Pesan selamat datang

"Selamat Datang di Lonely Hero Boy's Blogspot, silakan nikmati konten yang ada di Blog ini. Penulis tidak selau aktif, dan kemungkinan hanya akan aktif bila untuk meng-update The Walking Dead saja, sementara Link yang sudah tidak aktif, saya tidak bisa menjamin untuk meng-upload ulang lagi."

Saturday, October 20, 2012

Tentang Scenario Flashback

DI BALIK SCENARIO FLASHBACK 

A. STORY

 

Berlatar belakang di Arklay Forest, Alyssa Ashcroft bersama para survivor melarikan diri dari kota dan berakhir di sebuah kabin yang terabaikan, hingga datanglah seorang pria tua pemilik kabin bernama asli Albert Lester yang menawarkan jalan keluar menuju ke kota terdekat. Al membimbing survivor menuju ke sebuah jembatan yang mengarah ke sebuah rumah sakit tua yang terabaikan. Dalam perjalanan, mereka menemukan zombie jenis baru yang berbeda dari zombie-zombie yang mereka temui di kota Raccoon, yang kemudian dinamakan Botanic Zombie atau Green Zombie dengan tumbuhan yang tumbuh di tubuh mereka yang akan menyebarkan Racun dengan sangat cepat ke dalam tubuh karakter. Apabila kalian berada di tingkat kesulitan Hard/Very Hard maka Al tidak akan membimbing kalian menuju ke jembatan gantung yang menuju ke rumah sakit (ditambah dengan rute jalan di hutan yang berbeda setiap tingkat kesulitan) juga akan ada zombie Alyssa yang akan menyerang kalian (jika Alyssa tidak berada dalam grup). Al yang membimbing mereka kemudian secara misterius menghilang.



Sekarang apabila survivor memilih memasuki rumah sakit, kalian akan menemui seorang psikopat yang terinfeksi yang akan menyerang survivor dengan kapaknya (nama : Axeman). Tugas survivor sekarang adalah menemukan jalan keluar dari rumah sakit karena jembatan menuju ke kabin telah runtuh. Di Examination Room kalian akan menemukan sebuah atau beberapa Syringe/Suntikan (tergantung tingkat kesulitan) yang digunakan untuk membunuh jantung tanaman yang memenuhi rumah sakit tersebut. Awalnya yang harus kalian lumpuhkan adalah jantung tanaman di basement, dan kalian akan menemukan sebuah alat di ruang PHARMACY di ujung sudut ruangan di jalan yang terbuka setelah menyuntikkan suntikan tersebut, disanalah kalian dapat mengisi ulang suntikan kalian atau mengisi EMPTY BOTTLE yang sangat efektif melawan Botanic Zombie (menghasilkan INSTANT DEATH), kemudian berdasarkan tingkat kesulitan, kunci yang kalian temukan akan berbeda. Setelahnya lalu mungkin kalian akan ke rooftop yang dipenuhi oleh tanaman beracun dengan terus dikejar oleh sang psikopat, Axeman. Di Rooftop (atap bangunan), kalian akan diserang oleh GIANT WASP / Tawon Raksasa. Suntikkanlah suntikan kalian di jantung tanaman selanjutnya. Reruntuhan akan membuka jalan menuju ke ruang baru, sekaligus pintu keluar. Saat survivor mencoba membuka pintu keluar, sebuah akar tanaman menghalangi jalan kalian. Pintu keluar satu-satunya kemudian terkunci karenanya.

Setelah itu, kalian akan ke Administration Office (mungkin terlebih dahulu, tergantung tingkat kesulitan) untuk menuju ke dalam Ruang 202 yang terkunci (atau tidak, tergantung tingkat kesulitan). Disanalah jantung tanaman terakhir berada. Survivor kemudian akan menghadapi bos terakhir di skenario ini, HUGE PLANT/ tanaman raksasa yang beracun. Setelah mengalahkannya, rumah sakit tua tersebut akan segera runtuh, survivor terburu-buru kembali ke jalan keluar mereka satu-satunya. Disanalah Axeman kembali muncul dan menghalangi jalan mereka.

Catatan : Memilih membunuh/meninggalkan Axeman disini akan sangat mempengaruhi ending yang akan kalian dapat. Pintu keluar sudah terbuka dan survivorpun selamat, ending yang didapat, tergantung langkah kalian menyelesaikan skenario (Lihat : DAFTAR ENDING).
Item LIGHTER memiliki peranan penting dalam tingkat kesulitan HARD/VERY HARD.
Untuk membuka panel rak buku di Administration Office dibutuhkan RUSTY KEY.

Jika survivor memilih kembali ke hutan menunggu jembatan menuju ke rumah untuk runtuh dan mencari jalan keluar lain untuk mendapatkan alternatif ending. Maka musuh akan berganti menjadi SCISSORTAIL dan akan ada survivor di dalam kabin, Regan Mallet (Lihat : FAMILY REUNION IN THE FOREST). Apabila survivor memilih menyatukan mereka kembali, Regan akan memberikan PENDANT milik putrinya, Lucy Mallet. Di tengah jalan survivor akan menemukan NPC Alyssa Ashcroft (apabila Alyssa tidak ada di dalam grup dan kamu sedang memainkan tingkat kesulitan Easy atau Normal) yang sedang beristirahat dari perjalanannya (atau malah telah menjadi zombie yang kekal, tergantung tingkat kesulitannya). Apabila Alyssa masih hidup, maka dia akan menyerahkan Stun Gun dan healing item miliknya. Survivor harus menemukan jalan menuju ke RIVER BANK, tempat putri Regan berada, survivor berbicara padanya dan memberikan pendant itu padanya, maka Lucy akan tahu bahwa Ibunya berada di kabin dan baik-baik saja. Survivor kembali ke kabin dan melihat mereka telah bersatu. Regan memberikan senjata sebagai hadiahnya (tergantung tingkat kesulitan). Setelah bicara pada mereka, survivor kembali menuju ke jalan keluar mereka, BIG SUSPENSION BRIDGE dan selamat. Namun, ternyata jalan tersebut mengarah kembali ke kota. Seperti ada seseorang yang tak ingin mereka keluar dengan selamat dari kota.

B. FILE UTAMA
Terdapat 3 file utama dalam skenario yang sangat mempengaruhi ending, yaitu :
1. Kurt's Notebook : didapat dengan cara menghancurkan box di Reception Office 1F lalu periksa sudutnya.
2. Doctor's Confession : didapat dari balik rak buku setelah terbuka. File ini terdapat di sudut tembok.
3. Admin's Diary 2 : didapat dari lubang berbentuk segitiga, di Auxillary Building B1F Hall setelah mengalahkan Huge Plant.

C. DAFTAR ENDING
Setelah saya selidiki, ternyata di dalam scenario ini ada lima macam ending dan apakah kalian mengambil 3 file utama tersebut atau mengabaikannya juga mempengaruhi ending yang akan kalian dapat, begitu pula apakah kalian memilih untuk mengalahkan Axeman atau meninggalkannya, sangat mempengaruhi ending kalian :

1. An End Of Wandering - Alternatif ending, setelah berhasil mencapai jembatan gantung yang menuju ke rumah sakit, kembalilah ke kabin dan tunggulah disana sampai ada scene runtuhnya jembatan gantung, maka kalian akan menyadari bahwa Botanic Zombie telah berganti menjadi SCISSORTAIL (musuh yang juga muncul di RE Outbreak skenario Outbreak tingkat kesulitan HARD/VERY HARD). Lalu buatlah jalan menuju ke BIG SUSPENSION BRIDGE (agak sulit menemukannya, tapi berusahalah).
Catatan : dalam rute ini, ada subquest yang apabila dilakukan dapat membuka karakter di colection, lihat bagian : FAMILY REUNION IN THE FOREST.

2. A Glimpse Of Truth - Ending ini bisa didapat dengan cara mengambil 3 file utama dalam skenario ini, lalu dengan bunuh Huge Plant dan Axeman.

3. Overcoming the Past (Alyssa only) - Ending ini hanya bisa didapat sebagai Alyssa. Cara mendapatkannya kumpulkan 3 file utama dalam skenario, lalu kunjungi ruangan-ruangan berikut : Suspension Bridge (yang mengarah ke rumah sakit tua tersebut), Hospital Back Gate, Ruang 201 (memperlihatkan zombie Dorothy yang sedang memakan dan membunuh Kurt), lalu proses permainan dengan membunuh Huge Plant dan membunuh Axeman. Pada akhirnya Alyssa mengingat kembali apa yang terjadi pada rekannya Kurt dan sangat ingin mengungkapkan apa yang terjadi sebenarnya, namun dia memilih menyimpan kenyataan dalam dirinya sendiri.



Catatan :
Di dalam ending 2 dan 3 terlihat Axeman yang ternyata adalah Al (Albert Lester), seorang administrator rumah sakit tua tersebut dan di dalam Huge Plant tersebut ternyata terdapat istri Al, Dorothy Lester yang meninggal setelah meminum obat yang diberikan oleh Umbrella dan hidup kembali sebagai zombie. Huge Plant memakannya, dan Al percaya bahwa tanaman itu adalah reinkarnasi dari istrinya. Dorothy pulalah yang membunuh Kurt, rekan Alyssa setelah menjadi zombie. Al adalah salah seorang yang terlibat dalam sebuah percobaan Umbrella yang menyebabkan tumbuhnya tanaman - tanaman beracun dan Botanic Zombie yang ada di rumah sakit. Sejak itu Al yang percaya bahwa tanaman itu adalah istrinya memancing orang asing untuk masuk ke rumah sakit tua tersebut dan menjadi makanannya.

4. Leaving Mystery Behind - Ending ini bisa didapat dengan cara membunuh Huge Plant namun biarkan Axeman tetap hidup.

5. Retreat After Battle - Ending ini bisa didapat dengan cara TIDAK mengambil 3 file utama dalam game, lalu membunuh Huge Plant beserta Axeman di saat-saat terakhir.

D. FAMILY REUNION IN THE FOREST

Apabila kalian memilih untuk kembali ke hutan untuk mendapatkan alternatif ending, tak ada salahnya apabila kalian menyelesaikan subquest ini. Setelah Al membimbing kalian ke SUSPENSION BRIDGE dan menghilang (atau tanpa Al di tingkat kesulitan HARD/VERY HARD setelah kalian tiba disana), kembalilah ke hutan lalu tunggulah di depan kabin sampai ada event dimana jembatan runtuh. Setelah event, masuklah ke dalam kabin dan entah bagaimana dan darimana, di dalam ada seorang wanita yang terluka parah, namanya adalah Regan Mallet, dia terpisah dari putrinya ketika lari dari kejaran seekor monster (maksudnya adalah SCISSORTAIL). Bicaralah dengannya sampai selesai, lalu dia akan memberikan PENDANT milik Lucy. Kalian akan menyadari BOTANIC ZOMBIES telah berganti menjadi SCISSORTAILS.

Temukanlah jalan menuju ke RIVER BANK (agak sulit namun semoga beruntung), maka akan ada seorang gadis kecil disana. Dialah Lucy. Bicaralah padanya lalu berikan pendant miliknya. Dia akan percaya bahwa Ibunya ada di kabin. Kembalilah ke kabin (perjalanan panjang menunggu), lalu bicara pada Regan dan putrinya, maka dia akan memberikanmu sebuah senjata (tergantung tingkat kesulitannya). Pastikan untuk bicara dengan mereka sampai selesai.

Setelah ini, kamu tinggal mencari jalan keluar melalui BIG SUSPENSION BRIDGE. Di sana akan ada musuh GIANT WASP dan BOTANIC ZOMBIE YANG TAK BISA DIBUNUH SAMA SEKALI. Hindari saja mereka dan terus berjalan bersama rekan-rekanmu yang lainnya. Maka kamu akan mendapatkan illusion/alternatif ending "AN END OF WANDERING" dan membuka Regan dan Regan : B di Collection-mu.

E. MASA LALU DOROTHY & ALBERT LESTER


Dorothy dan Al adalah pasangan suami istri. Dorothy terkena kanker dan saat Umbrella memberikannya obat penawar (seperti virus-T), dia berhasil menyingkirkan penyakit kankernya, namun tanpa sadar obat tersebut malah mengembangkan penyakitnya. Albert sangat terpukul, tanpa mendapat jawaban atas apa yang menimpa istrinya. Bertahun - tahun kemudian, Al kembali ke rumah sakit yang terabaikan (yang masih menyimpan mayat istrinya, masih di ruangannya) dan melihat sebuah tanaman yang tumbuh karena infeksi virus. Tumbuhan tersebut telah memakan tubuh Dorothy, hingga menyebabkan Al memimpikan tumbuhan itu sebagai bentuk dari kehidupan sesudah kematian.

Kemudian dia pindah ke sebuah kabin yang terabaikan dan dia yang kemudian mengambil peran sebagai pembunuh psikopat yang dikenal sebagai "Axeman", memperhatikan bahwa tanaman itu tumbuh lebih besar saat memakan binatang, hingga kemudian juga mengambil alih obsesinya menjadi seorang pembunuh, memberi makannya beberapa orang dari perkemahan hingga menjadi besar sekali. Fisik Al kemudian mulai bermutasi, dia tidak lagi merasakan sakit atau kedinginan. Dia bahkan mambimbing survivor dari kota Raccoon ke rumah sakit dengan maksud membunuh mereka dan menawarkannya kepada Dorothy.

Namun, hal ini membuktikan kesalahan terbesarnya, ketika para survivor menyingkirkannya dengan daya serang yang tinggi, dan mereka berhasil menemukan proses yang dibutuhkan untuk menakhlukan tanaman raksasa yang telah mengonsumsi Dorothy. Setelah cukup melemahkan tanaman raksasa tersebut, tanaman tersebut mengeluarkan mayat Dorothy dari dalamnya, dan meruntuhkan rumah sakit tersebut karena hubungan tanaman tersebut dengan akarlah hal satu-satunya yang membuat bangunan itu tetap stabil.
Pada akhirnya, Albert Lester (Al) terbunuh ketika reruntuhan bangunan tersebut menimpanya, saat dia sedang memeluk mayat istri tercintanya. 

F. ANTARA KURT DAN ALYSSA

Kurt adalah seorang reporter yang berteman dengan Alyssa yang juga seorang reporter sepertinya. Ketika pasien-pasien mulai sering dikabarkan meninggal di sebuah rumah sakit yang terabaikan di luar kota Raccoon (Arklay Forest), Kurt memutuskan untuk menyelidiki kebenarannya. Merasa terhalangi oleh Umbrella yang selalu menutup-nutupi dan ketidakmampuan polisi untuk melakukan sesuatu, Kurt akhirnya memutuskan untuk mengambil alih masalah dengan tangannya sendiri. Dia terluka parah oleh Axeman di suatu titik, hingga kemudian Alyssa menemukannya di jembatan gantung. Mereka kemudian bersembunyi di dalam rumah sakit tersebut. Namun dalam proses melarikan diri, Alyssa menyaksikan Kurt dimakan hidup-hidup oleh korban yang terinfeksi virus-T, Dorothy Lester yang telah menjadi zombie. Ingatan Alyssa mengalami trauma yang sangat mendalam sehingga dia sama sekali tidak dapat mengingat apapun tentang kejadian tersebut (sama seperti Yoko).

Beberapa waktu kemudian, Alyssa bersama dua survivor lainnya dalam perjalanan mencari jalan keluar dari kota Raccoon beristirahat di kabin dan kemudian bertemu dengan Al yang menawarkan jalan menuju ke kota terdekat, namun di jembatan gantung Al menghilang dan mereka terpaksa masuk ke dalam rumah sakit yang terabaikan. Dalam endingnya (apabila Alyssa mengunjungi ruangan tertentu dan mengambil semua file utama dalam skenario ini), ia mengingat kembali masa lalunya dan ia menemukan bukti dari percobaan illegal yang dilakukan disana dan bersumpah untuk melarikan diri dari kota hidup-hidup dan menyebarkan kebenaran atas apa yang terjadi, lalu bersumpah pada Kurt bahwa kematiannya tidak akan sia - sia.


Terima kasih sudah membaca artikel tulisan saya ini. Sampai ketemu di artikel lainnya ^_^

MISTERI MASA LALU AL & DOROTHY LESTER bersumber dari :
Capcom Wikia (terjemahan manualku)

ANTARA KURT & ALYSSA bersumber dari :
Resident Evil Wikia (terjemahan manualku)

Salam,
Written & Directed By : Harry Pahlawan
Formal Member of Resident Evil Lover's Community (please join our group too)

_H.P.101194_

1 comment:

  1. ohh ternyata banyak juga ya! ceritanya....maka sih info nya :)

    ReplyDelete

Budayakan mengucap terima kasih sesudah mendownload.
Hargailah sang penulis yang telah meng-upload file dan menulis artikel berjam-jam tanpa imbalan apapun.
Anda bebas berkomentar disini dengan SOPAN, tanpa unsur debat atau menjelek-jelekan karya penulis.
Harap untuk tidak berkomentar dengan huruf BESAR SEMUA.

Followers