Pesan selamat datang

"Selamat Datang di Lonely Hero Boy's Blogspot, silakan nikmati konten yang ada di Blog ini. Penulis tidak selau aktif, dan kemungkinan hanya akan aktif bila untuk meng-update The Walking Dead saja, sementara Link yang sudah tidak aktif, saya tidak bisa menjamin untuk meng-upload ulang lagi."

Friday, March 29, 2019

PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER (REPEATER, NIC DAN BRIDGE)


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hello sobat Lonely! Gimana nih kabarnya? Saya harap semuanya sehat dan bahagia selalu ya.
Entah sudah berapa tahun sejak saya terakhir kali membuat post di blog ini, dan aktivitas blogging saya terpaksa berhenti karena di rumah tidak lagi memakai wifi sejak tahun 2015 lalu. Mohon maaf karena saya sampai saat ini belum bisa meng-update semua postingan yang telah saya buat di blog ini karena kesibukan di dunia nyata. Btw, sekarang saya sudah kuliah semester 4 jurusan Sistem Informasi guys di BSI Cimone Tangerang, hehehe... Impian saya untuk berkuliah akhirnya bisa tercapai sejak tahun 2017 kemarin.

Balik lagi ke tujuan utamanya ya guys. Pada kesempatan kali ini saya kembali untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Jaringan Komputer saya dengan Ibu Dewi sebagai dosen saya. Dan saya diharuskan membuat sebuah resume mengenai Perangkat Jaringan di blog ini, mohon bantuannya guys, hehehe.




PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER
Apa sih perangkat jaringan komputer itu? Perangkat jaringan merupakan alat pendukung untuk menjalankan tranformasi data sehingga perangkat bersangkutan dapat beroperasi. Sebuah komputer yang digunakan biasanya memerlukan beberapa alat sebagai pengirim data, misalnya Router, Repeater, Wireless, Wireless Card, LAN Card dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebagaimana dengan fungsi perangkat keras jaringan bahwa alat-alat seperti router itu akan bekerja sesuai dengan kegunaan, ia akan mengirimkan data ke perangkat lain sehingga jaringan bisa terhubung. Nah jadi, tanpa adanya perangkat jaringan, maka sebuah komputer tidak akan bisa terhubung dengan komputer lainnya.

Khusus untuk postingan saat ini, saya hanya akan membahas tentang Repeater, Network Interface Card (NIC) dan Bridge sesuai dengan instruksi Tugas Individu yang ada di slide Pertemuan 3 Jaringan Komputer di BSI.


1. REPEATER


Pengertian Repeater
Apa sih itu Repeater? Repeater itu adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk memperkuat dan memperluas sinyal data dari jaringan wifi dari jaringan server agar sinyalnya bisa diakses lebih jauh oleh perangkat lain. Repeater juga bisa meminimalisir penggunaan kabel jaringan yang sangat banyak sehingga tidak memerlukan kabel untuk mengakses paket data.

Menggunakan repeater adalah hal yang wajib untuk gedung-gedung tinggi, contohnya ialah kantor, perusahaan, gudang, dan sebagainya. Gedung-gedung selalu mengalami kondisi sinyal yang lemah di karenakan besarnya gedung itu sehingga semakin jauh dari pemancar semakin lemah sinyal yang didapat, oleh karena itu lah gedung-gedung besar harus menggunakan Repeater.

Repeater juga memberikan kenyamanan bagi kita yang berkerja di gedung kantor yang tinggi. Jaman dahulu sebelum ada repeater, apabila sinyal kantor lantai atas lemah sangat sulit untuk bekerja dan menurunkan produktifitas kita. Apalagi jika terjadi dalam skala besar, bisa membuat perusahaan bangkrut karena produktifitas karyawan perusahaannya menurun karena kesulitan mendapatkan sinyal.

Repeater jarang digunakan oleh restaurant, cafe, atau mini restaurant dikarenakan penggunaan wifi pada rumah makan dalam skala kecil dan tidak terlalu penting, apabila tidak ada repeater produktifitas karyawannya akan tetap berjalan tanpa kendala.

Repeater juga sangat membantu dalam menghemat biaya dalam perusahaan besar, karena kemampuannya memperluas jangkauan area sinyal. Dua gedung yang saling berdekatan pun bisa terhubung dengan jaringan karena kemampuannya tersebut.


Fungsi Repeater
Manfaat repeater sangat berdampak besar kepada kantor, perusahaan, gudang, pabrik, dan sebagainya karena mereka cenderung mempunyai gedung besar :
  • Memancarkan sinyal ke seluruh sudut dalam suatu gedung
  • Memberikan dan menyalurkan sinyal lebih baik kepada setiap user
  • Akses internet menjadi lebih mudah tanpa terhalang lokasi sesuai nirkabel
  • Memudahkan user menggunakan akses internet di segala perangkat tanpa batasan limit user
Selain kelebihannya repeater mempunyai kelemahan juga yaitu tidak bisa memfilter data yang masuk, sehingga semua data yang masuk akan terlihat oleh siapapun yang memakai jaringan yang sama, hal ini sangat fatal sebenarnya apabila perusahaan tersebut mengirim file yang bersifat rahasia kepada satu orang karyawan yang dipercaya melalui jaringan yang diperluas oleh repeater maka semua orang bisa melihat file tersebut.

Cara Kerja Repeater
Cara kerja repeater adalah dengan menyebarkan data ke seluruh jaringan walaupun data tersebut tidak diperlukan, maka akan tetap tersebar ke seluruh jaringan. Penyebaran data tersebut kinerjanya akan menurun atau aksesnya semakin lambat apabila semakin banyaknya pemberhentian sinyal (Station) dan meningkatnya traffic data.

Repeater biasanya dipasang di titik-titik tertentu untuk memperbarui transmisi sinyal yang datang agar kondisi sinyal seperti saat dipancarkan pertama kali dari pemancar.


xSeperti apa sih bentuk Repeater itu? Karena perkembangan teknologi yang terus maju, Repeater memiliki bentuk yang beragam, tapi saya akan memberikan dua contoh gambar saja disini

 :


Gambar : Repeater


2. BRIDGE


Pengertian Bridge
Apa sih Bridge itu? Dalam bahasa Inggris Bridge berarti jembatan. Bridge dalam jaringan komputer berarti perangkat yang dapat menghubungkan jaringan komputer LAN (Local Area Connection) dengan jaringan lokal yang lain. Bridge mempunyai kelebihan yaitu dapat menggabungkan tipe jaringan komputer yang berbeda seperti Ethernet dengan Fast Ethernet.

Bridge berjalan pada Data Link Layer pada network model OSI (Open System Interconnection). Oleh karena itu bridge dapat menghubungkan jaringan komputer dengan metode transmisi atau medium access control yang berbeda. Selain itu bridge juga dapat mempelajari alamat link yang ada pada setiap perangkat yang terhubung dengannya.


Fungsi Bridge
Secara garis besar, bridge memiliki fungsi selayaknya jembatan. Bridge menghubungkan antara masing-masing jaringan dengan jaringan yang lain untuk bertukar paket data dan mengatur sirkulasi data tersebut. Selain fungsi tersebut, bridge memiliki fungsi lain yaitu :
  • Menghubungkan dua atau lebih LAN sehingga ia memiliki satu jaringan LAN luas dan lebih besar dari ketentuan konfigurasi LAN tanpa perlu menggunakan bridge.
  • Selain menghubungkan tipe jaringan LAN yang sama dan membuat satu jaringan LAN yang lebih luas, bridge juga bisa menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN yang memiliki tipe yang berbeda.
  • Bridge juga mampu berfungsi ganda selain sebagai jembatan, ia juga bisa digunakan sebagai penghala atau router. Penggunaan bridge pada jaringan sebagai router ini hana bisa digunakan pada jaringan yang luas. Hal semacam ini disebut dengan bridge-router.
  • Bridge mampu mengkopi frame data dari satu jaringan dengan syarat jaringan itu masih terhubung dengan bridge dan jaringan yang lain.
  • Bridge dapat memperkecil segmen jaringan yang luas menjadi lebih kecil dan mampu memonitor hal tersebut.
  • Bridge mampu mengontrol broadcast jaringan yang melalui bridge.
  • Bridge mampu memindahkan data melalui intermediate network dengan tipe protokol sama sekali berbeda.

Cara Kerja Bridge
Kalau menurut pada beberapa penjelasan cara kerja bridge, bridge memiliki cara kerja yang cukup rumit :
  • Pertama, bridge memetakan alamat dari jaringan tipe ethernet atau yang lain pada setiap titik yang mana titik-titik tersebut terdapat pada tiap segmen jaringan dari komputer itu sendiri.
  • Ketika Bridge sudah memetakan alamat pada masing-masing jaringan, ia akan menyortir atau menyaring data yang mana hanya dibutuhkan untuk melewati bridge.
  • Kemudian, ketika bridge menerima sebuah paket data, ia secara otomatis akan menentukan segmen sumber dan segmen tujuan dari paket data tersebut.
  • Ketika bridge mendapati bahwa segmen yang akan ia kirim sama, maka bridge akan menolak pengiriman tersebut. Akan tetapi, sebaliknya, jika segmen yang akan dikirim itu berbeda, maka ia akan meneruskan mengirim segmen itu ke tujuannya.

Dengan sistem kerja semacam itu, Bridge mampu mencegah paket data yang rusak untuk tidak dikirim sehingga bisa menyebar ke ke segmen yang lain. Secara sederhana, Bridge yang bertugas menghubungkan masing-masing LAN akan mengatur arus pengiriman itu. Tidak semua bisa dikirim dan melewati bridge. Ia akan tetap disortir sehingga tidak akan merugikan jaringan data yang sedang menggunakannya.

Seperti apa sih Bridge itu bentuknya? Seperti inilah contoh bentuknya gan :

















Gambar : Bridge


Dan akhirnyaaaa.... Kita masuk ke bagian terakhir dari tugas kali ini~


3. NETWORK INTERFACE CARD (NIC)


Pengertian NIC
Apa sih NIC itu? NIC merupakan sebuah perangkat keras jaringan, yang secara fisik berbentuk seperti sebuah kartu ekspansi, yang memungkinkan setiap komputer dapat terhubung dengan suatu jaringan dengan menggunakan kabel jaringan. NIC (Network Interface Card) ini juga memiliki beberapa istilah lainnya, seperti Kartu Jaringan (Network Card), LAN Card dan juga Ethernet Card.

NIC dipasangkan pada sebuah slot yang tedapat di dalam motherboard komputer. Saat ini seluruh jenis motherboard yang ada di dunia sudah mendukung slot untuk ekspansi NIC ini, jadi tidak ada alasan bagi sebuah produsen komputer untuk tidak menanamkan NIC di dalam komputer produksinya. NIC ini menggunakan port yang dikenal sebagai port RJ-45, yang mana berfungsi sebagai port dalam menghubungkan kabel ataupun antenna wireless di dalam sebuah komputer, agar komputer tersebut bisa terhubung ke dalam jaringan.


Jenis-Jenis NIC

1. Network Interface Fisik / Physical
Sesuai dengan namanya, Network Inteface card fisik merupakan sebuah Network Interface yang dapat didefinisikan secara fisik, berbentuk kartu dan ditancapkan pada slot di dalam motherboard. NIC fisik inilah yang biasa kita gunakan sehari-hari, yang memiliki port RJ-45 untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke dalam jaringan menggunakan kabel.

2. Network Interface Logis / Logical
Berbeda degan NIC fisik, NIC Logis merupakan sebuah Network Intrface Card yang tidak dapat didefinisikan secara fisik. Itu artinya, NIC Logis merupakan sebuah software atau sebuah program yang dibuat untuk mendefinisikan dirinya seolah-olah menjadi sebuah Network Interface Card.

Fungsi NIC
Fungsi NIC dalam jaringan komputer secara teoritis adalah :
  • Sebagai media pengirim data dari satu komputer ke komputer lainnya
  • Sebagai pengontrol data flow antar komputer yang menggunakan sistem kabel jaringan
  • Menerima data dari komputer lain
  • Menerjemahkan data menjadi bentuk bit, sehingga dapat dimengerti oleh komputer penerima

Manfaat NIC di Berbagai Bidang
Secara tidak sadar adanya sebuah perangkat keras jaringan bernama NIC di dalam komputer dan perangkat elektronik yang biasa kita gunakan sehari-hari, membawa dampak yang sangat besar bagi kehidupan kita. Selain dapat membantu mempermudah pekerjaan dan membuat proses transfer data serta informasi menjadi lebih cepat dan praktis, penggunaan NIC sebagai media jaringan membawa banyak dampak positif terhadap erbagai bidang yang ada. Berikut ini beberapa contoh manfaat adanya NIC di berbagai bidang :

Bidang Bisnis dan Perkantoran
Dalam bidan bisnis, korporasi dan perkantoran, tentu saja NIC ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah membantu agar setiap komputer yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau perkantoran bisa saling terhubung satu sama lain dengan server utama dari kantor tersebut.

Bidang Ekonomi
Di bidang ekonomi, adanya NIC ini dapat membantu mempercepat arus informasi mengenai perkembangan ekonomi, dan membantu mempermudah transaksi secara elektronik dengan menggunakan komputer.

Bidang Pendidikan
Di dalam bidang pendidikan, NIC juga memiliki banyak peran. Salah satu peran utama adalah pembuatan sebuah jaringan local untuk katalog perpustakaan. Di dalam perpustakaan, user tidak perlu repot berkeliling untuk mencari nomor panggil buku. Dengan memanfaatkan jaringan komputer, maka dapat dengan mudah mencari nomor panggil dari buku yang akan anda cari.

Bidang Teknologi Informasi
Dari segi teknologi informasi, adanya Network Interface Card membantu membuka jalan bagi perkembangan teknologi informasi lainnya, sehingga dapat menciptakan teknologi yang lebih canggih dan juga lebih bermanfaat lagi.

Bidang Sosial dan Kemasyarakatan
Dari segi sosial, dengan adanya NIC didalam komputer kita, akan membantu terhubung ke dalam jaringan-jaringan internet, yang membantu kita bersosialisasi dengan teman di dalam dunia maya.

Seperti apa sih bentuk NIC itu? Ini dia penampakannya : 













Gambar : Network Interface Card (NIC)



KALIMAT PENUTUP
Oke guys, sampai disini saja artikel kali ini saya tulis, berhubung sudah mulai mengantuk juga. Doakan ya semoga kuliah saya lancar dan bisa lulus dengan mendapat nilai yang terbaik tentunya. Doakan juga semoga juga ke depannya, saya bisa aktif kembali dalam kegiatan blogging yang menjadi hobi saya dahulu :P

Oyasuminasai :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sumber Referensi :
https://makinrajin.com/blog/perangkat-jaringan-komputer/
https://dosenit.com/jaringan-komputer/hardware-jaringan/fungsi-bridge
https://dosenit.com/jaringan-komputer/hardware-jaringan/fungsi-repeater
https://dosenit.com/jaringan-komputer/hardware-jaringan/pengertian-nic

1 comment:

Budayakan mengucap terima kasih sesudah mendownload.
Hargailah sang penulis yang telah meng-upload file dan menulis artikel berjam-jam tanpa imbalan apapun.
Anda bebas berkomentar disini dengan SOPAN, tanpa unsur debat atau menjelek-jelekan karya penulis.
Harap untuk tidak berkomentar dengan huruf BESAR SEMUA.

Followers