaiknya memilih PUSH HIM OFF.

†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††
-------------------------------------[ THE DEAD FACTORY ]-----------------------------
†††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††††

----------------------------------------------------------------------------------------------------------
1.  PUSH HIM OFF
Jill akan mendorong Nemesis jatuh ke bawah. Lanjutkan jalanmu menuju ke pintu ganda, masuk ke dalam Dead Factory. Jalan lurus, lalu ke kiri terus ke kanan menuju ke pintu di ujung. Tempat save, kamu bisa SAVE Game-mu disini. Ambil First Aid Spray di meja bagian belakang ruangan dan Facility Key dari lemari. Kamu juga bisa menemukan Gun Powder A dan Gun Powder B disini (ada atau tidaknya Gun Powder disini tergantung sistem). Ambil juga file Manager’s Diary di meja. Cut-scene. Lanjut ke pintu selanjutnya menuju ke Pump Room. Ada puzzle yang harus kamu selesaikan disini.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------
Berikut adalah solusinya :
A, B, C, A, D, E, A, C, tekan tombol kontrol panel, B, A.
Note : A dimulai bagian bawah ruangan yang bisa kamu tekan pertama kali, B, C dan D adalah tombol selanjutnya, E adalah tombol di sisi lainnya.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Keluar dari ruangan, kembali ke pintu sebelumnya menuju kembali ke lorong. Lurus lalu buka pintu yang ada di sebelah kiri dengan menggunakan Facility Key. Bunuh zombie-zombie yang ada disini, ambil System Disc. Lalu ke bawah masuk ke lift menuju ke bawah. Keluar dari lift, lanjutkan jalan. Bunuh zombie-zombie atau Drain Deimos yang ada disini. Turuni tangga, ke kiri lalu masuki pintu. Terus jalan, turun ke bawah, ke kanan, lalu naik ke jalan yang ada di sebelah kiri. Masuki pintu. Tempat save lainnya. Ambil Water Sample di dinding sebelah kanan dan file Security Manual di meja lalu lanjutkan jalan ke pintu selanjutnya. Turuni tangga, lurus sampai bertemu panel. Gunakan Water Sample pada panel. Kamu akan menemukan puzzle tersulit yang pernah ada dalam game disini. Cukup sulit, apalagi jika kamu tak mengerti puzzle susunan balok.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------
Puzzle ini sangatlah menyebalkan bagi sebagian besar pemain terutama yang memiliki tingkat kesabaran rendah, tidak mudah tenang dan malas berpikir. Sebenarnya puzzle ini tidak sesulit yang kamu bayangkan, kamu cukup memperhatikan layar dan jumlah balok yang harus bertumpuk, jika kosong, maka tidak boleh ada balok yang mengisi tempatnya.
Berikut solusi yang mudah-mudahan salah satunya dapat kamu gunakan :
1. A Right 4x, B Right 2x, C Left 2x
2. A Right 2x, B Right 2x, C Left 5x
3. A Left 1x, B Left 2x, C Right 2x
4. A Left 3x, B Right 1x, C Right 2x
5. A Right 1x, B Right 3x, C Left 4x
6. A Right 1x, B Right 1x, C Left 2x
7. A Left 2x, B Left 3x, C Right 3x
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Setelah selesai, maka pintu yang sebelumnya terkunci akan terbuka (sebelumnya kamu juga harus sudah menyelesaikan puzzle di Pump Room). Setelah selesai, gunakan Facility Key pada sebuah alat pembaca kartu di sebelah kanan panel water sample puzzle untuk menjadikannya Facility Key dengan kode yang berbeda.

Keluar dari ruangan melalui pintu sebelumnya, kembali ke tempat save. SAVE Game-mu bila perlu. Pastikan kamu masih membawa System Disc dan Facility Key. Kembali ke pintu berikutnya. Turun ke bawah ke kanan, lurus terus lalu naik ke jalan sebelah kiri. Masuki pintu. Lurus, ke kanan, naiki tangga. Bunuh Drain Deimos atau zombie-zombie yang muncul disini. Ke kanan lalu ambil dua Shotgun Shells di trolley jika kamu menginginkannya lalu kembali ke kiri lalu kanan, lurus masuk ke dalam lift, naik ke atas. Keluar dari lift, ke kiri. Lalu masuki pintu yang sudah terbuka sekarang. Lurus terus untuk cut-scene, dimana Nicholai akan menembaki Jill namun setelah berbicara panjang dengan Nicholai, Jill akan menemukan Nicholai yang telah mati di atas platform. POOR NICHOLAI... Lanjutkan menuju ke sebuah panel di samping pintu. Gunakan System Disc disana. Masuk ke dalam.

Hitungan mundur akan dimulai dan kamu akan menghadapi Nemesis lagi disini. Kamu dapat menembak pipa agar memuntahkan cairan beracun pada Nemesis atau menghadapinya saja langsung dengan senjata terkuatmu (sekali lagi, Grenade Launcher Flame Rounds akan sangat berguna disini). Setelah berhasil mengalahkannya, ambil Card Key yang jatuh dari tubuh mayat, lalu gunakan pada pembaca kartu di samping pintu untuk membuka pintu keluar dari sini. FMV. Cut-scene, pengumuman bahwa adanya missile attack telah dikonfirmasi.

Jika kamu telah memiliki Facility Key yang telah berubah kode dan juga Card Key kamu bisa mendapatkan Rocket Launcher sekarang. Jadi segeralah keluar dari ruangan melalui pintu di ujung. Bunuh zombie-zombie yang berkeliaran disini. Lanjutkan menuju ke pintu berikutnya di ujung sebelah kanan. Ke kanan lalu masuki pintu di sebelah kiri menuju ke tempat save. Lanjut ke pintu menuju ke Pump Room. Gunakan Card Key pada panel di samping lift untuk menghidupkan kembali lift. Turun ke bawah. Jalan terus, ambil Grenade Rounds yang ada disini, lanjut ke sebuah lemari penyimpanan. Gunakan Facility Key disana, maka lemari akan terbuka. Dan akhirnya kamu mendapatkan ROCKET LAUNCHER dengan empat peluru roket di dalamnya d(^_^)b

Kembali naik ke atas dengan menggunakan lift. Keluar dari Pump Room menuju ke tempat save. Save Game-mu dan persiapkan dirimu dengan Healing Items dan senjata terkuatmu karena kamu akan menghadapi Boss terakhir sebentar lagi. Keluar dari ruangan menuju kembali lorong. Ke kanan. Lurus terus lalu ke kiri, gunakan Card Key pada sebuah pembaca kartu di samping shutter, lalu buang kartunya. Bunuh zombie-zombie di depanmu. Ambil Green Herbs lalu lanjut ke pintu berikutnya. Kamu bisa menemukan Magnum Bullets di lemari dekat pintu dan First Aid Spray di rak yang ada di samping tangga darurat. Cut-scene, Carlos akan menghubungi Jill melalui transmisi radio. Ambil Missile Detector lanjut turun ke bawah tangga darurat. Ambil file Incinerator Manual dari dinding. Bunuh zombie-zombie yang berani menghalangi jalan Jill. Keluar melalui pintu berikutnya. Ambil file Rail Cannon Photo.
Catatan : Di titik inilah Jill’s Diary akan muncul dalam koleksi FILE-mu dan menggantikan GAME MANUAL A jika kamu mengikuti aturan mainnya dengan benar (namun setelah game berakhir, FILE akan otomatis hilang jadi kamu hanya dapat membacanya saat-saat itu juga).

Jalan terus menuju ke pintu lainnya. Kamu akan berada di ruangan dengan Rail Cannon di dalamnya. Di sebelah kiri pintu, kamu akan melihat mayat Tyrant (entah siapa yang telah berhasil mengalahkannya disini, masih menjadi misteri). Jalan terus menuju ke battery no. 3 di ujung ruangan lalu nyalakan kontrol sistem. Sekarang pergi ke sisi lain dari ruangan dan temukan battery no. 1, dorong ke dalam. Cut-scene, Mutated Nemesis akan muncul dan memakan mayat Tyrant. Gunakan Rocket Launcher sebagai senjatamu. Lalu tembak dia beberapa kali. Temukan battery no. 2 lalu di dekat sebuah pintu, bagian atas ruangan dorong ke dalam. Terakhir menuju ke battery no. 3 dekat kontrol sistem lalu dorong ke dalam. Rail Cannon akan mengisi energi. Pancinglah dia menuju ke jangkauan Rail Cannon. Dekat pintu dengan lampu merah di atasnya adalah posisi yang paling pas. Dua kali tembakan Rail Cannon akan dapat menghancurkannya. Lanjut ke pintu terakhir di dekat battery no. 2. NEMESIS ternyata masih hidup dan mencoba bergerak. Multiple Choice. EXTERMINATE THE MONSTER dan IGNORE IT AND LEAVE.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
A. EXTERMINATE THE MONSTER
Jill akan mengambil senjata Magnum yang ada di lantai dari seorang prajurit yang telah mati dab menembaki Nemesis dengan penuh dendam. “You want STARS?? I will give you a STARS”.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
B. IGNORE IT AND LEAVE
Jill akan meninggalkan Nemesis dan keluar dari ruangan. Membiarkannya hancur bersamaan dengan jatuhnya bom nuklir ke kota Raccoon.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Keluar dari ruangan. Cut-scene, Carlos telah menunggu kedatanganmu. FMV, well.... saksikan Ending A dimana dalam ending ini Carlos-lah yang akan mengendalikan helikopternya dan telah menunggu kedatangan Jill. :)
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

2. JUMP OFF
Jill akan melompat ke bawah daripada menghadapi Nemesis. Jika kamu memilih ini, maka kamu bisa memilih dua ending yang berbeda. Berbeda dengan pilihan pertama, kali ini kamu harus naik ke atas bukan turun ke bawah. Kamu akan berada di dekat air terjun. Panjat air terjun. Panjat jalan di sebelah kananmu, masuki pintu yang ada disana.Kamu akan ada di tempat save. Ambil Water Sample di dinding sebelah kanan dan ambil file Security Manual di meja lalu lanjutkan jalan ke pintu selanjutnya. Turuni tangga, lurus sampai bertemu panel. Gunakan Water Sample pada panel. Kamu akan menemukan puzzle tersulit yang pernah ada dalam game disini. Cukup sulit, apalagi jika kamu tak mengerti puzzle susunan balok.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Berikut solusi yang mudah-mudahan salah satunya dapat kamu gunakan :
1. A Right 4x, B Right 2x, C Left 2x
2. A Right 2x, B Right 2x, C Left 5x
3. A Left 1x, B Left 2x, C Right 2x
4. A Left 3x, B Right 1x, C Right 2x
5. A Right 1x, B Right 3x, C Left 4x
6. A Right 1x, B Right 1x, C Left 2x
7. A Left 2x, B Left 3x, C Right 3x
Sebenarnya puzzle ini tidak sesulit yang kamu bayangkan, kamu cukup memperhatikan layar dan jumlah balok yang harus bertumpuk, jika kosong, maka tidak boleh ada balok yang mengisi tempat tersebut.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Setelah selesai keluar dari ruangan menuju ke tempat save. Kembali ke jalan sebelumnya melalui pintu lainnya. Turuni jalan, lalu ke kanan, jalan terus. Akan ada cut-scene disini, Carlos akan menyelamatkan Jill pada saat yang tepat. Namun, Carlos lagi-lagi akan meninggalkan Jill. Terus jalan, panjat jalan yang ada di sebelah kiri. Masuki pintu di ujung. Lurus terus, ke kanan, naiki tangga, ke kanan lagi. Akan ada Hunters atau Drain Deimos disini (tergantung pilihan jalanmu saat di rumah sakit). Gunakan Grenade Launcher Flame Rounds untuk menghabisi mereka. Ambil dua Shotgun Shells disini. Kembali lalu ke kanan, lurus terus ke ujung, masuki lift, naik ke atas. Ke kanan lalu lurus terus. Bunuh zombie-zombie yang ada disini. Ambil System Disc, lalu masuki pintu di ujung sebelah kanan. Akan ada Drain Deimos disini, bunuh mereka. Ke sebelah kanan, lalu masuki pintu di ujung kiri. Tempat save lainnya. Kamu dapat SAVE Game-mu disini. Ambil First Aid Spray di meja bagian belakang ruangan dan Facility Key dari lemari. Kamu bisa menemukan Gun Powder A dan Gun Powder B disini (ada atau tidaknya Gun Powder disini tergantung sistem). Ambil juga file Manager’s Diary di meja. Cut-scene. Lanjut ke pintu selanjutnya menuju ke Pump Room. Ada puzzle yang harus kamu selesaikan disini.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Berikut adalah solusinya :
A, B, C, A, D, E, A, C, tekan tombol kontrol panel, B, A.
Note : A dimulai bagian bawah ruangan yang bisa kamu tekan pertama kali, B, C dan D adalah tombol selanjutnya, E adalah tombol di sisi lainnya.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Setelah menyelesaikan puzzle, pintu yang tadinya terkunci akan terbuka (kamu sudah harus menyelesaikan puzzle water sample sebelumnya). Keluar dari ruangan, kembali ke pintu sebelumnya menuju kembali ke lorong. Lurus lalu kembali ke pintu di sebelah kiri. Ke kanan. Lurus terus menuju ke lift. Kamu dapat langsung menuju ke pintu di sebelah kanan lift, jika kamu ingin menghilangkan kesempatan mendapatkan Rocket Launcher.

Masuki lift, turun ke bawah. Jalan terus, turuni tangga, ke kiri lalu masuki pintu. Terus jalan, turun ke bawah, ke kanan, lalu naik ke jalan yang ada di sebelah kiri. Masuki pintu. Dari tempat save terus ke pintu menuju ke ruangan selanjutnya. Turuni tangga, jalan terus menuju ke konsol water sample puzzle. Gunakan Facility Key pada sebuah alat pembaca kartu di sebelah kanan panel water sample puzzle untuk menjadikannya Facility Key dengan kode yang berbeda. Keluar dari ruangan melalui pintu sebelumnya, kembali ke tempat save. SAVE Game-mu bila perlu.

Pastikan kamu masih membawa System Disc dan Facility Key. Kembali ke pintu berikutnya. Turun ke bawah ke kanan, lurus terus lalu naik ke jalan sebelah kiri. Masuki pintu. Lurus, ke kanan, naiki tangga. Bunuh Drain Deimos atau zombie-zombie yang muncul disini. Jalan lurus, masuk ke dalam lift, naik ke atas. Keluar dari lift, ke kiri. Lalu masuki pintu yang sudah terbuka sekarang. Lurus terus lalu belok kanan. Gunakan System Disc pada sebuah panel di samping pintu. Masuk ke dalam.

Hitungan mundur akan dimulai dan kamu akan menghadapi NEMESIS lagi disini. Kamu dapat menembak pipa agar memuntahkan cairan beracun pada Nemesis atau menghadapinya saja langsung dengan senjata terkuatmu (sekali lagi, Grenade Launcher Flame Rounds akan sangat berguna disini). Setelah berhasil mengalahkannya, ambil Card Key yang jatuh dari tubuh mayat, lalu gunakan pada pembaca kartu di samping pintu untuk membuka pintu keluar dari sini. FMV. Cut-scene, pengumuman bahwa adanya missile attack telah dikonfirmasi.

Jika kamu telah memiliki Facility Key yang telah berubah kode dan juga Card Key kamu bisa mendapatkan Rocket Launcher sekarang. Jadi segeralah keluar dari ruangan melalui pintu di ujung. Bunuh zombie-zombie yang berkeliaran disini. Lanjutkan menuju ke pintu berikutnya di ujung sebelah kanan. Ke kanan lalu masuki pintu di sebelah kiri menuju ke tempat save. Lanjut ke pintu menuju ke Pump Room. Gunakan Card Key pada panel di samping lift untuk menghidupkan kembali lift. Turun ke bawah. Jalan terus, ambil Grenade Rounds yang ada disini, lanjut ke sebuah lemari penyimpanan. Gunakan Facility Key disana, maka lemari akan terbuka. Dan akhirnya kamu mendapatkan ROCKET LAUNCHER dengan empat peluru roket di dalamnya d^_^b

Kembali naik ke atas dengan menggunakan lift. Keluar dari Pump Room menuju ke tempat save. Save Game-mu dan persiapkan dirimu dengan Healing Items dan senjata terkuatmu karena kamu akan menghadapi Boss terakhir sebentar lagi. Keluar dari ruangan menuju kembali lorong. Ke kanan. Lurus terus lalu ke kiri, gunakan Card Key pada sebuah pembaca kartu di samping shutter, lalu buang kartunya. Bunuh zombie-zombie di depanmu. Ambil Green Herbs lalu lanjut ke pintu berikutnya. Cut-scene. Ambil Missile Detector. Cut-scene, Nicholai akan menembaki Jill dari helikopter. Multiple Choice. NEGOTIATE WITH NICHOLAI dan RETURN FIRE TO THE CHOPPER.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
A. NEGOTIATE WITH NICHOLAI
Jika kamu memilih ini, Jill akan bernegosiasi dengan Nicholai, yang mana merupakan ending Original, dimana Nicholai akan melarikan diri dan meninggalkan Jill berharap agar Jill mati bersama dengan serangan misil yang akan menghancurkan kota Raccoon.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
B. RETURN FIRE TO THE CHOPPER
Jill adalah wanita yang kuat, jadi dia tidak akan kalah pada Nicholai. Kamu dapat menembaki helikopter Nicholai hingga helikopter terjatuh tapi berhati-hatilah pada tembakan dari helikopter Nicholai yang akan melukaimu. Untuk lebih cepatnya, beri dia satu tembakan tepat sasaran dari ROCKET LAUNCHER untuk menjatuhkan helikopternya dan menggagalkan usahanya melarikan diri.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cut-scene dengan Carlos. Carlos akan terus mencoba mencari kontak melalui radio. Kamu bisa menemukan Magnum Bullets di lemari dekat pintu dan First Aid Spray di rak yang ada di samping tangga darurat. Jika kamu keluar melalui pintu awal dimana kamu masuk, lalu masuk kembali ke ruangan ini, maka kamu akan melihat cut-scene dimana Carlos menerima transmisi dan hal ini akan mengubah cut-scene ending yang akan kamu dapatkan di akhir nanti. Namun, jika kamu tidak keluar dari ruangan dan tetap berada di ruangan (dengan memeriksa tangga darurat), kamu akan mendapat cut-scene yang berbeda di ruangan ini.

Apapun yang terjadi, serangan misil akan tetap diluncurkan. Setelah Carlos pergi mencari bantuan, turunlah melalui tangga darurat. Ambil file Incinerator Manual dari dinding. Bunuh zombie-zombie yang berani menghalangi jalan Jill. Keluar melalui pintu berikutnya. Ambil file Rail Cannon Photo.
Catatan : Di titik inilah Jill’s Diary akan muncul dalam koleksi FILE-mu dan menggantikan Game Manual A jika kamu mengikuti aturan mainnya dengan benar (namun setelah game berakhir, FILE akan otomatis hilang jadi kamu hanya dapat membacanya saat-saat itu juga).

Jalan terus menuju ke pintu lainnya. Kamu akan berada di ruangan dengan Rail Cannon di dalamnya. Di sebelah kiri pintu, kamu akan melihat mayat Tyrant (entah siapa yang telah berhasil mengalahkannya disini, masih menjadi misteri). Jalan terus menuju ke battery no. 3 di ujung ruangan lalu nyalakan kontrol sistem. Sekarang pergi ke sisi lain dari ruangan dan temukan battery no. 1, dorong ke dalam. Cut-scene, MUTATED NEMESIS akan muncul dan memakan mayat Tyrant. Gunakan Rocket  Launcher sebagai senjatamu. Lalu tembak dia beberapa kali. Temukan battery no. 2 lalu di dekat sebuah pintu, bagian atas ruangan dorong ke dalam. Terakhir menuju ke battery no. 3 dekat kontrol sistem lalu dorong ke dalam. Rail Cannon akan mengisi energi. Pancinglah dia menuju ke jangkauan Rail Cannon. Dua kali tembakan Rail Cannon akan dapat menghancurkannya. Dekat pintu dengan lampu merah di atasnya adalah posisi yang paling pas. Lanjut ke pintu terakhir di dekat battery no. 2. Nemesis ternyata masih hidup dan mencoba bergerak. Multiple Choice. EXTERMINATE THE MONSTER dan IGNORE IT AND LEAVE.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
A. EXTERMINATE THE MONSTER
Jill akan mengambil senjata Magnum yang ada di lantai dari seorang prajurit yang telah mati dab menembaki NEMESIS dengan penuh dendam. “You want STARS?? I will give you a STARS”.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
B. IGNORE IT AND LEAVE
Jill akan meninggalkan NEMESIS dan keluar dari ruangan. Membiarkannya hancur bersamaan dengan jatuhnya bom nuklir ke kota Raccoon.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Keluar dari ruangan. Cut-scene yang kamu dapat disini tergantung atas apa yang kamu lakukan di Radio Room, Carlos telah menunggu kedatanganmu. FMV, well... saksikan Ending B dimana Barry ternyata kembali ke Raccoon City dengan helikopter untuk mencari Jill dan menyelamatkannya. :)
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Udah tamat game-nya?? Selamat yah ! :D
Jika kamu menamatkan berhasil game, maka kamu akan mendapatkan mode ekstra THE MERCHANERIES MODE, Boutique Key dan Epilogue.

I. EPILOGUE
Epilogue berisi tentang apa yang dilakukan para tokoh original Resident Evil setelah insiden yang terjadi di kota Raccoon. Epilogue dari Jill, Chris, Ada, Barry, Sherry, Leon, Claire dan Hunk. Cerita bagaimana Ada Wong yang kita kira sudah mati saat fasilitas Umbrella meledak dan ternyata masih hidup dan selamat, ada pada game Resident Evil Umbrella Chronicles tentang bagaimana Ada melarikan diri dari kota Raccoon bersama dengan sampel virus-G, dimana dia bekerjasama dengan Wesker hingga dia muncul kembali di Resident Evil 4 dan bertemu kembali dengan Leon. Begitu pula dengan cerita Hunk sebagai survivor keempat yang berhasil melarikan diri dari kota Raccoon dengan membawa sampel virus-G terdapat pada Resident Evil Umbrella Chronicles. Cara membuka semua epilog lengkap, tamatkan game sebanyak 8x.

1. Jill Valentine : After escaping the city, Jill set out to join Chris Redfield. However, all she found was an empty hideout of Chris’s. On the floor was Chris’s knife. Jill left without hesitation because she firmly believes that Chris is still alive.  She will search for him until she finds him. Then they can go and put an end to Umbrella...

2. Chris Redfield : “Please forgive me Claire.” Chris Redfield has just finished this letter with his signature phrase. As he removes his sunglasses, a lady walks by him with light steps.  “She looks about the same age as Claire,” he thinks.  A short time later, Chris discovered that his sister was looking for him, but was caught...

3. Barry Burton: Barry Burton looks at his young daughters and says, “I'm sorry but my comrades are waiting for me.”  He knows that he must repay his teammates for forgiving his betrayal. Even if that means leaving his family for now. His wife tries to hide her fear so she smiles and says, “Don't worry.  We'll be OK...”

4. Leon S. Kennedy: Leon Scott Kennedy is confronted with a man who claims to be a US government agent. Leon says, “Leave Sherry alone. She is innocent.” “She knows too much,” the man replies. He looks at Leon and says, “But you have value. This is a good deal. Make your choice.” Without regret or hesitation, Leon closes his eyes and then sharply responds...

5. Claire Redfield: “Leave us alone.” Claire Redfield couldn't believe Leon’s words. Leon continued, “You're looking for your brother, right? Just go!” Claire knew that Leon and Sherry needed immediate medical attention, but she could not waste anymore time. “I... I’ll be back.  I promise!” She said as she disappeared into the wilderness alone...

6. Sherry Birkin: “Do you have any relatives?” When the army officer asked her, Sherry Birkin did not respond for she has no immediate relatives. Her father and mother died because of the G-virus. And so, this little girl holds herself with her arms and bites her lip tight. She thinks, “I'm sure she will come back. She won't forget about me...”

7. Ada Wong: A woman looks at herself in the mirror. She used be called Ada Wong. But this morning she will say good-bye to the name. “I'm not Ada Wong anymore.” She feels her ab and thinks, “This is Ada's scar, not mine.” And as she says good-bye to Ada Wong, she can't stop her tears. However, there isn't much time left before her next mission...

8. Hunk: “Once again, only you survived, Mr. Death,” the chopper pilot speaks with a cold bitterness. “Always, only you survive, Mr. Death,” the pilot continues. But Hunk does not respond to the pilot. He doesn't care. “The Death cannot die...” the survivor thinks to himself with a warm smile...

J. BOUTIQUE KEY & EXTRA COSTUMES
Boutique Key digunakan untuk membuka pintu menuju toko butik yang ada di alun-alun kota (Uptown), masih ingat kan tempatnya? Oh iya, awalnya kamu hanya bisa mencoba beberapa kostum saja, kostum lainnya akan kamu dapatkan setelah menamatkan permainan dengan ranking yang lebih baik. Tersedia kostum Night-Time, kostum Regina Dino Crisis, kostum RPD standar, kostum RPD dengan rok mini dan kostum Jazz (ada lima kostum). Dan yang menjadi favorit saya adalah seragam RPD dengan rok pendek. Untuk membuka kelima kostum yang ada, kamu harus menyelesaikan game dengan ranking S. Jika ranking A, kamu hanya akan mendapat empat kostum, ranking B hanya 3 kostum sisanya hanya akan mendapatkan 2 kostum saja.

K. MERCENARIES MODE
The Merchaneries Mode adalah mode dimana kita diperbolehkan memilih Carlos, Mikhail atau Nicholai sebagai survivor dan kita ditugaskan untuk kembali ke Warehouse’s Office dan menemui seseorang disana, sebelum waktu habis. Di tengah perjalanan, akan ada para penduduk yang harus kita selamatkan dan musuh yang harus kita kalahkan untuk menambah bonus waktu.

Karakter :
1. Mikhail Victor
Mikhail merupakan karakter dengan tingkat kesulitan paling mudah jika dibandingkan dengan karakter lainnya sehingga menggunakannya dapat memudahkanmu untuk mendapatkan Point. Kekurangan yang dia miliki adalah kemampuan menghindari serangannya yang kurang baik. Perlengkapan yang dimilikinya saat memulai permainan adalah Shotgun, Magnum, Rocket Launcher disertai dengan Shotgun Shells, Magnum Bullets dan Mixed Herbs.

2. Carlos Oliveira
Bisa dibilang Carlos memiliki tingkat kesulitan menengah dengan kemampuan menghindari serangan yang baik, namun perlengkapan yang dimilikinya sayangnya tidaklah cukup baik. Kamu bisa menggunakan Carlos untuk menghadapi zombie dan Hunter, sementara untuk musuh lainnya, cukup kamu hindari saja. Perlengkapan yang dimilikinya saat memulai permainan adalah Assault Rifle, Handgun disertai dengan Handgun Bullets dan tiga buah Mixed Herbs.

3. Nicholai Ginovaef
Nicholai adalah karakter dengan tingkat kesulitan tertinggi dalam Mini Game ini. Kamu hanya dibekali dengan Handgun, Knife, Blue Herb dan 3 First Aid Spray saat memulai permainan. Yang bisa kamu lakukan saat menggunakannya adalah dengan menghindari semua musuh yang kamu temui dalam permainan dan secepatnya menuju kembali ke Warehouse. Kamu hanya perlu menyerang musuh dengan memanfaatkan drum minyak.

Tips Mercenaries Mode :
- Bunuh zombie dan musuh sebanyak mungkin yang kamu bisa.
- Jangan gunakan First Aid Spray sekalipun untuk menghindari pengurangan Point yang kamu dapat di akhir.
- Bergerak dengan sangat cepat, selesaikan Mini Game dengan waktu yang sesingkat mungkin.
- Jangan terlalu banyak terkena serangan, karena hal tersebut akan mengurangi Point yang akan kamu dapatkan.
- Hindari banyak penggunaan Rocket Launcher jika kamu bermain sebagai Mikhail.
- Manfaatkan drum minyak yang tersedia di area sebaik mungkin untuk membunuh semua musuh yang ada di area sekali tembak.
- Pastikan untuk selalu menyelamatkan setiap sandera yang kamu temui.
- Jika kamu menggunakan Mikhail, pastikan untuk membunuh di lokasi kecelakaan Bus karena dia akan memberikanmu banyak Point dan memberikan dua menit tambahan untukmu.

Waktu Tambahan :
Hostages :
Para sandera yang kamu selamatkan akan memberikanmu tambahan waktu +20 seconds, memberikanmu item pemulihan dan amunisi serta menaikkan point yang akan kamu dapatkan di akhir Mini Game. Namun, mereka memiliki batas waktu tertentu untuk kamu agar dapat menyelamatkan mereka, jika kamu terlambat menyelamatkan mereka, maka kamu akan menemukan mereka dalam keadaan mati dan kamu tidak akan mendapatkan apa-apa dari mereka. Berikut ini adalah para sandera yang bisa kamu selamatkan beserta lokasi mereka dan item yang akan mereka berikan :
- Dario (Gas Station) : 14 Shotgun Shells (Mikhail)/ 60 Handgun Bullets (Carlos/Nicholai).
- Brad (Restaurant Basement) : 12 Magnum Bullets (Mikhail)/ 60 Handgun Bullets (Carlos/Nicholai).
- Reporter (Lantai atas Newspaper Office) : 14 Shotgun Shells (Mikhail)/ First Aid Spray (Carlos)/ 60 Enhanced Handgun Bullets (Nicholai).
- Marvin (Sub Station) : First Aid Spray (Mikhail)/ 60 Handgun Bullets (Carlos/Nicholai).
- Mercenary #1 (Storage Room Sales Office) : First Aid Spray (Mikhail)/ 60 Handgun Bullets (Carlos)/ 60 Enhanced Handgun Bullets (Nicholai).
- Mercenary #2 (Bar Jack) : 14 Enhanced Shotgun Shells (Mikhail)/ First Aid Spray (Carlos)/ 60 Handgun Bullets (Nicholai).
Catatan : Mercenary #1 dan #2 adalah Carlos/Mikhail/Nicholai tergantung siapa yang kamu mainkan.

Hotspots :
Selain itu, ada beberapa objek di lokasi tertentu yang jika kamu sentuh akan menambahkan sedikit waktu kamu dalam jumlah tertentu. Berikut adalah lokasinya :
1. Tempat sampah dimana Jill melompat keluar jendela di Newspaper Office. (+2 seconds)
2. Nampan di Restaurant dekat dengan pintu masuk utama (pintu ganda) ke Restaurant. (+4 seconds)
3. Panel di dalam ruangan tempat kamu menemukan Fuse di Sub Station. (+8 seconds)
4. Hydrant tempat kamu mengambil Fire Hose. (+16 seconds)
5. Mayat polisi di tempat kamu menggunakan Lighter untuk pertama kalinya, di balik barikade yang terjatuh (+32 seconds)
6. Mayat pria di ruangan dimana kamu menemukan Shotgun dan Lighter Oil, tempat kamu pertama kali melihat Brad Vicker berlari keluar dari sana. (+64 seconds)
Enemy Kill Time Bonus :
Setiap kali kamu membunuh musuh tertentu kamu akan mendapatkan waktu tambahan yang berbeda-beda tergantung seberapa banyak kamu telah membunuh mereka.
1. Zombie
Pertama : +3 seconds
Kedua : +7 seconds
Ketiga : +14 seconds
Setelahnya akan mendapatkan waktu tambahan +10 seconds dari jumlah waktu tambahan dari kill terakhir.

2. Cerberus
Pertama : +4 seconds
Kedua : +10 seconds
Ketiga : +20 seconds

3. Crow
Pertama dan seterusnya : +1 seconds (?)

4. Drain Deimos
Pertama : +5 seconds
Kedua : +12 seconds

5. Brain Suckers
Pertama : +6 seconds
Kedua : +15 seconds

6. Hunter Beta
Pertama : +6 seconds
Kedua : +15 seconds
Ketiga : +30 seconds

7. Hunter Gamma
Pertama : +6 seconds
Kedua : +15 seconds
Ketiga : +30 seconds

8. NEMESIS
KO Bonus : +10 seconds
Kill Bonus : +20 seconds
KO Bonus : +20 seconds (double kill)
Kill Bonus : +50 seconds (double kill)

9. Mutated NEMESIS
Kill Bonus : +20 minutes

Ranking :
Rank akhir yang kamu dapatkan dalam Mini Game ini :
A : Tidak menggunakan banyak item pemulihan, menyelamatkan semua semua sandera yang kamu temui, bunuh musuh sebanyak mungkin dan tiba di Warehouse dalam waktu lebih dari dari 1 menit 30 detik.
B : Kamu akan mendapatkan ranking ini jika salah satu dari persyaratan di atas tidak kamu penuhi.
C : Sama seperti ranking B, hanya saja menyelamatkan kurang dari 4 sandera.
D : Menyelamatkan satu orang sandera dan menyelesaikan Mini Game.
E : Tidak menyelamatkan siapapun atau mati sebelum kamu berhasil menyelesaikan Mini Game.
F : Tidak menyelamatkan siapapun dan mati sebelum kamu menyelesaikan Mini Game.

Shop :
Point yang kamu dapat bisa kamu gunakan untuk membeli :
- Infinite Assault Rifle ($2000 Points)
- Infinite Rocket Launcher ($6000 Points)
- Infinite Gatling Gun ($4000 Points)
- Infinite Ammo untuk SEMUA SENJATA ($9000 Points)

Jadi, selamat berjuang yah guys :)

L. JILL’S DIARY & ALL LIST OF FILES
Kamu bisa mendapatkan file khusus, Jill’s Diary jika kamu mengumpulkan file secara berurutan (thanks to Sonny Soader from RELC Group).

Cara mendapatkan Jill’s Diary :
1. Semua file harus dibaca terlebih dahulu secara berurutan sampai ada tulisan EXIT, tidak boleh menekan tombol segitiga alias SKIP, tidak boleh membaca kembali file maupun membaca halaman File yang telah dibaca saat membacanya pertama kali (tekan kanan terus saja, jangan tekan kiri sampai EXIT).

2. Ambil file secara berurut dari lokasi berikut :
#1. Game Instruction A - Sudah ada. Lakukan CHECK dari Game Instruction A yang ada di inventorimu jika kamu memainkan mode EASY.
#2. Game Instruction B - Sudah ada juga. Lakukan CHECK dari Game Instruction B yang ada di inventorimu jika kamu memainkan mode EASY.
#3. Clock Tower Postcard - Black Jack’s Bar di meja kounter bar.
#4. Photo A - Mayat polisi, di belakang barikade yang roboh, di mayat polisi dekat Red Herb
#5. Marvin’s Report - Saat pertama kali datang ke RPD, masuk ke ruang pribadi Marvin dan periksa mayat Marvin.
#6. David’s Memo - Di Dark Room, belakang mesin tik.
#7. Fax From Kendo - Di mesin fax yang ada di ruang STARS.
#8. Merc’s Diary - Di gang kecil area Uptown (pintu yang membutuhkan Lockpick untuk membukanya), periksa mayat seorang tentara U.B.C.S. disitu (ambil dulu Handgun Bullets).
#9. City Guide - Di meja makan Grill 13 Restaurant.
#10. Photo B - Di Newspaper Office (Raccoon Press) tepat di atas telepon umum (payphone).
#11. Photo C - Newspaper Office (Raccoon Press) lantai 3 (yang tidak terbakar) terdapat di meja kantor.

#12. Reporter’s Notebook - Di Newspaper Office (Raccoon Press), periksa rak koran di sebelah kanan jendela di dalam kantor.
#13. Mechanic’s Memo - Di dalam Cable Car, periksa mesin kereta.
#14. Manager’s Report - Di Sales Office, periksa meja kantor dekat remote.
#15. Business Fax - Di Sales Office, periksa laci dekat tirai jendela dekat Nicholai.
#16. Dario’s Memo - Setelah kembali dari Sales Office, kembalilah ke Warehouse, lalu masuk ke dalam lemari tempat Dario bersembunyi sebelumnya.
#17. Operation Instructions - Di Clock Tower Main Hall, periksa mayat U.B.C.S. yang memegang Minethrower.
#18. Picture Postcard - Di Clock Tower Library, terdapat di meja depan pintu hijau.
#19. Mercenary’s Pocketbook - Di Clock Tower, tempat Clock puzzle berada, periksa mayat U.B.C.S. yang memegang mayat seorang gadis.
#20. Director’s Diary - Doctor’s Office di Raccoon Hospital, periksa mayat dokter.
#21. Photo D - Di Raccoon Hospital Room 402, sickroom.
#22. Medical Instruction Manual - Di Raccoon Hospital B3, di salah satu lemari dekat mesin pembuat Vaccine.
#23. Photo E - Di tempat save, tepat di sebelah gerbang masuk utama Raccoon Park, yang membutuhkan Lockpick untuk membukanya, terdapat di meja dekat mesin tik.
#24. Written Orders to Supervisors - Di Raccoon Park, area timur, area dengan gerbang belakang yang terkunci, periksa mayat UBCS dekat tong sampah.
#25. Supervisor’s Report - Di Cabin Raccoon Cemetary, di Supervisors Room di belakang perapian, di meja.
#26. Fax From HQ - Di Cabin Raccoon Cemetary, di Supervisors Room di belakang perapian, di mayat tentara UBCS dekat alat komunikasi.
#27. Manager’s Diary - Di Dead Factory, di Lounge, tempat save.
#28. Security Manual - Di Dead Factory Monitor Room, tempat mengambil water sample, terdapat di dekat mesin tik.
#29. Incinerator Manual - Di ruangan bawah Control Tower, tempat mayat zombie telanjang bertebara, terdapat di dinding dekat tangga.
#30. Classified Photo - Di lantai jalan tepat sebelum ruangan tempat kita akan melawan boss terakhir, mutasi akhir dari Nemesis.

3. Tips rute yang bisa dilewati agar mendapat file secara berurut :
- Saat akan bertemu Carlos, pergilah ke Grill 13 Restaurant terlebih dahulu untuk menemukan file “City Guide” terlebih dahulu sebelum “Photo B” di Newspaper Office (Raccoon Press).
- Saat rem kereta blong, pilih pilihan pertama “Use the Emergency Brake” untuk tiba di Clock Tower Courtyard terlebih dahulu, dengan begini kamu dapat mengambil file “Operation Instructions” terlebih dahulu sebelum file “Picture Postcard”.
- Saat mengendalikan Carlos di Raccoon Hospital, pergi ke 4F terlebih dahulu daripada ke B3F untuk menemukan file “Photo D” terlebih dahulu sebelum “Medical Instruction Manual”.
- Sewaktu dihadang Nemesis di jembatan, pilih pilihan pertama, “Push Him Off” supaya kamu dapat mengambil file “Manager’s Diary” di Lounge terlebih dahulu sebelum “Security Manual” di Monitor Room.
4. Jika berhasil mengikuti aturan mainnya, secara otomatis setelah menemukan dan membaca file terakhir dalam game (“Classified Photo”), file “Jill’s Diary” secara otomatis akan berada pada daftar file kamu menggantikan Game Instructions A. Namun, kamu hanya dapat membacanya saat itu juga. Setelah menyelesaikan game lalu me-load permainan file akan otomatis hilang.

Credit info by: SONNY SOAD, Admin of RELC Group.

M. TRANSKRIP FILE

==============
Game Instruction A
==============

We hope you improve your chances to survive!

[Shooting Objects]

You may get different reactions from shooting objects, such as oil drums and bombs. *Press the R2 button to aim directly at these objects.

[Quick Turn]

You can perform quick 180-degree turns. *Press the run button while retreating.

[Emergency Escape]

When you're trapped by enemies, you can push them away to escape. *Press the Directional buttons, Action button, R1, R2 and L1 buttons rapidly.

[Emergency Dodging]

Just before an enemy attacks, you can perform a dodge move to evade it! *Press the R1 or R2 buttons. *Press the Action Button while aiming.

[Getting on/off an object]

You can get on or off certain objects that appear in the game. *Press the Action button while you are moving forward to the edge to get on or off.

[Map]

Press the L2 button to view the map. *You can zoom in or out of the map by pressing the Action button. *While the map is zoomed in, use the Directional buttons to move the screen. *Press the Select button to switch between maps.

[Live Selection]

At certain points in the game, the screen fades into black and white. At these points, you will be prompted to choose between two different options. *Use the Directional buttons to move between the options and use the Action button to make your decision.

[Event Cancel]

It is possible to skip certain scenes. *Press the Select button to skip these scenes.

==============
Game Instruction B
==============

[Ammunition creation System]

To create various ammunition, you need to use the "Reloading Tool" and "Gun Powder".

[Reloading Tool]

This is a necessary item of you want to create different types of ammunition. By combining the Gun Powder and Reloading Tool, various types of ammunition will be created.

[Gun Powder]

Mix materials to create various types of ammunition. There are three types of basic Gun Powders: A, B and C. Please note that Gun Powder C is created by mixing A and B types.

[How to mix Gun Powders]

You can create various kinds of bullets by mixing the different Gun Powders. There are 13 different kinds of Gun Powder in all.

[Example of Gun Powder]

A: Hand Gun Bullets
B: Shotgun shells
C: Grenade Rounds
A+C: Grenade Flame Rounds
B+C: Grenade Acid Rounds
C+C: Grenade Freeze Rounds
C+C+C: Magnum Rounds

[Mixing Gun Powder with Grenade Rounds]

If you combine a certain type of Gun Powder with Grenade rounds, special types of grenade Rounds will be created.

[Mixing Level Improvement]

If you repeatedly create the same kind of ammunition, your skill will be improved, and you will be able to create more powerful ammunition.

================
Clock Tower Postcard
================

This is a picture showing the front shot of the Clock Tower.

The following explanation is printed on the backside, "A landmark spot: Saint Michael Clock Tower."

======
Photo A
======

This photo shows a bunch of policemen charging out from the back of a police truck.

The policemen are pressing forward. It's dated "September 27"

============
Marvin's Report
============

"Report" September 24th

There are reports of a theft in the municipal building before dawn. A jewel-decorated clock at the main gate was damaged. Two of the twelve gems that are installed on the face of the clock are missing. Due to the lack of available officers at this time, I have no choice but to suspend the research of this case.
Signed Marvin Branagh.

"Report" September 26th

Based upon an autopsy report of a 42-year-old restaurant owner, I have discovered that he has one of the missing gems. He apparently took shelter in the police department at about 10am, when he was shot to death within 10 minutes of having developed the symptoms. Since the city is currently under martial law, we are forced to suspend this case. At this time, we'll keep the gem as evidence.
Signed Marvin Branagh

===========
David's Memo
===========

My sanity is at its end....I still can't believe this is happening. We lost another man yesterday. Meyer; one of our better marksmen. He saw me panic once we were overrun by the zombies, but he came back to save me. But when the time came to return the debt, I ran. I can still hear him calling out my name. I can still hear the screams coming from behind. The sound of his flesh being stripped from its bones. I was afraid....terrified....

It's the 27th. The fight to stay alive continues. I took out several zombies, who managed to break through the barricades. Now I'm cutting through the chill with whisky, unloading my Mossberg on anything undead. That shotgun's become a close friend of mine. I've blasted many a zombie into fertilizer with it. We've lost 13 men as of yesterday. In 3 hours, we'll bicker over trivial things in the meeting room. It's a total waste of time. When I finish this bottle, my old friend Mossberg will be turning one lost body into fertilizer. Peace
at last. I can hardly wait.

============
Fax from Kendo
============

To the boys of S.T.A.R.S., I have some good news for you from my brother Joe. He has finished the new handgun for official use. It is the Ma2F S.T.A.R.S. Special, but he calls it the "Samurai Edge". Joe said, if you miss the targets with this, you should carry a teething ring instead of a gun in you holster.

The goods will be delivered along with their proper documentation. I'm sure you'll be surprised when you see what kind of excellent parts are used for the Ma2F. I know that you'll want to thank the good people who developed it.
Sincerely,
Robert Kendo
Kendo Gun Shop

=============
Mercenary's Diary
=============

September 1st.
Following six months of intensive training, my body's edge has returned. I was a good soldier, but they ordered my execution with no reason given. I was tortured and forced to give a false confession. But on the morning of my execution, a miracle happened. The company had helped me out, giving me a second lease of life.

September 15th.

I ended my vacation short and returned to the HQ office. It looks like UBCS unit's been called into action. Umbrella maintains its own paramilitary unit to counter corporate terrorism and V.I.P. abduction. In addition, they have night men who specialize in handling problems caused by illegal products. I'm currently a memberof the latter. September 28th. Dawn's here, but we're still slogging through this nightmare. There are no provisions of any kind here. The undead walk the streets feeding upon the flesh of the living. Given the choice
again, I would rather have been executed. Death row was a heavenly asylum compared to this place. I've chosen to pull the trigger myself, in the hope that my dead body won't come back to life.

========
City Guide
========

Description:
The tracks of our City Dear Citizens, Thanks to kind and generous people of Umbrella Inc., this is a peaceful and friendly city. The vast donations from Umbrella Inc. have been used for welfare work, the construction of public utilities, and to help maintain public peace. In 1992, it was my 5th year as Mayor of our beautiful city. It was then that through many donations and hard work our city was able to rebuild the municipal building, create a state of the art hospital. In honor of these fine accomplishments, I was awarded with a grand statue that same year. The statue rests in the municipal building. I came to this city as an engineer more than 35 years ago. I made contributions to the electric systems, and to the installation of the cable car. I pledge to follow the tradition of this fine city and will devote my life to its prosperity.
The Mayor of the City,
Michael Warren

======
Photo B
======

A close-up shot of a zombie. It says, "SCOOP!" on the backside.

======
Photo C
======

The police have been destroyed.

============
Reporter's Memo
============

At last I have found the evidence I need to prove that "cannibal disease" is indeed happening in this city. One man actually ate people to death. He was like a savage animal tearing away a new flesh. It was completely disgusting. I have heard rumors that many people are suffering from this disease now. However, the causes of the disease are not yet known. Is this another mystery of the present disease? I will have to check on it.... They have placed Racoon city under martial law because of the cannibal disease. I have lost contact with the media outside of the city, but I won't give up. As a journalist, I won't keep my eyes shut and walk away.

I have a duty to the people and my profession. I don't think the disease had spread nationwide yet. I believe that this city holds the key to its creation and cure. In fact, I'm sure of it. The military has set up blockades around the city to keep people from escaping and spreading the disease. Most of the citizens have either died or have come in contact with the disease. I know that it is the right decision to quarantine the city, but I can't help but pity myself. If I am infected or eaten, it doesn't matter. My fate is already sealed. All I have left is my journalism. I won't give up until I solve the mystery of this deadly disease. I have just discovered that the disease is not spread through air, but by some other means.

=============
Mechanic's Memo
=============

I know that you're intimidated by your new job Kevin, so let me tell you how to make sure that you and your training get along just fine. You see, these carriages were made in Europe in 1968, and then imported from Europe. Sometimes they get rickety, but they still work because they are simple, stubborn and strong. We can always depend on them. If they have a bad day and are malfunctioning, you'll need to take a good look at their circuits for any trouble. Once you discover what's wrong, you'll be able to fix it easily. I'm sure that you'll be able to avoid these nasty little malfunctions if you check the parts every day. These old trains will surely have problems if you don't remember to check them out. Just remember that if you need to replace anything, you have to choose a suitable part. When I say suitable, I mean that even you can't find another original part, you'd better find something that works good enough. Even with regard to oil, you must always prepare good quality oil for these trains. Never forget Kevin that a man may betray others, but a machine won't.

=============
Manager's Report
=============

Before you begin your new position, please allow mw to give you some advice. Some of the medicine in the storage room is unstable and their quality will deteriorate under changing temperatures or humidity. Therefore, you must remember to keep the temperature the same in the storage room at all times. You should personally check it every day.

Although the computer checks it around the clock, a machine is not perfect. Try and remember that a machine is no more than a tool to be used by people. You must check all personnel coming and going to the storage room. Many dangerous drugs are stored there, if any of them are missing you have a serious problem on your hands. The door to the storage room is always locked, but when you let personnel into it, you will need to have them hand in their documents. And above all else, remember that if you find anything suspicious, contact your boss immediately. If you forget the password to lock the door, try and remember that it is a word that everyone is familiar with. Don't forget that once a new product is shipped, the password will be updated again. You can always enter the password from the terminal of the PC for administration.

==========
Business Fax
==========

"Order sheet"
The liquid medicine named VT-J98 is suitable to cultivate the NE-T type virus. Therefore, we will need to order additional quantities of it.
U.E. Sixth Laboratory.

==========
Dario's Memo
==========

I can't help but wonder if anyone will read these words, but writing them will help me maintain my sanity if nothing else. After I've become a meal for those undead monsters, will the G.I.'s responsible for sealing off the town laugh upon discovering my corpse? So is this how it's supposed to end? I don't want to die, I'm just not ready..... My wife, daughter, mother.... My entire family has been killed. But none of that matters anymore. Right now, my life is the only important thing.

That's all that matters. I never would have pictured my end to be like this. I had so much left to do. Rather than becoming a salesman, I should have tried my hand at being a novelist. It's what I've always wanted, but my mother would only tell me you have a long way to go. Why did I ever listen to her? But this looks like the end for the great Dario Rosso, novelist extraordinaire. Cut down before his prime.

================
Operation Instructions
================

Order for UBCS Echo Team:
Wipe out the downtown area of the infestation and then evacuate the remaining citizens to the clock tower. Among the citizens, remember to give priority to the employees of Umbrella's affiliates. Remember to stay alert because the infected have a high endurance rate and will strike without hesitation.

Evacuation Procedure:
1. Once the mission is complete, or when it becomes too impossible to accomplish, evacuate immediately.
2. We'll deploy a helicopter that is waiting in the suburbs, to the yard in front of the clock tower.
3. When you are ready for evacuation, ring the bell of the clock tower to signal the helicopter.

===============
Art Picture Postcard
===============

A picture postcard of antique clocks. The following verse is printed. "Give your soul to the goddess. Put your hands together to pray before her."

==================
Mercenary's Pocketbook
==================

September 26th

It's only been three hours since the mission started, but the team is down to me and Campbell. The number of zombies is far greater than we expected. There is no hope left for this city. We have already injected the antibody for the virus, but I'm not sure that it will work. I don't know if I will survive.....

September 27th

We managed to reach the clock tower. Out of desperation we robbed some wounded members of their weapons and used the surviving citizens as decoys. We were taught to do this in order to survive in the battlefield, but I never enjoyed it. However, a girl showed up at the clock tower before me. She is one of the survivors. She looks just like my sister before she starved to death....

September 28th

I wanted to evacuate as soon as possible, but the girl didn't. Her father insisted that he wouldn't leave this city where his beloved wife rest in peace. I really wanted to save the girl, but Campbell said, "All I care about is our lives." That's how I felt before, but now...... The clock tower has become a dangerous place and I don't want to make any more mistakes.

============
Director's Diary
============

These patients suffer from gangrene and congestion of their blood at first. Then their mind slowly deteriorates. In the end, there is nothing left of their mind. when that happens even mercy billing seems pointless. After all, they are already dead... This disease is unlike anything I have ever witnessed. Once the patient's mind is gone, they become flesh hunger monsters and act like wild animals who are on some type of bloodlust.

September 18th

Another patient has been admitted to the hospital. He is showing symptoms of the first stages of the disease at this point, but... I haven't been able to sleep at all these past few days. I refuse to let these patients become "zombies". I am not just an ordinary citizen. I am a doctor. Even if I die, my clinical charts will contribute to finding a cure.

September 26th

We lost most of the doctors and staff during the battle against the "zombie" patients. It's impossible to maintain the hospital under these conditions. And, I know that it's too late for me. I am beginning to feel that same itch and hungry desire that all of my patients felt. It's too late for me....

======
Photo D
======

The zombies are walking. It says "The effect of the T-virus" on the backside.

====================
Medical Instruction Manual
====================

Umbrella Medical Service
North America Division
Douglas Rover

In order to activate the synthesizer to cultivate the vaccine, please follow the procedure as detailed below:

1. Supply enough energy to the system.
2. Set the medium base to the devise. When the device is ready, you can start mixing the vaccine medium. To mix the vaccine, you will need to control the five levers. This will cause the two gauges to increase or decrease. I you adjust the two gauges so that they stop at the center, the vaccine medium will then be produced automatically.

======
Photo E
======

The zombies are attacking.

=======================
Written Order to the Supervisors
=======================

Mission requirements: Bravo 16
1. Obtain and secure sample of all the information pertaining to this case. Observe and record combat data on the UBCS.
2. Destroy all the evidence including the medical facility that has the medical treatment data.
3. Check the guinea pig's ability to accomplish the mission. Once your mission is complete, evacuate the area. Remember that you must not help anyone who is not a supervisor, nor bring anything back that might be traced to where it belongs.

==============
Supervisor's Report
==============

The endurance ability of the contaminated guinea pigs is truly incredible. Even when shot in a vital area, they can sometimes survive for several days without taking care of the wound. However, after prolonged exposure to the virus, the guinea pig's intelligence level decreases to that of an insect. Even though reviving the dead seems too disgusting, the virus may still be of use. If we inject the virus into our POWs and release them, they would return to their
units and then turns into zombies. This plan may work well for us in the future.

In certain areas, the virus seems to have caused the mutation of animals and plants. It may be difficult, but it'll make a good sample for the bio weapon development. I've heard that there is a giant alligator, but I have only encountered a giant creature moving underground. I don't even want to imagine what creature spawned that monster. I encountered "Nemesis". If I didn't know about it, I'd have been contaminated and would have become one of them by now. If it is still walking around in the city, its mission is not yet over. S.T.A.R.S. members must be very tough since they have survived until this point. However, they cannot
hold our forever.....

=============
Fax from the H.Q.
=============

Attention. The Raccoon City Project has been abandoned. Our political maneuvering in the senate to delay their plans is now futile. All supervisors should evacuate immediately. The US Army is going to execute their plan tomorrow morning. The city will be obliterated at daybreak for sure.

============
Manager's Diary
============

April 25th

Today is my birthday. I was transferred to this facility today. I am very happy because the work environment is very different from life in the university.

May 14th
The disposal system has been completed. Using a special kind of gas, it can decompress the cells of the guinea pigs. We have to try this out before beginning practical usage of the system, since it is not 100% stable yet.

May 20th

While I was checking the treatment room, the door shut, and I was locked inside. I couldn't get out for one hour. I guess even if you have the key card, it's useless when you are locked inside.

June 7th

The guinea pigs we have to dispose of are increasing. The system is not working smoothly. The laboratory staff doesn't listen to my opinions and I am getting extremely frustrated.

July 16th

We can't dispose of all the bodies and the quality of the liquid medicine is not good enough either.

July 29th

Though the functions of the system decreases, the number of the bodies we have dispose doesn't. The infection level has increased and the antibodies we are using is no match for the new mutation of the virus. Some of the workers have been infected by the disease. I have continued to work, but I always keep a gun with me. I must remember to save one bullet for me. I want to weep. I don't want to die here. I swear that I'll lose my mind if I imagine how painful the death will be.....

============
Security Manual
============

"Security for the Plant"
Since this plant is a facility under the disguise of a deserted factory, civilians will sometimes enter. If this should occur, do not hesitate to shoot them. If they choose to surrender, arrest and then transfer them to the laboratory as new guinea pigs. You will be rewarded.

"Maintenance of the device"
This entire plant is controlled by an epidemic prevention system. When contamination is detected in the treatment room or decomposed specimen pool, the plant will automatically be locked down for isolation. In that case, you must follow the manual to unlock it. If the contamination is over the limit, the whole system will automatically lockdown. Then, you must remain in the plant and wait for subsequent orders. Those who leave the facility without permission will suffer extreme consequences.

==============
Incinerator Manual
==============

The incinerator plant is one of the facilities that burns the disposable items which are sent from the laboratory. The incinerator burns the waste materials that cannot be decomposed at the treatment room. It also supplies electricity to the facility by a thermal power electricity generator. Part of the electricity is stored in the big battery installed in the facility's underground area. The electricity is used as an auxiliary power source. The auxiliary power circuit will be activated once the three "auxiliary circuit units" are properly placed in their sockets. In case the circuits are not connected automatically, a person can connect them manually to activate the system.

============
Classified Photo
============

In my opinion, I feel that it's too early to use this, "Paracelsus Sword" in actual fighting. However, in order to acquire the g-virus that Umbrella has developed, it will be a great help to us. The power of the "Rail cannon" is satisfactory, but please note that it I still having a few remaining problems.
Technology Division Colonel Franklin Hart.

========
Jill's Diary
========

August 7th,

Two weeks have passed since that day. My wounds have been healed, but I just can't forget it.  For most people, it's history now.  But for me, whenever I close my eyes, it all comes back clearly. Zombies eating peoples flesh and the screams of my teammates dying. No, the wounds in my heart are not healed yet...

August 13th.

Chris has been causing a lot of trouble recently. What's with him? He seldom talks to the other police members and is constantly irritated. The other day, he punched Elran of the Boy's Crime department just for accidentally splashing Chris' face with coffee. I immediately stopped Chris, but when he saw me he just gave me a wink and walk away. I wonder what happened to him...

August 15th,

Midnight. Chris, who has been on a leave of absence for a "vacation," called me so I visited his apartment. As soon as I walked into his room, he showed me a couple of pieces of paper. They were part of a virus research report entitled as simply as "G".  Then Chris told me that "The nightmare still continues." He went on to say that "It's not over yet."  Ever since that day, he has been fighting all by himself without rest, without even telling me.

August 24th,

Chris left the town today to go to Europe. Barry told me that he would send his family to Canade and then he would follow Chris. I decided to remain in Raccoon City for a while because I know that the research facility in this city will be very important to this entire case. In a month or so, I'll be joining with then somewhere in Europe. That's when my real battle begins...

N. GAMESHARK CHEAT
Okay, bagian ini tidaklah direkomendasikan bagi mereka yang ingin bermain jujur tanpa bantuan kode gameshark. Kamu membutuhkan Gameshark untuk menggunakan kode ini atau jika kamu menggunakan emulator PSX (EPSXE), kamu bisa menggunakan notepad untuk meng-Copy-Paste kode berikut ke Notepad dan membuat file dengan nama SLUS_009.23 . Untuk mengaktifkannya cukup buka menu cheat lalu pilih kode yang ingin kamu gunakan dan pilih Aktifkan Kode.

#Tidak Pernah Mati (Kecuali oleh Serangan Instant Death dari Musuh)
800CCC90 00C8
#Kondisi Selalu Fine
300CCC97 0004
#Save Dimanapun (Tekan L1+Segitiga)
D00CC830 0014
800D1D18 13CC
D00CC830 0014
800D1D1A 8005
#Jill Memiliki 10 Slot Inventori
800D225E 000A
#Memiliki Semua Peta
300D2127 00FE
300D212B 00FE
#Memiliki Semua File
800D212C FFFF
800D212E FFFF
#Memiliki Semua Epilogue
800D1F3E 0008
#Amunisi Tak Terbatas
8006D0CA 2400
#Membuat Game Berpikir Kamu Tidak Pernah Melakukan Save (Jumlah Save Selalu 0)
800D1F40 0000
#Akses Item Box Dimanapun (Tekan L1+Segitiga)
D00CC830 0084
800D1F2C 0200
D00CC830 0084
800E01C4 0002
#Penggunaan Item Tak Terbatas di Inventori (Semua Slot)
8006D0CA 2400
#Hampir Semua Pintu Terbuka dan Bisa Diakses Tanpa Kunci
50000502 0000
800D20CC FFFF
#Bermain Sebagai Carlos
800D1F86 0008
#Bermain Sebagai Mikhail
800D1F86 0009
#Bermain Sebagai Nicholai
800D1F86 000A
#Bermain Sebagai Tofu
800D1F86 000F
#Waktu Tidak Terbatas
800C79BA 0000
#Total Time (Mendapatkan Grade S?)
800D1F28 0000
800D1F2A 0000
#Quick Ending (Tekan L1+L2+R1+R2) - Tidak Support Untuk Android yang tidak mendukung Multi-Touch
D00CC830 000F
800CC858 C000
D00CC830 000F
800CC85A 0001
#Rapid Fire (Tekan R1+R2+X) - Tidak Support Untuk Android yang tidak mendukung Multi-Touch
D00CC830 004A
800CCC8C 1E02
#Enhanced Extra Ammo
800D2260 01F4
800D2262 01F4
800D2266 01F4
800D2268 01F4
800D226A 01F4
800D226C 01F4
#Item Tak Terhingga di dalam Item Box
50004004 0000
800D215E 0017
#Sekali Serang dengan Senjata Apapun Musuh Tewas
D0044E18 0006
80044E18 0001
#Hyper Mode
800D454C 0002
#Secret Mode (Dengan kode ini, kamu akan memulai New Game dengan semua senjata baru di dalam Item Box dan Ink Ribbons dengan Jumlah Tak Terbatas dan Boutique Key lengkap dengan Semua Kostum di dalam Boutique)
800D1F32 FFE0
#Berjalan Menembus Tembok (Tidak Direkomendasikan)
800339FE 1000
8004B2A2 1000
#Lebih Banyak Cipratan Darah Ketika Menyerang Musuh
800BD8DE FFFF
#Mercenaries Mode Codes Mendapatkan Reward
800CC852 FFFF
#Mercenaries Mode Codes Maksimum Reward Total
800D25EC 967F
800D25EE 0098
#Mercenaries Mode Codes Waktu Tidak Terbatas
800D1F98 007

O. SUMBER DAN REFERENSI
Sumber utama dan satu-satunya situs yang digunakan sebagai referensi :

P. VERSION HISTORY
Ver.1.0 (2013) : Mulai menulis walkthrough.
Ver.1.1 (2013): Mulai merapikan gaya penulisan dan beberapa typo.
Ver.2.0 (2014) : Menambahkan beberapa informasi tambahan.
Ver.3.0 (2015) : Memperbaiki beberapa kesalahan informasi.
Ver.3.1 (2015) : Menambahkan beberapa informasi tambahan.
Ver.4.0 (2016) : Mengganti beberapa kata dalam walkthrough seperti mengganti kata Licker menjadi Drain Deimos dan Brain Suckers.
Ver.4.1 (2016) : Menambahkan beberapa bagian dalam walkthrough.
Ver.5.0 (2017) : Menambahkan beberapa bagian dalam walkthrough.

Q. KATA PENUTUP
Game ini emang termasuk jadul, tapi masih tetap seru buat dimainkan bahkan sampai sekarang. Apabila ada kesalahan dalam walkthrough ini, mohon beritahu saya agar dapat saya perbaiki, baik itu kesalahan jalan cerita, kesalahan arah kiri, kanan, atas ataupun bawah. Saya akan dengan tangan terbuka menerima kritik dan saran dari Anda semua :)


Terima kasih kepada SONY PLAYSTATION dan CAPCOM yang telah menciptakan game ini. Terima kasih kepada www.gamefaqs.com yang telah menjadi penyedia sumber dan referensi utama bagi terselesaikannya walkthrough yang masih jauh dari kata sempurna ini. Terima kasih pula kepada teman-teman dari grup facebook : Resident Evil Lover’s Community, khususnya admin Sonny Soad yang telah banyak membantu memberikan informasi agar walkthrough ini dapat disempurnakan. Terima kasih kepada EPSXE TEAM yang telah menciptakan sebuah emulator game PSX agar bisa dimainkan di PC maupun Android.

Terima kasih telah membaca dan menggunakan walkthrough ini. Apabila ada pertanyaan silakan hubungi saya lewat email : Harrypahlawan11@gmail.com. Add juga facebook saya jika ingin tahu lebih jauh tentang saya www.facebook.com/harrypahlawan11.

Dan jangan lupa juga kunjungi blog saya di http://harrypahlawan11.blogspot.com dengan informasi-informasi menarik seputar Resident Evil Outbreak di dalamnya, juga link download untuk anime, film, emulator dan game favorit saya. Atau hubungi saya via Whatsapp : 085718529060 (tolong sertakan nama Anda dan alasan Anda, tidak melayani SMS) untuk pertanyaan seputar emulator dan Resident Evil Outbreak atau Resident Evil Series lainnya, sebisa mungkin akan saya jawab, jika saya pernah memainkannya, dan tolong tanya dengan sopan santun dan detail yang cukup, saya paling tidak suka ada orang yang seperti tidak tahu sopan santun dan tidak mengucapkan terima kasih setelah dibantu. Hubungi saya di luar jam sibuk :)

Sampai jumpa di walkthrough lainnya :D

WARNING : NO COPAS ALLOWED. KARYA TULIS INI MEMILIKI HAK CIPTA MILIK HARRY PAHLAWAN SEPENUHNYA DAN JIKA DISALAHGUNAKAN SAYA TIDAK AKAN SEGAN-SEGAN MEMBAWA KASUS INI KE JALUR HUKUM.

Copyright 2013-2017

46 comments:

  1. Bro, beda CONTINUE dan RESTART setelah menamatkan game RE 3 itu apa ya? Setelah save terakhir itu. Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di awal kemungkinan gak ada pengaruh, kalo pas udah nge-save di suatu tempat. CONTINUE melanjutkan permainan dengan save data, misal terakhir save di Rest Room lanjutnya di Rest Room juga, kalo RESTART dari awal lagi mainnya (dari tempat awal)

      Delete
  2. Ohya mau nanya lg, ini aku kan main versi PC broo pake emulator. Pas ngalahin nemesis kok gak pernah dapet item2 yg dijatuhin nemesis pas kalah kayak yg di walkthrough ya. Mohon pencerahan hehe suwun

    ReplyDelete
  3. Gan.. saya kan main di epsxe di android. Cara konfigurasi tombol bisa gak diubah.. misalnya kan kalau nembak X bisa gak diganti R1 gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau konfigurasi tombol defaultnya udah diatur sama gamenya sih fungsi2 tombolnya.
      Kecuali mau nuker tombol R1 dan X, itu bisa, pakai gamepad

      Delete
  4. Halo, selamat malam..ini saya lgi main Resident Evil 3 , dan mengikuti walkthrough dari agan, sgt membantu sekali..terima kasih sudah membuat walkthrough ini... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2~
      Balasan yang telat 6 tahun wkwkwk
      Jangan lupa subscribe channel saya Kuzon World~

      Delete
  5. terima kasih mas. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 gan~
      Balasan yang telat 6 tahun wkwkwk
      Jangan lupa subscribe channel saya Kuzon World

      Delete
  6. thanks gan bermanfaat (y) tapi kalo boleh kasih saran sih coba deh buat walkthrought versi videonya (y)

    ReplyDelete
  7. Susah bgt lawan cacing besar saat gempa bumi yg nurunkan tangga. Sdh ditembakin sama shotgun berkali2 ga mati2 hahahah. Oh ya gan kalau dapetin rocket launcher dmn ya biar cepet mampusin nemesis heheh

    ReplyDelete
  8. Game dlu yg plng ane suka stlh 16 thn br kecapaian skg dr bagian awal smp akhir ane ikuti walkthrought agan dan sgt" membantu skali thx gan (y) o")9 Keep Moving Forward . Somehowe... I'm still alive... :D

    ReplyDelete
  9. Gan,kalau mau download suara ketika pakai item resident evil. Untuk nada notifikasi di hp carinya dimana ya?

    ReplyDelete
  10. Gan,kalau mau download suara ketika pakai item resident evil. Untuk nada notifikasi di hp carinya dimana ya?

    ReplyDelete
  11. thankyou sekali bro Harry walkthroughnya sangat membantu

    ReplyDelete
  12. Thnks ya, akhirnya tamat juga hehe

    ReplyDelete
  13. bro bisa kasih screnshotnya gak ane belum nemuin fire hose nya nih :)

    ReplyDelete
  14. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  15. Lbih bgus klo d tmbah SCREEN SHOT bro agar yg NEWBIE gk bingung dgn jlnnya (NOTE : saya pernah nyasar krna ptnjuknya wkwk)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengennya juga gitu, tapi malah jadi berat kontennya ntar, jadi lemot ngebukanya 🤣
      Males juga mau update lagi, secara tulisan saya jg udah di copas kemana2 sama orang dan dihapus credit penulisnya

      Delete
  16. Makasih banyak bro sangat berguna

    ReplyDelete
  17. Finally setelah belasan tahun mengembara akhirnya kembali menemukan ini. Game yg bikin parno kala kecil �� it's too good to be true akhirnya di tahun 2017 baru bisa nyelesain game jadul super ketjeh ini ��

    ReplyDelete
  18. Finally setelah belasan tahun mengembara akhirnya kembali menemukan ini. Game yg bikin parno kala kecil �� it's too good to be true akhirnya di tahun 2017 baru bisa nyelesain game jadul super ketjeh ini ��

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. cut scene jill carlos di resto option yg run to basement mah gk balik ke atas lg lawan nemesis,tpi jill lewat lorong di bantu carlos.
    sekedar koreksi aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lewat lorong mana?
      Soalnya itu basement jalan buntu gan, kalaupun jalan sampai ke ujung, Jill sama Carlos bakalan balik ke atas lagi buat lawan Nemesisnya kan?

      Delete
  21. Download game iso nya dimana yaa bro?
    Ada yg tau?

    ReplyDelete
  22. Detail bener bang penjelasan ter debes lah, salut banget , kalo ada channel YouTube saya subscribe plus lonceng dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada bro, tapi baru mau buat untuk walkthrough RE 3 Nemesisnya.
      Tolong bantu subscribe ya bro, makasih banyak 🙏🏻
      Search aja channel : Kuzon World
      Soalnya ga bisa kasih link disini

      Delete
    2. https://youtube.com/channel/UCckQ2YRKJNnXqx1BaKVXV0g

      Bisa deng

      Delete

Budayakan mengucap terima kasih sesudah mendownload.
Hargailah sang penulis yang telah meng-upload file dan menulis artikel berjam-jam tanpa imbalan apapun.
Anda bebas berkomentar disini dengan SOPAN, tanpa unsur debat atau menjelek-jelekan karya penulis.
Harap untuk tidak berkomentar dengan huruf BESAR SEMUA.

Followers